Top Up Mobile Legend

Makanan Khas Sumatera Barat Yang Enak dan Terkenal, Ini Rekomendasi Terbaik

Makanan Khas Sumatera Barat Yang Enak

Dalam artikel ini kami tim seribupena.com akan berbagi informasi tentang Makanan Khas Sumatera Barat Yang Enak dan Terkenal

Banyak wisatawan yang datang ke Sumatera Barat untuk mencicipi makanan-makanan lezat yang menggugah selera. Apa saja makanan khas Sumatera Barat yang wajib dicoba? 

Berikut ini adalah 10 di antaranya.

1. Makanan Khas Rendang

Rendang merupakan makanan khas Sumatera Barat yang paling populer dan mendunia. Rendang bahkan pernah dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia oleh CNN International pada tahun 2011.

Rendang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan santan dan berbagai rempah-rempah seperti kunyit, jahe, lengkuas, serai, cabai, bawang merah, bawang putih, dan lain-lain. 

Proses memasak rendang membutuhkan waktu yang lama, sehingga daging menjadi empuk dan bumbu meresap ke dalamnya. Rendang memiliki rasa yang gurih, pedas, dan harum. Rendang biasanya disajikan dengan nasi putih atau ketupat.

2. Makanan Khas Sate Padang

Sate Padang merupakan salah satu jenis sate yang berasal dari Sumatera Barat. Sate Padang terbuat dari daging sapi atau lidah sapi yang dipotong-potong kecil dan ditusuk dengan tusukan bambu. Daging sate kemudian dibakar di atas arang hingga matang dan beraroma. 

Sate Padang disajikan dengan kuah kacang yang kental dan berwarna kuning. Kuah kacang ini dibuat dari bumbu-bumbu seperti cabai, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, ketumbar, jintan, dan lain-lain. Sate Padang juga ditambahkan dengan irisan bawang goreng dan daun bawang sebagai pelengkap. Sate Padang biasanya dimakan dengan lontong atau nasi.

3. Makanan Khas Dendeng Balado

Dendeng Balado merupakan makanan khas Sumatera Barat yang terbuat dari daging sapi yang diiris tipis-tipis dan dikeringkan. Daging dendeng kemudian digoreng hingga renyah dan dilumuri dengan bumbu balado yang pedas. 

Bumbu balado terbuat dari cabai merah, bawang merah, bawang putih, garam, gula, dan asam jawa. Dendeng Balado memiliki rasa yang gurih, pedas, dan manis. Dendeng Balado cocok disantap dengan nasi hangat atau sebagai camilan.

4. Makanan Khas Lontong Sayur

Lontong Sayur adalah makanan khas Sumatera Barat yang biasanya dijadikan sebagai menu sarapan. Lontong Sayur terdiri dari lontong atau ketupat yang dipotong-potong dan disiram dengan kuah sayur santan. Kuah sayur santan ini berisi sayuran seperti labu siam, kacang panjang, kol, daun singkong, dan terong. 

Kuah sayur santan juga diberi bumbu seperti cabai rawit, lengkuas, asam kandis, kunyit, serai, dan daun jeruk. Lontong Sayur juga ditambahkan dengan ikan asin jambal, udang rebus, ikan teri goreng, telur rebus, kerupuk merah, dan sambal hijau sebagai pelengkap.

5. Makanan Khas Ayam Pop

Ayam Pop merupakan makanan khas Sumatera Barat yang terbuat dari ayam utuh yang direbus dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, jahe, serai, daun salam, daun jeruk,

garam, gula, dan air kelapa muda. Ayam Pop memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang gurih namun tidak berminyak. Ayam Pop biasanya disajikan dengan sambal lado mudo, yaitu sambal hijau yang terbuat dari cabai hijau, bawang putih, garam, dan jeruk nipis.

6. Makanan Khas Ikan Asam Padeh

Ikan Asam Padeh merupakan makanan khas Sumatera Barat yang terbuat dari ikan yang dimasak dengan kuah asam pedas. Ikan yang digunakan bisa berbagai jenis, seperti ikan tongkol, ikan bawal, ikan tenggiri, atau ikan kakap. 

Kuah asam padeh dibuat dari bumbu-bumbu seperti cabai merah, cabai hijau, bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, serai, asam kandis, daun kunyit, daun jeruk, dan garam. Ikan Asam Padeh memiliki rasa yang segar, pedas, dan asam. Ikan Asam Padeh biasanya disantap dengan nasi putih atau lontong.

7. Makanan Khas Itiak Lado Mudo

Itiak Lado Mudo adalah makanan khas Sumatera Barat yang terbuat dari itik atau bebek yang dimasak dengan bumbu lado mudo. Bumbu lado mudo adalah bumbu hijau yang terbuat dari cabai hijau, bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, serai, daun salam, daun jeruk, garam, gula, dan santan. Itiak Lado Mudo memiliki rasa yang pedas dan gurih. Itiak Lado Mudo biasanya disajikan dengan nasi atau ketupat.

8. Makanan Khas Lamang

Lamang merupakan makanan khas Sumatera Barat yang terbuat dari beras ketan yang dimasak dalam bambu. Lamang memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis. 

Lamang biasanya dimakan dengan taburan kelapa parut atau gula merah cair. Lamang juga bisa ditambahkan dengan durian atau tape ketan sebagai variasi. Lamang biasanya dijual di pinggir jalan atau di pasar tradisional.

9. Makanan Khas Ale-Ale

Ale-Ale adalah makanan khas Sumatera Barat yang terbuat dari tepung sagu yang dicampur dengan air dan gula merah. Adonan sagu kemudian dibentuk menjadi bulatan-bulatan kecil dan direbus hingga mengapung. Ale-Ale memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis. Ale-Ale biasanya disajikan dengan kuah santan atau kuah jahe.

10. Makanan Khas Asem Pandeh Daging

Asem Pandeh Daging merupakan makanan khas Sumatera Barat yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan kuah asam pedas. Kuah asam pandeh daging dibuat dari bumbu-bumbu seperti cabai merah, bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, serai, asam kandis, daun salam, daun jeruk, garam, dan gula. 

Asem Pandeh Daging memiliki rasa yang segar, pedas, dan asam. Asem Pandeh Daging biasanya disantap dengan nasi putih atau lontong.


Baca juga : 

Posting Komentar untuk "Makanan Khas Sumatera Barat Yang Enak dan Terkenal, Ini Rekomendasi Terbaik"

Info paling Cepat ikuti sosial media kami 👇 dan saluran berita 👉 Google News