Komunitas Pertanian Sariagri : Forum Inspirasi Pertanian, Begini Cara daftar!

Dalam artikel ini saya akan membahas beberapa poin penting tentang profil komunitas Pertanian Sariagri. Sekaligus mengulas apa itu Sariagri dari sisi media berita sekaligus wadah inspirasi pertanian. Semoga teman-teman ikut terinspirasi dan menulis di komunitas ini.

Website Komunitas Pertanian Sariagri

Profil Singkat Komunitas Pertanian Sariagri

Berdasarkan profil terbentuknya, Komunitas Pertanian Sariagri adalah komunitas yang tergabung di media berita Sariagri.id. Setiap pembaca yang menaruh minat besar terhadap pertanian bisa menjadi pembaca sekaligus anggota aktif dengan menulis dan berbagi info kegiatan pertanian. 

Ditinjau dari tujuannya, Komunitas pertanian Sariagri adalah perkumpulan pegiat pertanian yang bisa menyuarakan isu pertanian melalui media berita. Dengan begitu, Isu tentang pertanian akan semakin kuat bergema dan mendapatkan perhatian besar dari pemangku kebijakan. 

Komunitas Pertanian Sariagri adalah fitur yang hadir di media Sariagri untuk mengumpulkan orang yang memiliki minat dan perhatian yang tentang pertanian. 

Dalam komunitas ini memang tidak wajib harus menulis. Berkontribusi melalui Event juga sudah lumayan bagus. Akan lebih baik lagi jika mampu berbagai gagasan tentang masalah dan gagasan masa depan pertanian. 

Jika membaca secara teliti, latar belakang dari komunitas Pertanian Sariagri berpijak pada visi media Sariagri.id yakni menjadi penghubung antara pegiat pertanian dan pemerintah sebagai pemangku kebijakan. 

Jika pemerintah ingin tahu perkembangan pertanian di daerah atau nasional, pemerintah cukup memantau Sariagri. 

Pun demikian dengan pegiat pertanian di daerah maupun nasional. Semua dari mereka bisa membaca apa yang menjadi kebijakan pertanian. Sehingga titik temu permasalahan dan perbaikan masa depan pertanian jauh lebih baik. 

Cara Mendaftar di Komunitas Sariagri 

Setelah mengetahui profil dari Komunitas ini, mungkin kamu berminat untuk bergabung. Berikut saya bagikan informasi teknis cara mendaftar di komunitas Pertanian Sariagri yaitu

  1. Silakan buka alamat Sariagri.id
  2. Kemudian klik tombol Register yang ada di pojok Kanan atas
  3. Tunggu beberapa detik sampai terbuka halaman registrasi
    Registrasi Komunitas Pertanian Sariagri
  4. Isilah Nama, Email dan Password di akun registrasi
  5. Silakan centang syarat dan ketentuan yang berlaku
  6. Klik atau tekan tombol daftar
  7. Tunggu email verifikasi dan klik verifikasi
  8. Tunggu sampai diarahkan menuju halaman login profil anggota
    Registrasi Anggota Komunitas Sariagri

  9.  Setelah login, Lengkapi data diri, alamat dan akun Bank
  10. Simpan perubahan data dan otomatis kartu anggota virtual telah terbuat

    Kartu anggota Komunitas Sariagri

  11. Kemudian, silakan menulis jika berminat pada kolom gagasan

    Menulis gagasan di komunitas Sariagri

  12. Terakhir silakan berbagi informasi kegiatan melalui Event

Syarat dan Ketentuan Registrasi Komunitas Pertanian Sariagri

Setiap komunitas tentu memiliki hak dan kewajiban yang saling mengikat antara anggota maupun pengurus wadah dari komunitas tersebut. Ketentuan itu mengatur cara mendaftar dan menggunakan layanan yang diberikan oleh Sariagri.id. 

