Top Up Mobile Legend

Inilah Jenis Batkeri Penyebab Ketiak Gelap

Inilah Jenis Batkeri Penyebab Ketiak Gelap

Ketiak gelap adalah salah satu masalah kulit yang sering dialami oleh banyak orang, terutama wanita. Ketiak gelap bisa menurunkan rasa percaya diri dan mengganggu penampilan, terutama saat mengenakan pakaian tanpa lengan. Apa sebenarnya penyebab ketiak gelap dan bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasan berikut ini.

Penyebab Ketiak Gelap

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan ketiak menjadi gelap, di antaranya adalah:

Infeksi bakteri Corynebacterium minutissimum

Bakteri ini bisa menyebabkan eritrasma, yaitu kondisi kulit yang ditandai dengan bercak merah muda atau kecokelatan yang sedikit bersisik. Bakteri ini biasanya berkembang di lingkungan yang lembap dan hangat, seperti ketiak. Bakteri ini juga lebih mudah menyerang orang yang banyak berkeringat, kurang menjaga kebersihan tubuh, atau menderita penyakit seperti diabetes dan obesitas.

Iritasi kulit ketiak

Iritasi kulit ketiak bisa terjadi akibat kebiasaan mencukur atau mencabut bulu ketiak yang tidak tepat. Hal ini bisa membuat kulit ketiak menjadi meradang dan memicu produksi melanin, yaitu pigmen warna kulit, secara berlebihan.

Kehamilan

Beberapa wanita hamil bisa mengalami perubahan warna kulit di beberapa bagian tubuh, termasuk ketiak. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon kehamilan yang merangsang produksi melanin. Biasanya, warna kulit akan kembali normal setelah melahirkan.

Acanthosis nigricans

Ini adalah penyakit kulit yang menyebabkan penebalan dan penggelapan kulit di area lipatan, seperti ketiak, leher, selangkangan, dan lainnya. Acanthosis nigricans bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti obesitas, diabetes tipe 2, gangguan hormon, atau efek samping obat-obatan tertentu. Dalam kasus yang jarang, acanthosis nigricans bisa menjadi tanda adanya kanker pada organ dalam.

Cara Mengatasi Ketiak Gelap

Untuk mengatasi ketiak gelap, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui penyebabnya. Jika disebabkan oleh infeksi bakteri, maka pengobatan dengan antibiotik bisa menjadi solusinya. Jika disebabkan oleh penyakit tertentu, seperti diabetes atau acanthosis nigricans, maka pengobatan harus ditujukan pada penyakit tersebut.

Selain itu, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membantu mencerahkan kulit ketiak gelap, yaitu:

  • Menjaga kebersihan tubuh dan ketiak dengan mandi secara teratur dan menggunakan sabun antibakteri.
  • Menghindari pemakaian deodoran atau antiperspiran yang mengandung alkohol, paraben, atau zat kimia lain yang bisa menyebabkan iritasi kulit.
  • Mengganti cara menghilangkan bulu ketiak dengan metode yang lebih aman dan tidak menyebabkan iritasi, seperti waxing atau laser.
  • Menggunakan bahan alami yang bisa mencerahkan kulit ketiak, seperti lemon, lidah buaya, mentimun, atau baking soda.
  • Menggunakan krim pemutih kulit khusus untuk ketiak yang aman dan tidak mengandung bahan berbahaya.
  • Mencari Pemutih Ketiak Terbaik untuk digunakan

Demikianlah ulasan tentang penyebab dan cara mengatasi ketiak gelap. Semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda mendapatkan kulit ketiak yang cerah dan sehat. Baca juga artikel kami tentang Pemutih Wajah Terbaik tahun 2023

Posting Komentar untuk "Inilah Jenis Batkeri Penyebab Ketiak Gelap"

Info paling Cepat ikuti sosial media kami 👇 dan saluran berita 👉 Google News