Top Up Mobile Legend

Cara Membersihkan dan Memutihkan Wajah dengan Bahan Alami

Cara Membersihkan dan Memutihkan Wajah dengan Bahan Alami

Wajah yang putih dan bersih adalah impian banyak orang, terutama wanita. Namun, tidak semua orang memiliki kulit wajah yang cerah secara alami. 

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kusam, seperti polusi, sinar matahari, stres, dan gaya hidup yang tidak sehat. 

Untuk mengatasi masalah ini, banyak orang yang mencoba berbagai produk pemutih wajah yang dijual di pasaran. Namun, produk-produk tersebut tidak selalu aman dan efektif untuk kulit. Beberapa bahkan dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya, seperti iritasi, alergi, atau kanker kulit.

Oleh karena itu, menggunakan bahan alami untuk memutihkan wajah adalah pilihan yang lebih baik. Bahan alami tidak hanya murah dan mudah didapatkan, tetapi juga lebih aman dan ramah lingkungan.

Selain itu, bahan alami juga memiliki kandungan nutrisi yang dapat membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah secara menyeluruh. 

Cara Membersihkan dan Memutihkan Wajah

Nah, Berikut adalah beberapa cara memutihkan wajah dengan bahan alami yang dapat Kamu coba di rumah.

1. Memutihkan Wajah dengan Lemon

Lemon adalah salah satu buah yang kaya akan vitamin C, yang merupakan antioksidan yang dapat mencerahkan kulit dan menghilangkan noda hitam. Lemon juga memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang dapat membantu membersihkan pori-pori dan mencegah jerawat. Caranya, peras air lemon dan oleskan ke seluruh wajah dengan kapas. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan ini dua kali sehari secara rutin.

Baca juga : Sabun Pemutih Wajah Terbaik

2. Memutihkan Wajah dengan Madu

Madu adalah bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah. Madu dapat melembapkan, menutrisi, menghaluskan, dan mengencangkan kulit. Madu juga memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat mengobati jerawat dan luka. Caranya, oleskan madu murni ke seluruh wajah dengan jari atau kuas. Biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan ini setiap hari sebelum tidur.

3. Memutihkan Wajah Yogurt

Yogurt adalah produk susu fermentasi yang mengandung asam laktat, yang dapat mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit. Yogurt juga mengandung probiotik yang dapat menjaga keseimbangan bakteri baik pada kulit dan mencegah infeksi. Caranya, oleskan yogurt tawar ke seluruh wajah dengan jari atau kuas. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air dingin. Lakukan ini dua atau tiga kali seminggu.

Baca juga : Herbal Pemutih Wajah

4. Memutihkan Wajah dengan Tomat

Tomat adalah sayuran yang kaya akan likopen, yang merupakan antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan radikal bebas. Tomat juga memiliki sifat adstringen yang dapat mengecilkan pori-pori dan mengontrol minyak pada kulit. Caranya, potong tomat menjadi irisan tipis dan tempelkan ke seluruh wajah dengan tekanan ringan. Biarkan selama 10 menit, lalu angkat dan bilas dengan air bersih. Lakukan ini setiap hari.

5. Memutihkan Wajah dengan Mentimun

Mentimun adalah sayuran yang memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga dapat melembapkan dan menyegarkan kulit. Mentimun juga memiliki sifat antiinflamasi dan antiiritan yang dapat meredakan kulit yang meradang atau gatal akibat paparan sinar matahari atau polusi. Caranya, potong mentimun menjadi irisan tipis dan tempelkan ke seluruh wajah dengan tekanan ringan. Biarkan selama 15 menit, lalu angkat dan bilas dengan air bersih. Lakukan ini setiap hari.

Baca juga : Kandungan Sabun Pemutih Wajah

6. Memutihkan Wajah dengan Bengkoang

Bengkoang adalah buah tropis yang memiliki kandungan vitamin C dan flavonoid yang dapat mencerahkan kulit dan menghilangkan flek hitam. Bengkoang juga memiliki sifat antiseptik dan antiinflamasi yang dapat mengobati jerawat dan luka. Caranya, parut bengkoang dan peras airnya. Oleskan air bengkoang ke seluruh wajah dengan kapas. Biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan ini dua kali sehari secara rutin.

7. Memutihkan Wajah dengan Lidah buaya

Lidah buaya adalah tanaman yang memiliki gel yang mengandung aloin, yang merupakan senyawa yang dapat menghambat produksi melanin pada kulit. Melanin adalah pigmen yang menentukan warna kulit. Dengan mengurangi melanin, kulit akan menjadi lebih cerah dan merata. Lidah buaya juga memiliki sifat antiinflamasi, antijamur, dan antibakteri yang dapat menyembuhkan kulit yang rusak atau berjerawat. Caranya, ambil gel lidah buaya dan oleskan ke seluruh wajah dengan jari atau kuas. Biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan ini setiap hari.

8. Memutihkan Wajah dengan Kunyit

Kunyit adalah rempah-rempah yang memiliki kandungan kurkumin, yang merupakan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas dan inflamasi. Kunyit juga memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang dapat membersihkan kulit dari kotoran dan bakteri penyebab jerawat. Caranya, campur kunyit bubuk dengan air atau susu hingga membentuk pasta. Oleskan pasta kunyit ke seluruh wajah dengan jari atau kuas. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan ini dua atau tiga kali seminggu.

9. Memutihkan Wajah dengan Teh hijau

Teh hijau adalah minuman yang kaya akan katekin, yang merupakan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dan mengurangi peradangan pada kulit. Teh hijau juga memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang dapat mencegah infeksi pada kulit. Caranya, seduh teh hijau dan biarkan dingin. Basahi kapas dengan air teh hijau dan oleskan ke seluruh wajah dengan gerakan memutar. Biarkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan ini dua kali sehari secara rutin.

Baca juga : Manfaat memutihkan Kulit

10. Memutihkan Wajah dengan Oatmeal

Oatmeal adalah bahan alami yang dapat berfungsi sebagai scrub atau eksfolian untuk kulit wajah. Oatmeal dapat mengangkat sel kulit mati, kotoran, dan minyak yang menyumbat pori-pori dan membuat kulit menjadi kusam. 

Oatmeal juga dapat menyerap kelebihan minyak pada kulit tanpa menghilangkan kelembapan alami kulit. Caranya, campur oatmeal dengan air atau madu hingga membentuk pasta.

Oleskan pasta oatmeal ke seluruh wajah dengan jari atau kuas dengan gerakan memijat lembut. Biarkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air bersih sambil terus memijat wajah. Lakukan ini dua atau tiga kali seminggu.

Itulah beberapa cara memutihkan wajah dengan bahan alami yang dapat Kamu coba di rumah. Selain menggunakan bahan alami, Kamu juga perlu menjaga pola makan yang sehat, minum air putih yang cukup, tidur yang cukup, olahraga secara teratur, dan menghindari stres untuk mendapatkan kulit wajah yang putih dan bersih secara alami.

Posting Komentar untuk "Cara Membersihkan dan Memutihkan Wajah dengan Bahan Alami"

Info paling Cepat ikuti sosial media kami 👇 dan saluran berita 👉 Google News