Inilah 10 Tips agar Kamu Tetap Produktif

10 Tips Produktif

Tips Tetap Produktif - Kita semua berharap dapat menyelesaikan lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat . Semakin produktif kita, semakin besar kemungkinan kita naik level, semakin banyak waktu pribadi yang kita miliki, dan semakin dekat kita untuk mencapai tujuan kita. 

10 Tips agar Kamu Tetap Produktif

Pada saat yang sama, bekerja lebih keras tidak akan terjadi jika kamu menggertak diri sendiri. kamu tidak dapat secara ajaib mengubah diri kamu menjadi mesin pelaksana tugas, mesin pengaduk proses dengan menekan tombol.

Namun, kamu dapat menciptakan lingkungan alami yang mendorong kamu untuk melakukan yang terbaik dengan menggunakan berbagai trik dan permainan psikologis. 

1. Sadarilah bahwa sebagian besar dari apa yang kamu lakukan tidak penting

“Jika kamu melihat apa yang telah kamu lakukan dalam 40 jam kerja terakhir, kemungkinan besar kamu akan melihat bahwa sekitar 30 dari jam tersebut dihabiskan untuk hal-hal yang tidak direncanakan, tidak perlu, atau bahkan sama sekali tidak produktif,” tulis Sean Mize untuk Lifehack . “Dan ini bukan hanya 40 jam terakhir dari kehidupan kerja kamu; itu masalah minggu demi minggu.

Terlepas dari apakah kamu yakin itu benar untuk kamu, luangkan waktu untuk membuat buku harian interval 15 menit selama 40 jam berikutnya. 

Selama setiap periode 15 menit, catat apa yang sedang kamu kerjakan. “Hitung semua periode pada akhir 40 jam,” tambahnya. “kamu kemungkinan besar akan kagum dengan tugas-tugas tidak produktif yang kamu lakukan, bahkan jika kamu yakin kamu 80%+ produktif saat ini.”

kamu mungkin menemukan bahwa menjadi lebih produktif bukanlah tentang menambahkan sesuatu ke dalam jadwal kamu. 

Sebaliknya, akan lebih baik jika kamu mulai dengan menghilangkan semua yang tidak perlu. kamu dapat dengan mudah menambahkan beberapa jam lagi dengan memangkas 40 jam kerja dalam seminggu menjadi 10 jam.

Ketika kamu mengurangi 40 jam kerja seminggu menjadi 10 jam, kamu menyelesaikan dua kali lebih banyak dalam waktu setengahnya, dengan setengah stres, dan dengan lebih sedikit kemungkinan kelelahan , kata Mize.

2. Atur pikiran kamu

Ketika pikiran seseorang tidak teratur, lingkungannya biasanya juga tidak teratur… kebalikannya juga benar. Sangat mudah untuk merasa tidak produktif ketika yang kamu lihat hanyalah tumpukan tugas yang belum selesai.

Saya sarankan untuk menarik napas dalam-dalam jika di situlah kamu memulai. Lagi pula, kamu tidak akan mencapai apa pun hanya dengan ikut-ikutan. Jadi, singkatnya, atur pikiran kamu dan jernihkan kepala kamu terlebih dahulu.

Menurut Dewan Nasional Penuaan, disorganisasi mental menciptakan lebih banyak stres dan perilaku impulsif, yang tidak membantu untuk menjadi produktif. 

Untuk mengatur pikiran kamu, luangkan waktu sejenak untuk berpikir, membuat jurnal, berdoa, atau bermeditasi sebelum memulai daftar tugas kamu. Membuat rencana akan jauh lebih mudah jika kamu mengatur tugas dengan kejelasan dan tujuan.

3. Pertahankan interval waktu yang singkat

Bagi banyak dari kita, memulai adalah bagian yang paling menantang dari setiap tugas yang sulit. kamu mungkin membuang waktu untuk menunda-nunda jika kamu tahu kamu memiliki proyek besar atau beberapa tugas yang tidak kamu sukai. 

Penundaan adalah masalah umum di kalangan pekerja, dengan 88% dari mereka menunda setidaknya satu jam sehari .

Alih-alih berkomitmen pada proyek tiga jam, berkomitmenlah untuk memulainya hanya dalam lima menit. 

kamu mungkin akan merasa termotivasi untuk terus mengerjakannya setelah kamu menyelesaikan lima menit tersebut.

4. Sesuaikan lingkungan kerja kamu dengan kebutuhan kamu

Lingkungan kerja kita memengaruhi produktivitas kita , meskipun kita tidak menyadarinya. Misalnya, produktivitas kerja meningkat atau menurun tergantung pada suhu kantor. Apalagi karyawan sering melakukan kesalahan saat kantor terlalu dingin.

