Waktu Yang Terbaik Mengganti Oli Motor Matic Indonesia - Indonesia -->

Waktu Yang Terbaik Mengganti Oli Motor Matic Indonesia

Waktu Yang Terbaik Mengganti Oli Motor Matic

Dalam artikel ini saya akan mengulas rekomendasi waktu Terbaik Ganti Oli Motor Matic. Semoga bisa menjadi referensi kamu sebagai pengguna Motor Matic pemula.

Bagi kamu pengguna Motor Matic, urusan mengganti oli adalah sesuatu yang harus dilakukan. Lambat melakukan pergantian Oli, bisa berdampak buruk pada kinerja mesin motor matic kamu. 

Nah, dalam keseharian pengguna Motor Matic, terkadang masih juga bingung kapan rekomendasi waktu terbaik ganti Oli Motor Matic?

Baca Juga : Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia

Urusan mengganti Oli Motor Matic sebetulnya panduan utamanya adalah jarak tempuh kendaraan. Jika sudah mencapai jarak tempuh sesuai yang tertera pada merek oli, maka sudah sebaiknya harus diganti. 

Berikut ini rekomendasi waktu terbaik ganti Oli Motor Matic:

1. Gantilah Oli Motor Matic Sesuai Ketentuan Jarak Tempuh

Setiap oli motor Matic berbeda-beda kemapuan jarak tempuhnya. Untuk itu, sebelum mengisi oli perhatikan dengan jelas deskripsi dan kualitas Oli yang digunakan. 

Biasanya tertera kemampuan jarak tempuh pada deskripsi kemasan oli. Perhatian itu dengan baik.

2. Mengganti Oli di Jarak tempuh 2000km -3000km

Umumnya, oli motor matic biasanya memiliki kemampuan jarak tempuh 2000km-3000km. Setiap ingin mengganti Oli Motor silakan perhatikan angka pada Speedometer motor kamu. 

Sehingga bisa dikalkulasi dengan mudah kapan menggantinya. Meskipun motor kamu jarang digunakan, sebaiknya segera diganti meskipun baru 1000 km tetapi lama didiamkan. 

Karena endapan oli yang terlalu lama juga akan menyisakan karat dan ini berbahaya untuk Kesehatan kendaraan. 

3. Jeda Waktu Pergantian Oli Mesin dan Oli Gardan Matic

Perlu diketahui bersama bahwa Oli Motor Matic tidak hanya oli mesin tetapi juga ada oli gardan. Kedua oli ini memiliki durasi waktu pergantian yang berbeda. Untuk mempermudah mengingatnya, jika kamu sudah mengganti oli mesin sebanyak 2 kali, maka saatnya kamu mengganti Oli Gardan. Secara durasi pergantian Oli Gardan tidak sesering Oli Mesin. Minimal perbandingannya adalah 2 kali ganti oli mesin maka 1 kali ganti untuk Oli gardan. 

4. Pergantian Oli Motor Matic dengan Jarak Tempuh 20 sampai 50km. 

Banyak yang mengira motor Matic-nya yang hanya menempuh jarak 20 sampai 50 km tidak perlu mengganti oli. Pandangan ini sedikit keliru. 

Walaupun jarak tempuh kendaraan hanya kisaran 20-50 KM tetap harus diganti, apalagi usia oli di dalam motornya sudah mencapai 2 bulan. 

Oli yang lama di dalam mesin dan tidak digunakan atau dipanaskan tetap akan berbahaya dan merusak komponen mesin motor. Sebaiknya diganti 2 bulan sekali meskipun jarak tempuh sedikit. 

5. Mengganti Oli Motor di Jarak temph 200 KM

Motor Matic yang digunakan seharian dengan jarak tempuh 200 KM sebaiknya dalam 2 minggu sekali diganti. Itu perhitungan jika dalam sehari motor itu dipakai jarak jauh setiap harinya. 

Motor yang sering digunakan semakin membutuhkan Oli yang segar untuk menstabilkan performa kendaraan. Untuk menambah pengetahuan, silakan simak pula artikel di bawah ini : 

Ciri-ciri Oli Motor Matic Harus diganti 

Cara terbaik dalam merawat mesin kendaraan adalah rutin melakukan pergantian Oli. Hal tersebut sebagai bentuk pencegahan mesin rusak dan harus turun mesin. Kalau sudah turun mesin tentu biayanya akan besar. Maka seringlah mengganti oli.

Berikut ini kami sajikan ciri-ciri Oli Motor Matic yang harus segera diganti. Ciri-ciri ini berdasarkan artikel yang ditulis suara.com dikutip dari astramotor.co.id.

1. Warna Oli Motor Matic sudah Hitam Pekat dan Encer

Oli yang baru jika kamu perhatikan dia awalnya adalah warna kuning dan biru. Setelah digunakan dengan jarak tertentu dia akan berubah hitam. 

Jika sudah hitam maka harus segera dilakukan pergantian secepatnya. Karena kualitas oli hitam sudah menurun dan tidak lagi memberikan performa terbaik buat motor.

2. Volume Oli Mesin Matic Kamu Berkurang

Biasanya motor yang kapasitasnya adalah 150cc ke bawah akan menggunakan oli 800ml. Volume oli itu akan berubah jika jarak penggunaan motornya semakin jauh. Maka volume olinya biasanya berkurang. 

Atau bisa jadi terjadi kebocoran kecil di baut pintu keluar oli sehingga menyebabkan oli berkurang.

4. Mesin Motor Terasa Lebih Panas dari Biasanya

Jika oli motor kualitasnya semakin jelek, maka Oli tersebut lemah dalam mendinginkan mesin. Sehingga panas akan tidak terkontrol dan biasanya bagian kaki akan merasakan radiasi panasnya.

5. Suara Mesin sudah terdengar Kasar

Oli yang sudah hitam tentu tidak lagi mampu melumasi dengan baik. Akibatnya motor akan kekurangan performanya karena kualitas oli tidak lagi melumasi dengan baik. 

Apalagi oli hitam sudah tidak memiliki efek untuk melancarkan kerja komponen mesin.

Demikian rekomendasi Waktu Ganti Oli Motor Matic yang bisa saya bagikan. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat. Jika ada hal yang mau didiskusikan silakan tulis di kolom komentar ya.   

Posting Komentar untuk "Waktu Yang Terbaik Mengganti Oli Motor Matic Indonesia"