-->

Sundance Film Festival Asia 2021 Kolaborasi dengan IDN Media

Konten [Tampil]
IDN Media, Festival Film Sundance, Sinieas Indonesia

Menonton film dan diskusi sebetulnya adalah dua aktivitas yang berbeda. Kadangkala saat menonton di bioskop, kita hanya menonton saja dan tidak pernah ada diskusi setelah itu. 

Nah, pada acara Sundance Film Festival Asia 2021  yang didukung oleh IDN Media, bakal menghadirkan tontonan sekaligus diskusi bareng para seniman film yang hebat. Festival film ini juga tidak hanya dihadiri oleh seniman lokal, tetapi juga menghadirkan seniman global. 

Kapan waktunya sih? Yap! rencananya pada 23–26 September 2021. Catat ya waktunya. Jangan sampai lupa!

Kabarnya, acara ini bakal tayang khusus untuk penonton Indonesia. Sedikitnya ada 8 film yang akan diputarkan dan sudah melewati proses kurasi yang ketat dari tim Sundance Film Festival, bersama dengan XRM Media dan IDN Media

Untuk diskusinya nanti bakal tayang di Tiktok ( SundanceFFAsia) dan di Sundance Collab. Harapannya sih hadirnya acara ini bakal membuat kita lebih paham dan tercerahkan tentang topik industri film. Siapa tahu besok kita malah bisa ikutan membuat film. Iya kan?

Selain itu, acara ini juga akan ada pengumuman Best Short Film Jury Award for the short film Competition dan Intensive workshop untuk membina para pegiat bertalenta dalam perfilman di Asia Tenggga. Seru kan? 

Mas William Utomo, COO IDN Media, mengatakan,  “Sundance Film Festival: Asia 2021 akan menghadirkan serangkaian program yang intensif dan komprehensif. Harapan kami, para sineas di Indonesia dan regional dapat bertukar wawasan baru mengenai industri perfilman melalui program-program tersebut.

Selaras dengan visi IDN Media untuk terus memberi #PositiveImpact bagi masyarakat, Sundance Film Festival: Asia 2021 berkomitmen untuk menemukan bakat-bakat baru di Asia Tenggara, kemudian menghubungkan mereka kepada para pakar di industri perfilman.”

IDN Media, Sundace festival Film

Daftar Film di Acara Sundance Film Festival 2021

Nah teman-teman juga harus tahu nih, dalam acara Sundance Film Festival: Asia 2021 ini bakal ada 4 film  Naratif dan 4 film dokumenter yang terpilih untuk kegiatan festival kali ini. Apa saja? Nah ini dia informasi lengkap filmnya. 

  • Amy Tan: Unintended Memoir/U.S.A. ( Film Dokumenter )

    Film ini diproduksi oleh Karen Pritzker dan Cassandra Jabola serta disutradarai oleh James redford. Film ini bakal mengajak penonton memahami bagaimana sih trauma yang diwariskan oleh para perempuan yang berhasil selamat dari pengundikan di Tiongkok.

  • The Dog Who Wouldn't Be Quiet/Argentina. (Film Naratif)

    Sutradara film ini adalah Ana Katz. Penulis Naskahnya ada dua orang yakni Ana Katz dan Gonzalo Delgado. Sementara Produsernya adalah Laura Huberman dan Ana Katz.

    Film ini berkisah tentang seorang pria yang berusia 30 tahun dan tidak memiliki pekerjaan tetap. Lalu, dalam perjalanan hidupnya selalu menemukan cinta di momen tertentu. Nah perjuangan melewati gejolak kehidupan, perkenalan orang lain mengantar sang pria pada kehidupan baru. 

  • Try Harder!/U.S.A. (Film Dokumenter)

    Film ini disutradarai oleh Debbie Lum dan Produsernya adalah Debbie Lum dan Lou Nakasako. Kisahnya akan memotret soal anak-anak culun yang dipandang keren, Orkestra dianggap sesuatru yang berkelas, serta perjuangan tokoh dalam meraih universitas terbaik yang menjadi impian mereka. 