Penting juga untuk memilih bohlam yang tepat. Dalam jangka panjang, lampu neon, lampu yang terlalu redup, dan lampu yang keras berbahaya bagi mata kamu — dan, ternyata, kesehatan kamu. 

Itulah mengapa yang terbaik adalah bekerja di area dengan cahaya alami. Alih-alih lampu neon, gunakan lampu siang hari jika itu bukan pilihan.

kamu mungkin menemukan bahwa kamu terjebak dalam kebiasaan kreatif jika kamu bekerja dari lokasi yang berbeda. Otak kamu menjadi lebih kreatif ketika kamu mengubah lingkungan kamu, dan sebagai hasilnya kamu menjadi lebih produktif. 

Para peneliti telah menemukan bahwa otak kita tidak menyukai hal yang monoton dan bekerja lebih baik ketika lingkungan dan tugas berubah.

5. Mulailah dengan sesuatu yang mudah

Menunda tugas yang lebih kompleks dan lebih penting demi tugas yang mudah bukanlah strategi yang baik untuk menjadi lebih produktif. 

Sebaliknya, sebuah penelitian  dari Universitas Emory menunjukkan bahwa orang yang mengerjakan tugas besar terlebih dahulu umumnya lebih efektif dalam jangka panjang.

Bagaimanapun, jika kamu mencoba memulai produktivitas kamu, mulailah dengan sesuatu yang mudah. 

Kamu akan merasa berhasil dan mendapatkan momentum yang cukup untuk membantu kamu memulai setelah kamu mencentang beberapa hal dari daftar kamu.

Setelah kamu mengalami serbuan pencapaian itu, jangan berlama-lama pada hal-hal yang mudah. Sebaliknya, lakukan sesuatu yang signifikan dengan energi itu .

6. Dekati tugas dengan cara yang bermanfaat, ekonomis, dan bermakna

Putuskan apakah kamu harus melakukannya sendiri atau melepasnya.

Apakah kamu melakukan ini sendiri, atau apakah kamu meminta seseorang/sesuatu yang lain untuk melakukannya? 

“Memindahkan pekerjaan kamu ke hal lain atau outsourcing bisa menjadi murah & efisien, tetapi sering kali dapat menyebabkan hilangnya kendali.” Aditya Shukla menulis dalam Cognition Today . Menerapkan sistem, perangkat lunak, dan orang baru dapat memakan waktu lama. 

Apa pekerjaanmu? Apakah kamu selalu menjadi orang "Do It Yourself" (DIY)? kamu dapat mengurangi beban kerja kamu dengan membongkar atau mengalihdayakan pekerjaan, tetapi jika kamu merasa tidak nyaman dengan prosesnya, hal itu juga dapat menambah tingkat stres kamu.

Katakanlah ponsel kamu bermasalah. “Apakah kamu lebih suka menghabiskan beberapa jam, sejumlah uang, dan tiga hari kerja untuk memperbaiki gadget kamu ATAU menghabiskan 1 jam untuk mencari tahu apakah kamu perlu pergi ke toko servis?” Shukla bertanya. 

Ada banyak solusi yang mudah diterapkan yang tersedia di internet. Dimungkinkan untuk menghemat waktu dengan mengambil sikap DIY. kamu juga dapat menggunakan sikap ini untuk mengukur kapan kamu harus menghindari melakukan DIY karena ini akan menyoroti keterbatasan kamu.

Apakah ada masalah lain yang terkait dengan produktivitas? Misalnya, kamu memiliki banyak tulisan yang harus dikerjakan dan perlu mengoreksi. 

Jika Grammarly (aplikasi korektor) menghemat tiga jam seminggu, apakah 8 dolar sebulan terlalu banyak untuk dibayar? Ketika ini terjadi, meningkatkan produktivitas adalah masalah penilaian. Menyelamatkan diri kamu dari upaya itu sepadan ketika itu penting.

Untuk melihat jalannya, cari bantuan dan ikuti panduan/panduan.

Bayangkan kamu mandek dan tidak mampu menghasilkan hasil yang kamu butuhkan. Perancah mungkin diperlukan dalam kasus itu. 

Sering kali, kita tidak tahu cara berpindah dari A ke B. Scaffolding adalah solusi setengah matang yang membantu kamu berpindah dari A ke B. 

Namun, scaffolding hanya membantu kamu menyelesaikan pekerjaan sejak awal. Setelah itu, jalur menuju B cukup jelas untuk kamu ikuti.

Keahlian tidak harus dikuasai sebelum kamu bisa melanjutkan ke 'B.' Hanya butuh sedikit bantuan dari otak kamu untuk mengetahuinya. Metode scaffolding dapat menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan produktivitas. Scaffolding mungkin menjadi kurang diperlukan dari waktu ke waktu.

