Arti Micin, Fakta Tentang Micin dan Jenis Makanan Enak dengan Tambahan Micin

Fakta Tentang Micin

Halo semuanya! Apa kabar? Saya harap kalian semua sehat dan bahagia. Kali ini saya mau berbagi tentang sesuatu yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalian semua. Ya, itu dia: micin!

Micin adalah singkatan dari monosodium glutamat (MSG), sebuah bahan tambahan makanan yang sering digunakan untuk memberi rasa gurih pada masakan. Micin biasanya berbentuk bubuk putih yang mudah larut dalam air. 

Micin banyak ditemukan di berbagai produk makanan olahan, seperti bumbu instan, kerupuk, sosis, dan lain-lain. 

Micin sering dianggap sebagai penyebab berbagai penyakit, seperti sakit kepala, alergi, obesitas, bahkan kanker. Namun, apakah benar micin seburuk itu? Apakah micin bisa membuat kita bodoh? Apakah micin bisa membuat kita ketagihan? 

Fakta Tentang Micin

Mari kita simak fakta-fakta tentang micin berikut ini.

Fakta pertama: Micin tidak berbahaya bagi kesehatan. 

Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), micin adalah bahan tambahan makanan yang aman dikonsumsi selama tidak melebihi batas maksimal yang ditetapkan. 

Batas maksimal micin yang dianjurkan oleh BPOM adalah 120 miligram per kilogram berat badan per hari. Jadi, selama kita mengonsumsi micin dalam jumlah yang wajar, tidak perlu khawatir akan efek sampingnya.

Fakta kedua: Micin tidak membuat kita bodoh. 

Micin adalah salah satu bentuk dari glutamat, sebuah asam amino yang diperlukan oleh tubuh untuk berbagai fungsi, termasuk fungsi otak. 

Glutamat juga merupakan neurotransmiter yang berperan dalam proses belajar dan memori. Jadi, micin justru bisa membantu kita belajar dan mengingat informasi lebih baik.

 Fakta ketiga: Micin tidak membuat kita ketagihan. 

Micin memang bisa meningkatkan selera makan karena memberi rasa gurih pada makanan. Namun, micin tidak memiliki efek adiktif seperti narkoba atau rokok. 

Micin tidak memengaruhi sistem dopamin di otak yang bertanggung jawab atas rasa senang dan puas. Jadi, micin tidak bisa membuat kita kecanduan.

Nah, itu dia tiga fakta tentang micin yang mungkin belum banyak diketahui oleh kalian. Semoga dengan mengetahui fakta-fakta ini, kalian bisa lebih bijak dalam mengonsumsi micin dan tidak mudah terpengaruh oleh mitos-mitos yang tidak berdasar. 

Ingat, segala sesuatu yang berlebihan pasti tidak baik. Jadi, konsumsilah micin secukupnya dan tetap jaga kesehatan dan kebersihan makanan kalian.

Jenis Makanan yang Enak dengan Tambahan Micin

Apakah kalian tahu bahwa ada makanan yang sehat yang bisa dibuat dengan micin? Ya, micin. Bumbu penyedap rasa yang sering dikatakan sebagai musuh kesehatan. 

Padahal, micin sebenarnya tidak berbahaya jika dikonsumsi dengan takaran yang tepat. Malah, micin bisa membuat makanan sehat menjadi lebih lezat dan menggugah selera. 

Penasaran apa saja makanan sehat dengan micin yang bisa kalian coba di rumah? Simak ulasan berikut ini.

1. Salad buah dengan saus yoghurt dan micin. 

Siapa bilang salad buah harus hambar dan tawar? Kalian bisa menambahkan sedikit micin ke dalam saus yoghurt yang kalian gunakan untuk melumuri potongan buah-buahan segar. 

Micin akan memberikan rasa gurih yang kontras dengan rasa manis dan asam dari buah dan yoghurt. Salad buah ini bisa menjadi camilan sehat yang menyegarkan di siang hari.

2. Sup ayam dengan sayuran dan micin

Sup ayam adalah menu sehat yang kaya protein dan serat. Namun, sup ayam bisa terasa hambar jika tidak ditambahkan bumbu yang pas. 

Nah, micin bisa menjadi solusi untuk memberikan rasa gurih dan kaldu yang nikmat ke dalam sup ayam kalian. Cukup tambahkan satu sendok teh micin ke dalam rebusan ayam dan sayuran, lalu aduk rata. Sup ayam dengan micin siap disajikan dengan nasi hangat atau roti.

3. Tumis kangkung dengan tauco dan micin. 

Kangkung adalah sayuran hijau yang baik untuk kesehatan mata dan pencernaan. Tapi, kangkung bisa terasa pahit jika tidak dimasak dengan benar. Oleh karena itu, kalian bisa menumis kangkung dengan tauco dan micin untuk membuatnya lebih enak. 

Tauco adalah pasta kedelai fermentasi yang memiliki rasa asin dan gurih. Micin akan menambahkan rasa umami yang membuat tumis kangkung lebih sedap. 

Tumis kangkung dengan tauco dan micin cocok dimakan dengan tempe goreng atau ikan bakar.

4. Omelet telur dengan keju dan micin

Telur adalah sumber protein yang mudah didapat dan dimasak. Salah satu cara memasak telur yang simpel dan lezat adalah membuat omelet. 

Kalian bisa menambahkan keju parut dan micin ke dalam adonan telur sebelum menggorengnya di wajan. 

Keju akan memberikan rasa lembut dan creamy, sedangkan micin akan memberikan rasa gurih dan asin yang pas. Omelet telur dengan keju dan micin bisa dinikmati dengan saus tomat atau saus sambal.

5. Puding cokelat dengan susu kental manis dan micin. 

Siapa bilang puding cokelat harus manis saja? Kalian bisa mencoba membuat puding cokelat dengan susu kental manis dan micin untuk mendapatkan rasa yang unik dan berbeda. 

Susu kental manis akan memberikan rasa manis dan kental, sedangkan micin akan memberikan rasa gurih dan asin yang menyeimbangkan rasa manis dari cokelat. 

Puding cokelat dengan susu kental manis dan micin bisa disajikan dingin atau hangat sesuai selera.
Itulah lima makanan sehat dengan micin yang bisa kalian coba di rumah. 

Jangan takut untuk bereksperimen dengan bumbu-bumbu yang ada di dapur kalian, termasuk micin. Micin tidak akan membahayakan kesehatan kalian asalkan dikonsumsi dalam batas wajar. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Arti Micin, Fakta Tentang Micin dan Jenis Makanan Enak dengan Tambahan Micin"

Info paling Cepat ikuti sosial media kami 👇 dan saluran berita 👉 Google News