Rekomendasi Perawatan Motor Matic, Termasuk Cek Oli Terbaik Indonesia - Indonesia -->

Rekomendasi Perawatan Motor Matic, Termasuk Cek Oli Terbaik Indonesia

 

Rekomendasi Oli Motor Matic di Indonesia
Ilustrasi Perawatan Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia

Artikel ini akan mengulas dua bagian yakni Rekomendasi cara perawatan Motor Matic dan juga Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia

***

Kendaraan yang bagus adalah kendaraan yang selalu dirawat sepenuh hati oleh pemiliknya. Kendaraannya pasti akan diperlakukan dan dijaga sebaik mungkin. Termasuk kendaraan motor matic. Tentu harus mendapatkan perawatan lebih extra dibandingkan kendaraan biasa. Karena komponen mesin motor matic punya banyak kebutuhan dibandingkan dengan motor biasa. 

Rekomendasi Perawatan Motor Matic Indonesia

1. Cek Oli Motor Matic Kamu secara rutin

Pengguna Motor Matic selalu wajib memperhatikan Oli Motor Matic. Gunakan rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia. Jangan memilih oli yang tidak teruji dan diproduksi oleh perusahaan tidak terkenal. Karena bisa jadi oli palsu beredar dan bisa mengancam keamanan dan kenyamanan kendaraan saat dipakai. 

Umumnya, saat kamu mau mengganti Oli Motor Matic, hitunglah jarak tempuh kendaraan. Biasanya speedometer akan menunjukan angka seberapa jauh yang sudah ditempuh. Kisaran jarak untuk oli bisa mencapai 2000km sampai dengan 5000km. Tergantung merek oli apa yang digunakan.  

Saat mau mengganti oli juga perhatikan spesifikasi kendaraan. Jika kendaraan kamu di bawah dari 150cc maka direkomendasikan menggunakan Oli Motor Matic ukuran 800ml. Jika sekiranya motor matic kamu mesinya 150cc ke atas, maka silakan menggunakan oli ukuran 900ml atau bisa sampai 1000ml. 

2. Menjaga dan Mengecek rutin kotak CVT

Perlu diketahui bahwa CVT adalah singkatan dari Countinuously Variable Transmission. Alat ini berfungsi meneruskan daya gerak motor yang berasal dari mesin ke roda kendaraan sehingga motor bisa berjalan. CVT ini juga berfungsi menjaga proses transmisi seperti cepat atau lambatnya kendaraan. 

Dalam CVT terdapat beberapa komponen penting yaitu Pertama, Primary Sheave. Komponen ini posisinya paling depan dan merupakan alat yang terkoneksi langsung dengan As. Fungsinya adalah sebagai penahan V-Belt dalam motor Matic. Pada bagian sisi, bentuknya mirip dengan kipas. Fungsinya adalah mendinginkan mesin. 

Kedua, Komponen V-Belt. Komponen V-belt ini terbuat dari karet dengan fungsi khusus yakni menghubungkan Primaru Sheave dan secondary Sheave. 

Ketiga, Komponen Secondary Sheave. Alat ini berfungsi menyalrukan energi gerak menuju ban motor bagian belakang. 

Keempat, Komponen Gear Reduksi. Komponen ini berfungsi untuk menyeimbangkan putaran kecepatan mesin. 

3. Cek Oli Gardan Kendaraan 

Oli Gardan berbeda dengan Oli Mesin. Oli Gardan merupakan oli yang berfungsi untuk menjaga transmisi kendaraan motor matic kamu bisa berjalan normal. Oli ini bukan untuk mesin. Tetapi khusus untuk melumasi komponen transmisi saja. 

Lupa mengganti Oli Gardan pada motor matic akan sangat mengganggu performa dari kendaraan kamu. Biasanya motor akan lebih berisik bunyinya daripada motor yang rutin diganti oli gardannya. Dari harganya Oli Garan juga lebih murah dibandingkan dengan Oli Mesin. 

Berdasarkan pengalaman saya, Oli Gardan hanya kisaran 15 ribu-an. Tergantung merek yang kamu gunakan dan tentu kualitasnya. 

4. Rutin Mengecek Penggunaan Aki Motor

Aki Motor berperan penting dalam kendaraan. Selain fungsinya adalah memberikan aliran listrik dan untuk penggunaan daya lampu, juga berperan penting dalam motor Injeksi. Karena saat kendaraan dinyalakan, maka dia butuh Aki yang bagus untuk memberi suplay bahan bahan bakar pertama ke bagian mesin. Sehingga kalau Aki Motor kurang dayanya, maka injeksi akan sulit melakukan tugasnya. 

