UNIPO Boalemo Sukses Pertemukan Bupati dan Kejari Boalemo Dalam Seminar Ilmiah Hukum

UNIPO Boalemo Gelar Seminar

Seribupena.com (Boalemo) - Universitas Pohuwato (UNIPO) kampus pengembangan Boalemo sukses menggelar pertemuan ilmiah tentang hukum di Aula Serba Guna, rabu (20/07/2022). 

Pertemuan Ilmiah itu turut dihadiri oleh Bupati Boalemo, Dr. Drs. Hendriwan, M.Si. dan kepala Kejaksaan Negeri Boalemo, Ahmad Muchlis, SH.,MH. Kedua tokoh tersebut berbagi gagasan tentang masalah penegakan hukum restoratif di wilayah kabupaten Boalemo. 

Hendriwan selaku tokoh yang memimpin Boalemo saat ini menyampaikan rasa kebanggaan terhadap mahasiswa UNIPO yang sudah turut aktif dalam berbagai seminar, termasuk forum Ilmiah. Hendriwan berpesan semoga pertemuan seperti ini akan terus dilaksanakan. 

"Pemerintah daerah siap berkolaborasi dan memfasilitasi kegiatan seperti ini." Terang Hendriwan. 

Pada sesi kedua acara forum ilmiah itu berlangsung, Ahmad Muchlis, SH.,MH menyampaikan harapannya tentang kolaborasi pemerintah daerah dan kampus dalam membangun pemahaman penegakan hukum yang adil dan humanis. 

Ahmad Muchlis juga menyampaikan bahwa dalam penerapan hukum di Boalemo juga telah diupayakan bisa melewati proses mediasi dan bisa bermufakat pada upaya Restorative Justice. Karena jika tidak ada ruang damai seperti itu, kata Ahmad, maka lembaga Pemasyarakatan akan Over Capacity.  Hal tersebut akan berefek pada beban anggaran negara yang membiayai tahanan yang tinggal di dalam.

"Kalau tahanan banyak, tentu ini juga akan membutuhkan anggaran yang besar. Alhamdulillah di Boalemo telah berdiri Rumah RJ atau Restorative Justice." terang Ahmad. 

Unipo Boalemo Kejaksaan Boalemo
Kepala Kejaksaan Negeri Boalemo, Ahmad Muchlis, SH.,MH,  menyerahkan Cindera Mata kepada Pihak Kampus UNIPO Boalemo

Dalam keterangan terpisah, Balada RAF, Koordinator Kampus UNIPO Boalemo mengatakan bahwa kegiatan seminar ini merupakan kolaborasi dengan Kejaksaan Negeri Boalemo dalam merayakan hari Bakti Adhiyaksa yang ke-62. 

"Sebelumnya Kejaksaan Negeri Boalemo telah melaksanakan kegiatan yang sifatnya sosial di berbagai tempat. Sekarang untuk kegiatan yang sifatnya akademis, pihak kejaksaan menggandeng UNIPO Boalemo dalam forum ilmiah tentang Hukum." Terang Balada, saat diwawancarai media Seribupena News, rabu (20/07/2022). 

Balada juga berharap, seminar atau forum ilmiah seperti ini bisa memperkuat sinergi antar lembaga, termasuk sinergi kampus dengan lembaga pemerintah daerah maupun lembaga pemerintah secara nasional. 

"Banyak yang bisa kita ambil manfaat positifnya dari kemitraan dalam kelembagaan ini, apalagi kemitraan itu dikemas dalam berbagai kegiatan, termasuk seminar ilmiah. Itulah sebabnya, forum ilmiah ini mengangkat tema peran pemerintah daerah dan masyarakat dalam penegakan hukum yang humanis dan restoratif” Tegas Balada. 

Peserta Seminar Ilmiah hukum
Peserta Seminar Hukum, UNIPO Boalemo 2022


Ada beberapa pesan penting yang ditekankan oleh Balada terkait kegiatan ilmiah ini. Pertama, dengan mahasiswa bisa membangun komunikasi yang baik dengan praktisi. Bukan hal mustahil mahasiswa juga bisa magang di lembaga pemerintah untuk mempelajari praktik hukum lebih mendalam. Kedua, kegiatan ini tidak hanya selesai dalam satu kegiatan. Forum ilmiah ini akan terus berlanjut dan akan diadakan di UNIPO Boalemo. 

Tak lupa, Balada juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, khususnya  rektor Universitas Pohuwato, Imran Kamarudin, S.S., M.M., M.Ikom yang telah mendukung penuh terselenggaranya kegiatan ini.

"Saya pribadi mengucapkan terima kasih kepada seluruh civitas akademika, pimpinan dan unsur pimpinan, dosen serta seluruh mahasiswa yang telah turut serta dalam menyukseskan kegiatan seminar ilmiah ini.  Kita niatkan mencapai ridha Allah semata. amin." Kata Balada. 

Posting Komentar untuk "UNIPO Boalemo Sukses Pertemukan Bupati dan Kejari Boalemo Dalam Seminar Ilmiah Hukum"

Info paling Cepat ikuti sosial media kami 👇 dan saluran berita 👉 Google News