Top Up Mobile Legend

10 Universitas Terbaik di Australia, Inilah Keunggulan Kampusnya!

Universitas Terbaik Australia
Daftar Isi

Dalam artikel ini saya akan membahas tentang Universitas Terbaik di Australia serta Keunggulannya. Perlu dipahami bahwa Australia adalah salah satu negara yang banyak diminati oleh pelajar Indonesia untuk melanjutkan studi. 

Selain karena letaknya yang relatif dekat, Australia juga menawarkan kualitas pendidikan yang tinggi dan beragam pilihan jurusan. Tidak heran, banyak universitas di Australia yang masuk dalam peringkat 100 besar dunia. Namun, dari sekian banyak universitas di Australia, mana saja yang terbaik dan paling direkomendasikan? 

Universitas Terbaik Australia

Berikut ini kami sajikan daftar beberapa universitas terbaik di Australia serta keunggulannya, berdasarkan QS World University Rankings 2023.

1. Australian National University (ANU)

Universitas Terbaik Australia

ANU adalah universitas terbaik di Australia dan peringkat ke-24 di dunia. Universitas ini berlokasi di Canberra, ibu kota negara. ANU didirikan oleh Parlemen Australia pada tahun 1946 dan dikenal sebagai salah satu pusat penelitian terdepan di dunia. 

ANU memiliki reputasi yang baik di antara para akademisi, lulusan, dan mahasiswa internasional. ANU juga telah menghasilkan banyak tokoh terkemuka, seperti enam pemenang Nobel, dua perdana menteri Australia, dan puluhan duta besar.

2. University of Melbourne

Universitas Terbaik di Australia

University of Melbourne adalah universitas tertua kedua di Australia yang berdiri sejak tahun 1853. Universitas ini menempati peringkat ke-14 di dunia dan kedua di Australia. 

University of Melbourne memiliki 10 fakultas yang menawarkan program S1 hingga S3 di berbagai bidang keilmuan. Universitas ini juga memiliki fasilitas yang lengkap, mulai dari olahraga, budaya, hingga akomodasi. Beberapa alumni terkenal dari University of Melbourne adalah Najwa Shihab dan Agatha Chelsea.

3. University of Sydney

Universitas Terbaik Australia

University of Sydney adalah universitas tertua di Australia yang didirikan pada tahun 1850. Universitas ini berada di peringkat ke-19 di dunia dan ketiga di Australia. 

University of Sydney menawarkan disiplin ilmu yang luas dengan fokus pada penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat. 

Universitas ini juga memiliki kampus yang indah dan megah, dengan bangunan bergaya Gothic Revival. Salah satu alumni terkenal dari University of Sydney adalah Julie Bishop, mantan menteri luar negeri Australia.

4. University of New South Wales (UNSW)

Universitas Terbaik Australia

UNSW adalah salah satu anggota dari Group of Eight, yaitu perkumpulan universitas dengan penelitian paling terkemuka di Australia. 

UNSW berada di peringkat ke-19 di dunia dan keempat di Australia. UNSW berlokasi di Kensington, Sydney, dan memiliki lebih dari 50 ribu mahasiswa dari berbagai negara. UNSW menawarkan berbagai jurusan favorit, seperti teknik sipil, bisnis, hukum, dan kedokteran. Eddy Kusnadi Sariaatmadja adalah salah satu alumni terkenal dari UNSW.

5. University of Queensland (UQ)

Universitas Terbaik Australia

UQ adalah universitas tertua ketiga di Australia yang didirikan pada tahun 1909. UQ menempati peringkat ke-53 di dunia dan kelima di Australia. 

UQ berlokasi di Brisbane dan memiliki tiga kampus utama. UQ memiliki reputasi yang baik dalam bidang penelitian, terutama di bidang bioteknologi, lingkungan, teknologi informasi, dan ilmu sosial. UQ juga memiliki fasilitas olahraga yang canggih dan menjadi tuan rumah Olimpiade Mahasiswa pada tahun 2011.

6. Monash University

Universitas Terbaik Australia

Monash University adalah universitas publik terbesar di Australia dengan lebih dari 70 ribu mahasiswa. Monash University berada di peringkat ke-44 di dunia dan keenam di Australia. 

Monash University memiliki lima kampus di Melbourne dan satu kampus di Malaysia. Monash University menawarkan program akademis dan profesional di berbagai bidang, seperti seni, bisnis, pendidikan, teknik, hukum, kedokteran, dan farmasi. Monash University juga dikenal sebagai salah satu universitas paling inovatif dan progresif di Australia.

7. University of Western Australia (UWA)

Universitas Terbaik Australia

UWA adalah universitas tertua di Australia Barat yang didirikan pada tahun 1911. UWA menempati peringkat ke-86 di dunia dan ketujuh di Australia. 

UWA berlokasi di Perth dan memiliki kampus yang luas dan hijau. UWA memiliki lima fakultas yang menawarkan program S1 hingga S3 di bidang seni, bisnis, teknik, ilmu alam, dan ilmu kesehatan. UWA juga memiliki pusat penelitian yang unggul di bidang pertanian, lingkungan, energi, dan sumber daya alam.

8. University of Adelaide

Universitas Terbaik Australia

University of Adelaide adalah universitas tertua ketiga di Australia yang didirikan pada tahun 1874. University of Adelaide berada di peringkat ke-106 di dunia dan kedelapan di Australia. 

University of Adelaide berlokasi di Adelaide dan memiliki empat kampus utama. University of Adelaide memiliki lima fakultas yang menawarkan program S1 hingga S3 di bidang seni, teknik, ilmu alam, ilmu sosial, dan ilmu kesehatan. University of Adelaide juga memiliki tradisi akademis yang kuat dan telah menghasilkan lima pemenang Nobel.

9. University of Technology Sydney (UTS)

Universitas Terbaik Australia

UTS adalah salah satu universitas muda yang berkembang pesat di Australia. UTS didirikan pada tahun 1988 dan menempati peringkat ke-133 di dunia dan kesembilan di Australia. 

UTS berlokasi di Sydney dan memiliki kampus yang modern dan futuristik. UTS memiliki sembilan fakultas yang menawarkan program S1 hingga S3 di bidang seni, bisnis, desain, teknik, hukum, pendidikan, ilmu alam, dan ilmu kesehatan. UTS juga memiliki fokus pada penelitian yang terapan dan kolaboratif dengan industri.

10. University of Newcastle

Universitas Terbaik Australia

University of Newcastle adalah universitas publik yang didirikan pada tahun 1965. University of Newcastle berada di peringkat ke-197 di dunia dan kesepuluh di Australia. University of Newcastle berlokasi di Newcastle dan memiliki lima kampus utama. 

University of Newcastle memiliki enam fakultas yang menawarkan program S1 hingga S3 di bidang seni, bisnis, pendidikan, teknik, ilmu alam, dan ilmu kesehatan. University of Newcastle juga memiliki komitmen untuk memberikan pendidikan yang berkualitas dan inklusif bagi semua lapisan masyarakat.

Baca juga : Universitas Terbaik di China

Demikianlah daftar beberapa universitas terbaik di Australia serta keunggulannya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu yang ingin melanjutkan studi ke negeri kanguru. Jangan lupa untuk mempersiapkan segala persyaratan dan biaya kuliahnya ya!

Posting Komentar untuk "10 Universitas Terbaik di Australia, Inilah Keunggulan Kampusnya!"

Info paling Cepat ikuti sosial media kami 👇 dan saluran berita 👉 Google News