Top Up Mobile Legend

Cara Move On dari Mantan, Tips Terbaik Tahun 2024

Cara Move On dari Mantan

Pernahkah Kamu merasa sulit untuk melupakan mantan yang sudah putus dengan Kamu? Apakah Kamu masih sering memikirkan dia dan merasa sedih atau marah? 

Jika ya, maka Kamu perlu melakukan sesuatu untuk move on dari mantan. Move on adalah proses melepaskan perasaan dan kenangan yang masih melekat pada mantan, sehingga Kamu bisa membuka hati untuk hal-hal baru yang lebih baik. Move on bukanlah hal yang mudah, tetapi juga bukan hal yang mustahil. 

Daftar Isi

Cara Move On dari Mantan

Berikut adalah tips cara move on dari mantan yakni :

1. Terima kenyataan bahwa hubungan Kamu sudah berakhir

Ini adalah langkah terbaik dan paling penting untuk move on. Kamu harus mengakui bahwa mantan sudah tidak ada lagi di hidup Kamu, dan tidak ada gunanya menyesali atau menyalahkan diri sendiri. Jangan berharap bahwa dia akan kembali atau berubah pikiran. Biarkan masa lalu menjadi masa lalu, dan fokuslah pada masa depan.

2. Putuskan kontak dengan mantan

Jika Kamu masih sering berkomunikasi dengan mantan, baik melalui telepon, pesan, media sosial, atau bertemu langsung, maka Kamu akan sulit untuk move on. Kontak dengan mantan hanya akan membuat Kamu terus tergantung pada dia dan mengulang-ulang kenangan yang menyakitkan. Oleh karena itu, putuskan kontak dengan mantan selama beberapa waktu, sampai Kamu merasa siap untuk berhubungan lagi sebagai teman.

3. Buang atau simpan barang-barang yang mengingatkan Kamu pada mantan

Barang-barang seperti foto, surat, hadiah, atau benda pribadi lainnya yang berasal dari mantan bisa menjadi pemicu emosi negatif bagi Kamu. Jika Kamu terus melihat atau menyentuh barang-barang tersebut, Kamu akan sulit untuk move on. Oleh karena itu, buang atau simpan barang-barang tersebut di tempat yang tidak terlihat atau tidak mudah dijangkau.

4. Curahkan perasaan Kamu kepada orang-orang yang peduli

Move on bukan berarti Kamu harus menahan atau menyembunyikan perasaan Kamu. Justru sebaliknya, Kamu perlu mengekspresikan perasaan Kamu kepada orang-orang yang peduli dengan Kamu, seperti keluarga, teman, atau profesional. Dengan bercerita atau menulis tentang perasaan Kamu, Kamu bisa melepaskan beban di hati dan pikiran Kamu, dan mendapatkan dukungan dan saran dari orang-orang yang mendengarkan.

5. Lakukan hal-hal yang membuat Kamu bahagia dan percaya diri

Move on juga berarti Kamu harus merawat diri sendiri dan menemukan kembali kebahagiaan dan kepercayaan diri Kamu. Lakukan hal-hal yang membuat Kamu bahagia dan percaya diri, seperti hobi, olahraga, belajar, bekerja, berlibur, berdandan, atau apapun yang bisa meningkatkan mood dan harga diri Kamu. Dengan begitu, Kamu bisa menunjukkan kepada diri sendiri dan mantan bahwa Kamu bisa hidup tanpa dia.

6. Temukan orang-orang baru yang positif dan mendukung

Move on juga berarti Kamu harus membuka diri untuk bertemu dan berinteraksi dengan orang-orang baru yang positif dan mendukung. Carilah orang-orang yang memiliki minat, tujuan, atau pandangan hidup yang sama dengan Kamu, dan bergabunglah dengan komunitas atau kegiatan yang sesuai dengan itu. Dengan begitu, Kamu bisa memperluas jaringan sosial dan persahabatan Kamu, dan mendapatkan inspirasi dan motivasi dari orang-orang tersebut.

7. Jangan terburu-buru mencari pasangan baru

Move on bukan berarti Kamu harus segera mencari pasangan baru untuk menggantikan mantan. Justru sebaliknya, Kamu perlu memberi waktu untuk diri sendiri untuk menyembuhkan luka dan menemukan kembali jati diri Kamu. Jika Kamu terburu-buru mencari pasangan baru tanpa siap secara emosional, maka Kamu hanya akan membuat hubungan baru yang tidak sehat dan tidak tahan lama.

8. Maafkan diri sendiri dan mantan

Move on juga berarti Kamu harus memaafkan diri sendiri dan mantan atas kesalahan atau kegagalan yang terjadi di masa lalu. Jangan biarkan rasa bersalah, marah, atau dendam menghantui Kamu terus-menerus. Sadarilah bahwa setiap orang memiliki kekurangan dan kelemahan, dan tidak ada hubungan yang sempurna. Dengan memaafkan, Kamu bisa melepaskan diri dari belenggu masa lalu, dan membuka hati untuk hal-hal baru yang lebih baik.

9. Bersyukur atas pengalaman dan pelajaran yang Kamu dapatkan

Move on juga berarti Kamu harus bersyukur atas pengalaman dan pelajaran yang Kamu dapatkan dari hubungan dengan mantan. Jangan melihat hubungan tersebut sebagai sesuatu yang sia-sia atau menyedihkan. Justru sebaliknya, lihatlah sebagai sesuatu yang berharga dan bermanfaat. Dengan bersyukur, Kamu bisa menghargai diri sendiri dan mantan, dan mengambil hikmah dari setiap peristiwa yang terjadi.

10. Percaya bahwa ada hal-hal baru yang lebih baik yang menanti Kamu

Move on juga berarti Kamu harus percaya bahwa ada hal-hal baru yang lebih baik yang menanti Kamu di masa depan. Jangan menyerah atau putus asa karena hubungan Kamu dengan mantan berakhir. Justru sebaliknya, yakinlah bahwa itu adalah awal dari sesuatu yang baru dan lebih baik. Dengan percaya, Kamu bisa berharap dan berusaha untuk mencapai hal-hal baru yang lebih baik, termasuk hubungan yang lebih baik.

Posting Komentar untuk "Cara Move On dari Mantan, Tips Terbaik Tahun 2024"

Info paling Cepat ikuti sosial media kami 👇 dan saluran berita 👉 Google News