/* Posisi Kode di Sini */

Novel Guru Aini Karya Terbaru Andrea Hirata

Konten [Tampilkan]
Seribupena.com - Belakangan ini buku baru Andrea Hirata bermunculan. Sepertinya Andrea Hirata masih menabung banyak ide untuk terus menuliskan penggalan kisah anak-anak Melayu yang malang.

Novel Guru Aini Andrea Hirata

Kisah Dalam Novel Guru Aini 

Novel Guru Aini adalah kisah seorang tokoh bernama Nuraini Binti Syafrudin, yang kemudian dikenal sebagai Aini. Dia adalah tokoh yang sangat susah kalau berhadapan dengan mata pelajaran Matematika. Sejak SD dia paling benci dengan pelajaran berhitung itu.

watak buruk itu seolah warisan dari ibunya, bernama Dinah. Dulu, ibunya juga sering diledek oleh gurunya.

”Kalau ada pemilihan putri paling tak becus matematika tingkat Provinsi Sumatera Selatan, lekas kudaftarkan kau, Dinah!” kata Guru Matematika ibunya.

Watak ngak suka matematika ini akhirnya menurun kepada Aini. Akan tetapi, seiring waktu  ayah Aini mulai sakit-sakitan. Parahnya lagi ayahnya bisa sembuh tetapi harus melakukan pengobatan moderen. Sementara Aini bukanlah keluarga kaya yang punya materi buat biaya kesehatan ayahnya.

Dari kemalangannya itulah timbul pengharapan Aini. Dia ingin menjadi dokter. Permasalahahnya adalah Aini termasuk anak yang tidak suka matematika. Sementara untuk masuk kedokteran harus punya nilai bagus atau pandai matematika.

Aini kemudian serius belajar Matematika. Dia datang ke gurunya bernama Ibu Desi. Beliau adalah guru matematika yang hebat, idealis juga filosofis. Gurunya pernah bilang begini.

“Tanpa idealisme, matematika akan menjadi lembah kematian pendidikan,” kata Guru Desi.

Dari kursus itu kemudian Aini menjadi lebih dekat dengan gurunya. Aini melewati banyak ujian untuk mengukur kemampuan matematikanya.

Secara keseluruhan novel ini terdapat banyak potongan kisah seru perjuangan seorang anak yang bercita-cita jadi dokter. Pertemuannya dengan teman-temannya yang unik dan lucu akan menambah keseruan dalam menyerap kisah di dalamnya.

Menurut saya, buku ini wajib dimiliki karena memang nilai edukasinya tinggi. Ada satu nilai yang kuat yang bisa ditangkap dari novel ini, yakni cita-cita tidak boleh kalah dari materi. Itu saja sih penting dalam novel ini. Kalau dibandingkan dengan karya lainnya tentu memiliki kemiripan perjuangan. Soal pendidikan dan akses yang terbatas kepada mereka yang tak punya materi.

 Kata-kata Bijak dalam novel Guru Aini

“Tanpa idealisme, matematika akan menjadi lembah kematian pendidikan – Halaman 53”
“Dapat belajar matematika dari ibu adalah kesempatan terbaik yang pernah kudapatkan dalam hidupku, Bu. Aku tak ingin belajar matematika pada orang lain – Halaman 142”

“Di mana ada gerakan, di situ ada matematika. Di mana ada kegembiraan, di situ ada matematika. Di mana ada kesedihan, di situ juga ada matematika. Kau adalah matematika yang paling menyedihkan, Nong! – Halaman 170”

“Kalkulus itu duta besar matematika di kerajaan fisika, Anissa. Kalkulus bak laut bagi perahu, bak angin bagi awan, bak tarian bagi tamborin – Halaman 204.”
Informasi Rinci Tentang Novel Guru Aini :
Judul Buku : GURU AINI
Penulis : Andrea Hirata
Tahun Terbit : Cetakan I, Februari 2020
Penerbit : Bentang Pustaka
Jumlah Halaman : Xii + 336 halaman ; 20,5 cm364 halaman
ISBN : 978-602-291-686-4
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Komentar

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel