Kerajinan dari Stick Es Krim yang Bisa Kamu Coba di Rumah

Kerajinan dari Stick Es Krim yang Bisa Kamu Coba di Rumah

Hai, teman-teman kreatif! Kali ini kita bakal ngomongin tentang Kerajinan dari Stick Es Krim yang seru banget buat dicoba di rumah. Apalagi kalo bukan kerajinan dari stick es krim. Yup, barang yang sering kita anggap sepele ini ternyata bisa diubah jadi karya seni yang keren abis. Yuk, simak apa aja kerajinan yang bisa kamu buat dari stick es krim!

1. Kerajinan dari Stick Es Krim Bentuk Bingkai Foto Unik

Kerajinan dari Stick Es Krim Bentuk Bingkai Foto Unik

Bingkai foto adalah salah satu benda yang selalu ada di rumah kita. Daripada membeli bingkai foto yang mahal dan generik, kamu bisa membuat bingkai foto yang unik dan personal dari stick es krim. Pertama-tama, kumpulkan stick es krim yang sudah bersih dan kering. Kamu akan membutuhkan sekitar 10-20 stick, tergantung pada ukuran bingkai yang ingin kamu buat.

Langkah pertama adalah menentukan ukuran dan bentuk bingkai. Jika kamu ingin bingkai berbentuk persegi atau persegi panjang, susun stick es krim sejajar satu sama lain untuk membentuk sisi bingkai. Tempelkan stick es krim dengan lem kayu atau lem serbaguna yang kuat. Pastikan setiap sudut melekat dengan baik agar bingkai tidak mudah rusak.

Setelah bingkai dasar selesai, saatnya menghias! Gunakan cat akrilik untuk memberi warna pada bingkai sesuai selera. Kamu bisa memilih satu warna solid atau bermain dengan pola-pola geometris dan warna-warni yang ceria. Jika suka, tambahkan hiasan lain seperti stiker, manik-manik, atau bahkan tali hias. Jangan lupa tambahkan hiasan pada sudut-sudut bingkai untuk memberikan kesan yang lebih artistik.

Untuk menyempurnakan bingkai, kamu bisa menambahkan karton atau karton tebal di bagian belakang sebagai penyangga foto. Tempelkan foto favoritmu di tengah bingkai, lalu pasang karton tersebut di bagian belakang bingkai dengan lem. Jika ingin bingkai bisa berdiri, tambahkan penyangga dari karton atau potongan stick es krim yang disusun membentuk segitiga di bagian belakang.

Selain menjadi dekorasi yang unik, bingkai foto buatanmu juga bisa menjadi hadiah yang sangat personal untuk orang terdekat. Dengan sedikit usaha dan kreativitas, kamu bisa menciptakan bingkai foto yang tidak hanya cantik tetapi juga penuh makna.

2. Kerajinan dari Stick Es Krim bentuk Tempat Pensil Multifungsi

Kerajinan dari Stick Es Krim bentuk Tempat Pensil Multifungsi

Tempat pensil adalah salah satu barang yang sering kita butuhkan di meja belajar atau meja kerja. Membuat tempat pensil dari stick es krim bisa jadi proyek DIY yang menyenangkan dan bermanfaat. Untuk memulai, kumpulkan stick es krim, lem, kaleng bekas atau gulungan karton, dan beberapa alat dekorasi seperti cat akrilik atau kertas hias.

Langkah pertama adalah menyiapkan bahan dasar tempat pensil. Gunakan kaleng bekas atau gulungan karton sebagai struktur utama tempat pensil. Bersihkan dan keringkan kaleng atau gulungan karton tersebut. Selanjutnya, siapkan stick es krim yang akan ditempelkan di sekeliling kaleng atau gulungan karton.

Ambil satu stick es krim dan oleskan lem di satu sisi panjangnya. Tempelkan stick es krim tersebut secara vertikal di salah satu sisi kaleng atau gulungan karton. Lanjutkan langkah ini hingga seluruh permukaan tertutupi oleh stick es krim. Pastikan stick-stick tersebut terpasang dengan rapat dan rata agar hasil akhirnya terlihat rapi dan kokoh.

