IDN Live Hadirkan Video Live Streaming dengan Audiens yang Loyal

IDN Live Menghadirkan Konten Video Live Streaming dengan Audiens yang Loyal

Konten live streaming kian populer, khususnya di kalangan orang Indonesia. Sejak terjadinya Pandemi, banyak orang terpaksa melakukan segala aktivitas melalui ruang virtual dengan memanfaatkan internet. 

Hal yang paling banyak dilakukan termasuk menonton live streaming. Dengan menikmati layanan Live streaming ini, orang bisa langsung berinteraksi dengan audiens dan juga bisa langsung bercakap dengan para steamer kesukaan mereka. Percakapan antara penonton dengan streamer idola mereka bisa jadi hiburan yang menarik. 

Pada kesempatan ini, IDN Media becakap langsung dengan COO IDN Media, William Utomo, soal kegemaran live streaming di kalangan masyarakat Indonesia. Selain itu, William juga menjelaskan peran IDN Live, sebuah platform live streaming milik IDN Media, yang telah disiapkan untuk masa depan live streaming di Indonesia.

IDN Langsung

1. Konten live streaming Kian digandrungi oleh Gen Z

Konten live streaming semakin digemari oleh kalangan Gen Z di Indonesia. Berdasarkan hasil 
riset Indonesia Gen Z Report 2022 yang telah dilakukan IDN Research Institute bahwa generasi          
digital native saat ini Gen-Z semakin tertarik mengkonsumsi konten dengan format video,
salah satunya live streaming yang menempati posisi kedua dengan proporsi 13% setelahnya
konten berbasis video (75%). 

Di sisi lain, meskipun Live streaming ini lebih dikenal dengan sajian hiburan, konten live streaming nyatanya juga semakin banyak digunakan untuk kebutuhan komersial atau menjalin interaksi dengan konsumen suatu brand. 

Dengan popularitas dan segala potensi live streaming di kalangan Gen Z di Indonesia ini, maka banyak aplikasi yang mulai melirik dan mengintegrasikan format konten berbasis video ini ke dalam fitur mereka, salah satunya IDN App melalui fitur IDN Live. 

2. perilaku penikmat konten live streaming yang unik

Kurang lebih 1 tahun berjalan, platform IDN Live telah eksis di IDN App. Serunya lagi, para penggemar konten live streaming di IDN App telah memberikan ciri khas tersendiri saat mengonsumsi konten. 

William menjuluki mereka sebagai micro community yang sangat loyal dengan streamer favorit
mereka. Loyalitas tersebut ditunjukkan dengan durasi konten yang mereka sukai.

“Mereka suka menonton berbagai macam konten, mulai dari konten bermain game, menonton video reaction, atau bahkan hanya menonton saja dengan streamer. Setiap harinya, mereka juga suka menonton konten dalam berbagai durasi, baik pendek maupun panjang. Perilaku audiens live streaming ini menjadikan mereka unik dibandingkan konten penikmat lainnya,” ungkap William. 

3. Yuk Berkolaborasi membangun ekosistem live streaming

Dengan melihat lajunya pertumbuhan micro community ini, maka IDN Media mengajak banyak pihak
untuk turut meramaikan ekosistem live streaming di Indonesia, termasuk esports yang
dikenal memiliki basis penggemar yang besar dan loyal. 

Saat ini, sudah banyak gamers dan tim esports bergabung di IDN App sebagai live streamers, seperti PAOXTIPI, Bigetron Esports, dan ONIC Esports. William juga berpandangan bahwa live streaming adalah wadah berkumpul virtual paling asyik.

“Live streaming itu sebenarnya ibarat nongkrong bareng di dunia nyata. Saat kita berkumpul dengan teman, jenis aktivitas apapun yang dilakukan bersama sangat digemari, misalnya bermain games bersama, menonton video lucu, atau bahkan sekedar berbincang dengan teman pun menjadi kegiatan yang seru. Bahkan bisa dibilang, saat ini konten live streaming yang sifatnya satu arah seperti cover lagu memiliki penggemar yang lebih sedikit dibandingkan konten dengan interaksi dua arah.” jelas William.

4. Terus berinovasi untuk menguatkan micro community

Nah, melalui fitur IDN Live, IDN Media akan selalu melakukan inovasi untuk menciptakan platform bagi streamer untuk berkarya secara positif, sekaligus hadir untuk menyajikan hiburan yang menyenangkan dan aman bagi audiens yang nantinya akan menguatkan micro community. 

IDN Langsung

Lebih lanjut, William menitipkan harapan untuk IDN Live di masa depan. 

“Harapannya, kami dapat memindahkan aktivitas nongkrong bareng di offline ke online di IDN Live, dengan melibatkan interaksi antara streamer dengan audiensnya. Selain itu, kami juga ingin mengeksplorasi aktivitas lain yang dapat dilakukan di live streaming. Saat ini, IDN Live baru memiliki beberapa ratus streamer. Ke depannya, kami berharap dapat menjaring ribuan bahkan puluhan ribu streamer untuk membuat konten di IDN Live. Dengan konten yang lebih interaktif dan jumlah streamer yang lebih banyak, diharapkan micro community ini akan menjadi semakin solid. Kuncinya satu, yaitu memfasilitasi kegiatan nongkrong bareng secara online untuk menciptakan micro community.” ungkap William.

Teman-teman generasi Z, demikian ulasan saya tentang IDN Live Sajikan Video Live Streaming dengan Audiens yang Loyal. Saatnya kamu berkreasi dan berkarya bersama IDN Live. Sukses untuk kalian semua ya. 

Posting Komentar untuk "IDN Live Hadirkan Video Live Streaming dengan Audiens yang Loyal"

Info paling Cepat ikuti sosial media kami 👇 dan saluran berita 👉 Google News