-->

Cara Jualan Pulsa dan Token Listrik di BukuWarung, Cocok Untuk Mahasiswa

Konten [Tampil]

Cara Jual Pulsa Token Listrik BukuWarung

Dulu waktu kuliah di program studi sarjana pendidikan, saya adalah mahasiswa paling miskin. Bahkan kuliah saya hanya dibiayai negara lewat jalur beasiswa orang tidak mampu.

Saya hidup di kota besar dengan biaya hidup 600 ribu rupiah per bulan. Itupun bantuan beasiswa Bidik Misi

Nah kalau tiba di pertengahan bulan, saya harus super hemat dan banyak puasa. Hitungannya, jika jatah biaya hidup 600 ribu per bulan, maka biaya makan siang dan malam tidak boleh lebih 20 ribu per hari. Sementara makan satu porsi saja sudah 12 ribu. Pastinya kurang. Iya kan?

Untuk penghematan, saya kadang puasa. Sementara di hari lainnya saya lebih banyak minum air daripada nasi. Berharap bantuan orang tua tidak mungkin. Mereka petani dan amat susah hidupnya. Kadang beasiswa saya malah dibagi dua untuk dikirim ke mereka di kampung. 

Terus gimana ceritanya bisa tetap kuliah dengan modal segitu?

Kalau habis ongkos, saya numpang makan di indekos teman. Ya, beruntung teman saya anak seorang pegawai negeri. Makanan mah banyak. Saya selesai kuliah hanya dengan bantuan teman kuliah. 

Itu kejadian 10 tahun yang lalu.

Alhamdulillah, sekarang hasilnya terbayar sudah. Saya sudah jadi dosen di salah satu kampus swasta di Gorontalo. 

Namun, kenangan tentang kesusahan dulu itu terbayang kembali ketika melihat mahasiswa saya di kelas makin berkurang. 

Waktu awal perkuliahan, mahasiswa di setiap kelas berjumlah sekitar 30 orang. Setelah perkuliahan sudah berjalan 4 bulan, ada beberapa mahasiswa mulai hilang alias putus kuliah. 

Setelah saya telusuri, ternyata masalahnya biaya kuliah. Katanya, mereka tidak mampu bayar SPP dan memilih untuk jadi petani seperti orang tuanya. 

Padahal, saya pikir, di kampus swasta tempat saya mengajar, SPP hanya 1 jutaan per semester. Masa sih dalam 6 bulan ngak bisa dapat uang 1 jutaan? 

Nah ini yang jadi masalah. Saya pun mulai menganalisa alasan-alasan mahasiswa putus kuliah. Rata-rata alasannya masalah ekonomi, tak mampu bayar SPP. 

Saya pun tersadarkan. Mahasiswa saya ternyata kurang kreatif mencari rejeki. Padahal mereka punya fasilitas handphone. Harusnya ikutan Smart  seperti halnya handphone yang ada di tangannya. Misalnya handphone difungsikan untuk berbisnis ala mahasiswa. 

Caranya Bagaimana?
Banyak cara. Salah satunya adalah jualan pulsa: baik pulsa telpon, data atau bahkan pulsa token listrik. 

Lalu modalnya apa saja?
Terus jualannya bagaimana?

Mungkin itu sederet pertanyaan awal bagi mahasiswa yang baru mengenal bisnis. 

Untuk itu, di bawah ini saya sudah sajikan beberapa tips yang bisa mahasiswa gunakan jika mau berbisnis jualan pulsa dan token listrik. 

Tips Jualan Pulsa Mahasiswa
  • Manfaatkan Ruang Kelas atau Group WA angkatan / Kelas. Saat di kelas, bisa jadi ada yang kehabisan pulsa. Dan mereka malas ke loket pembelian pulsa.

    Apalagi kalau itu mengharuskan jalan kaki. Tentu sebagian mahasiswa malas keluar kelas. Maunya cepat dan saat itulah kamu harus peduli dengan menyediakan jasa secara langsung.

    Kamu bisa umumkan di grup angkatan kuliah atau kelas. Informasikan kalau kamu jualan pulsa listrik dan pulsa seluler baik data dan telpon.Tagihannya bisa dikirim lewat WA atau bisa juga nanti dibayar di kampus. 

  • Bangun Jaringan Pertemanan yang baik. Bisnis jualan pulsa butuh kepercayaan dan pertemanan yang baik.

    Kalau lagi laris jualan pulsanya, sesekali traktir mereka sebagai rewards karena sudah berlangganan beli pulsa dan token listrik.

    Hal begitu sebenarnya sederhana. Tetapi hal kecil begitu bakal berkesan ke teman mahasiswa yang sudah jadi langganan. 

  • Catat seluruh nomer di kelas. Usahakan mereka juga menyimpan nomor seluler kamu. Hal tersebut nanti untuk kebutuhan Broadcast WhatsApp. Sehingga lebih mudah promosinya. Terus, jualannya bagaimana? Kan harus punya stok pulsa dan token.

