Syarat dan Cara Monetisasi Blog - Indonesia -->

Syarat dan Cara Monetisasi Blog

Syarat dan Cara Monetisasi Blog

Syarat dan Cara Monetisasi Blog -  Awal awal ngeblog, saya mengira blog itu hanya berfungsi sebagai media untuk curhat doang tentang keseharian kita. Saya ingat persis di tahun 2007 waktu saya ngeblog pertama kali. 

Saya sangat senang ketika melihat blog saya mirip website berita ada foto dan cerita. Seolah saya menulis diary penting di kehidupan saya.

Ternyata semakin ke sini, saya baru paham kalau hobi ngeblog juga bisa mendatangkan uang asalkan tahu caranya memonetisasi blog. 

Jika kamu adalah blogger pemula, yuk pahami dulu apa itu Monetisasi blog dan bagaimana cara melakukannya.

Apa yang dimaksud Monetisasi Blog?

Secara sederhana Monetisasi adalah cara menghasilkan uang dari blog. 

Kamu menjual jasa produk sendiri di blog atau orang lain akan menitipkan iklannya melalui blog kamu dengan harga dan kesepakatan tertentu.

Adapun tarif iklan kamu bisa sesuaikan dengan kualitas blog kamu. 

Jika pengunjungnya banyak maka harga pemasangannya bisa tinggi, tetapi kalau pengunjungnya rendah maka bisa saling menawar harga dengan calon pengiklan. Harga tentu bisa menyesuaikan. 

Cara Monetisasi Blog atau Blogger

Cara montesiasi blog sebagai berikut :

  1. Menyediakan jasa Iklan dalam bentuk Banner di blog. Bagi kamu yang memiliki kunjungan blog tinggi, pengiklan tentu akan sangat senang meletakan iklan gambar mereka di blog kamu.

    Sebab dalam sehari misalnya ada 1001 kunjungan maka iklan itu dalam sebulan sudah dilihat oleh 30000 orang. 

  2. Menjual barang berbentuk digital di blog. Jika kamu punya bakat membuat kreativitas berupa karya logo, punya karya berbentuk buku elektronik, atau bahkan jasa website, kamu bisa membuat iklan untuk memasarkan produk digital itu.

    Cara ini banyak kok dilakukan oleh para blogger. Misalnya teman saya, dia seorang blogger yang fokus ke tips wisata.

    Maka dia menulis buku tips wisata murah dan dia menjualnya di blog. Alhasil dia bisa menghasilkan uang jutaan rupiah. 

  3. Mendaftarkan blog kamu ke Adsense Google. Memasang iklan Google di blog kita juga merupakan alternatif yang sangat menjanjikan saat ini.

    Jika kamu punya blog yang pengunjungnya stabil maka kemungkinan besar dapat lolos review adsense dari google. Dari sana kamu sudah bisa mendulang penghasilan dollar. 

Syarat Monetisasi Blog

Syarat utama agar blog bisa dapat dimonetisasi dengan baik bisa bergantung dari target pengiklan. Tetapi intinya ada hal-hal umum yang harus kamu lakukan agar blog kamu bisa dan layak dimonetisasi.

1. Konten Berkualitas 

Konten berkualitas memang tidak ada standar baku. Sebab berkualitas versi mesin pencarian dengan versi penulis sangat berbeda. 

Pada umumnya konten berkualitas adalah blog yang artikelnya sangat informatif dan berguna bagi pembaca blognya. Selain itu, struktur tulisannya mudah terindeks oleh mesin pencari. 

Biasanya orang beranggapan bahwa konten berkualitas harus panjang.  Padahal pendek pun tidak masalah asalkan data dan informasinya sangat membantu pembaca. 

Hal ini nanti akan berpengaruh pada berapa lama sih pengunjung akan bertahan dan membaca artikel kita. 

