Inilah 3 Jenis Oli Motor Matic Terbaik , Yuk Cek di Planet Ban

Oli Motor Matic

Oli Motor Matic

Sekadar berbagi cerita. Saya adalah pengguna motor matic sejak 2021. Saat membeli motor matic, saya tidak tahu persis penggunaan dan perawatannya secara pasti. Saya langsung pakai dan tidak mengerti soal komponen apa saja yang harus dirawat agar mesin motor lebih awet.

Seiring waktu berjalan, saya menggunakan motor hanya dengan patokan waktu. Kalau sudah sebulan, ya harus ganti oli. Ngak peduli berapa jarak yang sudah ditempuh. Itu berlangsung lama dan saya abai terhadap perawatan ini.

Akibatnya, saat motor saya sudah usia satu tahun, sudah mulai memberikan tanda buruk. Seperti tak mau hidup. Jika dipaksa untuk dihidupkan, pasti suara motornya seperti putus-putus, daya motornya seperti tidak stabil. Terkadang dayanya turun, lalu tiba-tiba naik lagi. 

Ternyata, setelah tanya ke orang yang lebih berpengalaman, saya baru tahu permasalahannya. Saya yang salah dalam perawatan motor. Kenapa? Ya karena patokan saya ganti oli adalah waktu, sementara oli itu ukuran pastinya  adalah jarak penggunaannya. 

Bisa jadi oli belum sebulan harus diganti karena jarak tempuh penggunaannya sudah jauh. Kesalahan saya adalah abai terhadap jarak tempuh dan mengedepankan hitungan bulan. Akibatnya motor saya performanya menurun. Bahkan kadang mati mendadak di jalan dan keluar asap.

Sejak kejadian motor mogok di jalan dan mulai tidak berfungsi normal, akhirnya saya pelajari lagi tentang penggunaan oli yang baik untuk motor Matic. 

Pertama saya pelajari dengan rinci apa itu Oli, fungsi oli untuk motor dan apa dampak yang dialami kalau kita lupa ganti oli, serta apa oli motor matic terbaik di Indonesia yang harus saya pilih. Nah, jika kamu pengguna motor Matic pemula seperti saya, maka kamu harus memahami dulu hal berikut ini.

Apa itu Oli?

Oli adalah pelumas dalam komponen mesin. Oli ini berfungsi sebagai pelumas mesin agar semua komponennya dapat bekerja dengan baik. Tanpa oli, mesin akan terasa panas karena akan ada gesekan mesin yang terlalu kasar. Dengan Oli, mesin akan berjalan lebih mulus dan maksimal.

Fungsi Oli untuk Mesin Motor Matic Kamu

 Ada beberapa fungsi Oli untuk motor yakni:

1. Merekatkan Mesin 

Motor bisa bergerak karena adanya daya dari mesin yang bekerja. Dan mesin bekerja karena ada komponen yang berfungsi dengan baik sehingga menghasilkan daya gerak. Jadi, mesin adalah rangkaian komponen yang bergerak bersamaan dengan fungsinya masing-masing. Seluruh komponen yang bergerak ini tentu akan membutuhkan pelumas agar pergerakan komponen berjalan teratur dan halus. Peran atau fungsi Oli adalah merekatkan semua komponen mesin itu sehingga bisa berjalan dengan baik dan tidak terjadi Crush atau overheat saat dijalankan.

2. Mengurangi Gesekan Panas 

Saat  mesin motor berjalan, tentu semua komponennya bergesekan dan akan menimbulkan panas. Oli akan mengambil peran pada upaya mengurangi gesekan pada mesin. Sehingga mesin akan berjalan halus dan tidak mengalami panas berlebih yang bisa saja mengakibatkan motor akan terbakar atau berasap.

Saat motor lama dihidupkan atau digunakan, pasti akan menghasilkan panas yang tinggi. Oli akan mencoba mengurangi panas sehingga panas mesin akan tetap terkendali dan tidak menyebabkan mesin motor cepat rusak.

