Arti Vision therapy dan Cara Mudah Vision Therapy

Arti Vision therapy dan Cara Mudah Vision Therapy

Halo, teman-teman! Apakah kalian pernah mendengar tentang vision therapy? Jika belum, maka kalian berada di tempat yang tepat. Hari ini, saya akan menjelaskan apa itu vision therapy dan bagaimana cara kerjanya.

Apa itu Vision therapy

Vision therapy adalah sebuah program latihan mata yang bertujuan untuk meningkatkan fungsi visual dan kesehatan mata. 

Vision therapy tidak sama dengan kacamata atau kontak lensa yang hanya mengoreksi gangguan refraksi seperti rabun jauh atau rabun dekat. Vision therapy juga tidak sama dengan operasi mata yang hanya memperbaiki struktur fisik mata.

Vision therapy lebih fokus pada aspek neurologis dan perilaku dari penglihatan. Vision therapy membantu mengembangkan keterampilan visual seperti fokus, koordinasi mata, persepsi kedalaman, pengenalan bentuk, dan kemampuan membaca. 

Vision therapy juga membantu mengatasi masalah visual seperti mata malas, strabismus, konvergensi insufisiensi, dan disleksia.

Vision therapy dilakukan dengan bantuan dokter spesialis mata yang disebut optometris. Optometris akan melakukan pemeriksaan mata menyeluruh untuk menentukan kondisi visual pasien dan merancang program vision therapy yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pasien. 

Program vision therapy biasanya melibatkan latihan mata yang dilakukan di rumah atau di klinik dengan menggunakan alat-alat seperti kartu huruf, bola mata, prisma, filter warna, dan komputer.

Manfaat dari vision therapy adalah beragam dan bergantung pada kondisi visual masing-masing pasien. 

Secara umum, vision therapy dapat meningkatkan kualitas hidup pasien dengan memperbaiki kemampuan belajar, bekerja, bermain, dan berinteraksi dengan orang lain. Vision therapy juga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan kesejahteraan emosional pasien.

Cara Mudah Vision Therapy

Tidak perlu khawatir, teman-teman. Kita bisa melakukan vision therapy di rumah dengan mudah dan menyenangkan. Berikut adalah beberapa langkah-langkah vision therapy yang bisa kita coba:

  1. Palming
    Palming adalah teknik untuk merelaksasi mata dengan menutupnya dengan telapak tangan. Caranya adalah duduk dengan nyaman di kursi atau sofa, lalu letakkan kedua telapak tangan di atas mata dengan jari-jari saling bersilangan di dahi.

    Pastikan tidak ada cahaya yang masuk ke mata. Rasakan kehangatan dari telapak tangan dan bernapaslah dengan tenang. Lakukan ini selama 5-10 menit setiap hari.

  2. Pencil push-ups
    Pencil push-ups adalah latihan untuk melatih kemampuan akomodasi mata, yaitu kemampuan mata untuk menyesuaikan fokus dari jarak jauh ke dekat atau sebaliknya.

    Caranya adalah pegang sebuah pensil di depan wajah dengan lengan lurus, lalu fokuskan pandangan ke ujung pensil. Kemudian, bawa pensil perlahan-lahan mendekati hidung sambil tetap mempertahankan fokus.

    Jika mata mulai kabur atau melihat ganda, berhentilah dan ulangi dari awal. Lakukan ini 10 kali setiap hari.

  3. Eye tracking
    Eye tracking adalah latihan untuk melatih kemampuan mengikuti gerakan benda dengan mata tanpa menggerakkan kepala.

    Caranya adalah pegang sebuah benda kecil yang menarik perhatian, seperti bola warna-warni atau mainan favorit.

    Lalu, gerakkan benda tersebut di depan wajah dari kiri ke kanan, atas ke bawah, diagonal, dan lingkaran. Ikuti gerakan benda tersebut dengan mata tanpa menggerakkan kepala. Lakukan ini selama 5 menit setiap hari.

  4. Brock string
    Brock string adalah alat sederhana yang terdiri dari seutas tali panjang dengan beberapa manik-manik berwarna yang diselipkan di sepanjangnya.

    Caranya adalah ikatkan salah satu ujung tali ke sebuah benda yang tinggi, seperti tiang lampu atau paku di dinding.

    Lalu, pegang ujung tali yang lain di depan hidung dengan jarak sekitar 10 cm. Fokuskan pandangan ke salah satu manik-manik yang paling dekat dengan hidung.

    Jika mata bekerja sama dengan baik, kita akan melihat dua tali yang bersilangan di manik-manik tersebut. Jika tidak, kita akan melihat dua manik-manik atau dua tali yang tidak bersilangan.

    Tujuannya adalah untuk membuat mata bisa melihat silang-silang secara konsisten di setiap manik-manik. Pindahkan fokus dari satu manik-manik ke manik-manik lainnya secara bergantian. Lakukan ini selama 10 menit setiap hari.

  5. Computer games
    Computer games adalah cara yang menyenangkan untuk melakukan vision therapy sambil bermain.

    Ada banyak jenis permainan komputer yang bisa melatih kemampuan penglihatan kita, seperti permainan teka-teki, memori, reaksi cepat, koordinasi mata-tangan, dan lain-lain.

    Caranya adalah pilihlah permainan komputer yang sesuai dengan minat dan tingkat kesulitan kita. Lalu, mainkan permainan tersebut dengan fokus dan konsentrasi tinggi. Pastikan untuk beristirahat setiap 20 menit sekali.

Baca juga : 

Posting Komentar untuk "Arti Vision therapy dan Cara Mudah Vision Therapy"

Info paling Cepat ikuti sosial media kami 👇 dan saluran berita 👉 Google News