Berikut informasi syarat dan ketentuan anggota Komunitas Pertanian Sariagri yang wajib dipahami:
  1. Kanal GAGASAN Sariagri.id diperuntukkan bagi para mahasiswa, praktisi dan ilmuwan untuk menyampaikan gagasan tentang dunia pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan.

  2. Sampaikan gagasan sesuai dengan topik dengan cara registrasi di Sariagri.id.

  3. Gagasan berisi artikel tulisan (dilengkapi foto, grafis dan video) yang sesuai dengan topik yang ditentukan. 

  4. Artikel yang diajukan seusai dengan topik yang ditentukan, tidak menyinggung SARA, tidak Plagiarisme, tidak ada unsur kampanye dan komersial.

  5. Setiap akhir bulan, artikel dengan jumlah pembaca terbanyak akan mendapatkan hadiah uang sebesar 10 juta rupiah. Perhitungan jumlah pembaca ditutup di akhir bulan pada jam 24.00 WIB. 

  6. Artikel yang sudah tayang akan terus terpublikasi dengan jumlah pembaca yang terus terakumulasi setiap bulannya, di mana karya yang paling banyak dibaca akan mendapatkan uang sebesar 10 juta Rupiah disetiap bulannya. (Berlaku untuk bulan-bulan berikutnya. 

  7. Artikel yang telah menjadi pemenang tidak diikutsertakan pada periode berikutnya. 

  8. Redaksi Sariagri.id berhak tidak menaikkan atau menurunkan artikel jika tidak sesuai dengan ketentuan-ketentuan di atas. 
Nah, itulah syarat dan ketentuannya. Jadi untuk bisa tertib dan menggunakan layanan sebagaimana mestinya, patuhi dengan bijak segala ketentuan yang dibuat. Manfaatkan semua fasilitas yang diberikan sesuai arahan demi kebaikan bersama. 

Sekarang, yuk kita lihat apa saja sih sajian informasi dalam kanan berita Sariagri. Saya juga akan lampirkan beberapa gambar hasil dokumentasi website resmi Sariagri id 

Sariagri.id : Media Inspirasi Insan Pertanian Indonesia

Secara pribadi saya adalah orang yang suka menggali informasi spesifik dan mendalam. Saya tidak ingin ada informasi yang hanya sepotong dan tidak mendalam. Sebab, sebagai seorang akademisi saya terbiasa membaca ulasan panjang dan melakukan telaah. 

Ketika saya menemukan Sariagri.id saya langsung jatuh hati dengan media berita pertanian ini. Karena laporan beritanya spesifik dan tidak bercampur dengan isu diluar topik pertanian atau pun hal lainnya yang berkaitan dengan lingkungan. 

Saya boleh mengatakan media ini salah satu media paling berbeda dari media pada umumnya yang mengangkat banyak isu. Sariagri.id berdiri secara khusus untuk membahas itu pertanian dan itu menjadi daya tarik tersendiri.

Kalau saya rumuskan berdasarkan pandangan sendiri, maka media Sariagri.id memiliki beberapa keunggulan yaitu:
  1. Media Berita Sariagri Spesifik
  2. Media Berita Sariagri Memiliki Sajian Laporan Khusus
  3. Media Berita Sariagri Inspiratif 
  4. Dari Segi tampilan, Website Sari Agri Responsive di semua perangkat
  5. Pemilihan Gradasi warna putih dan bersih dari Ornamen tak penting
  6. Dari segi Layout, Sariagri menggunakan Magazine Style yang keren
  7. Grid style artikel sangat menarik karena mirip halaman Story Sosial Media
  8. Penempatan Sidebar kiri cukup tepat agar tidak mengganggu fokus pembaca
  9. Pemilihan Font Poppins menambah kejelasan dan kekuatan headline beritanya
  10. Fitur Komentar Sangat mudah karena menggunakan akun Facebook
Ragam Artikel dari Sariagri.id

Sajian informasi atau artikel di media Sariagri.id cukup beragam tetapi masih dalam lingkup topik besar pertanian. Untuk lebih jelas informasinya, berikut saya sajikan beberapa jenis atau ragam informasi yang tersaji:

