Solusi Digitalisasi Transaksi Bisnis, Paper.id atau Freshbooks?

Paper.id

Bisnis harus terus beradaptasi dengan berbagai kemajuan teknologi yang ada. Tak boleh lagi hanya dikelola dengan cara manual. Sebab zaman sudah secanggih ini, tentu semua hal harusnya lebih instan dan cepat atau bahasa kerennya adalah eranya digitalisasi, termasuk dalam mengelola sebuah bisnis.

Kalau bisnis kamu masih kecil, mungkin kamu hanya membutuhkan layanan digital sederhana dalam mengelola bisnis, yang dengan aplikasi E-Wallet juga sudah bisa. Namun, untuk bisnis skala menengah-besar dengan segala operasionalnya, tentu harus ditopang dengan teknologi yang serba otomatis. Aplikasi digital yang dibutuhkan tentunya lebih canggih dari sekedar E-Wallet.

Nah, dalam artikel ini saya akan bagikan 2 informasi layanan yang bisa dijadikan solusi mengelola bisnis yang cukup besar yakni Paper.id dan Freshbooks. Di sini, saya akan membandingkan di antara dua aplikasi tersebut, manakah aplikasi yang bisa diandalkan dalam digitalisasi transaksi bisnis, mulai dari pembayaran, fitur pengelolaan keuangan hingga keunggulan lainnya dari masing-masing aplikasi tersebut.  


Paper.id

1. Fitur Aplikasi Paper.id

Menurut saya, Paper.id adalah salah satu aplikasi digitalisasi transaksi bisnis yang sangat berguna untuk bisnis skala menengah hingga besar. Fitur utamanya adalah pembuatan invoice digital dan pembayaran transaksi yang kemudian dilengkapi dengan berbagai fitur lainnya yang membuat ratusan ribu pebisnis mempercayakan dan menggunakan aplikasi paper.id ini. Fitur-fitur yang diberikan oleh paper.id antara lain: 

Invoice Penjualan

Dengan membuat invoice penjualan secara digital, maka invoice tidak harus diketik secara manual. Bayangkan berapa banyak penghematan waktu, biaya kertas, dan biaya tenaga yang diperoleh lewat digitalisasi invoice tersebut. 

Fitur invoice penjualan ini juga memungkinkan kamu mengirim tagihan digital tersebut kepada customer via WhatsApp, Email dan SMS dengan sangat mudah. Lebih kerennya lagi, kamu bisa langsung menggunakan E-meterai, jadi kamu tidak perlu repot membeli meterai fisik di minimarket, kantor pos, atau tempat lainnya demi menguatkan keaslian invoice penjualan kamu. Sehingga dokumen kamu menjadi lebih kredibel dan profesional dengan adanya E-meterai. 

Pembayaran Digital

Yang menjadi keunggulan utama Paper.id adalah integrasi antara pembuatan invoice digital dengan pembayaran digital sekaligus ke dalam satu aplikasi. Manfaat digital dan instannya diperoleh sekalian. Paper.id menyediakan beberapa fitur untuk aplikasi pembayaran digital untuk pembayaran bisnis kamu, di antaranya: 

  • PaperPay in: Layanan ini memudahkan kamu dalam melakukan penagihan dan menerima pembayaran dengan mudah. Karena tagihannya dibuat secara digital, lalu invoice digital tersebut dikirimkan via WhatsApp, email, maupun SMS kepada customer. Kemudian customer bebas melakukan pembayaran kepada kamu karena sudah terhubung dengan berbagai metode pembayaran yang sudah disediakan, mulai dari kartu kredit, transfer bank, QRIS, hingga marketplace. Pembayaran yang kamu terima langsung tercatat juga secara digital di pembukuan perusahaan. 

  • PaperPay Out: Bagi kamu yang tak ingin dipusingkan dengan transaksi yang rumit ke supplier atau vendor, fitur ini bisa jadi solusi terbaik untuk masalah itu. Bayar supplier atau vendor dengan alat-alat pembayaran digital pasti diterima meskipun mereka tidak menyediakan mesin EDC. Selain itu, kamu juga punya kesempatan menambah tempo pembayaran mulai dari 30 hingga 45 hari jika menggunakan kartu kredit. Jadi, tidak perlu khawatir lagi cash flow bisnis kamu akan macet! Yang jelas, keluarnya uang untuk bayar supplier atau vendor akan langsung tercatat di pembukuan keuangan perusahaan. 

  • PAPERCARD: Adalah layanan co-brand kartu kredit untuk transaksi bisnis  yang berkolaborasi antara Paper.id, Bank BRI & Visa  . Layanan PAPERCARD sifatnya sebagai penunjang 2 fitur (PaperPay In & Out) yang sudah disebutkan sebelumnya. Kartu ini akan memudahkan transaksi bisnis kamu karena limit yang ditawarkan lebih tinggi dari kartu kredit pribadi dengan periode jatuh tempo hingga 55 hari setelah tanggal cetak tagihan. Tentu saja keunggulan utamanya adalah keterhubungan langsung dengan Paper.id. Lebih kerennya lagi, dengan menggunakan PAPERCARD memungkinkan kamu bisa menikmati berbagai keuntungan eksklusif seperti kartu kredit pribadi, yaitu mendapat point & miles hingga dapat akses airport lounge