Setelah semua stick es krim terpasang, saatnya menghias tempat pensilmu. Gunakan cat akrilik untuk mewarnai stick es krim. Kamu bisa memilih warna-warna cerah atau membuat pola-pola yang menarik sesuai dengan selera. Jika kamu suka, tambahkan aksesoris seperti manik-manik, pita, atau stiker untuk memberikan sentuhan personal pada tempat pensil.

Selain untuk pensil, tempat pensil ini juga bisa digunakan untuk menyimpan alat tulis lain seperti spidol, penghapus, atau gunting. Bahkan, kamu bisa membuat beberapa tempat pensil dengan warna dan hiasan yang berbeda untuk berbagai kebutuhan penyimpanan di meja belajarmu. Selain fungsional, tempat pensil buatanmu ini juga bisa menjadi dekorasi meja yang menarik.

3. Kerajinan dari Stick Es Krim Bentuk Rumah-Rumahan Mini

Kerajinan dari Stick Es Krim bentuk Tempat Pensil Multifungsi

Buat kamu yang suka dengan dunia miniatur dan crafting, membuat rumah-rumahan mini dari stick es krim bisa jadi proyek yang seru. Pertama-tama, tentukan desain rumah yang ingin kamu buat. Kamu bisa mencari referensi desain rumah mini dari internet atau membuat desain sendiri yang unik.

Kumpulkan bahan-bahan yang dibutuhkan: stick es krim, lem, cutter atau gunting, cat, dan dekorasi tambahan seperti kertas warna atau kain perca. Mulailah dengan membuat dinding rumah. Ambil beberapa stick es krim dan susun secara horizontal atau vertikal sesuai dengan ukuran dinding yang kamu inginkan. Tempelkan stick-stick tersebut dengan lem agar membentuk dinding yang kokoh.

Setelah dinding jadi, buatlah atap rumah. Susun stick es krim dengan bentuk segitiga atau trapezium untuk membuat atap. Kamu bisa menambahkan detail tambahan seperti cerobong atau jendela atap untuk membuatnya lebih realistis. Tempelkan atap pada dinding dengan hati-hati agar rumah berdiri dengan kokoh.

Kini saatnya mengecat rumah-rumahanmu. Gunakan cat akrilik untuk memberi warna pada dinding dan atap. Kamu bisa bermain dengan warna-warna cerah atau memilih tema warna yang serasi untuk rumah-rumahanmu. Jangan lupa tambahkan detail-detail kecil seperti pintu, jendela, dan pagar dengan stick es krim yang dipotong-potong sesuai bentuknya.

Setelah rumah dasar selesai, kamu bisa menghias bagian dalamnya. Gunakan kertas warna atau kain perca untuk membuat lantai dan dinding interior. Kamu juga bisa membuat perabotan mini dari stick es krim atau bahan lain seperti kardus dan kain. Letakkan perabotan tersebut di dalam rumah dan atur sedemikian rupa agar terlihat nyaman dan menarik.

Rumah-rumahan mini ini bisa dijadikan mainan anak-anak atau sebagai dekorasi di rumahmu. Kamu juga bisa membuat beberapa rumah dengan desain dan ukuran berbeda untuk membentuk desa mini. Proyek ini tidak hanya mengasah kreativitas, tetapi juga memberikan kepuasan tersendiri ketika melihat hasil karya yang unik dan cantik.

4. Kerajinan dari Stick Es Krim Bentuk Tempat HP

Kerajinan dari Stick Es Krim Bentuk Tempat HP

Tempat HP dari stick es krim bisa menjadi solusi praktis dan estetik untuk menaruh HP-mu saat tidak digunakan. Proyek ini sangat sederhana dan cepat untuk dibuat, tetapi hasilnya bisa sangat berguna dan menarik. Pertama-tama, kumpulkan beberapa stick es krim, lem, dan alat potong seperti gunting atau cutter.

