Rekomendasi Buah yang Terbaik untuk menu Buka Puasa - Saat kamu berpuasa seharian tentu akan mengalami rasa haus yang luar biasa. Tentu untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh selain air juga adalah buah-buahan. 

Alasan penting memilih buah karena selain untuk menyegarkan tubuh juga bisa mengurangi dehidrasi setelah seharian berpuasa. 

Ada 5 rekomendasi buah yang cocok untuk menu buka puasa untuk kamu 

1. Buah Semangka

Terdapat 92% kandungan air dalam buah semangka. Kandungan air ini cukup untuk kebutuhan kamu tatkala mengalami dehidrasi saat berpuasa. 

Selain kandungan air yang cukup, semangka juga termasuk salah satu buah terbaik yang memiliki kandungan yang mudah diserap oleh tubuh

Seperti dikutip dari Mayo Clinic bahwa semangka memiliki kandungan Vitamin C, B6 dan Vitamin A. Tentu semua vitamin tersebut sangat baik untuk tubuh. 

Seperti Vitamin A yang baik untuk kesehatan kulit dan mata. Vitamin B6 sangat berguna untuk memecah protein dalam makanan. Selain itu Vitamin b6 juga berguna untuk kekebalan tubuh dan fungsi saraf. 

Khusus untuk Vitamin C sangat berguna untuk kekebalan tubuh dan berguna untuk menyerap zat besi. 

2. Buah Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah terbaik untuk menu buka puasa. Sebab Alpukat mengandung lemah tak jenuh tunggal, serat, potasium, magnesium, tembaga serta kaya akan vitamin B, C,E dan K. Semua vitamin tersebut sangat berguna untuk nutrisi. 

Alpukat juga cukup membuat tubuh merasa lebih kecang saat berbuka puasa. Hal tersebut akan mencegah kita memakan makanan berat lainnya yang kurang bermanfaat bagi tubuh. 

3. Buah Kurma

Buah Kurma merupakan buah favorite terbaik untuk buka puasa. Hal tersebut sesuai dengan diriwayatkan Anas bin Malik, "Rasulullah SAW berbuka dengan beberapa kurma basah sebelum mendirikan salat. Apabila tidak ada maka dengan kurma kering. Apabila tidak ada maka beliau meminum air." (HR Dawud).

Berdasarkan keterangan yang dikutip dari The Healthsite bahwa buah kurma adalah salah satu makanan yang menjadi sumber serat dan antioksidan. Hal tersebut sangat baik untuk tubuh kami. Selain itu, kurma juga banyak mengandung Zat Besi yang nanti akan sangat bermanfaat menyeimbangkan kadar hemoglobin.

4. Buah Apel

Buah Apel merupakan buah yang sangat baik untuk tubuh karena memiliki kandungan air yang tinggi serta memiliki kandungan serat. Selain itu, buah Apel juga termasuk buah yang kaya akan kandungan antioksidan seperti VitaminE, Polifenol yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. 

5. Buah Pepaya

Pepaya adalah salah satu buah yang baik untuk kesehatan tubuh terutama saat kamu ingin berbuka puasa. Pepaya akan membantu kelancaran pencernaan terutama untuk buang air besar. Selain itu, pepaya juga sangat berguna karena memiliki kandungan Antioksidan untuk melawan Radikan Bebas. 

Buah Pepaya juga bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel dan mengurangi tingkat kolestrol jahat. 

Berdasarkan keterangan yang dikutip dari Everyday Health bahwa pepaya termasuk buah yang sangat baik untuk menurunkan berat badan. Hal tersebut dikarenakan pepaya memiliki jumlah kalori yang rendah. Selain itu, Pepaya juga kaya akan serat dan pepaya juga akan membantu kamu lebih cepat kenyang. 

Baca Juga : VIO Optical Clinic