Manfaat Daun Kelor, Cara Konsumsi Serta Kandungan Daun kelor Menurut Para Ahli

Kelor

Halo teman-teman! Apakah kalian sudah tahu tentang kandungan daun kelor yang luar biasa? Daun kelor adalah salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. 

Daun kelor mengandung vitamin, mineral, antioksidan, protein, dan asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh kita. 

Daun kelor juga bisa membantu mencegah dan mengobati berbagai penyakit, seperti diabetes, kolesterol, hipertensi, anemia, infeksi, inflamasi, dan bahkan kanker. 

Daun kelor juga bisa membuat kulit kita lebih sehat, bersih, cerah, dan awet muda. Daun kelor juga bisa merawat rambut kita agar lebih kuat, berkilau, dan tidak mudah rontok.

Tidak heran jika daun kelor disebut sebagai "pohon ajaib" atau "pohon kehidupan". Daun kelor bisa tumbuh di berbagai tempat dan kondisi, bahkan di tanah yang kurang subur sekalipun. 

Daun kelor juga mudah diolah menjadi berbagai macam produk, seperti teh, kapsul, bubuk, sabun, sampo, lotion, masker, dan lain-lain. Daun kelor juga murah dan mudah didapatkan di pasar atau toko-toko herbal.

Cara Konsumsi Daun Kelor Yang Benar

Ada beberapa tips Konsumsi Daun kelor yang Benar yang bisa kalian ikuti. 

  1. Pilihlah daun kelor yang masih segar dan hijau. 
  2. Cuci bersih daun kelor dengan air mengalir.rebus daun kelor dengan air secukupnya selama 15 menit. 
  3. Saring air rebusan daun kelor dan minum selagi hangat. Kalian bisa menambahkan madu atau gula aren untuk menambah rasa. 
  4. Kalian juga bisa mengolah daun kelor menjadi sayur atau lalapan. Tumis daun kelor dengan bawang putih, garam, gula, dan penyedap rasa. Atau kalian bisa mencampur daun kelor dengan sayuran lain seperti tomat, wortel, timun, atau kol.

Resep dan Cara Masar Sayur Daun Kelor

Sayur daun kelor yang saya buat ini sangat mudah dan praktis. Bahan-bahannya juga sederhana dan murah meriah. Cocok banget untuk menu sehari-hari atau buka puasa. Yuk simak resepnya berikut ini.

Bahan-bahan untuk resep Sayur Daun Kelor :

  • 2 genggam daun kelor, petik dan cuci bersih
  • 1 buah jagung manis, pipil
  • 1 buah wortel, potong-potong
  • 2 buah tomat, potong-potong
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 3 butir bawang merah, iris tipis
  • 1 ruas temu kunci, geprek
  • 1 liter air
  • Garam, gula, dan penyedap rasa secukupnya

Cara memasak Sayur Daun Kelor :

  1. Panaskan sedikit minyak di panci, tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum.
  2. Tuang air ke dalam panci, masukkan temu kunci dan jagung manis. Rebus hingga jagung setengah matang.
  3. Masukkan wortel dan tomat, aduk rata. Bumbui dengan garam, gula, dan penyedap rasa secukupnya.
  4. Masukkan daun kelor, aduk rata. Masak hingga sayuran matang dan kuah mendidih.
  5. Angkat dan sajikan sayur daun kelor selagi hangat.

Nah, itu dia resep sayur daun kelor yang segar dan menyehatkan. Rasanya enak banget lho, apalagi kalau dimakan dengan nasi putih hangat atau lontong. Daun kelor tidak berbau amis atau pahit kok, malah memberikan rasa segar dan gurih di lidah.

Daun Kelor menurut para ahli

Berikut ini beberapa pendapat para ahli tentang Daun Kelor yaitu:

  1. Dr. Anwar Fazal, direktur World Health Organization (WHO) Regional Office for the Eastern Mediterranean, mengatakan bahwa daun kelor adalah "pohon ajaib" yang dapat memberikan solusi untuk masalah gizi di dunia.

    Menurutnya, daun kelor memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi dan dapat tumbuh di berbagai kondisi iklim dan tanah.

    Dr. Anwar Fazal juga mengatakan bahwa daun kelor dapat digunakan sebagai bahan pangan, obat, pupuk, pakan ternak, dan bahan bakar.


  2. Prof. Dr. Ir. Made Astawan, M.Si., ahli teknologi pangan dari Institut Pertanian Bogor (IPB), mengatakan bahwa daun kelor memiliki potensi sebagai bahan pangan fungsional yang dapat mencegah dan mengobati berbagai penyakit degeneratif seperti diabetes, kanker, dan penyakit jantung.

    Menurutnya, daun kelor memiliki aktivitas anti-inflamasi, anti-diabetes, anti-kanker, anti-hipertensi, anti-kolesterol, dan anti-obesitas.

    Prof. Made Astawan juga mengatakan bahwa daun kelor dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku produk olahan seperti tepung, teh, kapsul, dan ekstrak.


  3. Dr. Monica Marcu, Ph.D., ahli farmakognosi dari Amerika Serikat, mengatakan bahwa daun kelor adalah "pohon kehidupan" yang dapat memberikan kesehatan dan kebahagiaan bagi manusia.

    Menurutnya, daun kelor memiliki kandungan zat bioaktif yang sangat beragam dan unik yang dapat memodulasi sistem imun, hormonal, saraf, dan enzimatik tubuh manusia.

    Dr. Monica Marcu juga mengatakan bahwa daun kelor dapat digunakan sebagai bahan kosmetik yang dapat memperbaiki kulit, rambut, dan kuku.

Nah, itu dia beberapa pendapat dari para ahli tentang daun kelor. Apakah kalian tertarik untuk mencoba daun kelor? Jika ya, pastikan kalian memilih daun kelor yang segar dan berkualitas.

Jangan lupa juga untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi daun kelor jika kalian memiliki kondisi medis tertentu atau sedang hamil atau menyusui. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Posting Komentar untuk "Manfaat Daun Kelor, Cara Konsumsi Serta Kandungan Daun kelor Menurut Para Ahli"

Info paling Cepat ikuti sosial media kami 👇 dan saluran berita 👉 Google News