Langkah pertama adalah membuat penyangga dasar. Susun dua atau tiga stick es krim secara sejajar dan tempelkan dengan lem. Ini akan menjadi alas dari tempat HP-mu. Kemudian, ambil dua stick es krim lagi dan tempelkan di kedua ujung penyangga dasar untuk membuat kaki penyangga. Pastikan sudutnya membentuk sudut yang cukup lebar agar tempat HP-mu stabil.

Setelah itu, buat penopang belakang. Ambil satu stick es krim dan tempelkan secara vertikal di tengah-tengah penyangga dasar. Lalu, tempelkan dua stick es krim lainnya secara diagonal dari penyangga dasar ke stick vertikal untuk membentuk segitiga. Ini akan memberikan dukungan ekstra agar tempat HP-mu tidak mudah jatuh.

Sekarang saatnya menghias tempat HP-mu. Gunakan cat akrilik untuk memberi warna pada stick es krim. Kamu bisa memilih warna-warna yang sesuai dengan dekorasi ruanganmu atau bermain dengan pola dan desain yang unik. Jika suka, tambahkan hiasan seperti stiker atau tulisan untuk memberikan sentuhan personal.

Setelah tempat HP-mu selesai, coba letakkan HP-mu di atasnya. Pastikan tempat HP-mu cukup kuat dan stabil untuk menahan berat HP. Jika perlu, tambahkan beberapa stick es krim lagi untuk memberikan dukungan tambahan. Tempat HP ini bisa kamu gunakan di meja belajar, meja kerja, atau bahkan di meja makan saat kamu sedang makan dan ingin menonton video di HP.

Selain untuk HP, tempat ini juga bisa digunakan untuk menaruh tablet atau e-reader. Dengan sedikit modifikasi pada ukuran dan bentuk, kamu bisa membuat tempat yang sesuai dengan perangkatmu. Proyek ini tidak hanya fungsional tetapi juga memberikan kepuasan tersendiri karena kamu bisa membuatnya sendiri dengan mudah dan cepat.

5. Kerajinan dari Stick Es Krim bentuk Tanda Halaman Buku

Kerajinan dari Stick Es Krim bentuk Tanda Halaman Buku

Buat kamu yang suka membaca, tanda halaman buku dari stick es krim bisa jadi proyek DIY yang seru dan berguna. Tanda halaman yang personal dan kreatif bisa menambah semangat membaca buku. Untuk membuatnya, kamu hanya perlu beberapa stick es krim, cat, stiker, atau dekorasi lain, serta lem dan gunting.

Pertama-tama, ambil beberapa stick es krim dan bersihkan. Kamu bisa memilih stick yang ukuran dan bentuknya seragam untuk hasil yang lebih rapi. Setelah itu, pikirkan desain yang ingin kamu buat. Kamu bisa menulis kutipan favorit, menggambar karakter favorit, atau hanya memberi warna-warna yang menarik.

Langkah pertama adalah mengecat stick es krim. Gunakan cat akrilik untuk mewarnai stick sesuai selera. Kamu bisa memilih satu warna solid atau bermain dengan pola-pola warna yang menarik. Biarkan cat mengering sepenuhnya sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

Setelah cat kering, saatnya menambahkan dekorasi. Kamu bisa menulis kutipan atau pesan inspiratif dengan spidol permanen. Jika suka, tambahkan stiker, manik-manik, atau glitter untuk memberikan sentuhan ekstra pada tanda halaman. Pastikan setiap hiasan menempel dengan kuat agar tidak mudah lepas saat digunakan.

Untuk memberikan bentuk yang unik, kamu bisa memotong ujung stick es krim menjadi bentuk yang berbeda, seperti segitiga atau hati. Gunakan gunting atau cutter untuk memotong dengan hati-hati. Jika perlu, haluskan tepi-tepi yang tajam dengan amplas.

