Top Up Mobile Legend

Conditional Tag Blogger Terbaru

Conditional Tag Blogger Terbaru

Halo teman-teman semua! Apa kabar? Semoga sehat dan bahagia selalu ya. Kali ini saya mau berbagi tentang apa itu conditional tag blogger dan bagaimana cara menggunakannya.

Conditional tag blogger adalah sebuah kode yang bisa kita gunakan untuk mengatur tampilan blog kita sesuai dengan kondisi halaman tertentu.

Misalnya, kita ingin menampilkan widget tertentu hanya di halaman beranda, atau kita ingin menyembunyikan widget tertentu di halaman error. Dengan conditional tag blogger, kita bisa melakukan hal-hal seperti itu dengan mudah.
Daftar Isi

Conditional Tag Blogger

Berikut ini daftar Conditional Tag yang bisa digunakan di Blogger

1. Conditional Tag Blogger untuk Homepage

Conditional Tag Blogger ini khusus untuk pengaturan di halaman utama blogger. Kode ini tidak akan jalan di halaman selain halaman utama.
<b:if cond='data:view.isHomepage'>
<!-- kode yang akan dijalankan jika kondisi terpenuhi -->
</b:if>

2. Conditional Tag Blogger untuk Multiple Page

Conditional Tag Blogger ini meliputi halaman indeks seperti homepage, halaman pencarian, halaman arsip dan halaman artikel atau page or post
<b:if cond='data:view.isMultipleItems'>
<!-- kode yang akan dijalankan jika kondisi terpenuhi -->
</b:if>

3. Conditional Tag Halaman Item untuk Posting dan Page

Conditional Tag Blogger ini meliputi ini meliputi Halaman posting blog serta halaman statis.
<b:if cond='data:view.isSingleItem'>
<!-- kode yang akan dijalankan jika kondisi terpenuhi -->
</b:if>

4. Conditional Tag Blogger untuk Halaman Posting

<b:if cond='data:view.isPost'>
<!-- kode yang akan dijalankan jika kondisi terpenuhi -->
</b:if>

5. Conditional Tag Blogger khusus Halaman Page atau halaman Statis

Jika kamu ingin pengaturan di halaman statis bisa menggunakan Conditional Tag Blogger ini
<b:if cond='data:view.isPage'>
<!-- kode yang akan dijalankan jika kondisi terpenuhi -->
</b:if>

6. Conditional Tag Blogger untuk Halaman URL khusus

<b:if cond='data:view.url == data:blog.homepageUrl path "<Path Halaman Tertentu>"'>

Contoh Penerapan Conditional Tag ini yaitu :
<b:if cond='data:view.url == data:blog.homepageUrl path "/p/terimakasih.html"'>

7. Conditional Tag Blogger khusus untuk Halaman Label

<b:if cond='data:view.isLabelSearch'>
<!-- kode yang akan dijalankan jika kondisi terpenuhi -->
</b:if>

8. Conditional Tag Blogger khusus untuk Halaman Pencarian

Pada halaman pencarian kamu bisa menggunakan pengaturan khusus dengan memanfaatkan conditional Taq Berikut ini
<b:if cond='data:view.isSearch and !data:view.isLabelSearch'>
<!-- kode yang akan dijalankan jika kondisi terpenuhi -->
</b:if>

9. Conditional Tag Blogger khusus untuk Halaman Arsip

<b:if cond='data:view.isArchive'>
<!-- kode yang akan dijalankan jika kondisi terpenuhi -->
</b:if>

10. Conditional Tag Blogger khusus Halaman Error 404 (Page Not Found)

<b:if cond='data:view.isError'>
<!-- kode yang akan dijalankan jika kondisi terpenuhi -->
</b:if>

11. Conditional Tag Blogger khusus Halaman Mobile

Khusus halaman mobile biasanya ada tambahan parameter ?m=1. Maka bisa dilakukan pengaturan dengan conditional Tag berikut ini
<b:if cond='data:blog.isMobileRequest'>
<!-- kode yang akan dijalankan jika kondisi terpenuhi -->
</b:if>