    Cara mendapatkannya bagaimana?

    Nah, untuk stok saldo pulsa dan token listrik, kamu tidak perlu khawatir. Kamu hanya sediakan modal awal untuk stok pulsa dan gunakan aplikasi yang namanya BukuWarung.

    Aplikasi BukuWarung adalah layanan aplikasi yang berfungsi untuk mencatat keuangan warung secara digital. Semua transaksi pembelian dan hutang akan tercatat dan bisa dipantau secara langsung.

    Namun, seiring perkembangannya, aplikasi BukuWarung mendapatkan pembaharuan layanan seperti jual beli Pulsa telepon, token listrik hingga top up e Wallet.

    Kamu, sebagai mahasiswa bisa memanfaatkan fitur layanan BukuWarung untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Bahkan, saya bisa pastikan keuntungan jualan pulsa di kampus pastinya bisa menutupi biaya SPP.

"Peluang bisnis jualan pulsa ini amat besar. Berdasarkan laporan Media Indonesia per maret 2021, pengguna Handphone di Indonesia mencapai 167 juta orang atau 89% dari total penduduk Indonesia. Itu artinya lebih dari separuh penduduk Indonesia butuh namanya pulsa. Iya kan?"

 Sekarang, kamu mungkin sudah yakin. Oleh sebab itu, silakan baca dengan teliti Cara Instalasi dan Jualan Pulsa dan Token Listrik di BukuWarung berikut ini;
Cara Install Aplikasi BukuWarung
  1. silakan Download BukuWarung di Playstore. 
  2. Selanjutnya Buka aplikasi BukuWarung yang sudah di-download. Nanti bakal muncul Welcome screen. Halaman ini akan mengarahkan menuju halaman registrasi. 
  3. Selanjutnya registrasi akun di BukuWarung. 
  4. Jangan Salah memasukkan nomor seluler. Nomor ini nanti bakal jadi identitas akun
  5. Lengkapi data profil penjual di BukuWarung. Mulai dari nama sampai dengan kontak penjual dan akun bank.
  6. Pelajari fitur-fitur yang ada di Buku Warung. Fitur di dalamnya mencakup mengirim tagihan, catat transaksi hingga top up atau mengisi saldo di akun BukuWarung. 
  7. Kemudian, buatlah target penjualan dan penghasilan per bulan. Sehingga pada saat jualan pulsa di BukuWarung tercatat rapi dan bisa dihitung modal dan pengeluaran. Ada kok fiturnya di dalam aplikasi.

Setelah mengetahui dan menginstall aplikasi Android BukuWarung, maka selanjutnya adalah mencoba fitur yang ada di dalamnya. Dalam percobaan ini, saya menampilkan panduan sederhana cara menjual pulsa kepada pelanggan. 
Cara Jual Pulsa dan Token Listrik
Langkah-langkah Jualan Pulsa di BukuWarung :

Jual Pulsa dan token Listrik di BukuWarung
  1. Silakan Buka Aplikasi BukuWarung
  2. Klik Menu Pulsa yang ada di halaman Aplikasi
  3. Kemudian pilih Nominal pulsa yang akan dibeli di BukuWarung
  4. Selanjutnya Pilih Metode Pembayaran yang akan digunakan
  5. Selesaikan pembayaran. 
Keunggulan Aplikasi BukuWarung
Saya sudah mencoba aplikasi ini dan sangat terkesan. Aplikasi dengan banyak fitur seperti BukuWarung hanya sekitar 48MB.

Padahal layanan yang ada di dalamnya banyak. tetapi rasanya tetap ringan dipakai.Wajarlah kalau aplikasi ini telah diunduh sebanyak 6,5 jutaan lebih. Saya secara pribadi menilai ada beberapa keunggulan yang patut diapresiasi dari aplikasi ini adalah;

APlikasi BukuWarung
  1. Aplikasi BukuWarung memang Ringan di Handphone berbasis Android. Ketika saya mencoba fitur-fitur di dalamnya, handphone saya baik-baik saja. Biasanya, kalau aplikasi yang terinstal berat, HP saya biasanya mati mendadak. Ternyata, selama memakai aplikasi BukuWarung HP berjalan normal dan tidak terjadi Crush system. Karena ringan, maka memudahkan transaksi. 

  2.  Penjual bisa menentukan Harga Jual.
    Saat saya mencoba untuk bertransaksi pembelian pulsa, ternyata pengguna bisa menentukan harga jual. Jadi, lebih kompetitif dengan harga jual di tempat lain. Adanya fitur penentuan harga ini semakin mudah menentukan strategi penjualan dan margin keuntungan

  3. Transaksi dan pembukuan tercatat secara digital. Terkadang kita sering mencatat transaksi atau utang secara manual. Kalau kertasnya hilang maka hilang pula daftar tagihan.