Tanda halaman dari stick es krim ini bisa kamu gunakan untuk menandai halaman buku yang sedang kamu baca. Selain praktis, tanda halaman ini juga bisa menjadi hadiah kecil yang manis untuk teman-teman yang suka membaca. Kamu bisa membuat beberapa tanda halaman dengan desain yang berbeda untuk diberikan sebagai hadiah.

Selain itu, proyek ini juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan bersama anak-anak. Membuat tanda halaman bisa melatih kreativitas dan keterampilan motorik halus mereka. Jadi, selain mendapatkan tanda halaman yang unik, kamu juga bisa menghabiskan waktu berkualitas dengan anak-anak.

6. Kerajinan dari Stick Es Krim bentuk Keranjang Mini

Kerajinan dari Stick Es Krim bentuk Keranjang Mini

Keranjang mini dari stick es krim bisa menjadi solusi penyimpanan kecil yang lucu dan praktis. Keranjang ini bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang kecil seperti kunci, perhiasan, atau perlengkapan kantor. Membuatnya pun tidak sulit dan bisa dilakukan dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan.

Untuk memulai, kumpulkan stick es krim, lem, dan beberapa alat dekorasi seperti cat akrilik atau kertas hias. Pertama-tama, buat dasar keranjang. Susun beberapa stick es krim secara sejajar dan tempelkan dengan lem. Setelah dasar keranjang selesai, buat dinding keranjang dengan menyusun stick es krim secara vertikal di sekeliling dasar.

Tempelkan stick-stick tersebut satu per satu dengan lem. Pastikan setiap stick menempel dengan kokoh agar dinding keranjang kuat dan tidak mudah rusak. Setelah dinding keranjang selesai, buat pegangan dengan stick es krim yang dipotong sesuai ukuran yang diinginkan. Tempelkan pegangan di kedua sisi keranjang dengan lem.

Sekarang saatnya menghias keranjang mini. Gunakan cat akrilik untuk mewarnai stick es krim. Kamu bisa memilih warna yang sesuai dengan dekorasi ruangan atau bermain dengan pola-pola yang menarik. Jika suka, tambahkan aksesoris seperti pita, manik-manik, atau stiker untuk memberikan sentuhan personal pada keranjang.

Setelah keranjang selesai dihias, biarkan cat dan lem kering sepenuhnya sebelum digunakan. Keranjang mini ini bisa kamu letakkan di meja rias untuk menyimpan perhiasan, di meja kerja untuk menyimpan alat tulis, atau di ruang tamu untuk menyimpan kunci dan barang-barang kecil lainnya.

Selain fungsional, keranjang mini dari stick es krim juga bisa menjadi dekorasi yang menarik di rumahmu. Proyek ini tidak hanya mengasah kreativitas tetapi juga memberikan kepuasan tersendiri karena kamu bisa membuatnya sendiri dengan mudah dan cepat. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, coba buat keranjang mini dari stick es krim dan rasakan keseruannya!

7. Kerajinan dari Stick Es Krim  bentuk Puzzle Stick

Kerajinan dari Stick Es Krim  bentuk Puzzle Stick

Puzzle stick adalah mainan sederhana yang bisa kamu buat sendiri dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan. Puzzle ini cocok untuk anak-anak atau sebagai hiasan di meja. Kamu hanya perlu beberapa stick es krim, spidol permanen, dan gambar favoritmu.

Pertama-tama, siapkan beberapa stick es krim dan susun sejajar satu sama lain di atas permukaan datar. Pastikan stick es krim tersusun dengan rapat tanpa celah. Gunakan selotip di kedua ujung stick untuk menjaga posisinya tetap rapi selama kamu menggambar.

Pilih gambar atau desain yang ingin kamu buat. Kamu bisa mencetak gambar dari internet atau menggambar sendiri sesuai kreativitasmu. Letakkan gambar di atas susunan stick es krim, lalu gunakan spidol permanen untuk menjiplak gambar tersebut ke stick es krim. Pastikan setiap detail gambar tergambar dengan jelas di masing-masing stick.