Sepanjang sepengetahuan saya, konten berkualitas hanya ada dua syaratnya yakni bagus strukturnya untuk mesin pencari dan informatif untuk pembaca blog. Itu saja kalau syarat utama konten berkualitas.

Oh iya. Untuk konten berkualitas setidaknya kamu juga sudah belajar dasar-dasar SEO agar tulisannya bisa muncul di halaman pertama Google. 

2. Memiliki Traffic atau kunjungan Blog yang Tinggi 

Mendapatkan kunjungan blog yang tinggi adalah impian semua blog. Karena kunjungan yang tingggi tentu akan berdampak kepala berapa sih harga layanan iklan di blog. 

Kunjungan yang tinggi bisa bersumber dari 2 faktor yakni kunjungan bersumber dari sosial media dan kunjungan dari mesin pencari. 

Kunjungan dari sosial media sifatnya tidak menentu. Sebab artikel dibagikan secara random ke sosial media dan sulit memprediksi kunjungan blog. 

Kedua kunjungan dari mesin pencarian. Kalau ini kunjungan bisa stabil. Biasanya blog yang memiliki traffic tinggi adalah blog yang sudah mendapatkan kunjungan tetap dengan kata kunci tertentu. 

Misalnya blog seribupena.com sudah mendapatkan kunjungan ribuan kali dari beberapa kata kuncul mengenai tips Adsense. 

Kata kunci itu akan terus menjadi sumber traffic abadi selama blog itu ada. Apalagi jika artikel itu sudah di halaman pertama mesin pencari. Sudah dipastikan mendapatkan kunjungan blog tetap dan banyak. 

3. Menggunakan Domain Profesional 

Saya masih ingat persis ketika awal ngeblog masih menggunakan domain yang ada embel-embel blogspot.com 

Memang tidak masalah menggunakan sub domain dari penyedia blog gratisan. Tetapi jika kamu berharap mendapatkan sponsor iklan di blog, sub domain seperti itu agaknya sulit mendapatkan pengiklan di blog. 

Karena blog sub domain terlihat kurang profesional. Silakan beli domain dan memasangnya di blog sehingga bisa lebih pro dan bagus di mata pengunjung. 

Nah, kamu bisa membeli domain profesional dan bagusnya beli domain di Niagahoster. Untuk saat ini, Niagahoster merupakan layanan web hosting Indonesia terbaik dengan fitur hosting terlengkap dan dukungan support 24 jam. 

4. Belajar Search Engine Optimalitation (SEO)  blog 

Ilmu SEO adalah ilmu yang mempelajari bagaimana mesin pencari membaca halaman blog kita. Dengan mempelajari SEO maka kita akan menyusun artikel sesuai kemampun mesin membaca struktur tulisan. 

Jika artikel sudah memenuhi standar pencarian SEO maka kemungkinan besar akan mendapatkan posisi pertama di halaman pencarian. 

Fungsi SEO sebetulnya agar tulisan kita bisa menempati posisi terbaik di mesin pencarian dengan kata kunci tertentu. 

SEO pada umumnya terbagi dua yakni SEO internal blog yang berarti perbaikan berasal dari blog itu sendiri. Misal kualitas tulisan dan optimasi beberapa kata kunci yang akan ditargetkan. 

Kemudian adalah Optimalisasi SEO dari luar blog yakni mendapatkan support link atau backlink dari blog orang lain yang merekomendasikan artikel kita. 

Semakin banyak dukungan link luar blog menuju blog kita, maka mesin pencari akan membaca bahwa blog kita banyak mendapatkan rekomendasi dan bisa menempati urutan pertama untuk kata kunci tertentu. 

Okay kawan-kawan, saya pikir itulah syarat dan Cara  Monetisasi Blog. Semoga bermafaat dan kamu bisa segera monetisasi blog juga ya. Intinya jadilah blogger profesional. 

Posting Komentar untuk "Syarat dan Cara Monetisasi Blog "