  • John and the Hole/U.S.A. (Film Naratif)

    Film ini disutradarai oleh Pascual Sisto dan penulis naskah adalah Nicolás Giacobone serta Produsernya adalah Elika Portnoy, Alex Orlovsky, Mike Bowes. 

    Film ini berkisah mengenai proses pendewasaan John, seorang anak yang menyekap keluarga di lubang bawah tanah. 

  • Luzzu/Malta ( Film Naratif)

    FIlm ini disutradarai dan ditulis oleh Alex Camilleri. Sementara produsernya adalah rebecca Anastasi, Ramin Bahrani, Alex Camilleri, Oliver Mallia.

    Film ini mengisahkan tentang Jesmark, seorang nelayan dari pulau Malta, memasuki pasar gelap perikanan demi menafkahi pacar dan bayinya yang baru lahir. 

  • Passing/U.S.A. ( Film Naratif).

    Film ini disutradarai dan ditulis oleh Rebecca Hall. Sementara Produsernya adalah Forest Whitaker, Nina Yang Bongiovi, Margot Hand, Rebecca Hall. 

    Film ini berkisah tentang dua perempuan kulit hitam dan kehidupan mereka selama era segregasi di New York pada tahun 1920-an.

    Kedua perempuan itu menjalani kehidupan yang berbeda di "sisi berlawanan dari garis warna", hingga akhirnya, pertemuan mereka yang tak direncanakan menghasilkan eksplorasi yang lebih dalam tentang identitas rasial dan gender, kinerja, warna kulit, dan represi. 

  • Users/U.S.A., Mexico (Film Dokumenter)

    Film ini disutradarai oleh Natalia Almada. Sementara Produsernya adalah  Elizabeth Lodge Stepp, Josh Penn. 

    Film ini bakal berkisah tentang seorang ibu yang penuh keraguan atas cintanya. Mungkinkah teknologi akan lebih dicintai ketimbang Ayunan pintar yang bisa mengantarkan bayi terlelap tidur. 

  • Writing With Fire/India ( Film Dokumenter)

    Film ini disutradarai sekaligus diproduksi oleh  Rintu Thomas dan Sushmit Ghosh. Film ini akan berkisah tentang Perempuan yang mendobrak batas dalam dominasi wacana publik di media.

    Saat itu muncul koran yang diinisiasi perempuan dan mendefinisikan kembali apa sih makna kekutan yang sebenarnya. 
Kata Kim Yutani, Direktur Pemrograman di Sundance Film Festival, bahwa “Bersamaan dengan berkembangnya film-film fiksi dan dokumenter di Indonesia, kami begitu antusias terhadap peluncuran Sundance Film Festival: Asia edisi pertama kami,” 

“Merupakan suatu kehormatan bagi kami untuk dapat membawa semangat independen Sundance ke komunitas film yang dinamis di Indonesia. Semoga, kami dapat terhubung dengan penonton lokal dan mendukung seniman Indonesia melalui intensive workshop dan panel discussion yang kami selenggarakan.”

Sundance Festival Film, IDN Media

Rangkaian Acara Diskusi  Sundance Festival Film 2021

Mungkin kamu masih belum yakin soal diskusi di acara sundance Fim Festival nanti. Nah, sebagai gambaran, berikut nanti panel diskusi yang akan diadakan: 
  • Film Outlook. Nah diskusi bakal ngebahan film Indonesia dari tahun 2016. 

  • Women in Film Industry. Pada sesi ini akan membahas soal industri film di negeri kita, Indonesia dalam perspektif kaum perempuan. 

  • The Directors: Sesi ini bakal bahas festival dan jalan menuju sukses

  • Diskusi Sundance Film Festival. Pada sesi ini akan ada Asia Documentary Film dan diskusi bareng Kim Yutani dan Heidi Zwicker tentang Sundance Festival.

  • Indonesian Short Filmmaking. Pada sesi ini akan ada diskusi dari Sineas Indonesia, produser dan produser film pendek kontemporer. Pastinya akan membahas karya mereka yang terkenal dan popular. 

Cara ikut Acara Festival Film Sundance ini? 

