Tanda Oli Gardan Motor Matic Kamu Harus Segera diganti - Indonesia -->

Tanda Oli Gardan Motor Matic Kamu Harus Segera diganti

Oli Gardan Motor Matic Indonesia

Pada artikel ini saya akan mengulas tentang Oli Gardan untuk motor. Pada kendaraan tidak hanya butuh oli mesin, tetapi juga butuh yang namanya Oli Gardan. Oli gardan memiliki fungsi tersendiri yang sedikit berbeda dengan Oli Mesin. Jika terlambat diganti juga akan berdampak buruh pada kestabilan Motor yang kamu gunakan. 

Secara durasi, Pergantian Oli Gardan tidak serutin Oli Mesin. Untuk Oli mesin, khususnya Matic memang akan bergantung pada jarak tempuh. Biasanya Oli Mesin Matic bisa menempuh jarak dari 2000km hingga 5000km. Untuk rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia kamu bisa baca artikel tentang otomatif di blog ini. 

Sekarang mari kita pahami pelan-pelan tentang Oli gardan.  Apa Itu Oli Gardan dan apa Manfaatnya bagi Motor Matic kamu. 

Oli gardan merupakan sebuah pelumas yang sangat diperlukan oleh Mesin untuk melicinkan bagian transmisi otomatis. Sehingga ketika semua komponen mesin bergesekan, maka komponen mesin tidak akan cepat rusak. 

Pergantian Oli Gardan memang lebih lama dari Oli Mesin. Karena lama pergantiannya maka orang seringkali melupakannya. Oli Gardan tidak mudah rusak atau menghitam karena fungsinya hanya untuk Transmisi komponen Mesin. 

Jika dilihat dari posisinya, Oli Gardan terletak jauh dari mesin motor. Oleh sebab itu, Oli Gardan tidak mudah hitam atau rusak zat kimianya. Oli ini akan rusak kalau terkena debu atau air yang menyusup lewat CVT. 

Kalau Oli Gardan tidak berguna atau berfungsi normal, maka tingkat kekentalan Olinya akan turun. Selain itu, Oli Gardan akan berubah menjadi coklat susu karena sudah bercampur debu dan kotoran lain yang masuk. 

Untuk mengganti Oli Gardan, maka akan dilakukan pengurasan. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa semua komponen benar-benar bersih dari debu, air bahkan lumpur yang menyusup masuk. Setelah sukses diganti, Motor akan membaik dan bekerja maksimal lagi. 

Oli Gardan bisa diganti jika motor matic kamu sudah mencapai 8000km. Itu Prediksi yang sesuai dengan pengalaman. Atau dalam kurun waktu 3 bulan, Oli Gardan bisa dilakukan pergantian. 

Manfaat Mengganti Oli Gardan Motor 

Ada beberapa Manfaat mengganti Oli gardan untuk motor kamu. 

1. Oli Gardan akan Melapisi Komponen CVT

Oli Gardan akan memberikan lapiran pada bagian komponen, khusunya transmisi CVT. Sekadar diketahui, CVT adalah singkatan dari Continuously Variable Transmission. Transmisi otomatis ini sangat memerlukan lapisan yang menjaga kestabilan kinerja motor. 

Tanpa Oli Gardan, Motor akan menimbulkan Overheat pada motor. Kondisi Overheat adalah kondisi panas berlebihan yang bisa menimbulkan kerusakan pada motor. 

2. Mempermudah Gerak Transmisi pada Motor

Adanya Oli Gardan akan membuat Gerakan motor lebih halus dan lancer. Karena motor akan selalu melakukan transmisi Gerakan, misalnya gear akan secara otomatis dan terus menerus melakukan transmisi. Maka Oli gardan akan menopang kerja transmisi tersebut sehingga motor bisa lebih lancar Ketika digunakan. 

Khusus kamu pengguna Motor Matic Indonesia, sudah pasti paham bahwa Matic harus siap berubah kecepatan motor setiap saat. Perubahan itu bisa saja terjadi drastic atau kondisi statis. Misalnya perubahan kecepatan. Motor bisa saja langsung melesat cepat dan bisa saja diperlambat secara tiba-tiba. Perubahan ini akan membutuhkan Oli Gardan sehingga fungsi komponen transmisi berjalan lancar dan baik. 

