Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi Sebagian

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi - Halo, teman-teman! Apakah kalian pernah mengalami masalah keyboard laptop yang tidak berfungsi? Mungkin kalian sedang mengetik tugas penting atau email penting, tapi tiba-tiba keyboard laptop kalian macet dan tidak bisa mengetik apa-apa. 

Atau mungkin kalian sedang asyik bermain game online, tapi keyboard laptop kalian tidak responsif dan membuat kalian kalah terus. Pasti rasanya kesal dan frustasi, kan?

Tenang saja, kalian tidak perlu panik atau buru-buru membeli keyboard laptop baru. Ada beberapa cara yang bisa kalian coba untuk memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi.

Cara-cara ini cukup mudah dan tidak membutuhkan biaya banyak. Siapkan saja laptop kalian, obeng kecil, kuas, dan sedikit kesabaran. 

Solusi Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi Sebagian

Berikut adalah cara-cara yang bisa kalian lakukan:

1. Cek apakah ada tombol yang macet atau tersangkut

Cara Mudah Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi

Kadang-kadang, keyboard laptop tidak berfungsi karena ada satu atau beberapa tombol yang macet atau tersangkut oleh debu, kotoran, atau benda asing lainnya. 

Untuk memeriksanya, kalian bisa mencabut tombol-tombol yang bermasalah dengan hati-hati menggunakan obeng kecil atau alat lain yang cocok. Setelah itu, bersihkan bagian bawah tombol dan bagian dalam keyboard dengan kuas atau kain lembut. 

Pasang kembali tombol-tombol yang sudah dicabut dan coba tes apakah keyboard sudah berfungsi normal.

2. Cek apakah ada masalah dengan driver keyboard

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi

Driver adalah perangkat lunak yang menghubungkan antara hardware dan sistem operasi laptop.

Jika driver keyboard bermasalah, maka keyboard laptop juga bisa tidak berfungsi dengan baik. Untuk memeriksanya, kalian bisa membuka Device Manager di laptop kalian dan cari bagian Keyboard. Klik kanan pada keyboard yang terdeteksi dan pilih Update Driver Software. 

Ikuti instruksi yang muncul di layar dan tunggu proses update selesai. Setelah itu, restart laptop kalian dan coba tes apakah keyboard sudah berfungsi normal.

3. Cek apakah ada masalah dengan port USB atau konektor keyboard

Cara Mudah Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi

Jika kalian menggunakan keyboard eksternal yang terhubung ke laptop melalui port USB atau konektor lainnya, maka ada kemungkinan port atau konektor tersebut bermasalah dan menyebabkan keyboard tidak berfungsi.

Untuk memeriksanya, kalian bisa mencoba mengganti port atau konektor yang digunakan dengan yang lain dan coba tes apakah keyboard sudah berfungsi normal. Jika masih tidak berfungsi, maka kemungkinan besar masalahnya ada di keyboard itu sendiri.

4. Cek apakah ada masalah dengan pengaturan keyboard

Terkadang, keyboard laptop tidak berfungsi karena pengaturan keyboard yang salah atau tidak sesuai dengan bahasa yang digunakan. 

Untuk memeriksanya, kalian bisa membuka Control Panel di laptop kalian dan cari bagian Region and Language. Di sana, kalian bisa melihat pengaturan bahasa dan format yang digunakan oleh laptop kalian. 

Pastikan bahwa pengaturan tersebut sesuai dengan bahasa dan format yang kalian inginkan. Jika tidak sesuai, ubahlah sesuai kebutuhan kalian dan klik Apply. Setelah itu, coba tes apakah keyboard sudah berfungsi normal.

5. Cek apakah ada masalah dengan virus atau malware 

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi

Virus atau malware adalah program jahat yang bisa merusak atau mengganggu fungsi-fungsi laptop kalian, termasuk keyboard. 

Jika kalian curiga bahwa laptop kalian terinfeksi virus atau malware, maka segera lakukan scan dengan antivirus atau anti-malware yang terpercaya dan hapus semua program jahat yang ditemukan. 

Setelah itu, restart laptop kalian dan coba tes apakah keyboard sudah berfungsi normal.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kalian coba untuk memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi. 

Semoga cara-cara ini bermanfaat dan berhasil mengatasi masalah kalian. Jika masih belum berhasil juga, maka mungkin sudah saatnya kalian membawa laptop kalian ke service center atau membeli keyboard laptop baru yang lebih bagus dan awet.

Cara Merawat Keyboard Laptop Agar Tetap Berfungsi Normal

Cara Merawat Keyboard Laptop Agar tetap Berfungsi - Apakah kamu sering menggunakan laptop untuk bekerja, belajar, atau bermain game? Jika iya, pasti kamu tahu betapa pentingnya keyboard laptop sebagai alat input yang paling sering digunakan. 

