Mengulik Kesuksesan Dibalik Keberhasilan Bisnis KKV

Bagi kamu yang sering jalan jalan ke mall mall besar di daerahmu pasti tidak asing lagi dengan salah satu toko ritel KKV. Toko yang sangat mencolok dari luar ini selalu menarik perhatian kaum muda, karena penampilannya yang modern dan instagramable sehingga cocok untuk diposting di sosmed. Perusahaan dari China ini memiliki sejumlah gerai yang tersebar di pusat perbelanjaan di Indonesia. Salah satu ciri khas dari ritel ini adalah banyaknya orang yang membawa paper bag berwarna kuning setelah berbelanja di sana.

Awalnya banyak yang mengira perusahaan ini berasal dari Korea, karena salah satu huruf K dari namanya disangka merupakan singkatan dari Korea. Ternyata KKV sendiri merupakan salah satu merek andalan dari KK Group, perusahaan ritel terkemuka di China yang sudah berdiri sejak tahun 2015. 

Pada awalnya, KKV dikenal sebagai toko yang terutama menjual makanan ringan dan produk perawatan kulit. Namun, sekarang KKV penuh dengan berbagai macam produk. Di Indonesia, retail KKV pertama kali hadir pada 4 Maret 2020 di Central Park, Jakarta. Saat ini, KKV telah memiliki cabang di Jakarta, Bekasi, Depok, Medan, Semarang, Yogyakarta, hingga Balikpapan.

Lalu apa yang membuat KKV Berhasil dan eksistensi nya hampir menyamai Miniso, NiceSo, Daiso dan lain - lain? Berikut beberapa hal yang membuat bisnis KKV sukses dan viral di Indonesia

1. Penggunaan Warna cerah

Warna memiliki kemampuan untuk mempengaruhi perasaan dan menarik perhatian manusia. KKV sendiri telah mengerti konsep ini dengan baik dan mengimplementasinya dengan cerdas dalam strategi branding mereka. Mereka secara terus-menerus menggunakan kombinasi warna cerah yang mencolok dalam branding mereka. Penggunaan warna cerah tersebut menghasilkan kesan yang menarik dan memancing minat pengunjung. Saat melihat iklan atau logo KKV, mata secara alami tertuju pada kombinasi warna yang berani dan mencolok. Ini memungkinkan KKV untuk membedakan diri dari pesaingnya dan menarik perhatian pengunjung dengan cepat.

Selain itu, penggunaan warna cerah juga mencerminkan sifat-sifat dinamis, inovatif, dan penuh energi dari merek tersebut. Ini memberikan kesan bahwa KKV adalah merek yang berani, kreatif, dan tidak takut untuk berbeda.

2. Desain Toko Estetik

Ketika konsumen memasuki outlet KKV, mereka disambut dengan tata letak yang mencerminkan identitas merek tersebut. Tata letak outlet yang estetik, seringkali menggabungkan unsur-unsur kontemporer dengan sentuhan artistik, menciptakan suasana yang unik dan mengundang.

Desain outlet yang estetik ini tidak hanya bertujuan untuk menciptakan keindahan visual semata, tetapi juga untuk menciptakan suasana yang mendukung pengalaman konsumen. Desain yang menarik dapat mempengaruhi suasana hati dan membuat konsumen merasa terhubung secara emosional dengan merek tersebut.

Mengulik Kesuksesan Dibalik Keberhasilan Bisnis KKV


3. Display Toko Menarik

Salah satu display yang sangat terkenal di dalam toko KKV adalah Instant Noodle Wall. Dalam display ini, jenis dinding display yang tinggi, berbagai jenis mie instan tersusun rapi dari berbagai negara. Pemandangan ini tidak hanya menarik perhatian kaum muda, tetapi juga mengundang mereka untuk berpose di depannya.

Instant Noodle Wall ini mencerminkan inovasi dan keistimewaan dari brand KKV. Dengan penampilan yang mencolok dan unik, mereka berhasil menciptakan pengalaman belanja yang menyenangkan dan menghibur. Para pelanggan tidak hanya tertarik untuk melihat dan membeli produk, tetapi juga terlibat dalam suasana yang interaktif dan menarik.

Display-display seperti Instant Noodle Wall ini memberikan kesan yang kuat dan memanfaatkan kekuatan visual untuk menarik perhatian pelanggan. Mereka menciptakan momen yang tak terlupakan di dalam toko, yang menciptakan kegembiraan dan membuat pelanggan ingin kembali lagi.

Barang Berkualitas Dengan Harga Terjangkau

Di zaman di mana harga sering menjadi faktor utama bagi konsumen, KKV telah menemukan kesuksesan dengan menyajikan produk-produk yang memenuhi standar kualitas tinggi namun tetap terjangkau. Mereka selektif dalam memilih pemasok dan mitra bisnis yang dapat memberikan barang dengan harga bersaing tanpa mengorbankan mutu.

Jika kamu perhatikan sekilas dari made in produknya semuanya berasal dari China. Memang tidak heran barang barang dari China terkenal dengan unik - unik terutama untuk peralatan rumah tangga.   

Mengulik Kesuksesan Dibalik Keberhasilan Bisnis KKV

Bercermin dari bisnis KKV yang melejit tersebut, kamu bisa mencontek strateginya dan mulai merintis bisnis mu sendiri. Kamu bisa mengambil barang dari supplier yang ada di China. Kamu dapat mencarinya di supplier China seperti di Taobao, Alibaba ataupun 1688. Produk - produk di beberapa marketplace tersebut terkenal memiliki variasi produk yang unik unik. Selain itu poin terpenting adalah harga nya yang murah, apalagi jika kamu membeli dalam skala besar kamu bisa mendapatkan potongan harga kembali. 

Lalu bagaimana cara membeli dan mengirimnya ke Indonesia? Belanja di Alibaba. Taobao, maupun 1688 sama saja seperti saat kamu membeli barang di marketplace seperti Tokopedia maupun Shopee. Yang membedakan hanyalah alamat pengirimannya diganti menjadi alamat gudang jasa forwarder yang kamu gunakan. Setelah kamu mengirim barangnya ke gudang forwarder, pihak forwarder akan mengirimnya ke gudang mereka yang ada di Indonesia. Setiba di Indonesia, paket akan dikirimkan ke rumah kamu. 

Mudah bukan? Lalu apa itu jasa forwarder? Forwarder adalah perusahaan jasa angkut barang dari suatu luar negeri ke negara asal dengan jumlah pengiriman yang besar dan banyak. Mereka akan mengkoordinasikan proses pengiriman barang dari titik asal ke tujuan akhir, termasuk pengaturan transportasi, pengelolaan dokumen, dan pemenuhan persyaratan bea cukai serta peraturan perdagangan internasional lainnya. 

Jika kamu tertarik untuk mengimpor barang dari China pastikan kamu memilih forwarder berpengalaman seperti Blueraycargo.id. Sudah berpengalam selama 20 tahun dalam proses pengiriman barang dari China. Selain memiliki gudang sendiri di China, Blueray Cargo juga memiliki aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk memesan serta melacak pengiriman. 

Info paling Cepat ikuti sosial media kami 👇 dan saluran berita 👉 Google News