-->

Makna Resensi Buku, Tujuan Hingga Contoh Resensi yang Baik

Konten [Tampil]


Pengertian resensi Buku

Menulis resensi buku tentu membutuhkan kemampuan dan pengetahuan yang khusus. Kemampuan ini meliputi teknik penyajian naskah resensi yang baik agar resensi yang dibuat bisa diterima oleh media. Untuk menopang pengetahuan mengenai resensi, perlu memahami dulu konsep dasar resensi. Mulai dari Makna atau pengertian hingga contoh resensi yang baik. 

Pengertian Resensi 

Ada pertanyaan besar yang sering muncul,  Apa yang dimaksud dengan resensi? Untuk itu, saya sajikan beberapa pengertian agar mudah dan cepat memahami makna Resensi.  
Resensi adalah sebuah pandangan kritis atas sebuah buku berdasarkan kualitas sebuah karya dengan tujuan memberikan informasi kepada pembaca.” 
Dalam kerangka ilmiah, Resensi merupakan tinjauan kritis atas kelebihan dan kekurangan dalam sebuah buku.
Sementara, dalam kamus Bahasa Indonesia, Resensi yaitu ulasan atas sebuah buku atau dimaknai sebagai aktivitas diskusi mengenai buku. 

Seiring perkembangan zaman, resensi tidak hanya berkaitan dengan buku, tetapi juga sudah masuk pada bidang lain seperti resensi film atau pun resensi musik. 

Nah, pembuat resensi disebut peresensi. Bukan Resensor,  resensator, resensist. Dalam konteks bahasa Indonesia disebut Peresensi, artinya adalah orang yang membuat resensi. Jadi, secara definisi sudah jelas ya. Jangan lagi mengatakan resensor atau lainnya. 

Tujuan Resensi Buku

Jika dilihat dari segi tujuannya, secara umum resensi buku memiliki maksud untuk;
  • Memberikan Pemahaman kepada pembaca 
  • Media dialog dan bahan diskusi dengan pembaca
  • Mencerahkan dengan memberikan pertimbangan tertentu mengenai buku
  • Sebagai bahan informasi tentang buku. Biasanya berisi judul buku, penulisnya, tanggal terbit, penerbit, tebal halaman, sampai pada informasi proses kreatif. 

Tujuan Resensi Buku Novel

Jika kita melihat objeknya adalah novel, maka tujuan resensi adalah memberikan sudut pandang yang luas kepada pembaca sehingga mampu memahami pesan novel. 

Selain itu, dalam resensi, pembaca seolah diajak diskusi, berpikir kritis, bernalar mengenai apa sih substansi dari novel yang sedang diulas. Terakhir, tujuan resensi memberikan informasi rinci penulis dan karya yang sedang dibaca. Biasanya data penulis, penerbit dan hal lain terkait fisik novel. 

Jenis Resensi Buku

Dikutip dari kompas, resensi dibedakan menjadi 3 jenis yaitu;

1.Resensi Informatif. Resensi ini hanya berupa informasi sebuah karya Isinya berbentuk sebuah resume atau ringkasan mengenai inti sebuah buku atau novel.

2. Resensi Evaluatif. Resensi ini tidak hanya memberikan informasi mengenai buku, namun dalam resensi juga disertai pandangan kritis dalam menimbang kelebihan dan kekurangan karya.

3. Resensi Informatif-evaluatif. Nah, resensi model seperti ini akan memberikan data secara lengkap mengenai buku. Selain itu juga dalam resensi akan banyak berisi pandangan kritis penulis dari aspek keunggulan dan kekurangan sebuah karya. Biasanya pandangan dalam resensi sangat subjektif dari penulisnya. 

Struktur Resensi Buku 

Kalau kita mengirimkan karya resensi ke media, maka harus dan wajib diperhatikan adalah mengenai standar struktur sebuah resensi. Karena hal tersebut akan memudahkan rincian dan isi resensi. 

Secara umum, struktur resensi buku meliputi:

1. Judul resensi
Judul diusahakan bisa memberikan sedikit bocoran mengenai isi resensi. Sehingga mematikan rasa penasaran untuk membaca resensi secara keseluruhan. Agak keliru kalau hanya menulis resensi seperti: Resensi Buku Titik Nol.  Akan lebih menarik kalau dibuat seperti, Titik Nol, Sebuah Perjalanan Mencari Hakikat Hidup. Ketimbang menulis judul buku, silakan variasikan dengan kalimat yang akan menyentak pembaca dalam meneruskan bacaannya. 

2. Data Buku
Pada bagian ini harus menuliskan informasi mengenai buku yang akan diulas. Informasi tersebut berupa, judul buku,  penulis, penerbit, cetakan, tebal buku hingga informasi ISBN. 

3. Pendahuluan resensi
Umumnya ini memperkenalkan penulisnya, tema buku yang diresensi. 

4. Isi Utama Sebuah resensi
Bagian ini akan berisi mengenai sinopsis atau kutipan paling mewakili buku. Sudah termasuk membahas kelebihan dan kekurangan sebuah buku. Misalnya kekurangan dari hasil cetak, gaya penulisan, salah tik, kualitas ide dalam isi buku dan aspek lainnya yang bisa disesuaikan dengan tema buku. 

5. Penutup Resensi Buku 
Nah, pada bagian ini, biasanya akan ada pernyataan peresensi apakah buku ini layak untuk dibaca atau tidak. Tentu ini adalah kesimpulan subjektif penulis resensi. 

Contoh Resensi Buku yang Baik Versi Kompas

Resensi Adalah : Pengertian, Tujuan, Struktur, Resensi Novel, dan Contoh Resensi yang Baik

Posting Komentar untuk "Makna Resensi Buku, Tujuan Hingga Contoh Resensi yang Baik"