Efek yang Muncul jika Terlambat Ganti Oli Gardan 

Setelah mengetahu manfaat Oli Gardan, kamu mungkin akan rajin menggantinya. Minimal sudah membuat catatan penting kapan Oli ini akan diganti. Untuk mengetahui kapan harus diganti, kamu bisa memanfaatkan teknisi untuk mengecek apakah Oli gardan sudah bisa diganti atau masih aman digunakan. 

Sudahkah Anda mengganti oli gardan dengan rutin pada motor matic? Setelah mengetahui manfaatnya, sebaiknya cek kembali apakah penggantian oli sudah dilakukan. Jika belum, pastikan Anda menggantinya sesuai jadwal. Adapaun manfaat jika mengetahui jadwal pergantian Oli Gardan adalah terhindarnya dari kerugian yang besar akibat pergantian komponen yang rusak. Lebih baik mengganti Oli secepatnya daripada harus membeli komponen transmisi yang rusak. 

Karena risiko lupa mengganti Oli Gardan ini besar, maka perlu bagi kamu untuk mengenal ciri waktunya mengganti Oli Gardan. 

1. Suara Motor sudah mulai terdengar kasar

Ketika kamu berkendara coba dengarkan dengan baik bunyi motor kamu. Jika bunya masih halus, kemungkinan masih aman. Tetapi kalau bunyi motornya berbeda dari hari biasanya, dan terdengar kasar, maka kemungkinan Oli gardan sudah wajib dan harus segera diganti. 

Perlu dipahami bahwa, Motor yang bunyinya kasar tanda komponen motor untuk transmisi mulai mengikis komponen logam. Suara kasar yang dati motor bisa jadi karena gesekan logam dari komponen transmisi. 

2. Jalannya Kendaraan Sangat bergetar

Jika kamu mengendarai motor, coba rasakan bodi motor akan terasa bergetar keras dari biasanya. Gas yang dimainkan juga akan mengeluarkan bunyi motor yang aneh dan kasar. Saat kamu berada di jalan menurun, maka akan sangat terasa getaran yang muncul dari motor. Hal itu pertanda gesekan komponen transmisi makin keras. 

3. Bearing Gardan Akan Cepat Rusak

Wajib diketahui bahwa Bearing gardan adalah komponen motor yang terletak di bak CVT. Komponen ini berguna untuk memperlancar putaran pada mesin. Bearing  akan cepat sekali rusak kalau oli gardan tidak diganti atau sudah buruk kualitasnya. 

Cara Mengganti Oli Gardan yang Benar 

Perlu untuk belajar bagaimana mengganti Oli gardan yang benar. Manfaat yang bisa diambil dari belajar mengganti Oli gardan adalah terhindarnya dari terkontaminasi Oli dari berbagai kotoran sehingga transmisi akan berjalan maksimal. 

Hal Yang Harus diperhatikan Saat Mengganti Oli Gardan: 

1. Memilih Tempat yang Merata

Saat kamu menganti Oli Gardan, maka pastikan kamu berada di lokasi yang rata dan datar. Kamu wajib pula memili tempat yang luas agar saat proses mengganti oli tidak terjadi benturan yang tidak diinginkan. Jangan lupa untuk memasang 2 standar kaki Motor sehingga tidak mudah tumbang jika tersenggol. 

2. Pastikan Mengganti Semua Oli Lama

Saat mau mengganti Oli, bersihkan terlebih dahulu Oli lama. Kuras dengan teliti sehingga semuanya keluar dan tidak menyisakan kotoran. Untuk mengganti Oli Gardan, letaknya ada pada kotak CVT. Silakan ambil wadah penampung oli lama dan keluarkan Olinya dengan hati-hati. 

3. Siapakan Oli Baru

Jika sudah mengeluarkan atau menguras Oli yang lama, mata tutup kembali bautnya, dan silakan tuangkan Oli Gardan sampai penuh. Tutuplah baut dengan benar dan perhatikan betul jika masih ada kebocoran. Pastikan semua tertutup rapat dan rapi. 

Demikian ulasan saya tentang Oli Gardan untuk Motor Matic Indonesia. Kalau mau baca tentang Oli, silakan kunjungi artikel ini : Oli Motor Matic Terbaik Indonesia

Posting Komentar untuk "Tanda Oli Gardan Motor Matic Kamu Harus Segera diganti"