Top Up Mobile Legend

Cara Menurunkan Skor Turnitin, Tips Terbaik Untuk Kamu

Cara Menurunkan Skor Turnitin

Artikel ini akan membahas tentang Cara Menurunkan Skor Turnitin. Perlu diketahui bahwa Turnitin merupakan sebuah layanan yang digunakan oleh banyak institusi pendidikan untuk mendeteksi kemiripan antara karya tulis mahasiswa dengan sumber-sumber lain. Turnitin dapat membantu menghindari plagiarisme dan meningkatkan kualitas akademik. 

Namun, terkadang mahasiswa mungkin menghadapi kesulitan untuk menurunkan skor kemiripan yang ditunjukkan oleh Turnitin. 

Cara Menurunkan Skor Turnitin

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Kamu menurunkan skor Turnitin:

1. Gunakan kutipan dan referensi dengan benar

Jika Kamu mengutip atau merujuk sumber lain, pastikan Kamu menggunakan tanda kutip, tanda kurung, atau catatan kaki sesuai dengan gaya penulisan yang dipilih. Hal ini akan menunjukkan bahwa Kamu menghormati hak cipta dan tidak bermaksud menjiplak.

Baca juga : Cara Menurunkan Plagiarisme

2. Parafase dengan cara Kamu sendiri

Jangan hanya mengganti kata-kata dengan sinonim atau mengubah urutan kalimat. Kamu harus menulis ulang ide-ide utama sumber lain dengan bahasa dan gaya Kamu sendiri. Ini akan membantu Kamu memahami materi lebih baik dan menunjukkan pemikiran kritis Kamu.

3. Gunakan sumber primer

Sumber primer adalah sumber asli yang memberikan informasi atau data pertama tangan, seperti jurnal ilmiah, buku, laporan, dll. Sumber primer biasanya lebih akurat, relevan, dan terpercaya daripada sumber sekunder, yang merupakan sumber yang mengolah atau meringkas informasi dari sumber primer. Dengan menggunakan sumber primer, Kamu akan mengurangi kemungkinan mengulang informasi yang sudah ada di banyak tempat.

4. Periksa ulang sumber Kamu

Sebelum Kamu menggunakan sumber lain dalam karya tulis Kamu, pastikan Kamu memeriksa keabsahan, kredibilitas, dan keterkiniannya. Hindari menggunakan sumber yang tidak jelas, tidak akurat, atau kadaluarsa. Juga, pastikan Kamu tidak menggunakan terlalu banyak sumber yang sama atau serupa, karena ini akan meningkatkan kemiripan dengan karya tulis lain.

5. Gunakan perangkat lunak pemeriksa plagiarisme

Sebelum Kamu mengirimkan karya tulis Kamu ke Turnitin, Kamu dapat menggunakan perangkat lunak pemeriksa plagiarisme yang tersedia secara online untuk memeriksa kemiripan dengan sumber lain. Beberapa perangkat lunak yang populer adalah Grammarly, Quetext, PlagScan, dll. Perangkat lunak ini dapat membantu Kamu mengidentifikasi bagian-bagian yang perlu diperbaiki atau diubah untuk menurunkan skor Turnitin.

Baca juga : Jasa Penulis Artikel SEO Terbaik

6. Buat outline sebelum menulis

Outline adalah kerangka dasar dari karya tulis Kamu yang berisi poin-poin utama yang ingin Kamu sampaikan. Dengan membuat outline, Kamu akan memiliki panduan untuk mengembangkan ide-ide Kamu secara sistematis dan logis. Ini akan membantu Kamu menghindari menyimpang dari topik atau mengulang informasi yang tidak perlu.

7. Tulis dari perspektif Kamu sendiri

Salah satu cara untuk menunjukkan orisinalitas dan kreativitas Kamu adalah dengan menulis dari perspektif Kamu sendiri. Kamu dapat menyampaikan pendapat, analisis, evaluasi, atau rekomendasi Kamu tentang topik yang Kamu bahas. Ini akan membuat karya tulis Kamu lebih menarik dan unik daripada sekadar menyajikan fakta atau informasi dari sumber lain.

8. Gunakan variasi bahasa

Untuk membuat karya tulis Kamu lebih bervariasi dan dinamis, Kamu dapat menggunakan variasi bahasa, seperti sinonim, antonim, kata majemuk, kata berimbuhan, idiom, peribahasa, dll. Variasi bahasa dapat membantu Kamu menyampaikan makna yang sama dengan cara yang berbeda dan menarik. Namun, pastikan Kamu menggunakan variasi bahasa dengan tepat dan sesuai dengan konteks.

Baca juga : Cara Menulis Jurnal Yang benar

9. Perhatikan format dan tata bahasa

Format dan tata bahasa adalah aspek penting dalam karya tulis akademik yang dapat mempengaruhi skor Turnitin. Pastikan Kamu mengikuti pedoman format yang ditentukan oleh institusi atau dosen Kamu, seperti margin, spasi, font, nomor halaman, dll. Juga, perhatikan tata bahasa, ejaan, tanda baca, dan kapitalisasi Kamu. Kesalahan-kesalahan ini dapat mengurangi kualitas dan kredibilitas karya tulis Kamu.

10. Jangan menunda-nunda

Menunda-nunda adalah kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan Kamu stres, panik, dan terburu-buru dalam menyelesaikan karya tulis Kamu. Ini akan meningkatkan risiko Kamu melakukan plagiarisme, baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Oleh karena itu, Kamu harus membuat jadwal yang realistis dan disiplin untuk menyelesaikan karya tulis Kamu dengan baik dan tepat waktu.

Demikianlah ulasan tentang Cara Menurunkan Skor Turnitin. Semoga bermanfaat ya. 

Posting Komentar untuk "Cara Menurunkan Skor Turnitin, Tips Terbaik Untuk Kamu"

Info paling Cepat ikuti sosial media kami 👇 dan saluran berita 👉 Google News