    Nah, aplikasi BukuWarung sangat membantu soal pencatatan keuangan usaha. Termasuk transaksi jual pulsa dan lainnya. 

  4. Mendukung pembayaran dan Top Up E-Wallet. Fitur ini sangat berguna dan memudahkan proses perpindahan uang digital. Mendukung penagihan utang kepada pelanggan melalui Share tautan. 

  5. Mendukung Pembayaran Banyak Bank di Idonesia.Tidak perlu khawatr jika ingin bertransaksi berbeda bank. Karena BukuWarung menyediakan fitur tersebut.

  6. Mendukung Tagihan dengan Share Link. Ketika Pelanggan Mengklik link, maka otomatis akan diarahkan ke berbagai pilihan metode pembayaran. 

Jika kamu penasaran ingin mencoba Aplikasi BukuWarung ini, kamu bisa melihat dulu cara instalasi dan perkenalan fitur BukuWarung. Simak video singkat berikut
Jual Pulsa di BukuWarung

Video di atas adalah demonstrasi atau uji coba fitur yang ada di Aplikasi. Video ini sebagai gambaran saja bagaimana tampilan di dalamnya dan apa saja yang bisa digunakan. Dengan melihat video ini, kamu mungkin tertarik dan ingin menggunakannya. 

Oh iya, kalau kamu ingin dapat informasi lebih lengkap, coba deh kamu ikuti sosial media BukuWarung. Kebetulan saya sudah mengikuti sosial medianya.
Okey teman-teman. Itu saja ulasan panjang saya tentang Cara Jualan Pulsa dan Token Listrik di BukuWarung. Semoga kamu sebagai mahasiswa bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Jadi, tak ada alasan putus kuliah lagi ya. Semoga sukses buat kalian. 
Akhir kata. Wassalamu Alaikum. Semoga bermanfaat.
================================
Artikel ini diikutsertakan dalam Lomba Review BukuWarung. Artikel ini diolah dari sumber resmi BukuWarung dan sebagian merupakan pengalaman pribadi penulis. ❤❤❤

4 komentar untuk "Cara Jualan Pulsa dan Token Listrik di BukuWarung, Cocok Untuk Mahasiswa"

  1. Betul. Besaran Aplikasi hanya kecil dan ringan untuk dipakai saat bertransaksi. Biasa handphone ngelek saat buka Aplikasi yang berat.

    Saya sudah download. Ternyata benar saat beli pulsa, kita bisa nentuin harga jual berapa. Menarik. Selama ini juga untungnya pake Aplikasi lain kecil.

    Kadang setiap Transaksi hanya untung 500 rupiah. Pada Aplikasi BukuWarung bisa sampe 1500 selisih harga.

    Biasanya di kampung saya jualan pulsa 5 ribu bisa dihargai 7 ribu. Di BukuWarung hanya 5,400. Artinya itungan kasarnya 1600 ya per transaksi.

    Mungkin sudah saatnya saya pindah ke BukuWarung. Hehehe...hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih. Memang perbedaan perbedaan harganya jauh lebih mudah di BukuWarung. Kalau saya pribadi lebih pada fitur pencatatan digital yang ditawarkan. Bayangkan kita di bawrung kalau masih pakai cara manual, itu bisa saja luap dan bukunya tertececer.

      Catatan utang pun bisa hilang. Nah dicatat di Aplikasi kan asyik. SImple dan mudah diingat. Bahkan bisa kirim penagihan link ke kontak sosmed.

      Khusus untuk fitur jualan pulsa, saya memang merekomendasikan. Harga di BukuWarung sepertinya jauh lebih murah. Untungnya pada penjual lumayan.

      Hapus
  2. Apakah aplikasi ini memang gratis beneran?
    Kalau benar, pastinya aplikasi ini bakal menggeser aplikasi jual pulsa yang lain.

    Saya sudah pernah pakai aplikasi jualan pulsa memang gratis, tetapi harganya dinaikin dan mereka motong untungnya dari situ.

    Apakah nanti ada fitur premium bagi pengguna khusus?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepanjang pengetahuan saya, Aplikadi BukuWarung gratis kak. Mungkin ke depan akan ada pembaharuan dan layanan khsusus pengguna tertentu. Untuk saat ini, Aplikasi BukuWarung Gratis dan yang memakainya bahkan sudah 6,5 jutaan lebih.

      Mungkin karena gratis, banyak yang pakai.
      Kalau saya sih, masih rekomendasikan BukuWarung

      Silakan coba saja dulu. Kalau bagus, ya lanjutkan. Kalau mungkin ada yang kurang, bisa kok kirim masukan kepada pengembang aplikasinya.

      Selamat mencoba kak. Semoga tertarik.

      Hapus

Sebelum komentar, silakan saling klik follow ya : >>  Follow Blog

Teman yang follow blog ini akan muncul di sidebar blog nanti.
InsyaAllah akan menambah jaringan pertemanan ke kalangan blogger lainnya.