Top Up Mobile Legend

Resensi Novel Kembara Rindu Karya Kang Abik / Habiburrahman El Shirazy

Resensi Novel - Yap! bagi kamu penggemar karya Habiburrahman, ini novel terbaru karya kang Abik, judulnya Kembara rindu dan sudah diterbitkan oleh Republika di tahun 2019. Novel  ini  begitu panjang dengan total 266 halaman. Lumayan sih untuk menghibur hari-harimu yang begitu sepi Eahhh!. Mau tahu sedikit info buku ini? simak yuk Resensi Novel Kembara Rindu ini.

Resensi Novel Kembara Rindu

Kisah dalam novel ini dimulai dari seorang tokoh bernama Nurus Syifa, seorang gadis kecil yang terpaksa harus putus sekolah hanya karena persoalan ekonomi. Setelah menjadi yatim piatu kehidupan Syifa berubah.

Dia menjadi tulang punggung keluarga. Dia harus jual gorengan dan minuman satu tempat ke tempat yang lain untuk bertahan hidup.

Meskipun menjadi anak yan putus sekolah bukan berarti hilang harapannya untuk belajar. Dia hanya bersabar sampai suatu hari akhirnya dia bisa melanjutkan sekolah lagi di sebuah pesantren menghafal Alquran.

Secara kesuluruhan, novel ini memang memantulkan kebersihan jiwa tokoh-tokoh yang tampil. Persoalan hidup dan cara mereka menghadapi kenyataan menjadi asupan jiwa kita yang kadang tidak bersyukur. 


Selain itu novel ini banyak menonjolkan wilayah provinsi Lampung. Banyak detail-detail cerita menggambarkan sebuah daerah. Jadi ketika membaca novel ini tidak hanya berkisah tentang rindu dan cinta, juga menyajikan kearifan lokal.

Secara khusus, novel ini memang tidak lepas dari ciri khas dari Kang abik. Novel ini masih satu tema besar tentang kehidupan para santri. Kelihatannya Kang abik akan terus mengkampanyekan kehidupan para santri sebagai pilihan ideal dalam karyanya. Terlihat gambaran ini juga ditemukan di beberapa karya Kang Abik sebelumnya.

Nilai moral yang terdapat dalam novel ini tentu masih menarasikan kisah orang-orang sholeh yang menjadi teladan.

Sebagai pembaca, biasanya saya paling suka membuat catatan yang berisi motivasi di setiap buku. Saya kumpulkan sebagai bagian klipping untuk dijadikan penyemangat hidup. Nah, dalam novel kembara rindu ini ada beberapa kutipan menarik. 

Kata-kata bijak Dalam Novel Kembara Rindu

Anak panah kalau tidak dilepas dari busurnya tidak akan pernah sampai pada sasarannya. Demikian juga dengan manusia, jika tidak berani merantau untuk mencari ilmu maka dia tidak akan pernah meraih gemilangnya kamu harus belajar banyak pengalaman.

”Akal sehat dan kewaspadaan itu sangat penting untuk menjaga keamanan dan keselamatan!” (Hal:103)

Satu-satunya hal yang bisa membungkam mulut-mulut yang miring adalah sebuah keberhasilan, sebuah prestasi. Ia harus berhasil. (Hal: 134)

Makmurkan mesjid depan rumahmu itu! Kau makmurkan rumah Allah, maka Allah akan memakmurkan hidupmu! Jangan khawatir tentang rezeki Allah. Ingat, lebah di dalam hutan, bahkan di lereng tebing gunung saja, diberi rezeki oleh Allah. (Hal: 214-215)

Jangan pernah putus asa dari rahmat Allah! Jangan pernah tinggi hati. Kalau kau nanti dijahati orang, jangan membalas. Biarlah Allah yang menangani. (Hal: 215)

Sekian Resensi Novel Kembara Rindu ini kamu buat. Moga aja bisa membawa manfaat buat kamu ya. Salam dari saya, blogger yang suka rebahan sambil baca buku. wkwkwkw... 

Resensi Adalah - Contoh Resensi Novel Singkat

Posting Komentar untuk "Resensi Novel Kembara Rindu Karya Kang Abik / Habiburrahman El Shirazy"

Info paling Cepat ikuti sosial media kami 👇 dan saluran berita 👉 Google News