Hotel Murah Terbaik dan Wisata Populer di Jawa Tengah

Hotel Murah Terbaik dan Wisata Populer di Jawa Tengah
Seribupena.com - Halo, teman-teman! Apakah kalian sedang mencari hotel murah di Jawa Tengah untuk liburan kalian? Jika iya, maka kalian beruntung karena saya akan memberikan beberapa rekomendasi hotel yang bisa kalian pilih. 

Hotel-hotel ini tidak hanya murah, tetapi juga nyaman, bersih, dan strategis. Kalian bisa menikmati keindahan alam dan budaya Jawa Tengah tanpa harus menguras kantong. 

Hotel Murah Terbaik di Jawa Tengah

Yuk, simak ulasan saya Hotel Murah terbaik di Jawah Tengah berikut ini!

1. Red Planet Solo

Hotel ini terletak di pusat kota Solo, dekat dengan stasiun kereta api dan bandara. Hotel ini menawarkan kamar-kamar yang modern, minimalis, dan dilengkapi dengan fasilitas seperti AC, TV, Wi-Fi gratis, dan kamar mandi pribadi. 

Harga per malamnya mulai dari Rp 200.000 saja. Cocok untuk kalian yang ingin menjelajahi Solo dengan mudah dan hemat.

2. POP! Hotel Pemuda Semarang

Hotel ini berada di lokasi yang strategis di Semarang, hanya beberapa menit berjalan kaki dari Simpang Lima dan Lawang Sewu. Hotel ini memiliki konsep yang ceria, warna-warni, dan ramah lingkungan.

Kamar-kamarnya dilengkapi dengan AC, TV, Wi-Fi gratis, dan kamar mandi pribadi dengan shower air panas. Harga per malamnya mulai dari Rp 250.000 saja. Cocok untuk kalian yang ingin bersenang-senang di Semarang dengan suasana yang menyenangkan.

3. Riyadi Palace Hotel Surakarta

Hotel ini merupakan hotel bintang 3 yang berlokasi di Solo Baru, sebuah kawasan perumahan mewah di Solo. Hotel ini menawarkan kamar-kamar yang luas, elegan, dan bergaya Jawa. 

Fasilitasnya meliputi AC, TV, Wi-Fi gratis, kamar mandi pribadi dengan bathtub, kolam renang, restoran, dan spa. Harga per malamnya mulai dari Rp 300.000 saja. Cocok untuk kalian yang ingin merasakan kemewahan dan kebudayaan Jawa dengan harga terjangkau.

4. Po Hotel Semarang

Hotel ini merupakan hotel bintang 4 yang terletak di pusat bisnis dan hiburan Semarang. Hotel ini menawarkan kamar-kamar yang mewah, modern, dan nyaman. 

Fasilitasnya meliputi AC, TV, Wi-Fi gratis, kamar mandi pribadi dengan shower air panas dan perlengkapan mandi gratis, kolam renang luar ruangan, pusat kebugaran, restoran, bar, dan lounge.

Harga per malamnya mulai dari Rp 400.000 saja. Cocok untuk kalian yang ingin menikmati Semarang dengan gaya dan kenyamanan.

5. LK Hotel Pandanaran Semarang

Hotel ini merupakan hotel bintang 3 yang terletak di jalan Pandanaran, salah satu jalan utama di Semarang. Hotel ini menawarkan kamar-kamar yang bersih, nyaman, dan dilengkapi dengan fasilitas seperti AC, TV, Wi-Fi gratis, dan kamar mandi pribadi dengan shower air panas. 

Harga per malamnya sudah termasuk sarapan pagi yang lezat dan variatif. Harga per malamnya mulai dari Rp 500.000 saja. Cocok untuk kalian yang ingin menginap di lokasi yang strategis dan dekat dengan banyak tempat wisata.

10 Wisata murah di Jawa Tengah

Berikut adalah 10 wisata murah di Jawa Tengah yang bisa kalian coba:

1. Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah salah satu warisan dunia yang terletak di Magelang, Jawa Tengah. Candi ini merupakan candi Buddha terbesar dan terlengkap di dunia, yang dibangun pada abad ke-9. 

Candi ini memiliki arsitektur yang luar biasa, dengan relief dan stupa yang menggambarkan ajaran Buddha. Kalian bisa masuk ke candi ini dengan tiket seharga Rp 50.000 untuk wisatawan domestik dan Rp 400.000 untuk wisatawan asing. 

Kalian juga bisa menikmati pemandangan matahari terbit atau terbenam dari candi ini dengan tiket tambahan seharga Rp 100.000.

2. Dieng Plateau

Dieng Plateau adalah dataran tinggi yang terletak di Wonosobo dan Banjarnegara, Jawa Tengah. Di sini kalian bisa melihat berbagai fenomena alam yang menakjubkan, seperti kawah aktif, telaga warna, hutan pinus, hingga ladang bunga edelweis. 

Kalian juga bisa mengunjungi beberapa candi Hindu tertua di Indonesia yang ada di Dieng Plateau, seperti Candi Arjuna dan Candi Gatotkaca. Tiket masuk ke Dieng Plateau berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 30.000 tergantung lokasi yang kalian kunjungi.

3. Lawang Sewu

Lawang Sewu adalah bangunan bersejarah yang terletak di Semarang, Jawa Tengah. Bangunan ini dulunya adalah kantor pusat perusahaan kereta api Belanda pada masa kolonial. 

