Fakta Tentang Perawatan Kulit Wajah Yang Wajib Kamu Tahu

Perawatan Kulit Wajah

Kulit wajah yang berminyak adalah salah satu masalah kulit yang sering dialami oleh banyak orang. Kulit wajah yang berminyak ditandai dengan produksi sebum yang berlebihan, pori-pori yang besar, dan kilap yang mengganggu. 

Teman-teman Perlu tahu juga bahwa Kulit wajah yang berminyak juga rentan terhadap jerawat, komedo, dan infeksi bakteri. Namun, kulit wajah yang berminyak juga memiliki beberapa keuntungan, seperti lebih tahan terhadap penuaan dan keriput. 

Fakta Tentang Perawatan Kulit Wajah

Berikut adalah beberapa fakta tentang kulit wajah yang berminyak yang perlu Kamu ketahui:

1. Kulit wajah yang berminyak disebabkan oleh faktor genetik, hormonal, dan lingkungan

Faktor genetik berpengaruh pada jenis kulit yang Kamu warisi dari orang tua Kamu. Faktor hormonal berpengaruh pada kadar androgen, hormon seks yang meningkatkan produksi sebum. Faktor lingkungan berpengaruh pada suhu, kelembapan, polusi, dan penggunaan kosmetik yang dapat memicu atau memperburuk kondisi kulit wajah yang berminyak.

Baca juga : Pemutih Ketiak Terbaik

2. Kulit wajah yang berminyak membutuhkan perawatan yang tepat dan rutin

Perawatan kulit wajah yang berminyak meliputi pembersihan, penyegaran, pelembapan, dan perlindungan. Pembersihan bertujuan untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Penyegaran bertujuan untuk menyeimbangkan pH kulit dan mengurangi kemerahan. Pelembapan bertujuan untuk menjaga kelembapan dan elastisitas kulit. Perlindungan bertujuan untuk melindungi kulit dari sinar matahari dan radikal bebas.

3. Kulit wajah yang berminyak harus dibersihkan dua kali sehari 

Dalam membersihakan kulit wajah sangat direkomendasikan  menggunakan pembersih yang lembut dan sesuai dengan jenis kulit. 

Pembersih yang terlalu keras atau mengandung alkohol dapat mengiritasi kulit dan merangsang produksi sebum lebih banyak. Pilihlah pembersih yang mengandung bahan-bahan alami, seperti lidah buaya, teh hijau, atau madu.

4. Kulit wajah Harus Disegarkan

Membersihkan kulit wajah dengan toner yang mengandung bahan-bahan astringen dan anti-inflamasi, seperti witch hazel, rose water, atau chamomile. Toner dapat membantu mengecilkan pori-pori, mengurangi kilap, dan menenangkan kulit.

Baca juga : Sabun Pemutih Wajah Terbaik

5. Kulit Wajah Harus dilembabkan

Kulit wajah yang berminyak harus dilembapkan dengan pelembap yang ringan dan bebas minyak, seperti gel, lotion, atau serum. Pelembap dapat membantu mengunci kelembapan di dalam kulit dan mencegah dehidrasi. Pilihlah pelembap yang mengandung bahan-bahan humektan dan emolien, seperti hyaluronic acid, glycerin, atau jojoba oil.

6. Kulit Wajah Harus Dilindungi dari Sinar Matahari

Kulit wajah yang berminyak harus dilindungi dengan tabir surya yang memiliki SPF minimal 30 dan PA+++. Tabir surya dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat sinar UV, seperti flek hitam, kusam, atau kanker kulit. Pilihlah tabir surya yang memiliki tekstur ringan dan bebas minyak, seperti gel atau spray.

7. Kulit Wajah harus dieksfoliasi

Kulit wajah yang berminyak dapat dilakukan eksfoliasi secara mingguan dengan scrub atau masker yang mengandung bahan-bahan eksfolian dan detoksifikasi, seperti gula pasir, oatmeal, atau tanah liat. Eksfoliasi dapat membantu mengangkat sel kulit mati, kotoran, dan minyak yang menumpuk di permukaan kulit.

8. Kulit Wajah Butuh Perawatan Berkala

Kulit wajah yang berminyak dapat dilakukan perawatan tambahan secara berkala dengan facial atau chemical peel di klinik kecantikan atau dermatologis. Perawatan ini dapat membantu membersihkan pori-pori secara mendalam, menghilangkan jerawat dan komedo, serta meremajakan kulit.

9. Kulit Wajah dipengaruhi Pola Makan

Kulit wajah yang berminyak dapat dipengaruhi oleh pola makan dan gaya hidup Kamu. Kamu disarankan untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein. Hindari makanan yang berlemak, pedas, atau mengandung gula tinggi, seperti gorengan, cokelat, atau soda. Kamu juga disarankan untuk minum air putih minimal 8 gelas sehari, berolahraga secara teratur, dan tidur cukup.

Baca juga : Makanan Sehat untuk Jantung

10. Kulit wajah yang berminyak tidak selamanya buruk

Kamu dapat menjadikan kulit wajah yang berminyak sebagai kekuatan dan keunikan Kamu. Kulit wajah yang berminyak dapat memberikan kesan awet muda, sehat, dan bersinar. Kamu hanya perlu merawatnya dengan baik dan mencintai diri Kamu apa adanya.


Info paling Cepat ikuti sosial media kami 👇 dan saluran berita 👉 Google News