Setelah gambar selesai, lepaskan selotip dari ujung stick es krim. Pisahkan stick-stick tersebut satu per satu. Kini, puzzle stick-mu sudah siap dimainkan. Untuk menambah tantangan, kamu bisa membuat beberapa set puzzle dengan gambar yang berbeda.

Puzzle stick ini bisa menjadi mainan edukatif yang melatih keterampilan motorik halus dan kemampuan berpikir anak-anak. Kamu juga bisa menulis huruf atau angka di stick es krim untuk membantu anak-anak belajar membaca dan berhitung. Selain itu, puzzle ini juga bisa menjadi hiasan meja yang unik.

Untuk menyimpan puzzle stick, kamu bisa membuat kantong kecil dari kain atau kertas. Tempelkan label di kantong tersebut dengan nama atau gambar yang sesuai dengan puzzle di dalamnya. Dengan begitu, puzzle stick-mu akan tetap rapi dan mudah ditemukan.

Proyek ini tidak hanya menyenangkan tetapi juga memberikan kepuasan tersendiri karena kamu bisa membuatnya sendiri dengan mudah dan cepat. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, coba buat puzzle stick dan rasakan keseruannya!

8. Kerajinan dari Stick Es Krim bentuk Lampu Hias

Kerajinan dari Stick Es Krim bentuk Lampu Hias

Lampu hias dari stick es krim bisa menjadi dekorasi yang cantik dan unik di rumahmu. Membuatnya pun tidak sulit dan bisa dilakukan dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan. Kamu hanya perlu beberapa stick es krim, lem, lampu LED, dan beberapa alat dekorasi seperti cat akrilik atau kertas hias.

Pertama-tama, buat bingkai lampu dengan stick es krim. Susun beberapa stick es krim secara horizontal dan tempelkan dengan lem untuk membuat dasar lampu. Setelah dasar selesai, buat dinding lampu dengan menyusun stick es krim secara vertikal di sekeliling dasar. Tempelkan stick-stick tersebut satu per satu dengan lem.

Setelah dinding lampu selesai, buat penutup atas dengan cara yang sama seperti membuat dasar. Pastikan penutup atas bisa dibuka dan ditutup untuk mengganti lampu LED di dalamnya. Setelah bingkai lampu selesai, saatnya menghias!

Gunakan cat akrilik untuk mewarnai stick es krim. Kamu bisa memilih warna yang sesuai dengan dekorasi ruangan atau bermain dengan pola-pola yang menarik. Jika suka, tambahkan aksesoris seperti pita, manik-manik, atau stiker untuk memberikan sentuhan personal pada lampu.

Setelah lampu hias selesai dihias, biarkan cat dan lem kering sepenuhnya sebelum digunakan. Letakkan lampu LED di dalam bingkai lampu dan nyalakan. Lampu hias ini akan memberikan suasana yang cozy dan hangat di ruanganmu.

Selain fungsional, lampu hias dari stick es krim juga bisa menjadi dekorasi yang menarik di rumahmu. Proyek ini tidak hanya mengasah kreativitas tetapi juga memberikan kepuasan tersendiri karena kamu bisa membuatnya sendiri dengan mudah dan cepat. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, coba buat lampu hias dari stick es krim dan rasakan keindahannya!

9. Kerajinan dari Stick Es Krim bentuk Gantungan Kunci

Kerajinan dari Stick Es Krim bentuk Gantungan Kunci

Gantungan kunci dari stick es krim bisa menjadi aksesori yang unik dan personal. Membuatnya pun tidak sulit dan bisa dilakukan dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan. Kamu hanya perlu beberapa stick es krim, lem, ring gantungan kunci, dan beberapa alat dekorasi seperti cat akrilik atau stiker.

Pertama-tama, potong stick es krim menjadi ukuran yang lebih kecil sesuai dengan desain yang kamu inginkan. Kamu bisa membuat bentuk-bentuk sederhana seperti segitiga, lingkaran, atau hati. Setelah itu, haluskan tepi-tepi potongan stick es krim dengan amplas agar tidak tajam.

