Top Up Mobile Legend

Laptop Bisnis Terbaik Indonesia

Review Laptop Bisnis Terbaik

Laptop Bisnis Terbaik salah satunya adalah laptop merek ASUS yaitu Seri Laptop ASUS ExpertBook. Laptop bisnis ini merupakan laptop yang ringan, memiliki prosesor terbaik dan spesifikasinya bagus untuk kebutuhan beragam bisnis. 
Teman-teman. Memilih Laptop yang terbaik untuk bisnis adalah sebuah keharusan. Apalagi era pandemi semua sudah berbasis online. Selain itu, banyak data dan laporan kantor dikerjakan di rumah dengan laptop. Tentu butuh laptop bisnis terbaik.

Jika kamu salah memilih laptop bisnis untuk kebutuhan kantor, maka bisa dipastikan pekerjaan akan tertunda dan berpotensi tidak selesai. 

Berdasarkan pengalaman saya sebagai pelaku bisnis online, laptop bisnis yang lambat akan menurunkan semangat bekerja. Karena waktu habis terbuang sia-sia hanya karena laptop bisnis sering melakukan proses data yang sangat lambat. 

Dalam kondisi tertentu, laptop terkadang mati mendadak. Tentu ini akan berdampak buruk terhadap pencapaian target Bisnis. Solusinya adalah memilih laptop bisnis yang terbaik untuk kamu.

Rekomendasi 5 Laptop Bisnis Terbaik

Berikut ini rekomendasi Laptop Bisnis terbaik :

  1. Laptop Bisnis Seri ASUS ExpertBook B1 ( B1400) - Up to 14 FHD NanoEdge 
  2. Laptop Bisnis Seri ASUS ExpertBook B3 Flip ( B3402) - Desain Engsel 360°
  3. Laptop Bisnis Seri ASUS ExpertBook B5 (B5302) - Ketahan Baterai Hingga 14 jam
  4. Laptop Bisnis Seri ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402F) - Laptop dengan Teknologi 5G
  5. Laptop Bisnis Seri ASUS ExpertBook B9 (B9400) - Output Layar 4K
Ulasan lebih lengkap tentang masing-masing laptop terbaik tersebut, silakan baca review selengkapnya di bawah ini. 

Namun, perlu diketahui, dalam ulasan nanti akan fokus membahas 4 aspek laptop yaitu Deskripsi laptop, Performa Laptop, Fitur Laptop, Konektivitas Laptop dan Spesifikasi Laptop. 

1. ASUS ExpertBook B1 (B1400) - Up to 14 FHD NanoEdge Display

Laptop Bisnis Terbaik
Deskripsi Laptop Bisnis ASUS ExpertBook B1 (B1400)
Salah satu laptop bisnis terbaik adalah Laptop Asus ExperBook B1400. Sebab, laptop ASUS ExpertBook B1 (B1400) merupakan laptop terbaik yang telah dirancang spesial untuk kamu yang sedang bekerja di perusahaan mapan atau perusahaan berkembang. Selain itu, Laptop ini juga cocok untuk organisasi atau pun sekolah. 

Seribupena News memberikan rekomendasi laptop bisnis ExpertBook B1 B1400 dengan beberapa alasan. Pertama, karena laptop bisnis ini memiliki kinerja yang tinggi. Kedua, laptop Terbaik ini memiliki daya ketahanan fisik setingkat standar militer. Ketiga, Laptop terbaik ini mampu menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis kamu. 

untuk menunjang profesionalitas, ExpertBook B1 B1400 adalah salah satu laptop bagus dan terbaik untuk bisnis. Karena laptop terbaik ini sudah dibuat dengan penyederhanaan alur kerja agar kamu bisa tetap produktif. Sehingga kamu akan tetap percaya diri dan optimis saat melakukan pekerjaan bisnis apapun dengan laptop terbaik.

Performa Terbaik Laptop Bisnis ASUS ExpertBook B1 (B1400)
Dari segi performanya, Asus ExpertBook B1 B1400 merupakan laptop bisnis terbaik yang mampu mengerjakan tugas atau pekerjaan bisnis yang berat. Karena laptop terbaik ini sudah dibekali dengan prosesor Intel® Core7™ Generasi ke-11 yang sangat canggih dan disertai pula dengan grafis diskrit NVIDIA® GeForce®1. 

Jika bisnis kamu membutuhkan ruang penyimpanan yang besar, kamu jangan khawatir. ExpertBook B1 B1400 merupakan Laptop Bisnis Terbaik yang sudah mempunyai kapasitas penyimpanan hingga mencapai 2 TB HDD ditambah dengan 1 TB SSD Ultra Cepat. Keduanya saling terkoneksi dan saling menopang satu sama lain. Kedua ruang penyimpanan tersebut saling menopang mulai dari sisi kecepatan dan besarnya ruang penyimpanan. 

Kalau soal kecepatan dalam menjalankan software, ExpertBook B1 B1400 adalah laptop bisnis Terbaik yang sudah memiliki kecepatan tinggi. Karena laptop terbaik ini sudah dipasang RAM 48 GB DDR4. Perlu kamu tahu, kecepatan RAM DDR4 jauh lebih cepat beberapa kali lipat dari RAM biasa. Dengan begitu, kamu tidak perlu pusing laptop menjadi lambat.

Untuk melakukan Upgrade memori RAM, kamu juga tidak perlu membongkar laptop bisnis secara keseluruhan. Kamu cukup melepas beberapa skrup yang ada di belakangnya. 

Yang patut diacungkan jempol bahwa ternyata ASUS ExpertBook B1 termasuk salah satu laptop bisnis terbaik yang sudah menyertakan teknologi Intelligent Performance Boost secara eksklusif. Hal tersebut bertujuan untuk menambah kelincahan laptop untuk mencapai performa terbaik dan kemudahan mengatur termal internal.  

Selain itu, dalam laptop bisnis terbaik dari ASUS ini dilengkapi dengan Algoritme eksklusif ASUS yang mampu mengatur peralihan mode pekerjaan dengan mudah. Pengguna bisa menggunakan mode Performa, Seimbang dan Mode senyap. 

