Apa Itu Miopia : Penyebab, Gejala dan Pengobatan

Mata Minus


Kamu tumbuh dengan tidak dapat melihat jam alarm kamu di pagi hari. Ketika kamu mendapatkan kacamata pertama kamu, kamu mengetahui bahwa pohon memiliki daun. 

Definisi Miopia, Penyebab, Gejala dan Pengobatan

Pergi ke kelas menjadi lebih mudah karena kamu tidak lagi harus menyipitkan mata untuk melihat kata-kata di layar. Apakah ini terdengar seperti potret hidup kamu? Jika demikian, kamu mungkin menderita miopia.

Apa Itu Miopia?

Kesalahan bias adalah sekelompok kondisi yang mempengaruhi bagaimana cahaya membiaskan atau menekuk ketika memasuki mata. Miopia adalah jenis kesalahan bias yang umum, seperti hyperopia, astigmatisme, dan presbiopia. 

Emmetropia adalah istilah yang digunakan untuk mata tanpa kesalahan bias. Individu rabun jauh, yang berarti mereka dapat melihat dengan baik dari dekat tetapi mengalami kesulitan melihat objek yang jauh. Ini berbeda dengan hyperopia, yang menyebabkan kesulitan dengan penglihatan close-up.

Astigmatisme mendistorsi penglihatan baik dari jarak jauh maupun dekat. Ini sering hadir dalam kombinasi dengan miopia dan hiperopia. 

Presbiopia berkembang di kemudian hari, umumnya di usia 40-an, dan menyebabkan kesulitan dengan penglihatan dekat. Mata hanya bisa rabun atau hiperopik, bukan keduanya. 

Namun, presbiopia terjadi dengan miopia, hiperopia, atau astigmatisme. Jika seseorang presbyopic dan rabun, mereka mungkin mengalami kesulitan dengan penglihatan dekat dan jauh.

Apa Penyebab Miopia?

Setiap mata unik dalam bentuk dan dimensinya. Miopia, atau mata rabun jauh, biasanya lebih panjang daripada mata emmetropik (normal). 

Ketika cahaya yang jauh memasuki mata rabun, ia mendarat di depan retina, bukan di atasnya. Hal ini menyebabkan penglihatan buram, yang dapat diperbaiki dengan lensa atau operasi.

Miopia umumnya dimulai pada usia sekolah dan berkembang hingga dewasa awal, di mana saat itu cenderung stabil. Namun, sekumpulan individu atipikal dengan miopia degeneratif akan terus berkembang sepanjang hidup mereka. 

Juga dikenal sebagai miopia patologis, kondisi langka ini menghasilkan rabun jauh yang sangat tinggi. Tidak seperti miopia tradisional, tipe degeneratif dapat menyebabkan komplikasi visual yang signifikan. 

Meskipun banyak dari komplikasi ini dapat diobati, masih ada potensi hilangnya ketajaman dan kecacatan. Ketika kita berbicara tentang miopia, kita umumnya mengacu pada jenis yang paling umum, bukan varian patologisnya.

Ketika para peneliti telah mempelajari apa yang menyebabkan miopia, mereka telah menemukan bahwa ada faktor genetik yang berperan. Jika orang tua seseorang picik, kemungkinan besar mereka juga akan berpkamungan pendek. 

Ada juga penyebab miopia lingkungan. Studi telah menemukan bahwa orang yang menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan memiliki tingkat kemajuan miopia yang lebih tinggi. 

Terlalu banyak waktu yang dihabiskan untuk pekerjaan dekat, seperti membaca dan menggunakan komputer, dapat berkontribusi pada perkembangan miopia. Meskipun menonton televisi bukanlah penyebab miopia itu sendiri, itu berarti menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan.

Menghabiskan lebih banyak waktu di luar ruangan, sebaliknya, membantu mengekang perkembangan miopia. Selama perkembangan anak, maka, didorong agar mereka mencurahkan waktu yang cukup di luar ruangan.

Kadang-kadang, lensa kontak khusus dapat diresepkan untuk anak-anak yang mengembangkan miopia sebagai upaya untuk memperlambat perkembangannya. 

Obat tetes mata yang disebut atropin dapat diresepkan juga untuk tujuan ini. Latihan mata mungkin direkomendasikan jika ada masalah dengan sistem fokus, seperti insufisiensi konvergensi, tetapi ini tidak mengobati miopia itu sendiri. 

Sebaliknya, mereka membantu mata untuk bekerja sama lebih efektif, meminimalkan ketegangan.

Gejala Miopia

Apa itu penglihatan rabun jauh? Jaraknya buram. Biasanya jelas dari dekat kecuali ada presbiopia dan / atau astigmatisme juga. 

Rabun jauh diterjemahkan menjadi kesulitan melihat televisi, melihat wajah dari kejauhan, dan mengalami masalah dengan mengemudi, terutama di malam hari. 

