Top Up Mobile Legend

Menggunakan Sabun Pemutih Wajah, Perhatikan dengan Baik Hal ini!

Menggunakan Sabun Pemutih Wajah

Sabun pemutih wajahmerupakan produk perawatan kulit yang dirancang khusus untuk membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit wajah. 

Fungsinya adalah mengangkat sel-sel kulit mati dan mengurangi produksi melanin yang menyebabkan kulit gelap. 

Sabun pemutih adalah solusi multifungsi dengan beragam manfaat untuk kulit. Dengan kandungan vitamin C dan alpha hydroxy acids (AHA), sabun ini mencerahkan kulit, menghilangkan bintik-bintik gelap, serta mengurangi hiperpigmentasi dan flek hitam. Kulit pun terlihat lebih cerah dan merata.

Namun, tidak semua sabun pemutih wajah aman dan cocok untuk digunakan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakan sabun pemutih wajah agar tidak menimbulkan efek samping yang merugikan kulit. 

Nah, nerikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakan sabun pemutih wajah serta alasannya:

1. Pilih sabun pemutih wajah yang sesuai dengan jenis kulit

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda, seperti kering, berminyak, normal, atau sensitif. Pilihlah sabun pemutih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Kamu agar tidak menyebabkan iritasi, kemerahan, atau kekeringan. 

Baca juga : Sabun Pemutih Wajah Terbaik

Misalnya, jika Kamu memiliki kulit kering, pilihlah sabun pemutih wajah yang mengandung pelembap atau glycerin. Jika Kamu memiliki kulit berminyak, pilihlah sabun pemutih wajah yang mengandung salicylic acid atau tea tree oil. Jika Kamu memiliki kulit sensitif, pilihlah sabun pemutih wajah yang bebas dari pewangi, alkohol, atau bahan kimia keras.

2. Perhatikan kandungan bahan aktif pada sabun pemutih wajah

Bahan aktif adalah bahan yang berfungsi untuk mencerahkan kulit dengan cara menghambat produksi melanin atau mengelupas sel kulit mati. Beberapa bahan aktif yang umum digunakan pada sabun pemutih wajah adalah arbutin, kojic acid, glutathione, niacinamide, vitamin C, AHA, dan lain-lain.

Perhatikan kandungan bahan aktif pada sabun pemutih wajah yang Kamu gunakan dan pastikan bahwa Kamu tidak alergi atau sensitif terhadap bahan tersebut. Jika Kamu alergi atau sensitif terhadap salah satu bahan aktif, segera hentikan penggunaan sabun pemutih wajah tersebut dan konsultasikan dengan dokter.

3. Gunakan sabun pemutih wajah sesuai dengan aturan pakai

Setiap sabun pemutih wajah memiliki aturan pakai yang berbeda-beda tergantung pada kandungan bahan aktif dan konsentrasinya. Ada yang harus digunakan setiap hari, ada yang hanya beberapa kali dalam seminggu, ada yang hanya boleh digunakan pada malam hari, dan lain-lain. Gunakan sabun pemutih wajah sesuai dengan aturan pakai yang tertera pada kemasan atau petunjuk dokter agar tidak menimbulkan efek samping seperti iritasi, pengelupasan berlebihan, atau bahkan luka bakar.\

Baca juga : Sabun Pemutih BPOM

4. Bersihkan wajah dengan air hangat sebelum menggunakan sabun pemutih wajah

Sebelum menggunakan sabun pemutih wajah, bersihkanlah wajah Kamu dengan air hangat agar pori-pori terbuka dan kotoran dapat terangkat dengan mudah. Hal ini akan membantu sabun pemutih wajah bekerja lebih efektif dan meresap ke dalam lapisan kulit lebih dalam. Jangan menggunakan air panas atau air dingin karena dapat menyebabkan iritasi atau kontraksi pori-pori.