Dalam mode Performa, Laptop Bisnis ASUS ExpertBook B1 akan memaksimalkan kinerja dan parameter termal untuk melayani beban kerja yang cukup berat.

Selanjutnya, dalam mode Seimbang, Laptop Bisnis Terbaik dari ASUS  ini akan mengoptimalkan parameter kinerja, termal, dan daya secara cerdas untuk melakukan pekerjaan harian. 

Terakhir, dalam mode Senyap, laptop terbaik ini akan mengoptimalkan penghematan daya dan suara akan lebih senyap. 

Ditakar dari beratnya, ASUS ExpertBook B1 B1400  adalah salah satu laptop bisnis terbaik yang cukup ringan karena beratnya hanya 1,45 kg. Tentu hal tersebut akan memudahkan kamu membawa laptop terbaik ini kemana saja.

Untuk layarnya, Laptop bisnis terbaik dari ASUS ExpertBook B1400  ini menggunakan Layar NanoEdge dengan tampilan Bezel sempit di tiga sisi. Rasio layar terasa lebih lebar sehingga sangat mengesankan ketika menatap layar atau lagi menonton. 

Fitur Terbaik Laptop Bisnis ASUS ExpertBook B1 (B1400)
Yang tak kalah menarik lagi, Asus ExpertBook B1 B1400 merupakan laptop bisnis Terbaik yang sudah dipasang pula teknologi AI yang mampu meredam kebisingan. Hal ini sangat berguna ketika kamu sedang rapat Online  bersama tim kerja atau sedang berdiskusi. Tentu kamu tidak ingin ada suara yang mengganggu di sekitar. 

Laptop Bisnis Terbaik
Fitur peredam suara itu namanya  fitur Noise-Cancelling Mic di aplikasi MyASUS9. Aplikasi ini secara otomatis akan menyaring suara bising yang ada di sekitar yang mengganggu. 

Menurut keterangan situs resmi ASUS, laptop Asus seri ExpertBook B1 B1400 adalah laptop terbaik yang memiliki beberapa pilihan mode . Pertama, Mode presenter tunggal yang  memastikan suara kamu jelas ketika berbicara di depan laptop. Kedua, Mode Multi-penyaji yang akan memastikan semua suara dari penyaji terdengar dengan jelas. 

Konektivitas Laptop Bisnis ASUS ExpertBook B1 (B1400)
Dalam melakukan tugas kantor, tentu kamu sangat membutuhkan perangkat lain untuk menyalin data atau menyajikan data. Jangan khawatir, ExpertBook B1 B1400 merupakan Laptop Bisnis terbaik yang memiliki port koneksi ke berbagai device. 

Laptop terbaik ini telah terpasang dua model USB yakni USB 3.2 dan USB 2.0. Selain itu ada pula Colokan HDMI 2.0, Ethernet dan Slot Kartu MicroSD. Untuk ketahanannya, semua port laptop ini mampu menampung hingga 10.000 kali penggunaan. 
Laptop Bisnis Terbaik

Untuk menopang kecepatan transfer datanya, Asus ExpertBook B1 B1400 adalah  Laptop Bisnis Terbaik yang sudah terpasang Intel® Thunderbolt™ 4, salah satu fasilitas transfer data paling cepat saat ini, mencapai 40Gbps. Untuk pengisian daya, laptop terbaik dari ASUS ini sudah sangat cepat. 

Spesifikasi Terbaik Laptop Bisnis ASUS ExpertBook B1 B1400
  • Windows 10 Pro - ASUS recommends Windows 10 Pro for business, Free Upgrade to Windows 11¹ (when available, see below)
  • Up to 11th Intel® Core™ i7 processor
  • Up to NVIDIA® GeForce® MX330
  • Up to 48 GB memory
  • Up to 1 TB HDD + 512GB SSD storage
  • Up to 14 FHD NanoEdge display
  • NanoEdge 84% screen-to-body ratio
  • Optional exclusive NumberPad design

2. ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) - Desain Engsel 360°

Laptop Bisnis Terbaik
Deskripsi Laptop Bisnis ASUS ExpertBook B3 Flip B3402
Hidup di era internet memang membutuhkan laptop yang fleksibel. Karena kondisi selalu cepat berubah dari satu kondisi ke kondisi tertentu. Model pekerjaan juga akan beragam dan butuh penyesuaian diri dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan. 

Salah satu laptop Bisnis Terbaik dan handal adalah ExpertBook B3 Flip B3402. Laptop terbaik ini cocok digunakan oleh kalangan guru, pelajar atau pebisnis profesional. Laptop ini memiliki desain yang unik dan fleksibel. 

Dari segi kenyamanan, ExpertBook B3 Flip B3402 adalah laptop bisnis terbaik yang bisa dilipat fleksibel hingga 360 derajat, yang membuat laptop ini akan sangat nyaman digunakan dalam posisi kerja bagaimana pun

Saat kamu lagi melakukan presentasi, laptop terbaik ini bisa dilipat terbuka sampai orang lain bisa melihat layarnya dengan jelas. Terlebih lagi saat diskusi tatap muka. Laptop ini dengan mudah dibuka ke lawan bicara atau diskusi. 

Laptop Bisnis Terbaik

ASUS ExpertBook B3 Flip B3402  merupakan seri laptop bisnis terbaik yang dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas kerja. Selain engsel 360 derajat, laptop terbaik ini juga memiliki kamera depan yang terbuka lebar, dilengkapi stylus untuk memudahkan kamu untuk membuat coretan-coretan penting saat presentasi atau bahkan editing ilustrasi secara profesional. 

