Cara Menjaga Atau Merawat Kesehatan Mata

Cara Menjaga Merawat Kesehatan Mata

Artikel ini akan membahas tentang Cara merawat kesehatan mata. Semoga tips dan cara yang diberikan bermanfaat. 

Mata adalah salah satu anugerah terbaik tuhan untuk Manusia. Oleh sebab itu, kamu harus menjaga anugerah itu dengan baik. Nah, berikut ini akan saya sajikan cara merawat atau menjaga kesehatan mata kamu. 

Dengan mata sehat, kamu akan lebih mudah dalam melakukan segala aktivitas harian dengan nyaman. Satu sisi, kamu juga harus sadari bahwa mata juga punya batas fungsi yang akan tergerus seiring berjalannya usia kamu. 

Oleh sebab itu, untuk menjaga fungsi mata bisa berjalan dengan baik untuk kurun waktu yang lama, maka berusalah untuk merawat Mata dengan cara terbaik. 

Cara Merawat atau Menjaga Kesehatan Mata

Berikut ini cara merawat atau menjaga mata kamu agar bisa tetap sehat

1. Lakukan Pemeriksaan Mata secara Rutin

Kalau kamu ingin matanya sehat, sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan mata secara rutin. Untuk Anak-anak atau lansia, dianjurkan untuk memeriksa kesehatan mata 2 kali dalam setahun. 

Untuk orang dewasa, direkomendasikan untuk memeriksa mata 1 tahun sekali. Pemeriksaan kesehatan mata secara rutin bertujuan untuk mencegah masalah pada mata, terutama masalah mata yang disebabkna oleh pengaruh usia seperti degenerasi glaukoma, katarak dan makula.

Dengan melakukan pemeriksaan mata secara rutin, maka dokter akan dengan mudah mengetahui sebab apa saja yang menyebabkan berkurangnya fungsi mata atau masalah pada mata kamu. Misalnya gangguan pada mata bisa jadi disebabkan oleh tekanan darah tinggi atau diabetes.

Selain itu, saat kamu melakukan periksaan mata, maka bisa diketahui lebih awal apakah penyakit pada mata kamu punya pengaruh dari aspek genetik. Misalnya riwayat keluarga yang memiliki masalah pada mata. 

Setelah melakukan pemeriksaan pada mata ini, maka cara menjaga mata pun bisa dilakukan pelan-pelan sesuai dengan diagnoses dokter. 

Baca juga : Optical Clinic

2. Pilihlah Jenis makanan yang Bergizi Tinggi

Kalau kamu memang berniat sekali menjaga kesehatan mata agar tidak menjadi mata minus maka seringlah memakan jenis makanan yang memiligi gizi yang tinggi. Terutama jenis makanan yang banyak mengandung beberapa vitamin seperti Vitamin A, C, dan E. 

Makanan yang bergizi yang dipilih juga harus mengandung selenium dan asam lemak omega-3. 

Beberapa nutrisi yang disebutkan di atas diyakini secara medis dapat menjaga kesehatan mata yang disebabkan oleh faktor usia seperti degenerasi Makula dan Katarak. 

Selain itu, amat disarankan untuk memakan sayuran hijau, salmon, ikan tua, kacang, telur dan jeruk. 

3. Jangan Terlalu Lama Menggunakan Gawai Atau Perangkat Elekronik

Tahukah kamu, terlalu lama menatapi gawai atau alat elektronik, dapat menyebabkan mata kamu akan lelah. Nah, beberapa tanda yang akan muncul seperti sakit kepala, leher kamu akan terasa nyeri, kemudian punggung dan bahu kamu akan ikut sakit. 

Selain itu, mata kamu akan mengalami ketajaman penglihatan. Tampak kabur saat melihat dan mata akan terasa kering. 

Saat kamu menatap laptop selama satu hari, maka wajib untuk kamu mengalihkan pandangan ke tempat lain dalam kurung waktu tertentu. Misalnya setiap 10 atau 20 menit kamu bisa mengalihkan pandangan ke tempat lain. Hal tersebut untuk memberi jeda istirahat pada mata. 

Nah, kalau sekiranya mata sudah terasa telalu kering, maka boleh menggunakan obat tetes mata agar mata bisa lebih segar. 

4. Berusaha Hindari Cahaya ultraviolet

Selama ini banyak dipahami bahwa paparan cahaya ultraviolet hanya berefek pada kulit. Padahal cahaya atau sinar ultraviolet juga punya pengaruh pada mata. Saat mata kamu sering terpapar sinar ultraviolet maka akan mengalami risiko terkena penyakit katarak, kornea mata kamu terbakar, adanya degenerasi makula bahkan berpotensi terkena kanker mata. 

Nah, untuk mencegah papasan sinar ultraviolet berlebihan, kamu bisa mencegahnya dengan menggunakan kacamata hitam. Dengan begitu, kamu sedikit terhindar dari sinar UVA dan sinar UVB. Pilihan lain bisa juga menggunakan topi saat beraktivitas di lapangan. 

5. Sudahi Kegemaran Merokok

Merokok adalah aktivitas tidak sehat. Efeknya tidak hanya pada tubuh tetapi juga berimbas pada kesehatan mata. Tahukah kamu, ternyata merokok bisa memicu terjadinya katarak pada seseorang. Selain itu, merokok bisa menyebabkan kerusakan pada bagian saraf optik. 

Nah, kalau saraf optik rusak, maka akan mempercepat efek kerusakan pada mata dan berpotensi rusaknya retina mata. Maka berusaha untuk berhenti merokok. 

6. Perhatikan Dengan Baik Penggunaan Make Up

Tahukah kamu bahwa Make up yang jenis cair atau krim sangat berpotensi tumbuh bakteri di sana kalau tidak digunakan dalam waktu yang lama. 

Maka disarankan untuk mengganti Make up kamu jika sudah mencapai penggunaan sudah 3 bulan lamanya. 

Nah, selain itu hindari sedini mungkin berbagi alat make up. Karena menghindari tercampurnya bakteri. 

Segera cuci wajah kamu setelah menggunakan make up terlalu lama dalam sebuah acara. Jika kamu merasakan ada gejala iritasi atau infeksi saat kamu menggunakan make up, maka segera hapus make up-nya dan segera periksa ke dokter jika efeknya berlanjut. 

7. Luangkan Waktu untuk Olahraga Rutin

Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa olahraga dapat menjaga kesehatan tubuh. Sebab dengan olahra maka akan mengurangi resiko terkena diabetes, darah tinggi, kolesterol tinggi bahkan mencegah kerusakan pada mata. 

8. Hindari Membaca di ruangan Kurang Cahaya

Banyak orang tidak menyadari bahwa membaca di ruangan kurang cahaya sangat buruk. Selain itu, posisi saat membaca sangat disarankan untuk menjaga jarak normal antara 25 sampai 30 cm. Meskipun kamu membaca dalam posisi berbaring. 

Nah, itulah tips cara menjaga atau merawat Kesehatan Mata. Jika kamu mengalami masalah mata silakan hubungi dokter untuk melakukan konsultasi lebih lanjut.

Referensi : Alodokter

Posting Komentar untuk "Cara Menjaga Atau Merawat Kesehatan Mata"

Info paling Cepat ikuti sosial media kami 👇 dan saluran berita 👉 Google News