Namun, apakah kamu juga tahu cara merawat keyboard laptop agar tetap berfungsi dengan baik dan awet?

Keyboard laptop adalah salah satu komponen yang paling rentan mengalami kerusakan karena berbagai faktor, seperti debu, kotoran, cairan, atau tekanan yang terlalu keras. 

Kerusakan keyboard laptop bisa menyebabkan beberapa masalah, seperti tombol yang macet, tidak responsif, atau bahkan rusak sama sekali. Tentu saja hal ini sangat mengganggu produktivitas dan kenyamanan kamu dalam menggunakan laptop.

Ada beberapa cara merawat keyboard laptop yang bisa kamu lakukan secara rutin. Cara-cara ini tidak sulit dan tidak membutuhkan biaya yang besar, tapi bisa membuat keyboard laptop kamu tetap berfungsi dengan optimal. Penasaran apa saja? Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Bersihkan keyboard laptop secara berkala

Ini adalah cara merawat keyboard laptop yang paling dasar dan mudah dilakukan. Kamu bisa menggunakan kuas halus, kain lembut, atau tisu basah untuk membersihkan permukaan keyboard laptop dari debu dan kotoran yang menempel. Lakukan ini setidaknya seminggu sekali agar keyboard laptop kamu tetap bersih dan sehat.

2. Hindari menyentuh keyboard laptop dengan tangan basah atau berminyak

Tangan basah atau berminyak bisa meninggalkan noda atau jejak jari pada keyboard laptop yang sulit dibersihkan. Selain itu, tangan basah atau berminyak juga bisa merusak sirkuit atau komponen elektronik di dalam keyboard laptop. Oleh karena itu, pastikan tangan kamu kering dan bersih sebelum menyentuh keyboard laptop.

3. Jauhkan keyboard laptop dari cairan

Hal Ini adalah cara merawat keyboard laptop yang paling penting dan harus diingat baik-baik. Cairan adalah musuh utama dari keyboard laptop karena bisa menyebabkan korsleting atau kerusakan permanen pada keyboard laptop. Jadi, jangan pernah menaruh minuman, makanan, atau benda-benda cair lainnya di dekat keyboard laptop. Jika terlanjur tumpah, segera matikan laptop dan lap kering keyboard laptop dengan kain atau tisu.

4. Tekan tombol keyboard laptop dengan lembut dan wajar

Keyboard laptop dirancang untuk menahan tekanan yang normal dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Namun, jika kamu menekan tombol keyboard laptop dengan terlalu keras atau kasar, bisa menyebabkan tombol menjadi macet, patah, atau aus. Selain itu, tekanan yang terlalu keras juga bisa merusak sambungan antara tombol dan papan sirkuit di dalam keyboard laptop. Oleh karena itu, tekan tombol keyboard laptop dengan lembut dan wajar saja.

5. Gunakan pelindung keyboard laptop jika perlu

Jika kamu sering menggunakan laptop di tempat-tempat yang berdebu, lembab, atau berisiko terkena cairan, kamu bisa menggunakan pelindung keyboard laptop untuk melindungi keyboard laptop dari faktor-faktor tersebut. 

Pelindung keyboard laptop biasanya berbentuk plastik tipis yang ditempelkan di atas permukaan keyboard laptop. Pelindung keyboard laptop bisa mencegah debu, kotoran, cairan, atau benda-benda asing lainnya masuk ke dalam celah-celah antara tombol.

Itulah beberapa cara merawat keyboard laptop agar tetap berfungsi dengan baik dan awet. Dengan melakukan cara-cara tersebut secara rutin dan disiplin, kamu bisa menjaga kesehatan dan kinerja keyboard laptop kamu tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar untuk memperbaiki atau mengganti keyboard laptop yang rusak.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menghibur untuk sobat semua. Jangan lupa untuk selalu menjaga perangkat elektronik kamu agar tetap awet dan optimal. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Referensi : 

https://www.laptopmag.com/articles/fix-sticky-keyboard-keys
https://www.drivereasy.com/knowledge/how-to-fix-laptop-keyboard-not-working-in-windows-10/
https://www.makeuseof.com/tag/how-to-fix-a-broken-keyboard/
https://support.microsoft.com/en-us/windows/change-the-language-your-keyboard-types-0f8bfe14-0c72-9c7d-815e-155372fbd2f4
https://www.avg.com/en/signal/how-to-remove-virus-from-laptop

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi Sebagian"

Info paling Cepat ikuti sosial media kami 👇 dan saluran berita 👉 Google News