Jika pendekatan kamu gagal, ubah perspektif, rencana, dan prioritas kamu.

Jika upaya kamu berulang kali gagal, kamu mungkin perlu menyesuaikan perspektif kamu (psikologis & fisik). Atur ulang prioritas; memikirkan kembali rencananya. 

“Cobalah untuk menyelesaikan apa yang dapat kamu selesaikan terlebih dahulu dan kemudian kembali ke bagian yang sulit. kamu dapat mengerjakan proyek secara linier, selangkah demi selangkah, atau secara paralel; bekerja di banyak bidang secara bersamaan,” saran Shukla

Saat kamu bekerja secara paralel, kamu dapat melihat keseluruhan gambar terbentuk dari waktu ke waktu daripada mengamatinya sepotong demi sepotong. 

Selain itu, bekerja secara paralel memungkinkan kamu mencapai apa yang kamu bisa sedini mungkin. Meskipun penampilannya tersebar, itu jauh lebih ramping.

Kamu mendapatkan keuntungan yang tidak adil ketika kamu secara bersamaan melihat gambar yang lebih signifikan dan lebih kecil.

Jangan hanya fokus pada hasil, tapi juga pada prosesnya.

Berfokus pada proses daripada hasil akhir sangat membantu. Penundaan dapat dikurangi dengan mengadopsi pendekatan “berfokus pada proses” daripada pendekatan “berfokus pada hasil”. 

Jika kamu fokus pada proses daripada tujuan, kamu akan lebih sedikit menunda-nunda. Misalnya, jika kamu mempelajari dan menyerap materi, kamu akan lebih sedikit menunda-nunda. 

Akibatnya, penundaan adalah hasil dari kecemasan yang terkait dengan hasil tugas.

Individu yang berfokus pada proses memiliki lebih sedikit keengganan tugas dan lebih sedikit rasa takut akan kegagalan. kamu juga dapat mengatur waktu, stres, dan pencapaian secara lebih efektif dengan berfokus pada proses.

Gunakan metode yang sudah terbukti alih-alih yang tidak efisien saat menangani tugas.

Dalam beberapa kasus, lebih masuk akal untuk menggunakan strategi yang dirancang untuk jenis tugas tertentu daripada strategi kamu yang biasa. 

Sebagai contoh, kebanyakan orang tetap belajar sesuai dengan kebiasaan yang ada, namun kebiasaan tersebut seringkali tidak efisien.

7. Tetap tenang.

Tetap tenang mungkin menjadi kunci untuk mengatasi kelelahan psikologis di tempat kerja . Terbukti secara ilmiah bahwa tetap tenang dari waktu ke waktu menuai manfaat yang signifikan.

Dalam bukunya “The Happiness Track,” psikolog Stanford Emma Seppälä berpendapat bahwa kebahagiaan adalah keadaan pikiran.

Kelelahan fisik biasanya dikaitkan dengan kurang tidur, olahraga intens, atau kerja fisik seharian, tetapi Seppälä menyatakan bahwa kelelahan psikologis bisa sama melelahkannya. Itu juga bisa menyebabkan kelelahan, katanya.

“Ketenangan bahkan bisa tampak kontraproduktif,” tulis Seppälä, menambahkan bahwa “menimbulkan gambaran kepasifan, kemalasan , kelesuan, atau ketidakmampuan.”

Namun, bukan itu masalahnya, tulisnya. “Sebaliknya, bersikap tenang memungkinkan kamu menyelesaikan pekerjaan sambil menghabiskan lebih sedikit energi daripada yang seharusnya,” menurut Seppälä.

Dalam penjelasan Seppälä, kamu bisa merasa lelah bekerja karena tiga faktor psikologis: emosi berintensitas tinggi, pengendalian diri, dan pikiran negatif.

kamu mungkin merasakan kegembiraan dan kegembiraan selama masa-masa yang menegangkan atau menyenangkan, seperti memenuhi tenggat waktu atau menerima pemberitahuan email. Emosi ini mengaktifkan sistem simpatik kamu, memicu reaksi lawan-atau-lari.

Selain itu, Seppälä mengatakan kamu salah mengatur energi kamu di tempat kerja dengan melakukan pengendalian diri, apakah mendorong diri sendiri melalui hari yang berat atau tidak mengeluh.

“kamu pada dasarnya bergulat dengan dua impuls sekaligus: kamu berfokus pada tujuan kamu dan apa yang ingin kamu capai, tetapi pada saat yang sama kamu sangat sadar akan hasrat, pikiran, dan impuls yang bersaing,” tulis Seppälä.

Ketiga, pikiran negatif intensitas tinggi berkontribusi pada kelelahan kamu, termasuk khawatir dan percaya bahwa kamu lelah.

