Ingin Sewa Kantor Untuk Perusahaan? Simak Tipsnya Berikut Ini!

sewa kantor di South Quarter di Jakarta

Saat perusahaan berjalan dengan baik dan bisnis terus tumbuh, mau tidak mau Anda perlu menambah jumlah karyawan agar pekerjaan jadi lebih ringan serta bisnis bisa terjaga dengan baik. Karena jumlah orang serta berkas terus bertambah, sewa kantor adalah hal yang masuk akal. Seperti sewa kantor di South Quarter di Jakarta selatan yang menawarkan ruang kantor nyaman serta luas.

Dibandingkan dengan membeli ruang kantor, sewa kantor lebih masuk akal khususnya untuk perusahaan yang sedang berkembang. Dengan harga yang lebih terjangkau serta lebih fleksibel, sewa kantor dapat membantu bisnis lebih maju.

Tips Sewa Kantor Untuk Perusahaan

Nah, jika Anda baru pertama kali ingin menyewa ruang kantor, perhatikan 5 tips sewa kantor berikut ini, ya!

1. Ruang Kantor atau Coworking Place?

Tips yang pertama adalah menentukan ruang kantor atau ruang yang ada di coworking place. Seperti yang kita tahu, bagi beberapa perusahaan, punya ruang kantor yang besar menjadi suatu kebutuhan untuk operasional kantor Kebutuhan akan tempat untuk menyimpan berkas, menampung karyawan, serta menjadi tempat bekerja terus menghantui. Kalau sudah begitu, kamu bisa tentukan ingin sewa ruang kantor atau cukup coworking place.

Kedua pilihan itu masuk akal, kok. Keduanya menawarkan ruangan, kenyamanan, dan tentu saja keamanan. Bahkan, saat ini harga ruang kantor di gedung perkantoran bisa setara atau beberapa ada yang lebih murah dari coworking place, lho! Walau begitu, coworking space menawarkan kepraktisan serta desain yang lebih mengedepankan aesthetic. 

Untuk menentukan hal ini, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan. Dimulai dari jumlah karyawan perusahaan Anda, apakah cukup jika ditampung di Coworking Place? Jika tidak, sewa kantor di gedung perkantoran bisa jadi solusi. Selain itu, perhatikan juga fasilitas yang ditawarkan baik oleh pihak gedung perkantoran dan coworking space. Dan yang tidak kalah penting, sesuaikan dengan budget perusahaan Anda, dong!

2. Lokasi Kantor

Setelah mantap memilih ruang kantor di salah satu gedung perkantoran seperti South Quarter, berarti Anda telah menimbang dengan matang lokasi gedung kantor tersebut. Ya, lokasi gedung kantor juga punya peranan yang ga kalah penting, nih! Lokasi kantor yang strategis tentu akan memudahkan Anda, staff, dan juga klien nantinya. 

Pertimbangkan aksesibilitas bagi karyawan dan klien, ketersediaan transportasi umum, dan keberadaan fasilitas pendukung seperti bank, restoran, atau pusat perbelanjaan. Ga cuma itu, fasilitas di sekitar gedung seperti lift, kantin, hingga tempat beribadah juga perlu dicek, ya! Lokasi yang baik dapat membantu memperluas jangkauan bisnis Anda dan memudahkan interaksi dengan klien Anda.

Selain berhubungan dengan kemudahan akses dan fasilitas, lokasi kantor yang strategis juga berpengaruh kepada perusahaan, lho! Perusahaan yang menyewa ruang kantor di daerah bisnis yang bergengsi atau pusat kota jadi punya kesan profesionalisme dan keberhasilan kepada klien, nih. Lokasi yang baik dapat meningkatkan reputasi perusahaan dan memberikan kepercayaan kepada klien bahwa perusahaan Anda punya  keseriusan dan berkomitmen terhadap bisnis yang sedang dijalankan. 