Rekonsiliasi Otomatis

Dalam mengelola bisnis, hal terpenting yang harus dilakukan adalah mencatat pengeluaran. Dengan aplikasi Paper.id kamu tidak perlu lagi mencatat pengeluaran secara manual, apalagi sampai pusing mengumpulkan kwitansi pembelanjaan. Jika bisnis sudah mencapai skala menengah apalagi besar, menelusuri pengeluaran tentu sangat merepotkan dan menguras banyak tenaga. 
Nah, Paper.id bisa jadi solusi pencatatan pengeluaran bisnis secara lengkap. Sebab, Paper.id bisa melakukan rekonsiliasi pembayaran invoice secara real time. Sehingga, lewat satu dashboard saja, maka kamu bisa melihat invoice mana saja yang sudah dibayar (paid) dan belum dibayar (unpaid).

Freshbook

2. Fitur Aplikasi Freshbooks 

Perlu diketahui bahwa Freshbooks merupakan aplikasi transaksi bisnis. Fitur utamanya adalah pembuatan invoice digital serta terhubung dengan gerbang pembayaran (payment gateway) sehingga bisa membayar ke berbagai jenis saluran pembayaran.  

Pencatatan Keuangan 

Fitur pencatatan keuangan ini dikenal dengan fitur akuntansi online. Dengan hadirnya fitur ini, maka pelaku bisnis bisa membuat faktur penjualan, bisa melacak pengeluaran/pembelian, dan melihat laporan keuangan dengan mudah. 

Terkoneksi dengan berbagai Aplikasi 

Dalam hal pembayaran, Freshbooks terhubung dengan gerbang pembayaran Paypal. Selain itu, terhubung dengan beberapa aplikasi populer seperti Shopify (e-commerce) dan Mailchimp (email marketing). Dengan adanya koneksi ke Paypal, Freshbooks mendukung pembayaran berbagai jenis mata uang. Selain itu, fitur tambahan di dalamnya adalah menghitung pajak sesuai negara yang dituju.  

Konversi Mata Uang Secara Otomatis 

Fitur Freshbooks juga mendukung konversi berbagai mata uang sehingga memudahkan perhitungan transaksi berbagai negara dengan perbedaan mata uang.  

Pembayaran secara Online 

Aplikasi Freshbooks juga mendukung pembayaran secara online. Pembayaran bisa dilakukan dengan beragam jenis perbankan dan juga mendukung pembayaran menggunakan kartu kredit.  

Mana lebih baik, Paper.id atau Freshbooks? 

Secara umum, Paper.id dan Freshbooks memiliki kesamaan yakni menyediakan fitur akuntansi bisnis dan juga pembayaran digital. Namun, secara spesifik Paper.id jauh lebih banyak fitur yang disediakan, terutama untuk keperluan bisnis yang lebih besar dan profesional.

Kalau dilihat dari berbagai fitur yang disediakan, Paper.id memiliki layanan transaksi keuangan bisnis lebih lengkap dan kemudahan pembayaran dengan penagihan lebih mudah. Meskipun Freshbooks mendukung layanan pembayaran kartu kredit, tetapi tidak ada jaminan kecepatan transaksi seperti yang dijanjikan oleh Paper.id

Sudah disebutkan sebelumnya, bahwa Freshbooks memang mendukung mata uang berbagai negara. Hanya saja, perlu dicatat bahwa Freshbooks mendukung mata uang yang pertama kali dipilih saat membuat akun. Ketika pertama kali memilih salah satu mata uang yang akan digunakan, maka itulah mata uang yang akan dijadikan acuan/patokan untuk seterusnya. 

Nah, kalau membayar dengan mata uang yang berbeda, maka akan perlu tambahan aplikasi untuk mengkonversi mata uang tujuan. Ini menjadikan transaksi dengan Freshbooks menjadi sedikit lebih kompleks dan lebih lama dibandingkan dengan Paper.id

Pada Paper.id kamu bisa mengirim notifikasi tagihan kepada customer bahkan bisa langsung ke kontak WhatsApp mereka. Sedangkan pada aplikasi Freshbooks tidak memiliki reminder (pengingat) atau semacam notifikasi ke customer. Alhasil ini sangat merepotkan jika kamu sudah memiliki ratusan bahkan ribuan customer.

Saya pikir, dalam mengelola bisnis skala menengah-besar, kita harus lebih teliti memilih aplikasi layanan untuk mendukung jalannya bisnis, terutama pembuatan tagihan, administrasi keuangan hingga layanan transaksi yang ditawarkan.

Saya sendiri lebih merekomendasikan Paper.id sebagai solusi bisnis masa depan. Hal yang paling saya sukai adalah integrasi layanan pembuatan invoice, pembayaran digital, dan pembukuan perusahaan menjadi satu kesatuan aplikasi. 

Nah, kalau kamu ingin serius menjalankan bisnis dengan rapi tanpa ribet, Paper.id adalah salah satu solusi terbaik untuk kamu.

Posting Komentar untuk "Solusi Digitalisasi Transaksi Bisnis, Paper.id atau Freshbooks?"

Info paling Cepat ikuti sosial media kami 👇 dan saluran berita 👉 Google News