-->

Majalah Fortune Indonesia : Sejarah, Produk, dan Akses Media Bisnis

Konten [Tampil]
Majalah Fortune Indonesia

Artikel ini mengulas panjang tentang Majalah Fortune Indonesia : Sejarah, Produk, dan Akses Media Bisnis di fortuneidn.com

***

Teman-teman, Kedigdayaan ekonomi Amerika memang sudah teruji oleh zaman. Meskipun begitu, dunia tentu tidak akan melupakan bahwa Amerika juga memiliki era kegelapan dalam ekonomi. 

Era di mana akses informasi ekonomi terbatas, sehingga orang berburu membeli saham tanpa paham kondisi perusahaan.  Akibatnya pembelian saham besar-besaran dan melebihi nilai aset yang sesungguhnya sebuah perusahaan. 

Apa yang terjadi kemudian? 

Pusat perdagangan saham yang berpusat di New York Stock Exchange, Wall Street, kota New York, runtuh. Kejadian itu sekaligus memusnahkan jutaan investor kala itu. 

Dalam catatan sejarah seperti dikutip media History bahwa keruntuhan atau kebangkrutan New York Stock Exchange menjadi penyebab awal krisis ekonomi yang disebut Great Depression (1929-1939).

Kebangkrutan itu juga menyumbang angka pengangguran mencapai 15 juta orang Amerika. Tak hanya itu, laporan Khana Akademy menyebut sekitar 5.000 bank gulung tikar terkena dampak dari Great Depression ini.

Apa yang bisa dipetik dari tragedi kehancuran ekonomi Amerika saat itu?

Terbatasnya informasi ekonomi dan kurangnya inspirasi bisnis. Akibatnya terjadi pembelian saham yang spekulatif yang berakibat pada kerugian besar-besaran. 

IDn Media Fortune Indonesia
Dokumen Resmi IDN Media

Jejak Fortune Global Menuju Majalah Fortune Indonesia

Pada fase akhir dari Great Depression, lahirlah majalah Fortune, media bisnis Global yang didirikan oleh Henry Robinson Luce, pria kelahiran Tengchow, China 1998. Henry dikenal sebagai sosok yang sangat berpengaruh dalam sejarah jurnalisme Amerika di tahun 1923. 

Awalnya, Henry dan kawannya bernama Hadden mendirikan majalah mingguan "Time" dan terbitan pertama pada tanggal 3 maret 1923. Saat itu, Luce menjadi Bisnis Manager dan Hadden adalah kepala editor. Tahun 1929, Majalah time kemudian digabungkan dengan Fortune, dengan sebutan Time- Fortune Corporation.

Saat itu, Henry Luce menulis visi masa depan majalah Fortune.
 "Fortune should be "the Ideal Super-Class Magazine" for "wealthy and influential people." demikian dikutip dari Fortune.com 
Ungkapan itu menjadi pondasi dasar bisnis majalah Fortune. Majalah ini diimpikan menjadi majalah kelas atas untuk orang kaya dan berpengaruh.

Untuk mengetahui garis besar lahirnya majalah Fortune dan era Great Depression, kamu bisa memperhatikan alur singkat berikut ini. 
Majalah Fortune Indonesia


Majalah Fortune Indonesia dan IDN Media

Sebagaimana berdirinya Majalah Fortune Global yang lahir di tengah Great Depression, kini majalah Fortune Indonesia pun hadir di saat Indonesia sedang mengalami keterpurukan ekonomi. Keterpurukan tersebut sebagai dampak dari krisis pandemik yang merusak tatanan bisnis yang sedang berjalan.

Winston Utomo, sebagai CEO IDN Media mengungkapkan,"Fortune hadir untuk memberikan napas baru untuk bangkit dari keterpurukan, sekaligus menjadi sebuah simbol harapan akan hari esok yang lebih baik. Hari ini, 8 Agustus 2021, Fortune resmi diluncurkan di Indonesia bersama dengan IDN Media." demikian ungkapannya sebagaimana dikutip di laman popbela dan fortuneidn.com

IDN media berharap besar, hadirnya Fortune Indonesia akan menjadi kompas atau navigasi kesuksesan anak bangsa di Indonesia. Oleh sebab itu, model dan gaya Majalah Fortune menggunakan Story-telling dan Deep Report.

Setelah resmi diluncurkan pada agustus 2021, tak lama kemudian Majalah Fortune menerbitkan edisi perdananya dengan mengangkat kisah mega-merger Gojek dan Tokpedia. Pada edisi kedua, Majalah Fortune Indonesia merilis 100 perusahaan yang paling besar di Indonesia. Kemudian, edisi ketiga merilis tema tentang komiditas masa depan yang ada di Indonesia. 

Kesemua tema dan cerita yang ditampilkan  sangat akurat dan menginspirasi. Sebagai gambaran rinci, berikut grafis yang bisa kami hadirkan. 
Majalah Fortune Indonesia

Poduk Majalah FORTUNE Indonesia 

Produk dari majalah Fortune Indonesia tersedia dalam versi cetak dan juga versi elektronik. Untuk majalah Fortune Indonesia versi cetak bisa diakses lapak resmi Fortune Indonesia di Tokopedia (Klik Beli) dan pembelian versi digital bisa melalui aplikasi Gramedia ebook. 

