7 Trik Agar Sukses Membaca Cepat

7 Trik Agar Sukses Membaca Cepat - Mampu membaca lebih cepat memberi kamu dua manfaat. kamu bisa mendapatkan lebih banyak membaca dilakukan dalam jumlah waktu yang sama. Atau, kamu bisa membaca jumlah yang sama, tetapi lebih cepat, memberi diri kamu lebih banyak waktu untuk melakukan hal-hal lain.

Membaca cepat adalah keterampilan yang bisa dipelajari siapa saja. Ada seperangkat teknik yang harus kamu kuasai jika kamu ingin bisa membaca dengan kecepatan yang sangat cepat. Saya akan menunjukkan beberapa dalam beberapa saat. Pertama, kamu harus pahami bahwa membaca cepat ada trade-off.

Kecepatan Vs. Pemahaman Dalam Membaca

Semakin cepat kamu membaca, semakin rendah tingkat pemahaman kamu. Sebagian besar keterampilan membaca cepat adalah mengidentifikasi bagian-bagian teks yang dapat di-skim, dan bagian-bagian yang harus dibaca lebih teliti. Ini datang dengan pengalaman dan latihan.

Berikut adalah beberapa aturan umum tentang bagian teks mana yang paling kamu harus fokuskan:

  • Paragraf pertama

Baca paragraf pertama dengan hati-hati karena itu membuat kamu siap untuk apa itu. Paragraf pengantar harus memberi kamu petunjuk tentang isi keseluruhan teks. Ini dapat membantu kamu memutuskan apa yang harus dibaca lebih hati-hati, dan apa yang harus dibaca sekilas. Ini juga memberi kamu pemahaman yang baik tentang apa yang kamu baca.

Kalimat pertama setiap paragraf

Baca kalimat pertama setiap paragraf dengan lebih cermat. Ini mungkin menjelaskan tentang apa paragraf itu. Ini dapat membantu kamu memutuskan fokus apa yang perlu kamu berikan pada sisa paragraf. Terkadang kamu bahkan tidak perlu membaca sisa paragraf jika kalimat pertama menjelaskan semuanya.

  • Paragraf terakhir

Paragraf atau kesimpulan terakhir selalu layak untuk difokuskan. Itu sering mengumpulkan seluruh artikel sehingga banyak yang bisa didapat darinya. Jika kamu tidak memahami paragraf terakhir, maka kamu mungkin belum memahami artikelnya.

Mengetahui di mana harus fokus akan membantu kamu membaca dengan cara yang jauh lebih efisien dan lebih cepat. Sekarang inilah bagian kecepatan. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu kamu membaca lebih cepat…

1. Jangan Membaca Sendiri

Kebanyakan orang menyuarakan di kepala mereka apa yang mereka baca. Ini memperlambat kamu. Sadar akan hal ini, dan hentikan diri kamu setiap kali kamu melihat diri kamu melakukannya. Akhirnya kamu akan menghentikan kebiasaan ini dan kecepatan membaca kamu akan meroket.

2. Baca Blok Kata

Untuk membaca cepat, kamu harus belajar membaca blok kata, bukan kata individual. Berlatihlah membaca 3 atau 4 kata sekaligus, dan tingkatkan secara bertahap. Pegang halaman lebih jauh dari biasanya sehingga kamu dapat melihat lebih banyak sekaligus.

3. Jangan Membaca Ulang

Kebanyakan orang memiliki kebiasaan membaca kembali potongan-potongan teks untuk memastikan mereka memahaminya. Seringkali mereka memang memahaminya, tetapi biasanya melakukan ini dengan cara apa pun. Ini adalah buang-buang waktu. Berhati-hatilah untuk tidak membaca ulang dan kamu akan mulai meninggalkan kebiasaan buruk ini.

4. Bimbing Mata kamu

Banyak pembaca cepat menggunakan tangan atau kartu mereka untuk menggulir halaman ke bawah. Ini membantu memandu mata kamu dan membuat kamu tetap fokus.

kamu juga dapat menggunakan penutup untuk mendorong diri sendiri. Pindahkan sampul ke bawah halaman sedikit lebih cepat setiap kali. Ini memaksa kamu untuk meningkatkan kecepatan membaca.

5. Ciptakan Lingkungan yang Tepat

Ruangan harus cukup terang sehingga kamu dapat melihat dengan baik. Cahaya alami lebih baik bagi kebanyakan orang daripada pencahayaan buatan.

Tempat yang tenang dan santai juga paling baik untuk membantu kamu berkonsentrasi. kamu harus fokus laser saat membaca cepat.

6. Beristirahatlah Secara Teratur

Membaca cepat membutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi. kamu tidak dapat mempertahankan ini lebih dari 20-30 menit. Ambil banyak istirahat untuk menyegarkan pikiran kamu sehingga kamu dapat cukup berkonsentrasi untuk membaca dengan kecepatan yang lebih ringan.

7. Latihan

Berlatih setiap hari dan dorong diri kamu sendiri. Menjadi lebih kuat di gym berarti mencoba mengangkat beban yang tidak bisa kamu angkat. Hal yang sama berlaku untuk membaca cepat. Cobalah dan membaca sedikit lebih cepat dari tingkat kenyamanan kamu saat ini dan pikiran kamu akan beradaptasi untuk menangani ini.

Taktik yang bagus saat berlatih adalah membaca teks yang telah kamu baca sebelumnya. Ini membuatnya lebih mudah untuk membaca dengan cepat sambil tetap dapat memahaminya.

Kesimpulan

Seperti keterampilan apa pun, membaca cepat membutuhkan latihan dan ketekunan. Seberapa cepat kamu menjadi tergantung pada seberapa jauh kamu ingin mengambilnya. Jika kamu senang menggkamukan atau melipatgkamukan kecepatan membaca kamu saat ini, maka kamu seharusnya dapat mencapainya dengan cepat. Jika kamu ingin membaca dengan kecepatan tinggi, maka kamu harus berlatih keras lebih lama.

Baca artikel lainnya : 

Sumber : Lifehack 

Info paling Cepat ikuti sosial media kami 👇 dan saluran berita 👉 Google News