3. Cek Kondisi Ruangan!

Kalau lokasi sudah oke, selanjutnya jangan lupa cek kondisi calon ruangan kantor Anda, ya. Anda bisa mulai dengan cek fisik ruang kantor, mulai dari dinding, langit-langit, dan juga bagian lantai untuk mengetahui ada kerusakan atau bahkan kebocoran. Selain itu, antisipasi juga retakan atau bocoran air yang berpotensi mengganggu kenyamanan staff Anda.

Perhatikan juga kondisi lain di ruangan tersebut, mulai dari sistem elektrikal atau kelistrikan. Pastikan kelistrikan berfungsi normal dan siap untuk membantu Anda menjalankan bisnis tanpa ada gangguan. Periksa juga bagian jendela, ya. Jendela yang cukup dan pencahayaan alami yang baik dapat menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan dan produktif. Periksa jendela berfungsi dengan baik, apakah ada retakan atau kebocoran atau gangguan untuk membuka jendela.

Tidak lupa, perhatikan juga pendingin ruangan di ruang kantor Anda. Cek semua bagian apakah pendingin ruangan bekerja seperti biasa tanpa ada gangguan atau kurang dingin. Suasana kantor tentu harus nyaman, terbayang kan jika salah satu pendingin tidak bekerja sebagaimana mestinya?

4. Fasilitas Yang Diberikan

Saat Anda ingin menyewa ruang kantor, pihak gedung akan menjelaskan fasilitas apa saja yang akan Anda dapatkan selama Anda berada di gedung tersebut. Pastikan fasilitas yang Anda dapatkan mencakup kenyamanan, keamanan, dan juga fleksibilitas yang dapat membantu staff Anda jadi lebih efektif saat bekerja.

Salah yang penting adalah layanan internet. Pekerjaan Anda tentu membutuhkan jaringan internet yang stabil dan cepat. Anda bisa cek provider internet apa yang digunakan oleh gedung serta tidak ada salahnya untuk meminta pemberitahuan jika ke depannya akan ada perbaikan jaringan internet. Sehingga, Anda bisa memberikan sounding atau memberi tahu staff Anda untuk melanjutkan pekerjaan dengan hotspot seluler atau di tempat lain.

Hal yang tidak kalah penting lainnya adalah layanan kebersihan dan keamanan. Penyewa kantor biasanya menyediakan layanan kebersihan secara reguler. Tim kebersihan akan membersihkan dan merawat area kantor, termasuk membersihkan ruang kerja, toilet, dapur, dan ruang umum lainnya. Layanan kebersihan yang baik menjaga kebersihan dan kenyaman lingkungan kerja. Begitu juga dengan keamanan, umumnya setiap gedung perkantoran dilengkapi dengan security dan sistem keamanan 24 jam lengkap dengan CCTV dan akses masuk khusus.

5. Perhatikan Kontrak

Langkah terakhir adalah memperhatikan kontrak yang akan Anda setujui. Sebelum Anda membubuhkan tanda tangan, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Pertama, bacalah kontrak sewa dengan cermat, termasuk semua klausa dan ketentuan yang tercantum di dalamnya. Perhatikan setiap detail penting, seperti durasi sewa, biaya sewa, tanggal mulai dan berakhirnya kontrak, serta persyaratan pembayaran.

Selain itu, perhatian juga poin lain mulai dari hak dan tanggung jawab Anda sebagai penyewa, sistem pembayaran, tanggung jawab perbaikan, peraturan gedung, hingga ketentuan perubahan kontrak. Semua itu perlu Anda lakukan demi masa depan yang tenang dan juga untuk bisnis yang stabil.

Demikian 5 poin yang perlu Anda perhatikan saat ingin menyewa ruang kantor. Pusing cari ruang kantor di daerah Jakarta? Jangan bingung, Anda bisa buka website SewakantorCBD! Ada banyak database gedung kantor di area Jakarta yang bisa Anda akses.

Info paling Cepat ikuti sosial media kami 👇 dan saluran berita 👉 Google News