Selain itu, Aki Motor yang kurang daya akan sulit melakukan starter motor. Karena harus menopang standar kaki motor dua baru bisa menyalakan motor. Selain itu, starter Motor Matic ada di sebelah kiri dan berbeda dari motor biasa. Oleh sebab itu, Kendaraan Motor Matic lebih ribet dibandingkan motor biasanya kalau Aki Motornya payah. 

5. Panaskan Motor Sebelum digunakan 

Saat motor kamu tidak dipakai sebetulnya Oli dalam posisi tidak normal. Memanaskan mesin adalah upaya untuk menstabilkan kekentalan oli kendaraan. Sehingga saat dipakai Oli motor sudah siap untuk melaksanakan tugasnya. 

6. Gunakan Bahan Bakar Berkualitas 

Saya sarankan untuk menggunakan Pertalite bahkan pertamax. Motor Injeksi seperti Matic butuh bahan bakar berkualitas. Karena kalau hanya premium tentu akan menyisahkan banyak sampah pembakaran dalam mesin. Untuk Pertaline dan Pertamax pembakarannya lebih bersih dari premium. 

Penggunaan bahan berkualitas ini bertujuan untuk menjaga dan merawat mesin agar tidak terjadi penurunan daya. Bisa jadi bahan bakar yang tidak berkualitas akan merusak komponen mesin saat dinyalakan. 

Rekomendasi Memilih Oli Motor Matic Terbaik 

Menggunakan Oli Motor Matic Terbaik harus diperhatikan kualitas dan keamanannya. Dua hal ini harus menjadi patokan sebab Oli Motor akan sangat berperan penting pada mesin dan kemampuan jelajah kendaraan. 

1. Pilih Oli Kendaraan yang sudah Tersertifikasi 

Biasanya Oli yang sudah masuk ke Indonesia akan dilakukan pengujian kualitas dan keamanan. Di Indonesia sendiri mengunakan SNI atau standar Nasional Indonesia. Untuk Oli Produk Jepang yang dipasarkan di Indonesia biasanya menyertakan lisensi dari Oli tersebut dengan sebutan JASO atau Japanese Automotive Standar Organitation. 

2. Sesuai Tipe dan Spesifikasi Oli dengan Kendaraan Motor

Dalam mennggunakan Oli Motor jangan sampai mengalami kesalahan. Karena Oli Motor Matic akan berbeda dengan Oli Motor Biasa. Karena tekstur dan fungsinya berbeda. Untuk Oli Motor Matic sebaiknya Oli yang sudah ada label Matic-nya. 

Khusus untuk Motor Matic yang besar cc mesinnya, silakan menggunakan Oli dengan ukuran 800ml. Biasanya kendaraan seperti Honda beat, Vario 125 pastinya menggunakan ukuran 800ml. Tetapi kendaraan motor seperti Nmax yang cc kendaraan sudah 150 ke atas, silakan gunakan Oli yang ukuran ml lebih besar. 

3. Pastikan Oli Kendaraan Tidak Tertukar 

Oli Mesin sangat mudah dicari lubang untuk memasukannya, Namun, mengisi Oli Gardan yang kadang membingungkan. Karena letaknya kecil dan sulit dicari jika kamu pengguna Motor Baru. Saya sendiri pengguna Motor Beat Honda silit mana lubang Oli Gardan. 

Akhirnya motor saya bawa ke bengkel untuk mencari tahu posisi pengisian Oli Gardan. Untuk kamu pengguna Motor Matic Yamaha jauh lebih bagus. Karena lubang pengisian Oli Gardan didesain sebagus mungkin. Sehingga tidak menyulitkan bagi pengguna Motor Matic pemula. 

4. Ganti Oli Motor Scera Rutin Meskipun tidak digunakan 

Oli yang lama mengendap di kendaraan meskipun penggunaanya hanya berkisar 50 kilo meter per hari. Tetap harus rutin ganti Oli. Karena Oli itu tentu tidak akan berkualitas lagi. 

5. Lakukan Pengecekan Oli setiap 2 Minggu Sekali 

Untuk menjaga kualitas mesin tetap awet, periksa kualitas Oli Motor sekitar 2 minggu sekali. Cukup Buka penutup Oli mesinnya dan lihat kondisi atau warna Oli. Jika sudah hitam pekat, maka lakukan pergantian secepat mungkin. Jika masih agak bening, tahan sampai beberapa waktu. 

Demikian artikel tentang Perawatan Oli Motor ini saya buat. Untuk referensi artikel ini bersumber dari berbagai artikel di Internet. Gambar ilutrasi yang digunakan juga gambar free yang tersedia di Internet. Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. 


Posting Komentar untuk "Rekomendasi Perawatan Motor Matic, Termasuk Cek Oli Terbaik Indonesia"