Makanan Terbaik untuk Penglihatan Yang Lebih Baik -->

Makanan Terbaik untuk Penglihatan Yang Lebih Baik

Menjaga Kesehatan Mata

Artikel ini akan mengulas tentang Makanan Yang Mampu Menjaga Kesehatan Mata. Silakan dibaca dengan santai ya.

Teman-teman. Mata adalah salah satu organ penting dalam tubuh. Karena alat inilah yang memberikan kamu kesempatan untuk menikmati indahnya dunia ini.

Oleh sebab itu, jagalah mata agar tetap sehat dengan memberikan banyak nutrisi untuk mata. Salah satu usaha yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan yang bermanfaat untuk kesehatan mata

Selama ini mungkin masih berpikir bahwa makanan untuk kesehatan mata hanyalah wortel atau vitamin A. Padahal masih ada varian makanan yang bisa berguna untuk kesehatan mata. 

Apa saja Makanan untuk Menjaga Kesehatan Mata?

Sebelum kita bahas apa saja makanan sehat untuk mata tersebut, perlu dipahami dulu bahwa jenis makanan yang sehat untuk mata adalah makanan yang memiliki kandungan 

  • lutein,
  • zeaxanthin,
  • vitamin A, C, dan E,
  • beta karoten,
  • asam lemak omega-3, dan
  • seng.

Dalam mengkonsumsi makanan seharusnya mengandung gizi yang seimbang. Gizi tersebut bisa didesain sehingga bisa dikonsumsi dengan sajian satu porsi yang bisa mencakup beberapa gizi sekaligus.

Nah, berikut ini beberapa makanan yang mengandung antioksidan yang bisa membantu dan menjaga mata anda tetap sehat. 

1. Makanan Sayuran Hijau 

 Perlu kamu pahami bahwa dalam sayuran hijau terkandung Litein dan Zeaxanthin yakni sebuah antioksidan. 

Telah ada penelitian yang membuktikan bahwa Sayuran hijau bisa membantu menjaga kesehatan mata. Penelitian itu antara lain.

Pertama adalah penelitian yang yang dipublikasikan oleh Nutrition & Metabolism bahwa suplemen yang memuat meso-xeaxanthin, lutein dan zeaxantin efek akan memberikan efek ketajaman optik dan pigmen Makula. 

Nah, Pigmen makula sangat dibutuhkan karena bisa melindungi mata atas terbentuknya degenerasi makula.

Palu dicatat bahwa Degenerasi makula adalah salah satu penyakit mata akan membuat kamu kehilangan penglihatan sebab adanya pembuluh darah tumbuh di bagian bawah retina.

Pada penelitian kedua juga diterbitkan oleh Journal of Ophthalmology yang menerangkan bahwa saat kadar lutein dan zeaxanthin yang ada dalam makanan akan sangat berguna untuk meminimalisasi  kerusakan pada mata.

Misalnya mata kamu rusak karena terkena radiasi seperti cahaya blue light, retinopati, katarak atau sel dan jaringan retina pada mata. 

Baca juga : Inovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik

Berikut ini beberapa sayuran hijau yang mengandung antioksiden yang bisa jadi pilihan kamu

  • bayam,
  • selada,
  • brokoli,
  • kacang panjang, dan
  • zucchini.
  • kangkung,

2. Makanan Buah-buahan

Harus diketahui bahwa buah-buah merupakan jenis makanan yang sangat banyak mengandung antioksidan. Nah Antioksidan inilah yang sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan mata.

Selain itu, buah juga mengandung banyak vitamin A dan Vitamin C. Vitamin ini sangat berkontribusi besar terhadap kesehatan mata. 

Beberapa buah yang mengandung Vitamin C seperti buah Jeruk Nipis, Lemon, Jeruk, Jeruk Bali. Buah ini termasuk dalam kategori sitrus. 

Tak hanya itu, pada buah strobery misalnya, kamu akan menemukan vitamin C dan vitamin ini sangat berguna untuk mengatur jaringan ikat, terutama kolagen yang terdapat pada kornea mata kamu. 

Buah-buah tersebut memiliki fungsi untuk mencegah terjadinya katarak dan degenerasi Makula. Adapun Vitamin A pada bukah akan berguna untuk menguatkan fungsi retina, kornea,  dan juga stabilitas kelembapan mata kamu.

Berdasarkan keterangan dari American Academy of Ophthalmology, ditemukan sekitar 250.000 atau mencapai 500.000 anak di dunia mengalami kebutaan per tahunnya. Hal tersebut terjadi disebabkan anak-anak itu  kekurangan vitamin A.

Nah, untuk Vitamin A banyak ditemukan pada jens buah berwarnah orange, seperti labu, mangga dan pepaya.

3. Makananlah Wortel 

Dari segi makanan sehat, wortel termasuk makanan yang cukup familiar dan sangat dikenal sebagai obat alami untuk kesehatan mata. Pasalnya wortel mengandung vitamin A. 

Sebagaimana diketahui bahwa Vitamin A akan sangat berguna untuk kesehatan mata seperti kesehatan pada bagian retina sekaligus fungsi mata lainnya. 

Secara sains, Wortel mengandung Beta Karoten yang merupakan salah satu jenis vitamin A yang berguna untuk retina mata.