3. Membersihkan sisa pembakaran dan Mencegah Karat 

Saat kamu mengganti oli, pasti yang keluar adalah oli yang sudah warna hitam sekali. Hitam itu karena dia menyerap dan membersihkan sisa pembakaran dalam mesin. Selain itu, kotoran debu, air bahkan karat di dalam akan ikut terbawa sehingga mesin tetap bersih dan tidak menyisakan karat di dalamnya. 

Oli akan berperan penting menjaga komponen di dalamnya agar tidak ada bahan yang menghambat jalannya fungsi mesin.

4. Memperhalus Bunyi Mesin

Mesin yang menggunakan pelumas yang bagus, biasanya bunyi kendaraan cenderung halus didengar. Hal tersebut karena oli telah mengurangi gesekan yang kasar dalam komponen mesin. Sehingga bunyi yang dihasilkan tidak berisik. 

5. Meningkatkan Performa Mesin Motor

Karena hakikatnya fungsi oli adalah memperhalus dan menjaga agar komponen mesin berfungsi dengan baik, maka hasilnya pun akan menghasilkan performa motor yang maksimal. Daya dan mesin akan berkerja dengan stabil dan bagus saat digunakan. 

Baiklah teman-teman. Itulah fungsi Oli secara sederhana. Sekarang mari kita mengenal jenis Oli Motor yang sering digunakan untuk Motor Matic yakni Oli X-ten.

Sekilas Tentang Oli Motor Matic X-TEN

X-Ten merupakan oli motor Matic Terbaik Indonesia karena Oli ini mengandung base oil Ester yang berada pada level teknologi tertinggi dari semua oli. Lapisan base oil Ester membuat oli X-TEN menjadi lebih awet dan membuat mesin motor lebih hemat Bahan Bakar Minyak. Daya tempuh  Oli ini cukup jauh kisaran setiap 5.000 Km.
Oli X-ten adalah Oli rekomendasi Motor Matic terbaik di Indonesia. Karena Oli X-ten telah teruji secara teknologi baik nasional dan Internasional. Selain itu Oli ini sudah memegang sertifikat dari JASO Jepang dan SNI Indonesia. 

Jenis Produk Oli X-TEN untuk Motor Matic

Penggunaan Oli Motor biasa dan Oli Motor Matic memang berbeda. Dalam penggunaan motor Matic terdapat Oli tambahan yang tidak ada dalam oli motor normal. Oleh sebab itu, mari kita kenal dulu  jenis oli yang sering digunakan untuk motor Matic. 

1. Oli Mesin Motor

Oli Motor Mesin ini khusus untuk melumasi seluruh komponen mesin sampai ke komponen terkecil. Oli ini berfungsi khusus untuk merawat mesin dan semua komponen di dalamnya. 

Oli X-TEN  merupakan tingkatan teknologi tertinggi karena sudah menggunakan base oil Ester. Teknologi ini membuat  masa pakai motor lebih  tahan lama dan penguapan dari mesin jauh lebih rendah.

2. Oli Gardan atau Oli Transmisi

Sesuai dengan namanya, Oli Motor Gardan atau Oli Transmisi berfungsi untuk menjaga dan melumasi bagian transmisi seperti komponen gear dan bearing. Oli ini akan merawat komponen tersebut agar tidak cepat aus.

Selain itu, Oli Gardan akan memberikan perlindungan pada Gear dan beasing dari karat atau penyebab karat. Hal yang utama, Oli gardan ini akan berguna untuk mengurangi getaran dan suara berisik pada semua komponen transmisi.

Oli Gardan X-TEN sangat membantu untuk mengurangi gesekan pada komponen. Untuk rekomendasi perawatan motor, disarankan mengganti oli gardan secara berkala agar komponen di dalam CVT akan lebih tahan lama. 

