Cara Menulis Ringkasan atau Resume Buku

Cara Menulis Ringkasan atau Resume Buku
Cara Menulis Ringkasan atau Resume Buku  - Dengan ringkasan yang bagus, kamu dapat memadatkan berbagai informasi, memberi pembaca agregasi dari bagian terpenting dari apa yang akan mereka baca (atau dalam beberapa kasus, lihat).

Cara Menulis Resume Buku dengan Mudah

Ringkasan yang ditulis dengan baik memberikan pemahaman dasar tentang karya sastra, media, atau sejarah. Pelajari lebih lanjut tentang cara menulis ringkasan yang efektif untuk pekerjaan yang sudah mapan. 

Apa Tujuan Ringkasan?

Tujuan ringkasan adalah untuk memberikan gambaran singkat tentang detail penting atau informasi menarik kepada pembaca, tanpa memasukkan pendapat pribadi. Ringkasan memberikan ikhtisar singkat tentang poin-poin utama teks atau media, seperti abstrak untuk makalah ilmiah, deskripsi plot film, atau dalam bentuk sinopsis novel .

Apa itu Contoh Ringkasan?

kamu dapat menggunakan ringkasan di banyak genre tulisan. kamu dapat meringkas esai akademik dan argumen pendukungnya, atau plot novel atau acara televisi. kamu juga bisa meringkas peristiwa sejarah atau dongeng. Misalnya:

"Hansel and Gretel" mengikuti kisah tentang kakak beradik yang harus menggunakan kelicikan mereka untuk mengakali penyihir jahat yang berniat memakan mereka. Di awal cerita, kelaparan hebat melkamu seluruh negeri, menyisakan sedikit makanan atau sumber daya tersisa. Ibu tiri Hansel dan Gretel memimpin anak-anak ke hutan dengan niat meninggalkan mereka di sana untuk mati. Namun, ketika Hansel mendengar rencananya, dia mengumpulkan sekantong penuh kerikil putih, menjatuhkannya sebagai jejak untuk dia dan saudara perempuannya saat ibu tiri mereka mencoba rencananya keesokan harinya. Saat keduanya pulang, ibu tiri memutuskan untuk membawa mereka lebih jauh ke dalam hutan. Hansel membawa sepotong roti bersamanya, meninggalkan jejak remah roti. Kali ini, burung memakan remah-remahnya, merusak jejak kembali. Hansel dan Gretel mengembara ke tempat terbuka, di mana mereka menemukan sebuah pondok yang terbuat dari suguhan.

4 Tips Menulis Ringkasan yang Baik

Apakah kamu meringkas peristiwa, novel, drama, atau artikel surat kabar, mampu menulis ringkasan satu paragraf yang efektif adalah keterampilan penting yang harus dimiliki setiap penulis. Untuk beberapa tips tentang cara menulis ringkasan yang baik, lihat di bawah:

1. Temukan gagasan utamanya

Ringkasan yang bermanfaat menyaring materi sumber hingga ke poin terpenting untuk memberi tahu pembaca. Pilih poin utama yang ingin kamu komunikasikan kepada pembaca, dan gunakan kalimat terbatas kamu dengan bijak untuk menyampaikannya. Catat beberapa catatan untuk membantu menguraikan pemikiran kamu secara teratur.

2. Tetap singkat

Ringkasan bukanlah penulisan ulang—ini adalah penjumlahan singkat dari karya aslinya. Sebuah paragraf ringkasan biasanya sekitar lima sampai delapan kalimat. Tetap singkat dan to the point. Hilangkan redudansi atau teks berulang agar paragraf kamu tetap jelas dan ringkas.

3. Tulislah tanpa menghakimi

Jika kamu meringkas teks asli atau potongan media, kamu mengumpulkan dan memadatkan informasi yang paling relevan, bukan menulis ulasan. Tulis ringkasan kamu dengan kata-kata kamu sendiri, dan hindari menambahkan pendapat kamu.

4. Pastikan mengalir

Transisi sangat membantu dalam membangun momentum dalam tulisan kamu. Hubungkan kalimat kamu dengan kata-kata transisi, pastikan mereka mengalir bersama dan sampaikan ringkasan kamu dengan jelas.


 

Posting Komentar untuk "Cara Menulis Ringkasan atau Resume Buku "

Info paling Cepat ikuti sosial media kami 👇 dan saluran berita 👉 Google News