Performa Terbaik Laptop Bisnis ASUS ExpertBook B3 Flip B3402
Dari standar ketahanan fisik, laptop Bisnis terbaik seri ExpertBook B3 Flip B3402 juga sudah sesuai standar militer US. Dalam suhu kelembapan bagaimana pun, laptop terbaik Asus ini akan mampu menyesuaikan dengan mudah. 
  • Laptop ini telah duji hingga 30.000 siklus buka-tutup
  • Memiliki Port Durability Test
  • Telah duji hingga 15.000 kali siklus uji untuk memastikan daya tahan port I/O
  • Mampu menahan beban hingga 25 kg saat tertutup tanpa takut kerusakan panel LCD
  • Telah diuji daya tahan fisik dengan dijatuhkan dari ketinggian 120 cm tetap normal
  • Memiliki Kontruksi Bodi laptop yang Solid
  • Untuk Braket keyboard internal telah didukug struktural tambahan.
  • Terdapat pula lapisan kedap air yang memungkinkan keyboard mengatasi tumpahan cairan hingga 330 cc
  • Selain itu, telah memiliki 3. Port I/O diperkuat dengan braket baja untuk memastikan daya tahan 
Untuk memastikan pekerjaan multimedia yang lancar, ExpertBook B3 Flip merupakan seri laptop bisnis terbaik yang sudah dipasang prosesor Intel Core i7 Generasi ke-11 dengan grafis Iris® Xe dan intel WiFi 6⁸ supercepat. Perangkat itu memberikan pengalaman komputasi yang cepat dan responsif serta kinerja grafis yang memanjakan . 

Selain itu, laptop terbaik ini memiliki memori onboard dan slot SO-DIMM untuk meningkatkan memori hingga 48 GB — jadi siap untuk semua yang Anda lakukan hari ini, dan besok.

Konektivitas Laptop Bisnis ASUS ExpertBook B3 Flip B3402
Laptop Bisnis Terbaik

ASUS ExpertBook B3 Flip merupakan laptop bisnis yang memiliki koneksi 4G LTE 5 internal untuk konektivitas seluler yang aman dan cepat. Selain itu, laptop terbaru ini juga menawarkan teknologi WiFi 6 terbaru untuk menghadirkan kecepatan ultra cepat dan stabil untuk pembelajaran online atau pertemuan bisnis. 

Hal yang menarik lagi bahwa laptop ini sudah menggunakan teknologi ASUS WiFi Master 9. Itu artinya kamu bisa  menikmati koneksi WiFi yang lebih cepat dan lebih baik meskipun pada radius jaringan internet yang jauh.

Seperti dilansir dari situs resmi ASUS, laptop seri ExpertBook B3 Flip dilengkapi dengan port I/O seperti Thunderbolt™ 4 mutakhir, konektivitas kabel universal yang mendukung antarmuka USB4, kecepatan transfer data 40 Gbps, keluaran tampilan 4K, dan pengisian cepat. USB Type-A dan output HDMI juga disertakan, serta Kensington lock slack, Audio Combo Jack dan kartu microSD dan nano SIM Combo.

Fitur Terbaik Laptop Bisnis ASUS ExpertBook B3 Flip B3402
Adapun fitur yang menyertai laptop Bisnis Terbaik ini antara lain Smart Security, yang berfungsi untuk mengamankan data-data penting perusahaan atau kantor. 
Laptop Bisnis Terbaik
Selain itu, ada pula fitur ASUS Antibacterial Guard serta layarnya yang sudah mengantongi seritifikat TUV Rheinland yang sangat berguna menjaga mata agar tetap sehat. 

Laptop bisnis ini juga sudah dilengkapi dengan Wi-fi6 dan 4GLTEyang nanti akan sangat berguna untuk kecepatan dan kestabilan jaringan internet. 

Tak mau kalah dari seri Laptop bisnis ASUS yang lain, ExpertBook B3 Flip B3402 adalah laptop bisnis yang dibekali dengan Teknologi peredam suara bising dari luar. Sehingga ketika berkomunikasi secara virtual, suara kamu akan terdengar jelas dan orang yang terhubung dengan kamu di dalam jaringan komunikasi pun bisa mengeluarkan suara dengan jelas. 

Hal menarik lainnya dari seri laptop bisnis terbaik dari ASUS ini adalah fasilitas 2 kamera web standar dengan resolusi 13 Megapixel yang terpasang di atas dan di bawah layar. Hal tersebut memungkinkan kita bisa memposisikan laptop dengan cara terbaik atau tegak saat melakukan pertemuan Online

Untuk Fitur Keamanan, ExpertBook B3 Flip adalah laptop bisnis yang memiliki sistem keamanan yang kuat. Hal tersebut untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan informasi pribadi atau data bisnis perusahaan. Fitur keamanan itu antara lain sensor sidik jari yang disematkan dan pelindung webcam fisik, serta TPM 2.0, yang memastikan bahwa penyerang tidak mengintip data dan aktivitas di balik layar. 

Bahkan laptop bisnis ini memiliki lot kunci Kensington yang terpasang, membuatnya mudah untuk melindungi ExpertBook B3 Flip kapanpun. 

Selain itu, terdapat Perisai kamera web. Saat tidak digunakan, webcam laptop kamu memiliki fitur untuk menutup kamera. Hal tersebut sangat berguna untuk menjaga privasi. Cukup geser untuk membuka panggilan setelah video atau merekam, lalu tutup lagi jika sudah selesai.
Spesifikasi Terbaik Laptop Bisnis ExpertBook B3 Flip B3402
  • Windows 11 Pro - ASUS merekomendasikan Windows 11 Pro untuk bisnis, Upgrade Gratis ke Windows 11¹ (bila tersedia, lihat di bawah)
  • Prosesor Intel ® Core ™ i7 generasi ke-11
  • Memori hingga 48 GB
  • Penyimpanan SSD hingga 1 TB
  • Engsel 360° dengan garasi stylus
  • WiFi 6 dan 4G LTE
  • Kamera ganda dengan pengurangan noise 3D
  • Peredam Kebisingan AI dua arah

3. ASUS ExpertBook B5 (B5302C) - Ketahan Baterai Hingga 14 jam

Laptop Bisnis Terbaik
Deskripsi Laptop Bisnis ASUS ExpertBook B5 (B5302C)
Jika kamu sedang mencari laptop bisnis terbaik dengan kekuatan baterai hingga mencapai 14 jam dipakai saat bekerja, laptop ExpertBook B5 B5 (B5302C) adalah salah satu Laptop Bisnis terbaik. Laptop ini kaya akan teknologi Mutakhir yang sudah tertanam di dalamnya. 

ASUS ExpertBook B5 B5 (B5302C) adalah laptop bisnis yang memiliki tampilan lebih cerah, kuat dan sangat mudah disesuaikan dengan kebutuhan kerja. Dari segi kontruksi bodi, laptop bisnis ini dirancang dengan bahan alumunium murni.