3. Auto Chemicals

Auto Chemicals adalah cairan high performance additive yang memiliki kemampuan bekerja dengan baik meski pada suhu panas kendaraan mencapai 100°C . Tentu hal tersebut akan meningkatkan performa kendaraan meskipun dalam perjalanan jauh. 

Untuk kendaraan Motor, cukup 3 varian produk itu yang layak direkomendasikan. Khusus untuk Mobil, X-ten hanya menyediakan 2 jenis Oli Oli Mesin dan Auto Chemicals.

Baiklah teman-teman. Setelah tahu Oli yang sering digunakan untuk Motor Matic, sekarang saya akan memberikan rekomendasi oli Terbaik untuk Motor Matic kamu di rumah. Oli yang saya akan ulas ini adlah oli kelas terbaik yang dibuat dengan teknologi yang canggih. Berikut rekomendasi oli terbaik yang bisa kamu pilih.

3 Oli Motor Matic Terbaik, Cek di Planet Ban

1. Oli Motor Matic X-TEN 10W30

X-Ten 10W30 Matic adalah Oli Motor Matic yang mengandung ESTER (Base Oil Group 5). Oli ini adalah Oli Matic kelas tertinggi dari semua Base Oil lainnya. Kelebihan dari ESTER dibandingkan dengan base oil mineral, semi synthetic & full synthetic yakni Oli matic ini memiliki kemampuan degradasi minim dan durasi waktu penggantian bisa sampai 2 kali lebih lama dari oli biasa (Setiap ± 5000km). 

Selain itu, Oli Matic ini mampu bekerja dengan prima pada mesin yang berada di suhu tinggi dan juga mampu menjaga akselerasi motor tetap berjalan stabil. 

Oli Matic ini juga mampu membentuk sebuah lapisan pelindung di dinding silinder dari gesekan piston sehingga usia mesin motor matic kamu menjadi lebih panjang.

Keunggulan lainnya, Oli Motor Matic X-TEN ini memiliki kemampuan cleaning yang tinggi sehingga dapat membersihkan bagian mesin dari sisa pembakaran. Perlu dicatat bahwa kelas oli yang lebih rendah akan terus menyisakan kerak atau sisa-sisa pembakaran di bagian mesin, yang tentunya akan mempengaruhi performa mesin Matic kamu.

Untuk spesifikasi kendaraan, Oli ini untuk motor matic 110-150cc.

2. Oli Motor X-TEN XT-40 MATIC

Oli Motor X-TEN XT-40 MATIC memiki kesamaan fitur dengan oli jenis X-TEN 10W30 MATIC. Keduanya sama mengandung ESTER (Base Oil Group 5) dan merupakan Oli Matic kelas tertinggi dari semua Base Oil jenis lain. 

Oli Matic ini memiliki kemampuan degradasi minim dan durasi waktu penggantian bisa sampai 2 kali lebih lama dari oli biasa (Setiap ± 5000km). 

Keunggulannya juga sama. Oli Matic ini bekerja dengan prima pada mesin yang berada di suhu tinggi dan tetap mampu menjaga kecepatan motor tetap berjalan stabil. X-TEN XT-40 MATIC ini juga membentuk lapisan pelindung di dinding silinder dari gesekan piston agar usia motor bisa lebih panjang.

Untuk spesifikasi kendaraan, Oli ini untuk motor matic 110-150cc. 

3. Oli Motor Matic X-TEN DOUBLE ESTER 10W30

Oli Motor Matic X-Ten merupakan produk oli inovasi terbaru yang diformulasikan secara "COMPLETE BALANCE" untuk memacu performa berkendara kamu yang maksimal.

Untuk desain "COMPLETE BALANCE" ini memposisikan pelumas X-Ten jauh lebih unggul diandingkan dengan pelumas "ESTER BASE" yang lain. Adapun keunggulan Oli Motor Matic ini yaitu: 
Untuk ulasan lengkap dari setiap poin, kamu bisa membaca penjelasan di bawah ini: 
  • Super long oil change interval (7.500 KM) 
  • Super power and torque 
  • Super cooling system 
  • Super engine protection 
  • Super comfort riding
Itulah daftar Rekomendasi Oli Motor Matic terbaik di Indonesia. Tentunya rekomendasi tersebut didasarkan pada 6 alasan penting yang kamu bisa pahami lewat ulasan berikut.

