Meraih Penglihatan Yang Lebih Baik, Kenali Penyakit Mata Yang ini

Penglihatan Yang Lebih Baik

Saya baru saja membaca sebuah artikel yang membahas tentang computer vision syndrome. Gelala ini muncul karena terlalu lama menatap komputer. 

Menurut rilis Alodokter bahwa Computer vision syndrome (CVS) sering dikenal dengan istilah digital eye strain. 

Ganguan tersebut muncul sebagai akibat dari aktivitas mata yang selalu berkaitan dengan perangkat elekronik yang berbasis komputer seperti laptop, handphone, maupun sebuah tablet. Penggunaan barang eletronik tersebut berlangsung lama sehingga memberikan dampak buruk pada mata. 

Secara umum computer vision syndrome memiliki gejala seperti mata lelah atau terasa pegal, penglihatan kamu juga kabur atau tampak ganda, dan kondisi mata mulai merah, kering, bahkan berair. 

Penyebab Computer Vision Syndrome

Berikut ini adalah beberapa penyebab computer vision syndrome sebagaimana dikutip dari Alodokter.

  • Saat menatap layar mata kamu akan terus beraktivitas dan serin g melalukan loncatan pandangan dari satu titik ke titik yang lain dengan begitu cepat. Sehingga mata terlalu bekerja keras.
  • Munculnya teks di dalam perangkat komputer atau sejenisnya terkadang tidak setajam media cetak sehingga mata terpaksa harus bekerja keras untuk melakukan fokus.
  • Kontras, kerlipan, dan silau cahaya akan memberikan pengaruh besar terhadap kemampuan kerja mata.
  • Saat bekerja mata terasa kering karena kurang berkedik saat menatap layar laptop atau elekronik lainnya. 

Cegah CVS untuk Mendapatkan Penglihtan Yang Lebih Baik

Berikut ini tips yang bisa kamu lakukan untuk mencekah Computer  Vision Syndrome :

1. Atur Cahaya di Ruang Kerja Agar Seimbang

Saat ebekerja sangat dianjurkan untuk menyalakan lampu di dalam ruangan. Hal tersebut untuk menjaga agar cahaya yang masuk ke mata bersifat merata dan tidak berasal dari fokus layar laptop atau handphone.

2. Aturlah Posisi Kursi dan Meja dengan Senyaman Mungkin

Sangat disarankan saat kamu bekerja di laptop sekiranya menjaga jarak mata minimal 60 CM. Kurang dari itu akan membuat mata cepat lelah. Pun Kalau terlalu jauh mata akan lelah karena harus memaksa titik fokus pada objek yang dilihat. 

3. Atur Cahaya Screen Laptop Atau Komputer

Saat memulai pekerjaan silakan atur senyaman mungkin tingkat pencahayaan laptop, seperti kontrasnya dan ukuran huruf. 

4. Lakukan Disiplin Waktu Penggunaan Laptop

Dalam teori kesehatan diharapakan kamu mengambil jedah 20 menit setelah menatap laptop. Kemudian kamu arahkan pandangan mata kamu menuju objek lain yang lebih segar dipandang. 

Hal tersebut dilakukan untuk merefresh mata agar kembali lembab. Hal ini bisa dilakukan dalam 20 detik. Kemudian kamu bisa melanjutkan lagi pekerjaan kamu. 

5. Manfaatkan Obat tetes Mata Jika diperlukan

Saat kamu bekerja terlalu lama di hadapan laptop atau gawai maka mata akan mengalami kekeringan. Hal tersebut bisa disiasati dengan penggunaan Obat Tetes sesuai kebutuhan. 

Sat memilih obat tetes pun harus hati-hati. Kamu harus perhatikan obat tetes tersebut tidak mengandung bahan aktif dan pengawet. 

6. Pakailah kacamata Sesuai Kebutuhan

Fungsi Kacamata adalah untuk mengurangi jumlah cahaya yang masuk ke mata agar cahaya tidak terlalu membuat mata sakit saat bekerja. 

Sangat dianjurkan menggunakan kacamata yang agak gelap sehingga cahaya tidak menyakitkan mata.

Demikian tips yang bisa kamu lakukan untuk mencegah Bahaya Computer Vision Syndrome. Semoga kamu bisa mendapatkan penglihatan yang lebih baik. 


Posting Komentar untuk "Meraih Penglihatan Yang Lebih Baik, Kenali Penyakit Mata Yang ini"

Info paling Cepat ikuti sosial media kami 👇 dan saluran berita 👉 Google News