5. Basahi tangan dan busakan sabun pemutih wajah dengan lembut

Setelah membersihkan wajah dengan air hangat, basahi tangan Kamu dan ambil sabun pemutih wajah secukupnya. Busakan sabun pemutih wajah dengan lembut di antara telapak tangan Kamu sampai berbusa. Jangan menggosok sabun pemutih wajah langsung ke wajah karena dapat menyebabkan gesekan yang merusak kulit.

Baca juga : Produksi Minyak Pada Wajah

6. Pijat wajah dengan busa sabun pemutih wajah secara perlahan dan merata

Setelah mendapatkan busa yang cukup, pijatlah wajah Kamu dengan busa sabun pemutih wajah secara perlahan dan merata. Hindari daerah sekitar mata, hidung, dan mulut karena kulit di daerah tersebut lebih tipis dan sensitif. Pijatlah wajah Kamu dengan gerakan melingkar ke atas selama kurang lebih 1-2 menit agar sabun pemutih wajah dapat membersihkan dan mencerahkan kulit secara optimal.

7. Bilas wajah dengan air bersih sampai bersih

Setelah memijat wajah dengan busa sabun pemutih wajah, bilaslah wajah Kamu dengan air bersih sampai bersih. Pastikan tidak ada sisa busa yang tertinggal di wajah Kamu karena dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Gunakan air dingin untuk membilas wajah agar pori-pori menutup kembali dan kulit menjadi lebih kencang.

Baca juga : Perawatan Kulit Wajah

8. Keringkan wajah dengan handuk bersih dan lembut

Setelah membilas wajah dengan air bersih, keringkanlah wajah Kamu dengan handuk bersih dan lembut. Jangan menggosok atau menekan handuk ke wajah karena dapat menyebabkan iritasi atau luka. Cukup tepuk-tepuk handuk ke wajah secara perlahan sampai kering.

9. Gunakan pelembap atau tabir surya sesuai dengan jenis kulit

Setelah mengeringkan wajah, gunakanlah pelembap atau tabir surya sesuai dengan jenis kulit Kamu. Pelembap akan membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegah kekeringan yang dapat menyebabkan keriput atau penuaan dini. Tabir surya akan membantu melindungi kulit dari paparan sinar UV yang dapat menyebabkan kulit gelap, flek hitam, atau bahkan kanker kulit. Pilihlah pelembap atau tabir surya yang mengandung SPF minimal 15 dan sesuai dengan jenis kulit Kamu.

10. Lakukan perawatan kulit lainnya sesuai dengan kebutuhan

Selain menggunakan sabun pemutih wajah, lakukanlah perawatan kulit lainnya sesuai dengan kebutuhan Kamu. Misalnya, gunakan toner untuk menyeimbangkan pH kulit, serum untuk memberikan nutrisi tambahan, masker untuk mengangkat kotoran lebih dalam, atau eksfoliasi untuk mengelupas sel kulit mati secara berkala. Perawatan kulit lainnya akan membantu meningkatkan efektivitas sabun pemutih wajah dan membuat kulit Kamu lebih sehat dan cerah.

Baca juga : Jenis Kulit Wajah

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakan sabun pemutih wajah serta alasannya. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, Kamu dapat menggunakan sabun pemutih wajah dengan aman dan mendapatkan hasil yang optimal. Selamat mencoba!

Sumber:

  1. : https://productnation.co/id/28787/sabun-pemutih-wajah-terbaik-yang-aman-efektif/
  2. : https://superapp.id/blog/lifestyle/sabun-pemutih-wajah/
  3. : https://review.bukalapak.com/mens-grooming/sabun-pemutih-wajah-untuk-pria-108915
  4. : https://www.briliobeauty.net/skincare/11-rekomendasi-sabun-pemutih-wajah-harga-mulai-rp-15-ribuan-2203086.html
  5. : https://id.my-best

Posting Komentar untuk "Menggunakan Sabun Pemutih Wajah, Perhatikan dengan Baik Hal ini!"

Info paling Cepat ikuti sosial media kami 👇 dan saluran berita 👉 Google News