12. Conditional Tag Blogger untuk Halaman Pratinjau atau Preview

<b:if cond='data:view.isPreview'>
<!-- kode yang akan dijalankan jika kondisi terpenuhi -->
</b:if>

13. Conditional Tag Blogger khusus Halaman Edit Layout di Dashboard

<b:if cond='data:view.isLayoutMode'>
<!-- kode yang akan dijalankan jika kondisi terpenuhi -->
</b:if>

14. Conditional Tag Blogger khusus Deklarasi NOT, AND, OR

Conditional Tag NOT
<b:if cond='!data:view.isPost'>
<!-- kode yang akan dijalankan jika kondisi terpenuhi -->
</b:if>

Conditional Tag AND
<b:if cond='!data:view.isPost and data:view.isMultipleItems'>
<!-- kode yang akan dijalankan jika kondisi terpenuhi -->
</b:if>
Conditional Tag OR
<b:if cond='data:view.isPost or data:view.isMultipleItems'>
<!-- kode yang akan dijalankan jika kondisi terpenuhi -->
</b:if>

Conditional Tag untuk Label Tertentu di Blogger

<b:if cond='data:post.labels any (label =&gt; label.name in [ &quot;Sponsored&quot; ])'>
<!-- kode yang akan dijalankan jika kondisi terpenuhi berdasarkan label yang dipilih -->
</b:if>

Tag Kondisional Blogger di atas akan dieksekusi berdasarkan label sponsored. Silakan diganti dengan label yang diinginkan untuk menerapkan perubahan Css, Java Script atau lainnya. 

Manfaat Conditional Tag Blogger

Conditional tag sangat berguna untuk mengoptimalkan tampilan dan performa blog kita. Nah, di artikel ini, saya akan berbagi 10 manfaat conditional tag Blogger yang mungkin belum kalian ketahui. Yuk, simak!

1. Menghemat ruang sidebar

Dengan conditional tag, kita bisa menampilkan widget yang berbeda di sidebar tergantung pada halaman yang dikunjungi pengunjung.

Misalnya, kita bisa menampilkan widget profil atau tentang blog hanya di halaman beranda, dan menampilkan widget terkait atau populer hanya di halaman postingan. Dengan begitu, kita bisa menghemat ruang sidebar dan membuatnya tidak terlalu penuh.

2. Meningkatkan CTR iklan

Conditional tag juga bisa membantu kita meningkatkan click-through rate (CTR) iklan di blog kita. Kita bisa menyesuaikan posisi dan ukuran iklan sesuai dengan konten dan layout halaman.

Misalnya, kita bisa menampilkan iklan besar di atas judul postingan di halaman beranda, dan menampilkan iklan kecil di bawah judul postingan di halaman postingan. Dengan begitu, kita bisa menarik perhatian pengunjung dan meningkatkan peluang mereka mengklik iklan.

3. Mempercepat waktu muat blog

Conditional tag juga bisa mempercepat waktu muat blog kita dengan mengurangi jumlah elemen yang dimuat di setiap halaman. Kita bisa memilih elemen apa saja yang ingin kita tampilkan atau sembunyikan di setiap halaman dengan conditional tag.

Misalnya, kita bisa menyembunyikan gambar header atau footer di halaman postingan, dan hanya menampilkannya di halaman beranda. Dengan begitu, kita bisa mengurangi ukuran file dan bandwidth yang dibutuhkan untuk memuat blog kita.

4. Meningkatkan SEO blog

Conditional tag juga bisa meningkatkan SEO (search engine optimization) blog kita dengan menghindari duplikasi konten dan meningkatkan relevansi konten dengan kata kunci pencarian.

Kita bisa menggunakan conditional tag untuk menambahkan atau menghapus elemen tertentu yang berkaitan dengan SEO di setiap halaman.

Misalnya, kita bisa menambahkan meta description atau meta keywords hanya di halaman postingan, dan menghapusnya di halaman lain. Dengan begitu, kita bisa memberi sinyal kepada mesin pencari tentang topik dan isi konten kita.

5. Meningkatkan kualitas konten

Conditional tag juga bisa meningkatkan kualitas konten kita dengan membuatnya lebih fokus dan sesuai dengan tujuan halaman.