Untuk area sekitar Keyboard, terbuat dari Magnesium-Alumunium. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga berat laptop ini tetap ringan dan bisa dibawa ke lokasi kerja di mana saja. Beratnya hanya 1 Kg. 

Performa Terbaik Laptop Bisnis ASUS ExpertBook B5 (B5302C)
Kamu jangan khawatir kalau soal kemampuan daya kerja laptop ini. Sebab ASUS ExpertBook B5 (B5302C) merupakan laptop bisnis yang sudah dibekali prosesor Intel Core i7 Generasi ke-11 dengan grafis Iris Xe dan intel WiFi6 yang super cepat. Dengan spesifikasi begitu, kamu akan merasakan pengalaman kerja yang sangat luar biasa. Yang paling penting, waktu kerja kamu akan lebih efisien. 

Untuk persoalan data, Laptop bisnis ini dilengkapi juga dengan 2 keping SSD dengan kapasitas 1 TB. Perlu kamu tahu SSD jauh lebih cepat proses transfer data dibanding HDD biasa. 

Hal menarik lainnya dari Laptop Bisnis ExpertBook B5 adalah  kecepatannya sudah ditopang oleh teknologi RAID 2 yang memungkinkan laptop akan jauh lebih cepat saat dioperasikan. 

RAID, atau yang disebut Redundant Array of Independent Disks, adalah sebuah teknologi penyimpanan data yang memungkinkan beberapa drive bekerja dalam satu kesatuan. Data akan disimpan secara merata di dua drive, yang secara otomatis membuat salinan di kedua disk laptop. Jika misalnya salah satu disknya mengalami masalah, akan mudah dipulihkan dari disk yang satunya lagi. 

Jadi, kamu tidak perlu khawatir data bisnis kamu hilang atau rusak. Laptop ini sudah mengatasi semua kendala kamu saat melakukan kerja-kerja bisnis. 

Dari tampilan layar, ASUS ExpertBook B5 merupakan laptop bisnis yang sudah memiliki layar dengan lapisan anti-silau. Pencahayaan layar sangat cerah dan ramah terhadap mata. Untuk persoalan kesehatan mata, Laptop ini tersertifikasi TÃœV Rheinland. Layarnya juga menggunakan bezel tipis yang memberikan pengalaman bekerja yang nyaman. 

Soal Baterai, Laptop Bisnis terbaik ini mampu bertahan hingga 14 jam tanpa pengisian laptop. Untuk proses pengisian baterai pun sangat cepat. Untuk ketahanan baterai, laptop ini menggunakan  teknologi Panel Self Refresh yang memungkinkan laptop bisa menghemat energi. 

Dalam uji coba yang sudah dilakukan, teutama saat dilakukan pengisian daya, dalam waktu 39 menit, laptop mampu terisi sampai 60%. Jadi, kecepatan pengisian ini akan sangat membantu saat kita berada pada posisi kerja yang sangat banyak. Laptop akan selalu siap digunakan.

Fitur Terbaik Laptop Bisnis ASUS ExpertBook B5 (B5302C)
Teknologi yang juga ikut serta dipasang di laptop Bisnis ExpertBook B5 adalah teknologi AI peredam suara bising.

Laptop Bisnis Terbaik

Saat kamu melakukan konferensi profesional, jangan khawatir dengan gangguan di sekitar. Karena ASUS ExpertBook B5 merupakan laptop bisnis yang telah disertakan teknologi peredam bising AI dua arah. Teknologi ini mencakup fungsi upstream untuk menyaring kebisingan di sekitar speaker, dan ada juga fungsi downstream untuk menghilangkan kebisingan dari lawan bicara.

Untuk Camera yang digunakan untuk keperluan Bisnis, laptop bisnis ini juga sudah menggunakan kamera dengan fitur Noise-reducing Camera. Noise-reducing Camera ini merupakan
Teknologi menghilangkan ganguan hingga 23% noise acak yang secara alami. Teknologi ini sangat membantu ketika kamu sedang melakukan pertemuan di ruang yang minim cahaya. 

Hal menarik menurut saya dari seri laptop bisnis ASUS yang ini adalah kemampuan kualitas gambar yang dihasilkan sangat jernih. Kamu bisa menghubungkan laptop ini dengan layar eksternal hingga 3 unit. Asus sendiri menyebut ini dengan Triple 4K displays

Kalau untuk masalah fitur keamanan data, Laptop bisnis ini sudah menggunakan proteksi laptop yang sangat canggih. Karena terpasang keamanan Fingerprint-reading power button. Fitur ini merupakan fitur keamanan biometrik built-in, di mana sensor sidik jari sudah terintegrasi dengan tombol power. Fitur ini memungkinkan kamu bisa masuk dan keluar dari area kerja laptop dengan hanya menggunakan sentuhan. 

Selain itu, Laptop bisnis ASUS ini memiliki fitur keamanan Webcam privacy shield. Fitur ini akan mengaburkan webcam  saat kamu butuh privasi dan tidak ingin tampak wajah. Cukup kamu menggeser penutup kamera jika tidak ingin tampak dan buka kembali saat kamu siap tampil di ruang virtual.

Laptop Bisnis Terbaik

Fitur kemanan selanjutnya adalah TPM 2.0. Fitur dalam Chip dTPM 8 akan menyimpan informasi yang kamu gunakan seperti kata sandi dan melakukan proteksi. Hal tersebut akan sangat mencegah kebocoran informasi. 

Laptop Bisnis Terbaik

Konektivitas Laptop Bisnis ASUS ExpertBook B5 (B5302C)
Meskipun bentuk laptonya tipis, ExpertBook B5 tetap menggunakan port I/O seperti Thunderbolt™ 4 mutakhir, generasi terbaru dari solusi konektivitas kabel universal yang menawarkan dukungan untuk antarmuka USB4, kecepatan transfer data hingga 40 Gbps, output tampilan 4K, dan pengisian lebih cepat. 

Laptop bisnis ini juga menawarkan USB Type-A dan output HDMI, ditambah konektivitas jaringan kabel dengan alamat MAC yang unik untuk manajemen perangkat yang mudah.