Sebaliknya, ketenangan membutuhkan lebih sedikit energi untuk mempertahankannya: jantung kamu tidak berdetak lebih cepat dari seharusnya, pernapasan kamu tetap teratur, dan tubuh kamu terasa rileks.

Sebagai hasil dari memupuk rasa tenang ini, dia menemukan bahwa kamu akan mengalami lebih sedikit stres, dapat memusatkan perhatian dengan lebih efisien, dan memiliki pikiran yang lebih jernih.

Seppälä merekomendasikan metode berikut untuk memulihkan energi mental dan tetap tenang:

  • Ambil bagian dalam aktivitas yang membuat kamu merasa baik
  • Menjadi bergairah tentang apa yang kamu lakukan
  • Jangan lupakan gambaran besarnya
  • Jadikan syukur sebagai kebiasaan
  • Jangan khawatir tentang pekerjaan saat kamu tidak bekerja

“Kamu mendapatkan jumlah pekerjaan yang sama, tetapi kamu tetap seimbang dan menikmati prosesnya,” tulis Seppälä. “Bagian terbaiknya, tentu saja, adalah tingkat energi kamu tetap tinggi karena kamu tidak terlalu lelah. Hasilnya, kamu lebih bahagia dan lebih sukses.”

8. Lakukan satu hal pada satu waktu

Semakin fokus dan efisien kamu, semakin produktif kamu nantinya.

Strategi multitasking dapat mempermudah menyelesaikan banyak tugas sekaligus. Namun, penelitian menunjukkan bahwa otak kamu tidak mengelola banyak tugas sebaik yang kamu pikirkan. 

Yang benar adalah multitasking menurunkan produktivitas kamu hingga 40% .

Sepertinya kamu menyulap beberapa tugas sekaligus. Namun, pada kenyataannya, kamu dengan cepat mengalihkan perhatian dan konsentrasi dari satu hal ke hal lain. 

Saat kamu beralih di antara tugas, mungkin sulit untuk mengabaikan gangguan, yang mengakibatkan hambatan mental yang dapat menghambat produktivitas kamu.

Namun, dengan berfokus pada satu hal dalam satu waktu, produktivitas kamu justru akan meningkat.

9. Waspadai batasan kamu sendiri dan orang lain

Gangguan adalah bagian rutin dari lingkungan kerja saat ini. Kolega kami mengharapkan kami untuk selalu tersedia karena desain tempat kerja yang terbuka dan alat komunikasi digital. 

Namun, produktivitas dapat sangat dipengaruhi oleh ketersediaan konstan ini.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh University of California, Irvine , gangguan yang sederhana pun bisa sangat mahal. 

Studi tersebut menemukan bahwa mendapatkan kembali fokus setelah terganggu membutuhkan rata-rata pekerja selama 23 menit.

Adakah yang bisa kita pelajari dari ini?

Dalam hal menjadi produktif, meminimalkan gangguan adalah kunci untuk memaksimalkan fokus. Agar itu terjadi, kamu harus menetapkan beberapa batasan. 

Beri tahu rekan kerja kamu saat kamu tidak hadir dengan membagikan kalender, mematikan notifikasi, keluar dari media sosial, dan keluar dari email kamu.

kamu akan takjub melihat betapa banyak lagi yang dapat kamu capai jika kamu melakukan ini selama seminggu. Selain itu, ketika kamu meluangkan waktu untuk bersantai dengan rekan kerja, stres kamu juga mungkin berkurang.

10. Selesaikan tugas-tugas penting dan hadiahi diri kamu sendiri

Telah ada penelitian ekstensif tentang hubungan antara produktivitas manusia dan penggunaan imbalan eksternal. 

Prinsip pengkondisian operan psikologi perilaku menyatakan bahwa penghargaan memperkuat perilaku yang diinginkan dengan memberikan penguatan positif.

Untuk mengantisipasi imbalan kamu, kamu memotivasi diri sendiri untuk bekerja lebih produktif setelah setiap tugas penting. 

Selain itu, ini membantu menyelesaikan tugas yang tidak memberikan hasil langsung. Misalnya, menyusun proposal untuk klien yang mungkin atau mungkin tidak memutuskan untuk mempertahankan layanan kamu akan sangat membantu.

Dimungkinkan untuk menghadiahi diri sendiri dengan banyak cara, tetapi pastikan hadiah itu memiliki makna pribadi bagi kamu. 

Misalnya, dalam hal hadiah, kamu dapat membeli gadget baru yang selalu kamu inginkan untuk diri sendiri atau mendapatkan secangkir kopi untuk diri sendiri.

Sumber : minddoc.de

Posting Komentar untuk "Inilah 10 Tips agar Kamu Tetap Produktif"

Info paling Cepat ikuti sosial media kami 👇 dan saluran berita 👉 Google News