Dosen dan Mahasiswa UNIPO Boalemo Terlibat Dalam Uji Publik Ranperda

Rancangan Peraturan Daerah Boalemo

Boalemo (Seribupena.com) - Sebelum disahkan menjadi Peraturan Daerah secara resmi, beberapa perwakilan Dosen dan Mahasiswa Universitas Pohuwato KP. Boalemo ikut terlibat dalam proses uji publik Rancangan Peraturan Daerah terkait pengelolaan Air dan Limbah Domestik, Jumat (4/11/2022) di Aula Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman, Perhubungan dan Pertanahan (PERKIMHUBTAN). 

Menurut Balada Raf, selaku Pimpinan UNIPO KP. Boalemo, bahwa Kegiatan ini merupakan agenda rutin di DPRD Kabupaten Boalemo sebagaimana fungsinya, khususnya dalam hal legislasi atau pembuatan Peraturan Daerah. Setelah Uji Publik nanti akan dilakukan finalisasi di DPRD Kabupaten Boalemo.

Finalisasi Rancangan Peraturan Daerah tentang Pengelolaan Air dan Limbah Domestik di DPRD Kabupetan Boalemo
Finalisasi Rancangan Peraturan Daerah tentang Pengelolaan Air dan Limbah Domestik di DPRD Kabupetan Boalemo

"Khusus saat ini yang dibahas adalah Ranperda Pengelolaan Air dan Limbah Domestik. Setelah itu, rancangan ini akan memasuki tahap finalisasi, yang secara normatif dan prosedural harus melalui Uji Publik." Kata Balada Raf saat dimintai keterangan oleh Seribupena News.

Lebih lanjut, Balada Raf juga menerangkan bahwa pada proses uji publik inilah masyarakat atau akademisi bisa turut aktif memberikan masukan. Karena inilah momen dialogis akademis dan tentu hal itu memerlukan peran subjek yang representatif yaitu kalangan intelektual seperti Dosen dan Mahasiswa. 

Selain itu,  menurut Balada Raf, secara ilmiah Uji Publik merupakan momen pengukuran standar kelayakan dari suatu Rancangan Peraturan Daerah. Apabila terjadi koreksi secara substansial maupun instrumental akan ditampung dan akan dijadikan catatan penting sebagai bahan rekomendasi.

Terkait pelibatan Mahasiswa dan Dosen, Balada Raf menerangkan bahwa keikutsertaan ini merupakan wujud apresiasi koordinator pada peran serta civitas akademika Universitas Pohuwato KP. Boalemo baik pada tingkatan Rektorat, Para wakil koordinator, Pj.Prodi, Dosen serta Mahasiswa yang penuh antusias dalam mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dikonfirmasi terpisah, Mestin Dukalang, salah satu perwakilan Mahasiswa PGSD, mengatakan bahwa kegiatan ini memberikan pengalaman menarik karena ini adalah pengalaman pertama dalam mengawal Rancangan Peraturan Daerah. 

"Dengan adanya kegiatan uji publik Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Boalemo tentang rancangan pengelolaan air limbah domestik, Saya berharap agar rancangan peraturan tersebut dapat menjadi acuan untuk Pemerintah Daerah dalam melahirkan instrumen hukum yang kontributif untuk mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat." Terang Mestin saat dikonfirmasi Seribupena News

Posting Komentar untuk "Dosen dan Mahasiswa UNIPO Boalemo Terlibat Dalam Uji Publik Ranperda"

Info paling Cepat ikuti sosial media kami 👇 dan saluran berita 👉 Google News