Spesifikasi Terbaik Laptop Bisnis ASUS ExpertBook B5 (B5302C)
  • Windows 11 Pro - ASUS merekomendasikan Windows 11 Pro untuk bisnis, Upgrade Gratis ke Windows 11¹ (bila tersedia, lihat di bawah)
  • Prosesor Intel ® Core ™ i7 generasi ke-11
  • Berat sekitar 1 kg
  • Memori hingga 48 GB
  • Penyimpanan SSD hingga 2 TB
  • Daya tahan baterai hingga 14 jam
  • Peredam Kebisingan AI dua arah
Laptop Bisnis Terbaik
Laptop Bisnis  ExpertBook B5  Seri lainnya : 
  • ExpertBook B5 Flip (B5302F, 11th Gen Intel)
  • ExpertBook B5 OLED (B5302C, 11th Gen Intel)
  • ExpertBook B5 Flip OLED (B5302F, 11th Gen Intel)
Selengkapnya untuk beberapa seri di atas, kamu bisa membacanya di sini 👉Laptop Bisnis Terbaik

4. ASUS Expertbook B7 Flip (B7402F) - Laptop dengan Teknologi 5G

Laptop Bisnis Terbaik

Deskripsi Laptop Bisnis ASUS Expertbook B7 Flip (B7402F)
ASUS ExpertBook B7 Flip merupakan Laptop Bisnis terbaik yang sudah berkemampuan 5G. Kamu perlu tahu bahwa teknologi 5G memberikan pengalaman koneksi jaringan terbaik saat ini.

Saat laptop kamu terkoneksi dengan jaringan 5G, kamu tidak perlu khawatir lagi dengan konferensi  atau Online Meeting kamu terputus. Tak hanya itu, saat terkoneksi pada jaringan 5G maka kamu tidak perlu terkoneksi di jaringan publik. Dengan begitu, kamu akan merasa aman dan nyaman saat bepergian di mana pun. Fitur ini disertakan dengan WiFi 6 terintegrasi dengan ASUS WiFi Master Premium. 
Performa Terbaik Laptop Bisnis ASUS Expertbook B7 Flip (B7402F)
Untuk kecepatannya, Laptop Bisnis ExpertBook B7 Flip dipasang prosesor Intel® Core™ i7 dengan besaran RAM mencapai 64 GB. Sementara dari sisi kualitas tampilan, laptop ini sudah menggunakan grafis Intel Iris Xe. Tentu laptop dengan fitur kecepatan seperti ini akan membuat laptop makin ngebut untuk mengerjakan tumpukan pekerjaan.

Hal yang perlu diingat juga bahwa laptop B7 Flip ini memiliki tingkat ketahanan sesuai standar Militer US. Adapun standar ketahanan laptop ini antara lain :
  • Telah dilakukan uji coba membuka dan mengutip hingga 30.000 kali. 
  • Untuk Port telah dilakukan tes hingga 15.000 kali penggunaan
  • Mampu menahan beban hingga 28 kg tanpa takut LCD pecah.
  • Untuk ketahanan Keyboard telah diuji mencapai 10 juta kali Keystrokes
  • Tahan terhadap benturan
  • Mampu bertahan di suhu mulai dari 30 sampai 60 derajat 
Laptop Bisnis Terbaik


Dari segi penyimpanan, Laptop ExpertBook B7 Flip  memiliki  SSD PCIe® yang kapasitasnya mencapai 2 TB. Tipe drive SSD adalah keping drive tercepat daripada HDD. Oleh sebab itu, kamu tidak akan khawatir untuk masalah penyimpanan dan memproses data. Pastinya akan sangat cepat. 

Kalau ingin mengintip kekuatan Baterai, Laptop ExpertBook B7 Flip mampu bertahan hingga 12 jam per 7 hari. Artinya kamu bisa lebih leluasa menggunakan laptop ini bepergian. Kamu bisa lebih hemat baterai dan tidak takut baterai low di perjalanan. Pada laptop biasa ketahanan baterai normalnya hanya 4-sampai 6 jam saja. Oleh sebab itu, secara kekuatan Baterai Laptop ini jauh lebih unggul.
Laptop Bisnis Terbaik
Kalau merilik ke luasnya layar, Laptop ini jauh lebih luas dibanding laptop lainnya. Laptop ini memiliki rasio layar mencapai 16:10. Tentu dengan layar seluas ini kamu akan terasa nyaman saat membaca data-data kantor atau bisnis. Mata lebih jelas mengamati setiap karakter yang dibaca. Layarnya juga sudah sudah layar sentuh anti-silau dengan lapisan kaca Corning®.

Laptop Bisnis Terbaik

Yang spesial dari laptop ini tentu saja bentuknya yang memiliki engsel 360°. Kamu mau menyajikan data jauh lebih mudah, karena laptop ini bisa dilipat sesuai kebutuhan. Lipatan laptop yang bisa dilakukan seperti mode Tenda, Mode Stand dan Mode Tablet membuat presentasi lebih mudah, efektif dan menyenangkan.

Untuk menjaga kualitas Audio terutama untuk kebutuhan konferensi online, ASUS sudah mengantongi bersertifikat Harman Kardon terletak di bagian bawah agar audio berkualitas bioskop. 


Laptop Bisnis Terbaik

Fitur Laptop Bisnis ASUS Expertbook B7 Flip (B7402F)
Hal menarik dari Laptop ASUS Expertbook B7 Flip (B7402F) adalah fitur Optimized cooling. Fitur ini merupakan sistem pendingin Hibrida Lanjutan ( AHCS). Teknologi  AHCS ini akan mendinginkan laptop dengan cepat dan saat berjalan pun tidak mengeluarkan suara berisik. Pada area kipas laptop, ditambahkan juga logam Produktif di kipas untuk memberi ruang permukaan pendinginan yang lebih luas. 

ExpertBook B7 Flip memiliki teknologi peredam bising dua arah bertenaga AI. Teknologi ini  berfungsi upstream untuk menyaring kebisingan di sekitar speaker, dan fungsi downstream untuk menghilangkan kebisingan dari lawan bicara.