Akses Media Bisnis dan Ekonomi yang akurat di Fortuneidn.com

Selain majalah cetak, Fortune Indonesia juga memberi akses berita bisnis dan ekonomi melalui laman resmi Fortuneidn.com. Laman website ini bagus layaknya majalah online, dan informasi bisnis pun hadir dalam berbagai kategori. 

Majalah Fortune Indonesia

1. Kategori Artikel MARKET

Tulisan yang terbit dalam kategori market menyajikan informasi mengenai pergerakan dan prediksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). 

Bagi kamu yang terbiasa dengan bisnis mengenai saham, membaca kategori artikel MARKET sangat disarankan. Sebab, Fortune akan terus mengabarkan perusahaan yang akan melepas sahamnya disertai rincian harga sahamnya. Tentu ini akan menjadi peluang besar bagi kamu sebagai investor untuk menanam saham di sebuah perusahaan besar. 

Selain itu, pembaca juga akan mudah mendapatkan informasi mengenai aplikasi pendukung jual - beli saham. Salah satu contohnya adalah ulasan mengenai kemudahan membeli saham dengan aplikasi E-IPO. Aplikasi E-IPO adalah platfrom  digital  yang memungkinkan kamu melihat penawaran saham perdana.

Hal menarik lainnya dari kanal artikel MARKET adalah adalah laporan riset. Dalam salah satu artikelnya  Fortuneidn menerbitkan hasil riset mengenai Bitcoin. Dalam artikel itu akhirnya pembaca tercerahkan soal berapa sih pemain dan yang menguasai investasi Bitcoin. Dan ini menjadi menarik untuk dijadikan wawasan sebagai pemula dalam melihat beragam market bisnis. 

Sejarah Majalah Fortune Indonesia

2. Kategori Artikel BUSINESS 

Pada kategori artikel ini, pembaca akan disuguhi dengan ragam informasi mengenai bisnis, perusahaan, dan profil tokoh. 

Artikel bisnis yang pernah terbit di kategori ini antara lain mengenai pendapatan bisnis Perusahaan PT PLN (persero) yang meraih keuntungan hingga 204,65 Triliun. Artikel ini mengulas panjang strategi PLN hingga mencapai keuntungan sebesar itu. 

Bagi pembaca yang bergulat dalam bisnis, tentu narasi konten seperti itu akan jauh memberikan dampak dan inspirasi. 

Sejarah Majalah Fortune Indonesia

3. Kategori Artikel FINANCE 

Untuk artikel pada kategori FINANCE, kamu akan banyak mendapatkan edukasi finansial seperti kabar Ekonomi, kebijakan dari Bank Indonesia (BI), dan informasi lainnya dari perbankan. Intinya akan bicara mengenai uang dan segala kebijakan yang diberlakukan. 

Artikel dalam kategori FINANCE memberikan pencerahan dan pendidikan mengenai keuangan dan segala kebijakan yang melekat padanya. 

Sebagai contoh, FortuneIdn.com merilis artikel mengenai obligasi yag berjudul, "Ingin Mulai Investasi Obligasi? Perhatikan Hal-hal Berikut" 

Artikel tersebut mengedukasi masyarakat untuk hati-hati dalam memilih obligasi dan harus memperhatian hal penting seperti komponen obligasi, jenis-jenis obligasi hingga info pemeringkatan Obligasi. Dengan harapan, kamu tidak mengalami kerugian di kemudian hari. 

Sejarah Majalah Fortune Indonesia

4. Kategori Artikel NEWS

Pada katgeori Artikel NEWS, kamu sebagai pembaca akan menikmati informasi mengenai politik, khususnya politik yang berpengaruh pada ekonomi. Selain itu, kategori artikel di sini juga menyajikan informasi aktual kesehatan, Industri dan berita dunia internasional. 

Salah satu berita yang menarik yang tayang di kategori NEWS adalah kabar mengenai SATGAS BLBI yang mampu kembalikan aset negara hingga mencapai 2,45 miliar dan US$7,6 juta. Tentu bagi kita, berita seperti ini akan sangat berguna untuk mengetahui perkembangan institusi negara dan segala aset yang dimilikinya. 

Hal menarik lainnya dalam kategori NEWS, kamu akan mendapatkan informasi terbaru tentang perkembangan politik, kesehatan, industri dan kabar Internasional. Kesemuanya dilaporkan dengan akurat dan sangat enak dibaca. Narasinya ringan dan gaya reportasi yang apik. 

Majalah Fortune Indonesia

5. Kategori Artikel TECH

 Kategori Artikel TECH menyajikan informasi mengenai berita teknologi seperti informasi mengenai Gadget, Software, Artificial Inteligent, Aplikasi dan teknologi mutakhir. 