Langkah berikutnya adalah menghias potongan stick es krim. Gunakan cat akrilik untuk mewarnai stick sesuai selera. Kamu bisa memilih satu warna solid atau bermain dengan pola-pola yang menarik. Jika suka, tambahkan stiker atau tulisan dengan spidol permanen untuk memberikan sentuhan personal.

Setelah hiasan selesai, biarkan cat dan lem kering sepenuhnya sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya. Pasang ring gantungan kunci pada salah satu ujung potongan stick es krim dengan bantuan lem atau kawat kecil. Pastikan ring terpasang dengan kuat agar gantungan kunci tidak mudah lepas.

Gantungan kunci dari stick es krim ini bisa kamu gunakan sendiri atau sebagai hadiah kecil yang manis untuk teman-teman. Kamu bisa membuat beberapa gantungan kunci dengan desain yang berbeda untuk diberikan sebagai suvenir di acara-acara spesial.

Selain fungsional, gantungan kunci ini juga bisa menjadi aksesori yang menarik di tas atau kunci rumahmu. Proyek ini tidak hanya mengasah kreativitas tetapi juga memberikan kepuasan tersendiri karena kamu bisa membuatnya sendiri dengan mudah dan cepat. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, coba buat gantungan kunci dari stick es krim dan rasakan keseruannya!

10. Kerajinan dari Stick Es Krim bentuk Mainan Edukatif

Kerajinan dari Stick Es Krim bentuk Mainan Edukatif

Mainan edukatif dari stick es krim bisa menjadi alat yang menyenangkan dan bermanfaat untuk membantu anak-anak belajar. Kamu bisa membuat berbagai mainan edukatif yang sederhana namun efektif. Beberapa ide yang bisa kamu coba antara lain alat hitung sederhana, huruf-huruf alfabet, atau permainan memori.

Untuk membuat alat hitung sederhana, kamu hanya perlu beberapa stick es krim, cat, dan spidol permanen. Pertama-tama, cat stick es krim dengan warna-warna yang berbeda. Setelah cat kering, tuliskan angka pada stick es krim dengan spidol permanen. Kamu bisa membuat satu set angka dari 1 sampai 10 atau lebih sesuai kebutuhan.

Setelah semua angka selesai ditulis, ajak anak-anak untuk bermain dengan alat hitung ini. Kamu bisa meminta mereka mengurutkan stick es krim sesuai dengan angka atau menggunakan stick es krim untuk belajar penjumlahan dan pengurangan. Selain menyenangkan, alat hitung ini juga membantu anak-anak memahami konsep angka dan operasi matematika dasar.

Untuk membuat huruf-huruf alfabet, kamu bisa menggunakan cara yang sama seperti membuat alat hitung. Cat stick es krim dengan warna-warna yang berbeda, lalu tuliskan huruf-huruf alfabet pada stick es krim. Ajak anak-anak untuk belajar mengenal huruf dan menyusun kata-kata sederhana dengan menggunakan stick es krim ini.

Permainan memori juga bisa dibuat dari stick es krim. Caranya, buat dua set gambar yang sama pada stick es krim. Misalnya, gambar binatang, buah-buahan, atau bentuk-bentuk geometris. Setelah gambar selesai, campur stick es krim dan ajak anak-anak untuk mencari pasangan gambar yang sama. Permainan ini membantu melatih daya ingat dan konsentrasi anak-anak.

Mainan edukatif dari stick es krim ini tidak hanya bermanfaat untuk belajar tetapi juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan bersama anak-anak. Membuat mainan sendiri memberikan kepuasan tersendiri dan memperkuat ikatan antara orang tua dan anak. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, coba buat mainan edukatif dari stick es krim dan rasakan keseruannya!

Demikianlah beberapa ulasan tentang Kerajinan Dari Stick Es Krim. Semoga bermanfaat ya. 

Info paling Cepat ikuti sosial media kami 👇 dan saluran berita 👉 Google News