Keunggulan dan Kekurangan Gofood, Aplikasi Pesan Makanan

Keunggulan dan Kekurangan Gofood, Aplikasi Pesan Makanan

Gofood merupakan salah satu layanan pesan-antar makanan daring yang terintegrasi dengan aplikasi Gojek. Dengan Gofood, Kamu bisa memesan berbagai jenis makanan dari ribuan mitra merchant Gojek yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Apa saja keunggulan Gofood untuk Pesan Makanan Terdekat sehingga membuatnya menjadi pilihan favorit banyak orang? Yuk simak lebih lanjut di bawah ini.

Keunggulan Gofood untuk Layanan Pesan Makanan

Nah, berikut ini kami ulas beberapa keunggulan Gofood untuk pesan makanan terdekat.

1. Pemesanan Makanan Praktis dan Mudah

Anda tidak perlu repot keluar rumah atau kantor untuk mencari makanan. Cukup buka aplikasi Gojek, pilih menu Gofood, dan masukkan lokasi Kamu. 

Kamu bisa melihat daftar merchant yang tersedia di sekitar Kamu, beserta menu, harga, dan estimasi waktu pengantaran. 

Kamu juga bisa mencari makanan berdasarkan kategori, misalnya nasi, ayam, pizza, atau kopi. Setelah memilih makanan yang Kamu inginkan, Kamu bisa langsung melakukan pembayaran daring melalui berbagai metode, seperti GoPay, OVO, LinkAja, kartu kredit, atau transfer bank. 

Driver Gojek akan mengambil pesanan Kamu di merchant dan mengantarkannya ke lokasi Kamu dengan cepat dan aman.

2. Pemesanan Makanan Banyak Pilihan Makanan

Gofood memiliki lebih dari 500 ribu mitra merchant di seluruh Indonesia, yang menawarkan berbagai jenis makanan, mulai dari makanan tradisional, makanan cepat saji, makanan internasional, hingga makanan sehat. Kamu bisa menemukan makanan favorit Kamu di Gofood, baik itu soto, bakso, nasi goreng, sushi, burger, pizza, salad, atau smoothie. Kamu juga bisa mencoba makanan baru yang sedang hits atau rekomendasi dari Gofood. Apapun selera Kamu, pasti ada di Gofood.

3. Pemesanan Makanan Hemat dan Terjangkau

Gofood memberikan harga yang kompetitif dan terjangkau untuk semua makanan yang ditawarkan. Kamu bisa mendapatkan diskon hingga 50% untuk berbagai menu pilihan setiap harinya. Kamu juga bisa menghemat biaya pengiriman dengan memilih opsi Gofood Hemat, yang menggabungkan pesanan Kamu dengan pesanan orang lain yang berada di dekat lokasi Kamu. Selain itu, Kamu juga bisa mendapatkan cashback dan poin reward jika Kamu membayar dengan GoPay, yang bisa ditukarkan dengan voucher atau promo menarik lainnya.

4. Pemesanan Makanan yang Berkualitas dan Higienis

Gofood menjamin kualitas dan kebersihan makanan yang diantarkan kepada Kamu. Semua mitra merchant Gofood harus memenuhi standar kesehatan dan keamanan pangan yang ditetapkan oleh pemerintah dan Gojek. Selain itu, semua driver Gojek juga dilengkapi dengan tas khusus yang dapat menjaga suhu dan keutuhan makanan selama perjalanan. Kamu juga bisa melihat rating dan ulasan dari pelanggan lain tentang makanan dan layanan dari setiap merchant di aplikasi Gojek.

5. Pemesanan Makanan yang Ramah Lingkungan

Gofood berkomitmen untuk menjaga lingkungan dengan mengurangi penggunaan plastik dan kemasan sekali pakai. Gofood bekerja sama dengan mitra merchant untuk menyediakan opsi kemasan ramah lingkungan, seperti kertas daur ulang, kertas nasi, atau wadah bambu. Kamu juga bisa memilih opsi tanpa sendok garpu plastik jika Kamu sudah memiliki peralatan makan sendiri. Selain itu, Gofood juga mendukung gerakan #BebasOngkirPlastik, yang memberikan gratis ongkir untuk pesanan minimal Rp 50 ribu yang menggunakan kemasan ramah lingkungan.