Beta karoten pula yang membuat sayuran menjadi warna jingga.

untuk sebagian orang memang tidak terlalu menyukai Wortel sebagai pilihan makanan. Tetapi hal tersebut bisa disiasati dengan mencampur wortel dengan bahan makanan lain sehingga terasa nikmat dan sehat.

4. Makanan Daging Ikan 

Ikan merupakan salah satu makanan yang sangat berguna untuk kesehatan mata. Sebab ikan mengandung lemak Omega 3. 

Kandungan Omega 3 ini sangat banyak berfungsi untuk kekebalan tubuh, menjaga sistem saraf tubuh kamu hingga menjaga agar sel dalam tubuh tetap sehat.

Nah, khusus untuk mata, kandungan Lemak Omega 3 berfungsi untuk menjaga kelembapan mata sehingga mata tidak cepat kering dan perih.

Terdapat beberapa jenis ikan yang mengandung banyak omega 3 antara lain ikan salmon, ikan tuna dan ikan Asin. Tentu masih banyak lagi ikan lainnya yang mengandung lemak Omega 3. 

5. Makan Telur

Selama ini makanan seperti telur hanya dianggap makanan pelengkap dan penikmat saja. Padahal telur termasuk makanan sehat yang mengandung  lutein, vitamin A, zeaxanthin, dan seng.

Seng adalah satu kandungan mineral yang berguna untuk kesehatan mata, terumata pada retina. Fungsi lainnya adalah menjaga mata agar tetap sehat dari paparan sinar berlebih.

Untuk mengkonsumsi telur bisa mencampurnya dengan jenis makanan lainnya. 

6. Makan Kacang

Perlu diketahui lebih lanjut bahwa Kacang merupakan salah satu makanan yang mengandung Omega 3 dan Vitamin E. Dan kandungan tersebut sangat berguna untuk kesehatan mata. 

khusus untuk vitamin E, itu akan berfungsi lebih banyak untuk melindungi sel mata dari radikal bebas. Ingat bahwa radikal bebas bisa menyebabkan kerusakan pada jaringan sel mata. 

Dengan makan kacang nanti akan memperlambat durasi tumbuhnya katarak dan terjadinya Degenerasi Makula. 

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh JAMA Ophthalmology bahwa Nutrisi dari Vitamin E yang tinggi cukup memberikan efek kesehatan yang baik, terutama dalam menurunkan risiko penyakit katarak. 

Kamu bisa mendapatkan Vitamin E dari beberapa jenis kacang misalnya kacang hazelnut, kacang tanah, biji bunga matahari, dan kacang Almond.

Selain usaha untuk mengkonsumsi makanan yang sehat untuk mata di atas, disarankan untuk melakukan pengecekan kesehatan mata rutin ke dokter sehingga bisa dideteksi lebih awal sebab dan kondisinya.

Terima kasih sudah membaca artikel tentang Makanan Yang Mampu Menjaga Kesehatan Mata. Semoga bermanfaat ya. 

Referensi : 
- Halo Sehat

Vimont, C. (2020). 36 Fabulous Foods to Boost Eye Health – American Academy of Ophthalmology. Retrieved September 21, 2020, from https://www.aao.org/eye-health/tips-prevention/fabulous-foods-your-eyes 

Boyd, K. (2020). What Is Vitamin A Deficiency? – American Academy of Ophthalmology. Retrieved September 21, 2020, from https://www.aao.org/eye-health/diseases/vitamin-deficiency 

Top foods to help protect your vision – Harvard Health Publishing. (2013). Retrieved September 21, 2020, from https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/top-foods-to-help-protect-your-vision 

Diet and Nutrition – American Optometric Association. (n.d.). Retrieved September 21, 2020, from https://www.aoa.org/healthy-eyes/caring-for-your-eyes/diet-and-nutrition?sso=y 

Eating for your eyes – American Optometric Association. (2019). Retrieved September 21, 2020, from https://www.aoa.org/news/clinical-eye-care/health-and-wellness/eating-for-your-eyes?sso=y 

4 Nutrition Tips for Eye Health – BrightFocus Foundation. (2019). Retrieved September 21, 2020, from https://www.brightfocus.org/macular/article/4-nutrition-tips-eye-health 

Look to Fruits and Vegetables for Good Eye Health – Department of Health New York State. (2016). Retrieved September 21, 2020, from https://www.health.ny.gov/publications/0911/ 

Xue, C., Rosen, R., Jordan, A., & Hu, D. N. (2015). Management of Ocular Diseases Using Lutein and Zeaxanthin: What Have We Learned from Experimental Animal Studies?. Journal of ophthalmology, 2015, 523027. https://doi.org/10.1155/2015/523027 

Gilbert C. (2013). What is vitamin A and why do we need it?. Community eye health, 26(84), 65. 

Bone, R., Landrum, J., Cao, Y., Howard, A., & Alvarez-Calderon, F. (2007). Macular pigment response to a supplement containing meso-zeaxanthin, lutein and zeaxanthin. Nutrition & Metabolism, 4(1), 12. https://doi.org/10.1186/1743-7075-4-12 

Christen, W., Glynn, R., Gaziano, J., Darke, A., Crowley, J., & Goodman, P. et al. (2015). Age-Related Cataract in Men in the Selenium and Vitamin E Cancer Prevention Trial Eye Endpoints Study. JAMA Ophthalmology, 133(1), 17. https://doi.org/10.1001/jamaophthalmol.2014.3478

Baca juga : Testimoni Mosehat