Alasan X-Ten  menjadi Oli Motor Matic Terbaik

1. X-Ten Olinya Tahan Lama

Oli Motor Matic X-TEN mengandung bahan yang disebut ester, yang tidak dipunyai oli lain. Bahan Ester ini membuat kualitas oli X-TEN lebih tahan lama dan masa pakai lebih panjang dari oli biasa. Penguapan oli X-TEN juga cukup rendah. Untuk jarak, Oli Motor Matic ini juga tahan sampai 5.000 KM.

2. Oli X-Ten Entengnya Tahan Lama

Oli Motor Matic X-Ten membuat tarikan mesin motor tetap enteng dan berlangsung terus sampai akhir masa pakainya. Selain itu, Oli Matic X-TEN juga memiliki ketahanan tinggi terhadap suhu panas. Sehingga performa mesin motor tetap baik pada saat suhu mesin tinggi.

3. Oli X-Ten Bikin Mesin Tahan Lama

Lapisan Ester oli X-TEN melindungi Mesin Motor dari gesekan sisa pembakaran Oli Sehingga Mesin Motor tetap terasa Adem dan tetap bersih, bertenaga dan lebih hemat BBM.

Menurut penelitian, mesin motor yang sudah memakai X-TEN, khususnya yang sudah menggunakannya dalam jangka waktu yang panjang, maka tingkat keausan mesinnya hanya berkisar pada 5-10%.

Hal tersebut disebabkan Oli X-TEN membentuk semacam lapisan yang melindungi permukaan mesin dari gesekan. Karena itulah Oli X-TEN bisa membuat Motor lebih hemat pada pemakaian bahan bakarnya.

4. Sesuai Standar SNI dan Sertifikat JASO Jepang

Jika oli sudah tersertifikasi maka keamanan dan kualitasnya sudah pasti terjamin dan tidak akan membuat khawatir penggunaannya.

5. Diproduksi melalui hasil Riset dan Teknologi Canggih

Sebagai Oli terbaik, tentu sudah melewati proses riset yang panjang dan matang. Selain itu proses produksinya menggunakan teknologi terbaru dan canggih.

6. Mudah didapatkan oleh Pengguna

Oli Motor Matic ini mudah diperoleh oleh pengguna karena menggunakan sistem distribusi langsung. Dimulai dari Pabrik menuju Planet Ban / Mobeng menuju Konsumen. Alurnya tidak terlalu panjang sehingga membuat harga Oli ini terjangkau oleh semua kalangan. Sistem Direct to customer ini selain upaya menekan biaya distribusi juga bagian dari usaha menghindari dari pemalsuan oli.

Oli Xten Terbaik Indonesia
Alur Penjualan Oli Motor Matic X-ten 

Sebagai rangkuman semua keunggulan Oli Motor Matic Terbaik di atas, berikut info grafis Oli X-ten yang bisa kamu pahami dengan mudah. 

Dari berbagai keunggulan yang sudah dijelaskan di atas, maka X-ten layak direkomendasikan sebagai Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia. Karena jutaan orang sudah menggunakannya tanpa ragu. Saat tulisan ini dibuat, pengguna Oli X-ten sudah mencapai 1,727,823 orang.  

Kepercayaan orang terhadap X-Ten  meningkat karena Oli ini sudah disertifikasi oleh Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Japanese Automotive Standard Organization (JASO) - JAPAN. Sehingga dari segi kualitas dan keamanan sudah terjamin. 

Dapatkan Oli terbaik ini hanya di Planet Ban: https://planetban.com
Info paling Cepat ikuti sosial media kami 👇 dan saluran berita 👉 Google News