Top Up Mobile Legend

10 Cara Memperpanjang Umur Baterai Handphone, Rekomendasi Terbaik

Cara Memperpanjang Umur Baterai Handphone

Baterai handphone adalah salah satu komponen penting yang menentukan kinerja dan daya tahan perangkat. Namun, baterai handphone juga rentan mengalami penurunan kapasitas dan kualitas seiring waktu. Oleh karena itu, kita perlu melakukan beberapa langkah untuk memperpanjang umur baterai handphone agar tetap awet dan tahan lama. 

Cara Memperpanjang Umur Baterai Handphone

Berikut adalah beberapa Cara Memperpanjang Umur Baterai Handphone yang bisa kita lakukan:

1. Gunakan charger asli atau yang sesuai dengan spesifikasi baterai

Charger yang tidak sesuai bisa menyebabkan arus listrik yang terlalu besar atau terlalu kecil, yang bisa merusak baterai. Selain itu, charger asli biasanya memiliki fitur pengaman yang bisa mencegah baterai overcharge atau terlalu penuh.

2. Hindari penggunaan handphone saat sedang di-charge

Penggunaan handphone saat sedang di-charge bisa meningkatkan suhu baterai dan mengurangi efisiensi pengisian daya. Hal ini bisa membuat baterai cepat panas dan rusak. Jika perlu menggunakan handphone saat sedang di-charge, sebaiknya gunakan mode hemat daya atau matikan aplikasi yang tidak diperlukan.

3. Jangan biarkan baterai terlalu kosong atau terlalu penuh

Baterai yang terlalu kosong bisa menyebabkan kerusakan sel baterai dan mengurangi kapasitasnya. Baterai yang terlalu penuh juga bisa menimbulkan tekanan berlebih pada sel baterai dan mengurangi umurnya. Sebaiknya, charge baterai handphone ketika mencapai 20-30% dan lepas charger ketika mencapai 80-90%.

4. Matikan fitur yang tidak diperlukan

Fitur seperti Wi-Fi, Bluetooth, GPS, dan lainnya bisa menguras daya baterai handphone dengan cepat. Jika tidak sedang digunakan, sebaiknya matikan fitur-fitur tersebut untuk menghemat daya baterai. Selain itu, kurangi kecerahan layar dan volume suara untuk mengurangi konsumsi daya.

5. Hapus aplikasi yang jarang digunakan atau berjalan di latar belakang

Aplikasi yang jarang digunakan atau berjalan di latar belakang bisa memakan memori dan CPU handphone, yang bisa mempengaruhi kinerja baterai. Sebaiknya, hapus aplikasi-aplikasi tersebut atau tutup aplikasi yang tidak diperlukan untuk mengoptimalkan kinerja handphone dan baterainya.

6. Gunakan mode hemat daya atau mode pesawat

Mode hemat daya atau mode pesawat adalah fitur yang bisa membantu menghemat daya baterai dengan cara membatasi aktivitas handphone. Mode hemat daya biasanya akan menyesuaikan kecerahan layar, mematikan fitur-fitur tertentu, dan mengurangi frekuensi pembaruan data. Mode pesawat akan memutus semua sinyal jaringan, Wi-Fi, Bluetooth, dan GPS. Mode-mode ini bisa digunakan ketika kita tidak membutuhkan koneksi internet atau komunikasi.

7. Jaga suhu baterai tetap normal

Suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin bisa merusak baterai handphone dengan cepat. Suhu yang ideal untuk baterai handphone adalah antara 15-35 derajat Celsius. Jangan biarkan handphone terpapar sinar matahari langsung, api, air, atau udara lembab. Jika handphone terasa panas, segera matikan dan dinginkan di tempat yang sejuk.

8. Bersihkan kontak-kontak baterai secara berkala

Kontak-kontak baterai adalah bagian yang menghubungkan baterai dengan handphone. Kontak-kontak ini bisa kotor atau berkarat akibat debu, keringat, atau cairan lainnya. Hal ini bisa mengganggu aliran listrik dan mengurangi efektivitas pengisian daya. Sebaiknya, bersihkan kontak-kontak baterai secara berkala dengan menggunakan kain bersih dan kering.

9. Ganti baterai yang sudah rusak atau tua

Baterai handphone memiliki batas usia tertentu, yang biasanya berkisar antara 2-3 tahun. Setelah itu, baterai akan mengalami penurunan kualitas dan kapasitas secara signifikan. Jika baterai handphone sudah rusak atau tua, sebaiknya ganti dengan baterai baru yang sesuai dengan spesifikasi handphone. Jangan gunakan baterai palsu atau murahan, karena bisa berbahaya bagi handphone dan penggunanya.

10. Lakukan kalibrasi baterai secara rutin

Kalibrasi baterai adalah proses untuk menyelaraskan indikator daya baterai dengan kapasitas baterai yang sebenarnya. Kalibrasi baterai bisa membantu mengatasi masalah seperti baterai cepat habis, tidak bisa di-charge, atau tidak bisa menyala. Cara melakukan kalibrasi baterai adalah dengan mengosongkan baterai sampai handphone mati total, lalu mengisi daya sampai penuh tanpa menghidupkan handphone. Lakukan proses ini setidaknya sekali dalam 3 bulan.

Posting Komentar untuk "10 Cara Memperpanjang Umur Baterai Handphone, Rekomendasi Terbaik"

Info paling Cepat ikuti sosial media kami 👇 dan saluran berita 👉 Google News