Manfaat Makanan Halal dan Baik untuk Tubuh, Ternyata Ini Faktanya!

Manfaat Makanan Halal

Dalam artikel ini kami akan membahas tentang Manfaat Makanan Halal untuk Tubuh. Mari kita awali dengan pengetahuan dasar mengenai makanan Halal. 

Secara sederhanana dapat dimaknai bahwa Makanan halal adalah makanan yang sesuai dengan syariat Islam, baik dari segi cara mendapatkan, mengolah, maupun kandungan yang ada di dalamnya. Makanan halal adalah kewajiban bagi umat Islam, karena Allah SWT telah memerintahkan kita untuk mengkonsumsi yang halal dan baik (tayyib). Makanan halal tidak hanya bermanfaat bagi agama, tetapi juga bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ini adalah 10 manfaat makanan halal untuk tubuh yang perlu

kita ketahui.

1. Makanan Halal Bisa Menjadi Sumber Tenaga

Makanan halal adalah sumber tenaga yang baik untuk tubuh kita, karena mengandung nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh sel-sel tubuh. Makanan halal juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu proses pembentukan energi. Dengan makanan halal, kita bisa beraktivitas dengan optimal, baik dalam urusan dunia maupun akhirat.

2. Makanan Halal Bisa Menghindarkan dari Sumber Penyakit

Makanan halal juga bisa menjaga tubuh kita dari sumber penyakit, baik yang bersifat fisik maupun psikis. Makanan halal tidak mengandung zat-zat berbahaya yang bisa merusak organ tubuh, seperti lemak jahat, kolesterol tinggi, racun, bakteri, virus, dan sebagainya. Makanan halal juga bisa mencegah penyakit degeneratif, seperti diabetes, jantung, stroke, kanker, dan sebagainya.

3. Makanan Halal Dapat Memperoleh Ridha Allah SWT

Mengkonsumsi makanan halal adalah salah satu bentuk ketaatan kita kepada Allah SWT, yang telah memberikan perintah dan larangan tentang apa yang boleh dan tidak boleh kita makan. Dengan mengkonsumsi makanan halal, kita bisa memperoleh ridha Allah SWT, yang merupakan tujuan utama hidup kita sebagai hamba-Nya. Ridha Allah SWT akan membawa kita kepada kebaikan dan keberkahan di dunia dan akhirat.

4. Makan Makananan Halal Adalah Bagian dari  Menjaga Akhlak

Makanan halal juga berpengaruh terhadap akhlak atau perilaku kita sebagai manusia. Makanan halal bisa membentuk akhlakul karimah, yaitu akhlak yang mulia dan terpuji, seperti jujur, sabar, ikhlas, tawakkal, syukur, dan sebagainya. Sebaliknya, makanan haram bisa menimbulkan akhlakul mazmumah, yaitu akhlak yang buruk dan tercela, seperti dusta, marah, sombong, iri hati, dengki, dan sebagainya.

5. Makanan Halal akan Memperbaiki Keturunan

Makanan halal juga berpengaruh terhadap keturunan atau generasi kita sebagai umat Islam. Makanan halal bisa meningkatkan kualitas genetik dan reproduksi kita, sehingga bisa melahirkan anak-anak yang sehat, cerdas, sholeh, dan sholehah. Makanan halal juga bisa menjaga kesucian darah dan daging kita dari campur aduk dengan makanan haram.

6. Makanan Halal dapat Memperoleh Pahala

Mengkonsumsi makanan halal adalah salah satu ibadah yang bisa mendatangkan pahala bagi kita sebagai umat Islam. Makanan halal adalah salah satu bentuk syukur kita kepada Allah SWT atas nikmat yang telah diberikan-Nya kepada kita. Makanan halal juga adalah salah satu bentuk dakwah kita kepada orang lain untuk mengajak mereka mengikuti perintah Allah SWT.

7. Makanan Halal dapat Memperkuat Iman

Makanan halal juga bisa memperkuat iman kita sebagai umat Islam. Makanan halal adalah salah satu cara untuk menjaga kesempurnaan tauhid kita kepada Allah SWT sebagai satu-satunya Tuhan yang berhak disembah dan mentaati segala perintah-Nya tanpa syirik dan bid'ah. Makanan halal juga adalah salah satu cara untuk menjauhi godaan syaitan yang selalu berusaha menyesatkan kita dari jalan yang lurus.

8. Makanan Halal Dapat Memberikan Ketenangan

Makanan halal juga bisa memberikan ketenangan bagi jiwa dan hati kita sebagai umat Islam. Makanan halal adalah salah satu sumber kebahagiaan dan kedamaian yang bisa kita rasakan di dunia ini. Makanan halal juga bisa menghilangkan rasa cemas, khawatir, gelisah, dan takut yang sering mengganggu kita dalam menjalani hidup ini.

9. Makanan Halal Dapat Mendatangkan Rezeki Baik

Makanan halal juga bisa mendatangkan rezeki yang baik bagi kita sebagai umat Islam. Makanan halal adalah salah satu sebab untuk mendapatkan berkah dan barokah dari Allah SWT dalam segala urusan kita, baik materi maupun non-materi. Makanan halal juga adalah salah satu sebab untuk mendapatkan kemudahan dan kesejahteraan dalam hidup ini.

10. Makanan Halal Menjaga Kekhusyukan Sholat

Makanan halal juga bisa menjaga kekhusyukan sholat kita sebagai umat Islam. Makanan halal adalah salah satu syarat untuk bisa melaksanakan sholat dengan baik dan benar, tanpa ada halangan atau gangguan dari dalam maupun luar. Makanan halal juga adalah salah satu syarat untuk bisa meraih kualitas sholat yang tinggi, yaitu sholat yang dilakukan dengan hati yang bersih, pikiran yang fokus, dan tubuh yang suci.

11. Makanan Halal Dapat Mendapatkan Perlindungan

Makanan halal juga bisa mendapatkan perlindungan dari Allah SWT bagi kita sebagai umat Islam. Makanan halal adalah salah satu cara untuk memohon perlindungan Allah SWT dari segala bahaya dan musibah yang mengancam kita di dunia ini. Makanan halal juga adalah salah satu cara untuk memohon perlindungan Allah SWT dari siksa neraka di akhirat nanti.

Itulah  manfaat makanan halal untuk tubuh yang bisa kita peroleh jika kita taat kepada perintah Allah SWT. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang pentingnya makanan halal bagi kehidupan kita sebagai umat Islam. Aamiin.

Baca juga : 

Info paling Cepat ikuti sosial media kami 👇 dan saluran berita 👉 Google News