Untuk fitur keamanan, Laptop ASUS Expertbook B7 Flip (B7402F) memiliki fitur keamanan berlapis mulai dari perlindungan dari basis perangkat keras, firmware, dan perangkat lunak. Kamu tidak perlu takut untuk keamanan data-data penting. Adapun fitur pendukung lainnya yakni:
  • IR Kamera : Kamera inframerah canggih ini selain dipakai untuk Windows Hello, juga berguna saat kamu akan login ke laptop. Hanya dengan menampakkan wajah laptop akan mendeteksi wajah dan laptop akan terbuka. 
  • FingerPrint Sensor : Dengan fitur ini kamu juga bisa login ke laptop. Namun fitur FingerPrint merupakan keamanan Biometrik yang terintegrasi dengan sensor sidik jari dan terintegrasi pula dengan tombol power daya.  
  • WEBCAM Shield : Fitur ini berfungsi untuk melindungi informasi pribadi dan bisnis dari para pengintai. Saat kamu butuh privasi, kamu bisa menggeser penutup kamera 
  • TPM2.0 & Kensington Loack Slot : Chip Trusted Platform Module 15 (TPM) 2.0 akan membantu kamu menyimpan kata sandi dan kunci enkripsi untuk keamanan tambahan. Selain itu slot Kensington Lock memungkinkan laptop kamu  amansecara fisik di lokasi terbuka yang jauh dari pengamanan.
Konektivitas Laptop Bisnis ASUS Expertbook B7 Flip (B7402F)
Laptop Bisnis

Untuk konektivitas, Laptop Bisnis ASUS ExpertBook B7 ini sudah menggunakan port I/O yang lebih yang banyak. Selain itu terdapat juga fasilitas Konektivitas seluler 5G diaktifkan oleh slot nano-SIM baru 14, dan pembaca kartu pintar internal yang dapat digunakan sebagai pemeriksaan ID sekunder untuk keamanan. 

Laptop bisnis ini juga mendapatkan dua port Thunderbolt™ 4 USB-C®, yang mendukung kecepatan transfer data 40 Gbps, output tampilan 4K, dan pengisian cepat. ExpertBook B7 Flip juga mendukung hingga tiga layar eksternal 4K.

Spesifikasi Terbaik Laptop Bisnis ASUS Expertbook B7 Flip (B7402F)
  • Windows 11 Pro - ASUS merekomendasikan Windows 11 Pro untuk bisnis, Upgrade Gratis ke Windows 11¹ (bila tersedia, lihat di bawah)
  • Prosesor Intel ® Core ™ i7 ke-11
  • Memori hingga 64 GB
  • Penyimpanan SSD PCIe ® 3.0 hingga 2 TB
  • Hingga 16:10 QHD+ tampilan
  • Engsel 360 0 dengan dukungan stylus
  • Daya tahan baterai hingga 12 jam
  • Peredam kebisingan AI dua arah

5. ASUS ExpertBook B9 (B9400) - Output Layar 4K

Spesifikasi Laptop Bisnis ASUS ExpertBook B9 (B9400)

Laptop ASUS ExpertBook B9 merupakan laptop bisnis terbaik dengan dengan sisinya yang ramping, dibuat dengan sangat presisi, ringan serta memiliki  ketangguhan fisik yang luar biasa dibandingkan laptop biasa. 

Selain itu, Laptop Bisnis ASUS ExpertBook B9 memiki kekuatan baterai yang bisa bertahan hingga 1 hari penuh. Hal tersebut diperkuat dengan berbagai fasilitas teknologi mutakhir yang disertakan untuk meningkatkan efisiensi kerja. 

Dari segi desain, Laptop ASUS Laptop ASUS ExpertBook B9400 memiliki tampilan  desain yang bagus dan artistik. Selain itu, Laptop bisnis ini mempunyai Body  yang terbuat dari standar Militer Amerika Serikat. 

PerformaTerbaik Laptop Bisnis ASUS ExpertBook B9 (B9400)

Dari segi performanya, Laptop ASUS ExpertBook B9400 ini sudah memiliki pengamanan yang super kuat karena sudah dibekali prosesor 11th Gen Intel Core i7-1185G7 Proseta modul TPM 2.0. 

Dari segi kualitas Baterai, Laptop Bisnis ini memiliki kekuatan baterai yang cukup lama. Karena bisa mencapai seharian penuh tanpa tambahan daya. 

Untuk Penggunaannya, Laptop bisnis seri ASUS ExpertBook B9400 cocok untuk kamu yang suka bekerja secara online dan mobile atau berpindah-pindah dari satu tempat kerja ke tempat kerja lainnya. Artinya Laptop Bisnis ini sangat layak untuk kamu yang suka bekerja Mobile alias tidak menetap kerja di ruangan kantor.

Dari segi tampilan, ASUS Expert Book B9400 mengadopsi tampilan NanoEdge Display, teknologi yang membuat layar laptop memiliki Bezel Utra Tipis. Dimensi laptop ini adalah 32x 20, 3x 1,49 persen. 

Dari segi ukuran layar, Laptop Bisnis terbaik seri ASUS ExpertBook B9400  sudah berukuran 14 inch dengan tampilan rasio laptop  dari bodinya hingga layar berkisar 94 persen. 

Menurut situs resmi Laptop ASUS bahwa Laptop bisnis terbaik ini menggunakan desain Ergolify yang akan membuat bodi utama dari laptop dan keyboard akan terangkat. Posisinya akan membentuk sudut hingga 5 derajat. 

Saat posisi antara keyboard dan layar memiliki ruang udara, maka laptop pun tidak mudah panas dan audio laptop pun akan mengeluarkan hasil yang bagus. 

Kelebihan lain dari Laptop Bisnis ASUS ExperyBook B9400 adalah laptopnya yang bisa dibuka hingga posisi 180 derajat. Desain ini menjadikan pengguna laptop menjadi lebih leluasa mengatur posisi bekerja dan sudut pandang layar. 

Fitur Terbaik Laptop Bisnis ASUS ExpertBook B9 (B9400)
Laptop Bisnis terbaik ini memakai fitur Spill Resistant. Nah fitur ini berfungsi untuk pengamanan keyboard jika terkena tumpahan air yang tidak diduga.  