Salah satu cara yang digunakan banyak orang untuk menyiasati keburaman adalah dengan menyipitkan mata, yang membantu meningkatkan kejernihan untuk sementara. Sayangnya, ini dapat menyebabkan kelelahan mata dan sakit kepala, gejala miopia umum lainnya.

Anak-anak mungkin tidak dapat mengungkapkan gejalanya secara verbal. Penting untuk memperhatikan petunjuk seperti menggosok mata, berkedip berlebihan, menyipitkan mata, atau duduk terlalu dekat dengan televisi.

Astigmatisme Vs. Miopia

Astigmatisme cenderung mempengaruhi penglihatan di sekitar, bukan hanya pada jarak seperti miopia. Banyak orang memiliki keduanya, jadi tidak selalu mudah untuk mengetahui apakah kekaburan itu disebabkan oleh astigmatisme vs. miopia.

Pengobatan Miopia

Ada banyak pilihan untuk mengobati miopia, yang paling umum adalah kacamata. Kacamata rabun jauh terkadang dapat mendistorsi penglihatan, terutama pada resep yang lebih tinggi, dan oleh karena itu banyak orang memilih lensa kontak. 

Kebanyakan orang menggunakan tipe lunak tetapi kadang-kadang mereka memilih untuk permeabel gas yang kaku.

Alternatif lain untuk kacamata miopia adalah jenis lensa kontak permeabel gas kaku yang dipakai semalaman. 

Ini disebut ortokeratologi dan mengubah bentuk kornea pada malam hari untuk meminimalkan kebutuhan kacamata di siang hari.

Bisakah LASIK Memperbaiki Rabun Jauh?

Jika kamu ingin mengobati rabun jauh kamu secara permanen, operasi miopia adalah pilihan. Prosedur bias yang paling umum adalah laser-assisted in situ keratomileusis atau LASIK. Dalam LASIK untuk rabun jauh, ahli bedah membuat flap kornea tipis jaringan, mengangkatnya, dan menerapkan laser untuk meratakan kornea. 

Setelah ablasi laser ini dilakukan sesuai dengan spesifikasi yang tepat untuk mata, flap diganti dan dihaluskan.

Proses pemulihan sangat cepat setelah LASIK, karena flap membantu melindungi jaringan kornea saat sembuh. 

Karena penyembuhan yang cepat dan dapat diprediksi setelah LASIK, kedua mata biasanya dilakukan secara bersamaan.

kamu dapat mengharapkan peningkatan penglihatan segera, dengan lebih banyak kemajuan yang terjadi selama beberapa hari untuk mencapai kejelasan puncak.

Sebelum melanjutkan dengan LASIK, pengukuran ketebalan kornea kamu perlu dilakukan. kamu harus memiliki jaringan yang cukup agar prosedur LASIK aman. 

Jika kamu tidak memiliki ketebalan kornea yang cukup untuk LASIK, kamu mungkin masih menjadi kandidat untuk prosedur lain yang disebut keratektomi fotorefraktif, atau PRK.

Bisakah PRK Memperbaiki Miopia?

Beberapa orang adalah kandidat yang lebih baik untuk PRK daripada mereka untuk LASIK. Di PRK, tidak ada flap kornea yang dibuat. 

Untuk memulai, sel epitel kornea terluar dihilangkan. Kemudian, laser diterapkan untuk meratakan kornea. Lensa kontak perban kemudian ditempatkan untuk melindungi kornea saat sembuh.

PRK membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk sembuh, jadi umumnya, satu mata dilakukan pada satu waktu. 

Karena PRK tidak melibatkan pembuatan flap, lebih sedikit jaringan yang dikompromikan. Hal ini memungkinkan orang dengan kornea yang lebih tipis yang bukan kandidat LASIK yang baik untuk memenuhi syarat untuk PRK.

Pilihan Bedah Lainnya

Kraff Eye Institute yakin LASIK dan PRK adalah pilihan bedah yang paling umum dalam hal mengobati miopia, tetapi tidak setiap orang memenuhi syarat untuk operasi. 

Untungnya ada semakin banyak pilihan yang tersedia saat ini. Untuk tingkat miopia yang lebih tinggi, prosedur Visian ICL atau Refractive Lens Exchange (RLE) dapat menjadi pilihan.

Meskipun miopia tentu saja merupakan ketidaknyamanan, itu bukan kecacatan! Jika kamu bosan dengan penglihatan buram, bicarakan dengan dokter kamu tentang cara terbaik untuk memperbaiki rabun jauh kamu. 

Jika kamu tertarik untuk menjelajahi pilihan bedah untuk memperbaiki miopia kamu, jadwalkan konsultasi LASIK gratis kamu hari ini.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Miopia : Penyebab, Gejala dan Pengobatan "

Info paling Cepat ikuti sosial media kami 👇 dan saluran berita 👉 Google News