Lawang Sewu memiliki arsitektur bergaya Eropa dengan lebih dari 1000 pintu dan jendela (lawang sewu berarti seribu pintu). 

Bangunan ini juga menjadi saksi bisu perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajah, terutama pada peristiwa Pertempuran Lima Hari di Semarang pada tahun 1945. 

Tiket masuk ke Lawang Sewu adalah Rp 10.000 untuk wisatawan domestik dan Rp 50.000 untuk wisatawan asing.

4. Karimunjawa Islands

Karimunjawa Islands adalah gugusan pulau-pulau tropis yang terletak di laut Jawa, sekitar 80 km dari pantai utara Jepara, Jawa Tengah. Karimunjawa Islands memiliki keindahan alam yang luar biasa, dengan pantai berpasir putih, laut biru jernih, terumbu karang, hingga hutan mangrove. 

Kalian bisa melakukan berbagai aktivitas di sini, seperti snorkeling, diving, island hopping, camping, hingga bersantai di hammock. 

Untuk mencapai Karimunjawa Islands, kalian bisa naik kapal feri dari pelabuhan Kartini Jepara dengan tiket seharga Rp 75.000 per orang.

5. Grojogan Sewu Waterfall

Grojogan Sewu Waterfall adalah air terjun yang terletak di lereng Gunung Lawu, Karanganyar, Jawa Tengah. 

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dan dikelilingi oleh pepohonan hijau dan udara sejuk. Kalian bisa menikmati pemandangan air terjun ini dari jarak dekat atau dari atas bukit dengan gardu pandang. 

Kalian juga bisa bermain air atau mandi di kolam alami di bawah air terjun ini. Tiket masuk ke Grojogan Sewu Waterfall adalah Rp 15.000 per orang.

6. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti adalah tempat wisata alam yang terletak di Bandungan, Semarang, Jawa Tengah. Umbul Sidomukti memiliki kolam renang alami yang berasal dari mata air pegunungan dengan air yang jernih dan segar. 

Kolam renang ini juga memiliki pemandangan yang indah karena berada di ketinggian sekitar 1200 meter di atas permukaan laut. Kalian bisa berenang sambil melihat panorama Gunung Ungaran dan lembah hijau dari kolam renang ini. Tiket masuk ke Umbul Sidomukti adalah Rp 20.000 per orang.

7. Gedong Songo Temple Complex

Gedong Songo Temple Complex adalah kompleks candi Hindu yang terletak di lereng Gunung Ungaran, Semarang, Jawa Tengah. 

Kompleks ini terdiri dari sembilan candi (gedong songo berarti sembilan bangunan) yang dibangun pada abad ke-8 hingga ke-9 oleh dinasti Sanjaya dan Syailendra. 

Candi-candi ini memiliki arsitektur khas Jawa kuno dengan ukiran dan relief yang indah. Kalian bisa menjelajahi kompleks ini dengan berjalan kaki atau naik kuda dengan biaya tambahan sekitar Rp 50.000 per jam.

8. Goa Pindul Cave Tubing Adventure Park

Goa Pindul Cave Tubing Adventure Park adalah tempat wisata petualangan yang terletak di Gunungkidul,

Yogyakarta (perbatasan dengan Jawa Tengah). Goa Pindul adalah goa karst yang memiliki sungai bawah tanah dengan air jernih dan dingin. Kalian bisa melakukan cave tubing di sini,

yaitu mengapung di atas ban dalam goa sambil melihat stalaktit dan stalagmit yang mempesona. Kalian juga bisa melihat fenomena cahaya langit (light of heaven) yang masuk ke goa melalui lubang di atap goa. Tiket masuk ke Goa Pindul Cave Tubing Adventure Park adalah Rp 60.000 per orang. 

9. Kampung Batik Laweyan

Kampung Batik Laweyan adalah tempat wisata budaya yang terletak di Surakarta, Jawa Tengah. Kampung Batik Laweyan adalah salah satu sentra batik tertua dan terbesar di Indonesia , yang sudah ada sejak abad ke - 16. 

Kampung Batik Laweyan memiliki arsitektur tradisional Jawa dengan rumah - rumah joglo dan gapura yang cantik. Kalian bisa belajar tentang sejarah dan proses pembuatan batik di sini , serta membeli batik dengan harga murah dan berkualitas. 

Tidak ada tiket masuk ke Kampung Batik Laweyan , hanya saja kalian harus membayar parkir kendaraan jika membawanya. 

10. Curug Bidadari Waterfall 

Curug Bidadari Waterfall adalah air terjun yang terletak di Bogor, Jawa Barat (perbatasan dengan Jawa Tengah). Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 70 meter dan dikelilingi oleh tebing batu dan pepohonan rindang. 

Air terjun ini dinamakan Curug Bidadari karena konon dahulu ada seorang bidadari (malaikat) yang mandi di sini dan tertangkap oleh seorang raja. Kalian bisa menikmati pemandangan air terjun ini dari jembatan gantung atau dari bawah air terjun. 

Tiket masuk ke Curug Bidadari Waterfall adalah Rp 25.000 per orang.  Nah , itu dia 10 wisata murah di Jawa Tengah yang bisa kalian coba untuk liburan yang menyenangkan dan hemat. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berwisata!

Baca Juga : 

Info paling Cepat ikuti sosial media kami 👇 dan saluran berita 👉 Google News