6. Mendukung UMKM Lokal

Gofood adalah platform yang membantu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di bidang kuliner untuk berkembang dan bersaing di era digital. Dengan bergabung dengan Gofood, para pelaku UMKM bisa meningkatkan omzet dan jangkauan pasar mereka dengan mudah dan efisien. 

Kekurangan Gofood untuk Layanan Pesan Makanan

Ada beberapa kekurangan yang mungkin membuat Kamu kurang puas dengan layanan ini. Berikut ini kekurangan Gofood untuk layanan pemesanan makanan yang perlu Kamu ketahui.

1. Biaya antar yang bervariasi

Gofood menghitung biaya antar berdasarkan jarak antara lokasi Kamu dan restoran yang Kamu pilih. Semakin jauh jaraknya, semakin besar biaya antarnya. Ini bisa membuat Kamu merasa tidak adil jika Kamu tinggal di daerah yang jauh dari pusat kota atau restoran favorit Kamu.

2. Waktu tunggu yang lama

Selain biaya antar, waktu tunggu juga dipengaruhi oleh jarak antara lokasi Kamu dan restoran yang Kamu pilih. Semakin jauh jaraknya, semakin lama waktu tunggunya. Selain itu, waktu tunggu juga tergantung pada faktor-faktor lain seperti lalu lintas, cuaca, dan ketersediaan driver. Ini bisa membuat Kamu merasa tidak sabar atau lapar jika Kamu memesan makanan saat jam sibuk atau cuaca buruk.

3. Kualitas makanan yang tidak terjamin

Gofood tidak bertanggung jawab atas kualitas makanan yang disajikan oleh mitra restorannya. Kamu hanya bisa mengandalkan ulasan dan rating dari pengguna lain untuk menilai kualitas makanan yang Kamu pesan. Namun, ulasan dan rating ini bisa saja tidak akurat atau tidak objektif. Ini bisa membuat Kamu merasa kecewa atau tidak enak jika makanan yang Kamu pesan tidak sesuai dengan harapan atau deskripsi yang ada di aplikasi.

4. Pilihan makanan yang terbatas. Gofood hanya menyediakan pilihan makanan dari mitra restoran yang bekerja sama dengan Gojek. Ini berarti Kamu tidak bisa memesan makanan dari restoran yang tidak terdaftar di aplikasi Gojek, meskipun restoran tersebut berada di dekat lokasi Kamu atau menyajikan makanan favorit Kamu. Ini bisa membuat Kamu merasa bosan atau tidak puas dengan pilihan makanan yang ada di Gofood.

5. Kesalahan pesanan yang sering terjadi

Gofood mengandalkan sistem komunikasi antara driver, restoran, dan pelanggan untuk memproses pesanan makanan. Namun, sistem ini bisa saja mengalami gangguan, kesalahan, atau kekeliruan yang menyebabkan pesanan Kamu salah atau tidak sesuai dengan permintaan Kamu. Ini bisa membuat Kamu merasa marah atau frustasi jika Kamu harus menghubungi driver, restoran, atau layanan pelanggan Gojek untuk memperbaiki kesalahan pesanan Kamu.

6. Pembatalan pesanan yang sulit

Gofood memiliki kebijakan pembatalan pesanan yang ketat dan rumit. Kamu hanya bisa membatalkan pesanan Kamu dalam waktu 5 menit setelah melakukan pemesanan, dan hanya jika driver belum mengambil pesanan Kamu dari restoran. Jika driver sudah mengambil pesanan Kamu, Kamu harus membayar biaya antar penuh dan biaya makanan yang sudah dibeli oleh driver. Ini bisa membuat Kamu merasa rugi atau terjebak jika Kamu ingin membatalkan pesanan Kamu karena alasan tertentu.

7. Pengembalian uang yang lama 

Jika Kamu berhasil membatalkan pesanan Kamu atau mendapatkan pengembalian uang karena kesalahan pesanan atau kualitas makanan yang buruk, proses pengembalian uangnya bisa memakan waktu lama dan merepotkan. Kamu harus mengisi formulir pengembalian uang di aplikasi Gojek, menyertakan bukti-bukti seperti foto atau video, dan menunggu konfirmasi dari tim layanan pelanggan Gojek. Ini bisa membuat Kamu merasa kesal atau tidak percaya dengan layanan Gofood.

Info paling Cepat ikuti sosial media kami 👇 dan saluran berita 👉 Google News