Menu Berita Sariagri Keterangan Isi
News Pada Item News Sarigari menyajikan informasi aktual terkait ekonomi, harga sama, kekeringan, fenomena alam yang semuanya bermuara pada dampak ekonomi
Pertanian Pada Item Pertanian Sariagri menyajikan tips pengolahan hasil tani, kisah sukses pertanian, harga jual hasil pertanian, Tips konsumsi hasil pertanian yang sehat, bahkan kebijakan pemerintah mengenai pertanian
Perikanan Pada Item Perikanan Sariagri menyajikan informasi tentang Pembudidayaan hasil laut, manfaat dari jenis iklan, kebijakan pemerintah mengenai hasil laut, bahkan isu lingkungan yang berkaitan langsung dengan kelautan
Kehutanan Pada Item Kehutanan Sariagri menyajikan informasi mengenai kabar kehutanan seperti kabar kebakaran hutan, pengetahuan tentang satwa, bahkan info kriminal seperti jual beli tanah dalam arena hutan
Perdagangan Pada Item Perdagangan Sariagri menyajikan fokus informasi tentang info UMKM baik itu pemberdayaan dan pelatihan atau peningkatan kapasitas pedagang. Selain juga membahas produk unggulan
Energi Pada item Energi Sariagri memberikan sajian informasi mengenai harga energi seperti Minyak dan gas baik lokal sampai info energi dari Internasional.
Teknologi Pada Item ini Sariagri menyajikan informasi tentang perkembangan teknologi pertanian atau inovasi yang bisa memudahkan transaksi pertanian.
Agri Channel Pada Item Agri Channel ini memberikan kita video inspiratif mengenai inovasi perdagangan, industri sampai dengan narasi video yang sangat mendidik
Podcast Pada Item Podcast Sariagri menyediakan semacam radio online yang bisa didengarkan kapan saja dan dimana saja. Itu yang diangkat masih tetap perkembangan ekonomi dan pertanian
Galeri Pada Item ini terdapat foto mengenai hasil karya misalnya produk UMKM bahkan info grafis mengenai isu yang fokus pada pertanian dan lainnya yang masih relevan.
Stories Pada Stories ini terdapat foto sekilas yang berisi informasi mengenai lingkungan dan pertanian pada umumnya.
Events Item EVents ada sajian khusus yang memberikan keterangan jadwal pelaksanaan kegiatan

Melihat dari Menu Items yang disediakan di website Sarigari, tentu media ini sangat memiliki bobot kualitas dan sajian yang bagus. ragam informasi spesifik dan aktual. Selain menginspirasi juga menambah wawasan pembaca menjadi lebih luas dengan berbagai perspektif. 

Bagi saya yang awam pengetahuan pertanian, saat membaca artikel di media Sarigari saya merasa mendapatkan banyak pencerahan. Bahkan saya memprediksi, jika sebulan saya rutin membaca artikel di Sarigari, saya bisa pastikan akan mampu mengalahkan diskusi dengan ahli pertanian mengenai info aktual pertanian. 

Sajian datanya akurat dan sangat enak dibaca. Informasinya tidak terlalu panjang mirip laporan penelitian juga tidak terlalu pendek seperti berita flash News. 

Sariagri melaporkan data dan informasi masih dalam kadar normal kemampuan manusia dalam menyerap informasi. Oleh sebab itu, saya bisa pastikan Sariagri akan terus bertumbuh dan berkembang. Sampai akhirnya akan menjadi titik inspirasi insan pertanian di Indonesia. 

Sekarang kamu sudah mengenal profil singkat Komunitas Pertanian Sariagri. Semoga bermanfaat ya. 

Posting Komentar untuk "Komunitas Pertanian Sariagri : Forum Inspirasi Pertanian, Begini Cara daftar!"

Info paling Cepat ikuti sosial media kami 👇 dan saluran berita 👉 Google News