Hal paling menarik dan menjadikan laptop ini mewah adalah fitur backlight keyboard. Saat bekerja di malam hari atau ruangan kurang cahaya, Laptop terbaik ini masih tetap bisa digunakan dengan nyaman. Fitur Backlight ini bisa diatur sesuai kebutuhan tingkat terang dan redupnya. 

Laptop Bisnis terbaik ini juga difasilitasi dengan fitur Asisten Virtual. Asisten Virtual ini disebut Alexa ¹².  Untuk fitur Alexa ¹² ini akan berfungsi untuk memudahkan menggunakan laptop tanpa harus menggunakan tangan. Cukup dengan memberikan perintah pada fitur Alexa ¹²untuk menjadwalkan rapat, membaca email, merencanakan rute, atau bahkan meminta tumpangan. 

Asisten vertual Alexa ¹² adalah cara terbaik, cerdas dan lebih efisien untuk menyelesaikan sesuatu. Lampu  khusus akan menyala saat kamu berbicara dengan Alexa¹².  Silakan tanya saja, dan otomatis Alexa akan langsung merespons.

Untuk Fitur Keamanan, Laptop Bisnis ini memiliki :
  • Penutup Kamera Web : Cukup geser untuk menghentikan penggunaan webcam
  • Kamera Inframerah : Nikmati login biometrik hanya dengan pandangan sekilas — bahkan dalam kegelapan 
  • Modul Platform Tepercaya (TPM) : Menyimpan kata sandi dan kunci enkripsi untuk keamanan tambahan 14 
  • Sensor Sidik Jari : Akses sekali sentuh untuk masuk ke PC 
  • Slot Kunci Kensington : Mencegah pencurian fisik PC dari lokasi yang tidak diawasi 
  • Kontrol Port USB : Kunci perangkat mengontrol akses baca/tulis ke perangkat penyimpanan USB
Laptop Terbaik

Konektivitas Laptop Bisnis ASUS ExpertBook B9400
Untuk konektivitas, Laptop Bisnis ASUS ExpertBook B9 sama seperti laptop terbaik seri ExpertBook lainnya. Laptop ini juga menggunakan port I/O yang lebih yang banyak. 

Meskipun tampilannya tipis, ExpertBook B9400 merupakan seri laptop terbaik yang sudah menggunakan Thunderbolt™ 4 yang mutakhir, solusi konektivitas kabel universal yang menawarkan dukungan untuk antarmuka USB 4 level berikutnya, kecepatan transfer data 40 Gbps, output layar 4K ganda, dan pengisian daya cepat. 

Laptop ini juga menawarkan USB Type-A dan output HDMI, ditambah konektivitas jaringan kabel dengan alamat MAC unik untuk manajemen perangkat yang mudah.

Laptop Bisnis Terbaik

Spesifikasi Terbaik Laptop Bisnis ASUS ExpertBook B9400
  • Windows 10 Pro - ASUS merekomendasikan Windows 10 Pro untuk bisnis, Upgrade Gratis ke Windows 11¹ (bila tersedia, lihat di bawah)
  • Hingga prosesor Intel ® Core i7 vPro ®
  • Memori hingga 16 GB
  • Penyimpanan SSD hingga 2 TB
  • Tipis dan ringan: 880g, 14.9mm
  • Daya tahan baterai hingga 20 jam
  • Daya Tahan Kelas Militer AS
  • Peredam Kebisingan AI

Keunggulan Laptop Bisnis Terbaik ASUS ExpertBook

Laptop ASUS ExpertBook jika dilihat secara keseluruhan memiliki keunggulan dan fitur terbaik jika dilihat spesifikasinya. 

Namun, secara keseluruhan jika diamati dengan teliti maka bisa dipahami bahwa semua seri laptop ExpertBook juga memiliki beberapa kesamaan keunggulan yang membuatnya layak disebut laptop yang lebih baik.


Adapun keunggulan Laptop ASUS Seri ExpertBook adalah;

1. Prosesor Terbaik

Seri Laptop ASUS ExpertBook semuanya sudah dibekali dengan prosesor terbaik yang memudahkan kamu untuk bekerja apapun dengan kemampuan proses kerja yang cepat. 

2. Kapasitas Penyimpanan yang Besar

ASUS ExpertBook adalah seri laptop terbaik yang sudah dipasang SSD dan juga HDD. Keduanya sudah terpasang bersamaan dan saling menopang kecepatan dan besarnya ruang penyimpanan. 

3. Layar Laptop yang Lebar 

Bagi kamu yang suka membaca informasi melalui laptop atau menonton video, laptop seri ASUS ExpertBook merupakan salah satu seri laptop terbaik yang sudah memiliki layar yang lebar, aman dan nyaman saat digunakan. 

4. Audio Terbaik

Untuk Spesifikasi Audio, ExpertBook adalah laptop terbaik yang sudah dibekali dengan perangkat audio terbaik dan berlisensi. Kamu bakal meninkmati bunyi yang jelas dan nyaman di telinga ketika memutar musik atau saat melakukan komunikasi dalam jaringan. 

5. Fitur Keamanan Berlapis 

Dari segi keamanan, ASUS ExpertBook merupakan laptop terbaik yang telah dibekali dengan fitur keamanan berlapis mulai dari fitur akses layar dengan menggunakan AI yang mendeteksi wajah juga fitur keamanan yang menggunakan pemindai sidik jari.  

6. Ketahanan Fisik Standar Militer Amerika

Laptop ExpertBook merupakan laptop terbaik yang dirancang dengan ketahanan fisik yang luar biasa. Dilakukan dengan uji coba di berbagai suhu dan mampu menahan beban berat. Selain itu memiliki ketahanan fisik terhadap goncangan saat jatuh. 

Berikut ini saya lampirkan ilustrasi sederhana untuk kamu. 
Keunggulan Laptop Bisnis Terbaik Asus

Manfaat Laptop Bisnis dengan Spesifikasi Terbaik

Berikut ini kami sajikan beberapa manfaat memiliki laptop bisnis yang bagus untuk Bisnis :

1. Efisiensi Waktu Dalam Mengerjakan Bisnis

Laptop bisnis yang bagus akan membuat waktu pekerjaan bisnis jadi lebih cepat. Karena secara kualitas pasti akan mendukung kecepatan kerja. Biasanya laptop bisnis sudah menggunakan system terbaik seperti RAM yang besar, Processor yang canggih, ruang penyimpanan yang luas hingga konektivitas yang memudahkan proses perpindahan data di berbagai device.

