Pengalaman Menulis di Media Online PepNews - Indonesia -->

Pengalaman Menulis di Media Online PepNews

Pengalaman Menulis di Media Online PepNews
Media Online PepNews 

Pengalaman Menulis di Media Online PepNews - Sejak era internet popular, media berita mulai pada hijrah dari yang awalnya adalah koran sekarang mulai berbasis online. Meskipun koran tidak serta merta hilang, tetapi mediumnya sudah berpindah ke dunia maya. 

Saat ini orang membaca berita lebih banyak di media online. Hal tersebut dikarenakan media online lebih cepat diakses dan sajian beritanya gratis. Meskipun ada juga media online yang mengunci artikelnya dan hanya bisa dibaca oleh pelanggan. Intinya, semua pada hijrah ke media online. 

sekitar tahun 2012 saya mulai aktif menulis online dan menerbitkannya di portal gratis user Ganerate alias blog yang membuka penulis untuk berbagi gagasan. Itu dulu website yang beragam. Mulai dari politik sampai ke hal hiburan seperti sastra. 

Namun, entah mengapa tahun 2014 saya berhenti menulis di portal online itu karena adanya isu politik yang tidak bisa dikontrol. Akhirnya akun sangat jarang di approve tulisan di sana. 

Saya meninggalkan media itu dan memulai blog sendiri. Saya akhirnya jadi blogger dan aktif menulis dan berbagi cerita. 

Entah mengapa, saya mendengar kabar bahwa salah satu jurnalis senior kompas mendirikan sebuah portal jurnalisme warga. Katanya, media ini lebih independen, asyik dan tidak butuh kurasi artikel yang terlalu ketat. Sebab, menurut mas Pepih Nugraha sing penting orang mau menulis dulu. 

Akhirnya saya mencoba menulis di PepNews. Saya memulai dengan sebuah artikel Jenis-jenis Oli Motor Matic. Panjang artikel hanya sekitar 500 kata. Sehari setelahnya saya dapat kabar bahwa tulisannya sudah diterima dan terbit. Dapat honor? 

Tentu tidak. Karena PepNews adalah portal berbagi dan tak ada transaksi di sana. Setiap penulis yang membuat akun di sana tidak bertujuan mencari uang, tetapi berbagi gagasan dan inspirasi saja. Syukur-syukur dapat pembaca yang banyak. 

Dari segi idealisme, Pepnews merupakan media berita yang lebih cenderung pada opini. Karena gaya beritanya sekalian digabung dengan opini penulis. Modelnya mirip komentator dan mengutip berita di media populer. Jadi, perspektif lebih beragam.

Keunggulan dari Media Online PepNews

1. Tampilan Website yang rapi

Dibandingkan dengan website lain yang memproduksi artikel yang sama, PepNews jauh lebih unggul dari tampilan. Sangat rapi dengan desain artikel terbaru model Grid style. Inilah tampilan website yang sangat menarik perhatian karena thumbnail foto artikel muncul bersar-besar dan menarik perhatian. 

Jika website berita lainnya hanya menggunakan feed vertikal dan kecil-kecil, PepNews mengeluarkan Feed artikel dengan foto yang besar. Alhasil, pembaca juga ikut tertarik mengintip artikelnya. 

Dari tampilannya PepNews sangat sederhana dan tidak diganggu dengan banyaknya iklan. 

Pengalaman Menulis di PepNews
Pengalaman Menulis di PepNews

2. Font artikelnya Menarik dan Jelas

Saya paling suka membaca artikel di website kalau font-nya besar-besar.  Berbeda dengan portal berita online lainnya, PepNews mengambil font Poppins Font untuk tampilan artikelnya. Jenis font ini tebal dan jelas. 

3. Kotak Komentar Artikel juga Menarik dan Mudah 

Memberi komentar juga sangat dimudahkan ketika sudah memiliki akun di Pepnews. Semua penulis dan pembaca bisa saling memberi apresiasi dan masukan positif. 

4. Artikel Menarik dan Tak Membuat Bosan 

Kalau kamu perhatikan, berita di PepNews semi opini dan berita. Penulis banyak mengomentari fenomena dan berita secara bersamaan. Tulisan model begini akan memberikan perpspektif tersendiri bagi pembacanya. Dan ini menarik. 

Jika kamu tipe pembaca berita Online, PepNews adalah pilihan menarik. Nah, kalau kamu juga masih suka berlama-lama di blog seribupena.com ini , kamu juga bisa mengunungi beberapa artikel berikut ini :

Daftar artikel di atas bisa kamu simpan buat referensi saja. Terima kasih sudah mampir di blog saya yang sederhana ini. Jika tertarik, simak juga artikel saya yang ini
  • Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia

Posting Komentar untuk "Pengalaman Menulis di Media Online PepNews"