Kita bisa menggunakan conditional tag untuk menyesuaikan konten yang ditampilkan di setiap halaman sesuai dengan kebutuhan dan minat pengunjung.

Misalnya, kita bisa menampilkan kutipan atau ringkasan postingan di halaman beranda, dan menampilkan konten lengkap di halaman postingan.

Dengan begitu, kita bisa memberi pengunjung gambaran umum tentang konten kita dan membuat mereka tertarik untuk membaca lebih lanjut.

6. Meningkatkan interaksi pengunjung

Conditional tag juga bisa meningkatkan interaksi pengunjung dengan blog kita dengan memberi mereka pilihan dan kemudahan untuk berbagi atau berkomentar.

Kita bisa menggunakan conditional tag untuk menampilkan atau menyembunyikan elemen sosial media atau komentar di setiap halaman sesuai dengan konteks dan tujuan halaman.

Misalnya, kita bisa menampilkan tombol share atau like hanya di halaman postingan, dan menyembunyikan tombol follow atau subscribe di halaman lain.

Dengan begitu, kita bisa mendorong pengunjung untuk berinteraksi dengan konten kita dan meningkatkan keterlibatan mereka.

7. Meningkatkan personalisasi blog

Conditional tag juga bisa meningkatkan personalisasi blog kita dengan memberi kesan unik dan eksklusif kepada pengunjung.

Kita bisa menggunakan conditional tag untuk menampilkan konten yang berbeda tergantung pada identitas atau preferensi pengunjung.

Misalnya, kita bisa menampilkan pesan sambutan atau ucapan terima kasih kepada pengunjung baru atau lama, atau menampilkan konten yang relevan dengan lokasi atau bahasa pengunjung. Dengan begitu, kita bisa membuat pengunjung merasa spesial dan dihargai.

8. Meningkatkan variasi blog

Conditional tag juga bisa meningkatkan variasi blog kita dengan memberi kesempatan kepada pengunjung untuk melihat konten yang berbeda dari biasanya.

Kita bisa menggunakan conditional tag untuk menampilkan konten yang acak atau dinamis di setiap halaman sesuai dengan waktu atau kejadian tertentu.

Misalnya, kita bisa menampilkan postingan terbaru atau terpopuler di halaman beranda secara bergantian, atau menampilkan postingan yang berkaitan dengan hari raya atau musim tertentu. Dengan begitu, kita bisa membuat blog kita lebih hidup dan menarik.

9. Meningkatkan kreativitas blog

Conditional tag juga bisa meningkatkan kreativitas blog kita dengan memberi ruang bagi kita untuk bereksperimen dengan desain dan konten blog kita.

Kita bisa menggunakan conditional tag untuk mencoba hal-hal baru yang mungkin tidak biasa atau tidak mungkin dilakukan tanpa conditional tag.

Misalnya, kita bisa membuat efek animasi atau transisi pada elemen blog kita, atau membuat konten interaktif seperti kuis atau polling dengan conditional tag. Dengan begitu, kita bisa membuat blog kita lebih unik dan berbeda dari yang lain.

10. Meningkatkan kemampuan blogging

Conditional tag juga bisa meningkatkan kemampuan blogging kita dengan memberi tantangan dan pelajaran bagi kita untuk belajar lebih banyak tentang kode dan teknik blogging.

Kita bisa menggunakan conditional tag untuk mempelajari cara kerja kode HTML, CSS, JavaScript, ataupun XML yang digunakan oleh Blogger sebagai platform blogging.

Kita juga bisa mempelajari cara mengoptimalkan kode dan konten blog kita agar lebih efisien dan efektif dengan conditional tag. Dengan begitu, kita bisa menjadi blogger yang lebih profesional dan handal.

Nah, itu dia conditional tag Blogger serta 10 manfaatnya yang saya bagikan kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu kalian dalam membuat blog kalian lebih baik lagi dengan conditional tag Blogger.

Baca juga :

Posting Komentar untuk "Conditional Tag Blogger Terbaru"

Info paling Cepat ikuti sosial media kami 👇 dan saluran berita 👉 Google News