Contoh artikel TECH yang menarik adalah soal Spotify yang mampu meraih pengguna hingga 400juta pengguna. Bahkan dalam waktu 3 bulan, penggunanya bertambah 16 juta. 

Bagi kamu yang suka membaca perkembangan teknologi seperti ini, sebaiknya membaca di Fortuneidn untuk kategori TECH. Laporannya bagus dan tidak seperti media pada umumnya yang hanya mengandalkan Flash News. 

Fortuneidn melaporkan perkembangan dengan model feature dan pembaca bisa mendapatkan informasi yang lebih rinci dan mudah dicerna. 

IDN Media dan Majalah Fortune Indonesia

6. Kategori Artikel SHARIA

Artikel dalam kategori SHARIA  menyajikan ragam informasi mengenai ekonomi syariah, perbankan syariah, investasi hingga asuransi. kategori artikel ini membidik eknomi syariah karena menyesuaikan kebutuhan pembaca di Indonesia yang mayoritas muslim dan sangat membutuhkan akses informasi mengenai ekonomi berbasis islam. 

Salah satu yang menarik seperti artikel mengenal Reksadana Syariah lebih dalam. Artikel ini mengedukasi pembaca mengenai 10 jenis reksadana syariah dengan segala resikonya. Selain itu, artikel ini juga mengedukasi perbedaan reksadana syariah dan konvensional. 

Jadi, Fortune Global tidak menyediakan kategori ini, namun khusus untuk pembaca Indonesia,Fortune Indonesia membuka kategori ini untuk pembaca muslim Indonesia. Tentu ini sangat menarik dan bermanfaat. 

IDN Media dan Majalah Fortune Indonesia

7. Kategori Artikel LUXURY

Artikel dalam kegori ini menyajika informasi tentang barang-barang mewah, Gadget, Travel, Hotel dan kuliner. Bagi pembaca yang suka mengoleksi barang mewah, atau suka traveling di tempat super megah, atau ingin memiliki gadget terbaru dengan fitur mewah, tentu kanal berita LUXURY sangat cocok. 

Salah artikel mengenai barang mewah yang sempat terbit seperti,  ini Tipe Lamborghini termahal di dunia, minat beli? 

Tentunya, kamu yang suka dengan koleksi mobil mewah akan sangat menggemari reportasi atau berita terkait barang mewah seperti itu. Nah, silakan baca kanal ini biar kamu tidak ketinggalan informasi terbaru barang mewah di dunia. 
***
Okay teman-teman. Itu saja ulasan saya mengenai sejarah Majalah Fortune Indonesia, produk hingga akses media online Fortuneidn.com Semoga bermanfaat dan menyukainya ya. Salam literasi.
Daftar referensi artikel  :
- https://www.khanacademy.org/humanities/us-history/rise-to-world-power/great-depression/a/the-great-depression
- https://www.history.com/topics/great-depression/great-depression-history
- https://fortune.com/about-us/
- https://en.wikipedia.org/wiki/Fortune_(magazine)
Sejarah Majalah Fortune Indonesia dan Akses Media Bisnis

6 komentar untuk "Majalah Fortune Indonesia : Sejarah, Produk, dan Akses Media Bisnis "

  1. Azwar Nurmajek11/02/2021

    Oh, begitu sejarahnya. Kubaca di media lain, katanya Majalah Time diganti majalah Fortune karena majalah sebelumnya ngak laris.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, menurut sejarahnya Time sempat terpuruk kala itu. Majalah Fortune memberikan alternatif majalah yang fokus ke bisnis. Sampai hari ini masih eksis dan sampai di Indonesia.

      Hapus
  2. Monaliza Marketer11/02/2021

    Mohon info pembelian majalah elektronik Fortune.
    Karena sekarang membeli majalah fisik berat di ongkir. wwkwk..wkwkw...

    Mending beli majalah digital aja. Sekarang udah zaman elektronik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pembelian majalah elektronik Fortune, setahu saya bisa lewat aplikasi ebook milik gramedia. Kisaran harga silakan cek sendiri.

      Kalau soal elektronik atau cetak, tergantung selera sih. Ada yang lebih nyaman membaca majalah cetak karena tidak membuat mata lelah.

      Jadi, tergantung individu sukanya versi apa.

      Hapus
  3. Ardan Maulana11/02/2021

    Btw, blog ini keren amat tampilannya. Bisa bikin landing page gini.
    Oh iya, saya ikutan lomba IDN. Bisa ngutip di sini ya. Soalnya dicari referensi Sejarah majalah fortune, malah web ini yang muncul dengan wikipedia.

    Saya ngutip sini saja ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Owalah... gimane ceritanya. Saya juga ikutan lomba bang. Masah ngitup sama saingan peserta. Wkwkw... cari yang lain aja deh.

      Maafkan...wkwkwk...

      Hapus

Sebelum komentar, silakan saling klik follow ya : >>  Follow Blog

Teman yang follow blog ini akan muncul di sidebar blog nanti.
InsyaAllah akan menambah jaringan pertemanan ke kalangan blogger lainnya.