2. Membuat Semangat Kerja Bisnis Meningkat

Saat mengerjakan bisnis dengan laptop terbaik tentu sebagai pelaku usaha akan semakin bersemangat dalam mencapai target bisnis. Satu sisi semangat ini didukung oleh laptop yang baik, satu sisi semangat bisnis karena dilakukan dengan target yang jelas.

3. Pekerjaan Bisnis bisa dilakukan di mana saja

Hal yang menarik saat memiliki laptop bisnis adalah laptop jenis ini bisa lebih leluasa dipakai dengan berbagai kondisi. Seperti yang ditawarkan oleh laptop ASUS ExpertBook.

4. Tingkat Keamanan Data Bisnis Terjamin

ASUS ExpertBook merupakan laptop bisnis terbaik yang memiliki tingkat keamanannya berlapis-lapis. Sehingga tidak mudah bagi penjahat di dunia maya untuk mencoba mencuri data bisnis. Bekerja pun akan jauh lebih nyaman dan aman.

5. Bisnis bisa dikelola secara profesional

Memiliki laptop bisnis terbaik adalah salah satu cara meyakinkan pelanggan. Karena laptop akan menunjukan kualitas bisnis yang sedang dijalani. Semakin bagus laptop yang dimiliki tentu ini akan memperkuat bisnis kita semakin profesional. 

Harga Laptop Bisnis Terbaik dari ASUS ExpertBook

Laptop bisnis terbaik dari ASUS tentu harganya selalu menyesuaikan kebutuhan pembeli. Untuk mengetahui harga laptop Bisnis ASUS ExpertBook, kamu bisa membuka situs resmi di sini 👉Laptop Bisnis Terbaik

Kesimpulan Tentang Laptop Bisnis Terbaik ASUS ExpertBook Series

Berdasarkan ulasan panjang tentang laptop Bisnis yang bagus dari seri ASUS ExpertBoook, saya pun bisa memberikan kesimpulan bahwa:

5 Laptop Bisnis Terbaik yaitu:

  1. ASUS ExpertBook B1 (B1400)
  2. ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)
  3. ASUS ExpertBook B5 (B5302C).
  4. ASUS Expertbook B7 Flip (B7402F)
  5. ASUS ExpertBook B9 (B9400)
 Catatan : Berdasarkan review di atas, semua laptop di atas memiliki kualifikasi terbaik di kelasnya. Adapun urutan penomoran di atas berdasarkan seri laptop ASUS  ExpertBook B1, B3, B,5, B7 dan B9. Beberapa Laptop memiliki fitur dan kelebihan yang sama, khususnya software Asus yang menyertai. Semuanya memang yang terbaik Sebagai penutup mari kita saksikan video ini.

Baiklah teman-teman. Demikian ulasan saya tentang 5 rekomendasi Laptop Bisnis Terbaik. Semoga bermanfaat ya. 

Video Laptop Bisnis Terbaik ASUS ExpertBook

6 komentar untuk "Laptop Bisnis Terbaik Indonesia"

  1. Baharudin | Blogger TerbaikJuni 12, 2022

    Menarik juga alasan abang tentang Laptop Terbaik ASUS ExpertBook ini. Saya sendiri sih cenderung suka laptop Terbaik yang seri B7 Flip.

    Laptop ini saya rasa pilihan terbaik untuk para ilustrator. Karena bisa berfungsi sebagai tab kalau lagi membuat gambar ilustrasi atau vektor.

    BalasHapus
  2. Benar-benar, ASUS ExpertBook layak disebut laptop terbaik saat ini. Nonton video uji coba ketahan fisik laptop ini saya sangat kagum. Benar-benar kokoh.

    Selama ini saya menggunakan laptop ASUS, meski seri di bawah dari ExpertBook, tetapi fitur dan spesifikasi masih tetap kategori laptop terbaik dengan harga terjangkau.

    BalasHapus
  3. Mandika AndilapJuni 12, 2022

    Saya cek laptop ini harganya mencapai belasan juta ya.
    Tapi, kalau dilihat dari spesifikasi memang laptop terbaik dengan segala fitur menarik. Laptop terbaik dengan harga yang layak. ASUS masih tetap number one.

    Saya kira meski belasan juta masih tetap wajar dan sangat sesuai dengan segala kebutuhan bisnis. Termasuk bisnis online.

    BalasHapus
  4. Monalisa KinantiJuni 12, 2022

    Admin, apakah ada laptop Terbaik dengan harga 5 jutaan? Kalau, ada mintol direview dong bang. Sekalian spesifikasi dan keunggulannya. Barangkali bisa dapat juga laptop terbaik dengan harga murah. Untuk kebutuhan ujian sekolah

    BalasHapus
  5. Anisa BloggerJuni 12, 2022

    Bang, Review lanjutan dari Laptop Terbaik ASUS ExpertBook B5 Series dimana?
    kan laptop Terbaik ASUS untuk Seri ExpertBook kan banyak. Masa cuman ada 5 ?

    BalasHapus
  6. Khalid WahidJuni 12, 2022

    Kenapa harga laptop tak dicantumin sekalian bang. Biar ditahu, laptop terbaik ASUS ini bisa berapa sih harganya.

    Karena orang sekarang maunya mencari laptop terbaik dengan harga terjangkau. Kalau dikatakan laptop terbaik tapi masih mahal, tentu minat untuk membeli menurun.

    banyak nih laptop terbaik katanya, harganya bikin copot jantung.

    BalasHapus

Teman-teman. Silakan berkomentar dengan kata-kata terbaik. Jagalah sopan santun saat berkomentar. Perlu dicatat bahwa blog ini diniatkan untuk berbagi info terbaik dan bermanfaat. Mohon dimaklumi notifikasi ini

Info paling Cepat ikuti sosial media kami 👇 dan saluran berita 👉 Google News