Untuk bisa ikutan nonton dan diskusi, kamu bisa memiliki tiket digital yang disedikan panitia dan mulai tersedia pada Rabu, 15 September 2021. 
  1. Silakan Beli Tiket di http://sundancefilmfestivalasia.org/
  2. Kemudian simpan baik-baik tiket digitalnya
  3. Pantau waktu pelaksanaan acara 23-26 September 2021
  4. Ikuti akun sosmed panitia untuk mengetahui jadwal kegiatan
  5. Silakan ikuti acaranya dengan santai 

Sundance Film Festival: Asia Intensive Program 

Menurut saya, yang seru selain nonton film adalah pelatihan yang akan diadakan selama 2 hari secara virtual. Pelatihan ini untuk menjangkau banyak komunitas regional. 

Acara pelatihan nanti akan dirancang secara personal dan tujuannya nanti akan mencari bakat-bakat baru di Asia Tenggara dan menghubungkan mereka ke berbagai pakar Indisutri Film.

Berupaya untuk menjangkau komunitas regional, Feature Film Program dari Sundance Institute akan menyelenggarakan pelatihan intensif yang akan dilaksanakan selama dua hari secara virtual.

Secara bocoran informasi, ada beberapa filmmaker yang sudah mendaftar dan terpilih dalam program ini antara lain; Lucky Kuswandi (Indonesia), Sabrina Rochelle Kalangie (Indonesia), Khozy Rizal (Indonesia), Sonny Calvento (Filipina), Kris Ong (Singapura), dan Lomorpich Rithy (Kamboja).

Untuk informasi tiket, kamu bisa kok intip instagram ini : https://www.instagram.com/sundanceffasia/

Bagaimana? Sudah berminat?  Yuk ramaikan acara seru  ini! 

17 komentar untuk "Sundance Film Festival Asia 2021 Kolaborasi dengan IDN Media"

  1. Salam buat kamu.... kakak follow kembali ya di sini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah di-follow balik kak blognya. Terima kasih kunjungan baliknya. Salam untuk Blogger Malaysia.

      Hapus
  2. Menonton sambil bertukar-tukar idea.

    BalasHapus
  3. Agenda yang menarik nih, semoga bisa menghidupkan geliat industri perfilman di Indonesia. Terutama dari pegiat lokal atau komunitas

    BalasHapus
  4. Benar kak. Nonton sekaligus ada sesi diskusinya. Sundance Film festival Asia menyasar penonton Asia.

    BalasHapus
  5. Semoga film-film produksi FLP bisa berpartisipasi di Sundace Film Festival: Asia 2022 ya. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar mbak Wiwiek. Kapan Hari, Film karya flp masuk acara sundance film Feastival

      Hapus
  6. wahh keren nih nonton filem berkualitas internasional ., ;p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dong. Sundace Film Festival 2021kali ini spesial untuk Asia.

      Hapus
  7. Aku suka nonton tpi belum pernah ikut forum diskusi film. Sebagai oenikmat sebnarnya aku njuga terbesit penasaran gimna proses kreatif serta certa ttg pengalaman di masa penggaran sebuah film. Sundace film ini bakal banyk memberi ilmu dan wawasan y di sikusi panelnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang serunya Sundance Film Festival Asia 2021 ya itu. Bisa nambah ilmu juga bagi yang ikutan.

      Hapus
  8. Agendanya seru-seru ya, semoga bisa meningkatkan aktivitas perfilman di Indonesia meskipun masih masa pandemi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Besok Indonesia bakal jadi pemenang utama dalam Festival Film ini.

      Hapus
  9. Salam singgah di sini ya.. terima kasih atas kunjungan di blog ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya2 terima kasih kak sudah berkunjung di blog ini.

      Hapus
  10. keren ya acara Sundance Film FEstival Asia 2021 ini. ada diskusi dan pemutaran film juga. tinggal pilih mau nonton yang mana

    BalasHapus
  11. Asik eventnya dulu aku nonton Festival film penuh pengorbanan huhu, sekarang bisa via online saja dg biaya tiket terjangkau, yeay

    BalasHapus

Sebelum komentar, silakan saling klik follow ya : >>  Follow Blog

Teman yang follow blog ini akan muncul di sidebar blog nanti.
InsyaAllah akan menambah jaringan pertemanan ke kalangan blogger lainnya.