-->

Cara Membuat Akun Gmail / Akun google Terbaru

Konten [Tampil]
Cara Membuat Email / akun Google

Pada postingan ini admin akan berbagi artikel tentang Cara Membuat Akun Gmail Akun Google terbaru Semoga artikel ini bisa membantu teman-teman yang mau belajar bersama.
***

Seribupena.com -  Adanya aturan yang ketat, membuat sebagai orang mengalami kesulitan membuat email baru di Gmail. Saat pendaftaran email pasti akan diminta nomor handphone untuk jaminan verifikasi data. 

Selain handphone, juga dimintai email yang akan dikaitkan dengan email yang sedang dibuat. Permasalahan lainnya adalah ketika saya membuat email yang kesekian kalinya dengan nomor yang sama. 

Admin seribupena.com pernah mengalami kasus nomor tidak bisa mendaftar email lagi. Ketika mau buat email, ternyata ada notif bahwa nomor tidak bisa dipakai untuk membuat akun email baru. Artinya nomor punya batasan berapa email yang bisa dibuat. 

Nah, bagi kamu yang baru pertama kali membuat email baru di gmail. Berikut panduan yang cocok buat kamu. Mudah kok. 

Ikuti langkah-langkah membuat email baru berikut:

Cara Buat akun Email di Google Mail (Gmail)

1. Pertama, silakan akses di browser alamat gmail.com 

Pada halaman tersebut, akan diminta buat akun sendiri. Silakan lihat arah panah di gambar untuk memhami langkah-langahnya. 
       Cara Membuat Email Baru akun Gmail

2. Kemudian Tulis Nama depan dan nama belakang untuk nama user Email

Pada langkah kedua ini, kamu harus mencoba variasikan nama email yang akan kamu gunakan. Jika nama itu tersedia, maka dia akan tertulis tersedia. Kalau tidak, biasanya akan ada notif bahwa nama email sudah digunakan orang lain. 

Untuk menyiasati, google membolehkan user atau pengguna untuk mengggunakan angka dalam penggunaan nama google email. Biasanya juga ada beberapa nama rekomendasi yang muncul di bawah kotak pembuatan nama email. Lihat gambar dengan angka nomor 4. Itulah rekomendasi nama yang bisa digunakan. 

Apakah itu wajib? tentu tidak. Itu hanyalah alternatif nama yang bisa digunakan. Bisa cari nama lain.
Cara Membuat Email Baru akun Gmail

Nah, untuk pembuatan pasword email, kamu disarankan menggunakan kombinasi simbol , guruf dan angka untuk mengamankan akun. Karena saat ini banyak orang melakukan pencurian akun. Maka solusinya adalah membuat pengaman email yang variatif sehingga sulit ditebak. 

Misalnya paswordnya : #$drus2010 

Sangat disarankan menggunakan simbol yang mudah diingat. Karena setiap kali berkatifitas, kadang kamu sering dimintai email. Maka buatlah pasword yang mudah diingat dan sulit ditebak. 

3. Setelah itu, Masukan nomor Handphone untuk Verifikasi

Pada tahapan ini, kamu sebagai user akan memasukan nomor handphone untuk melakukan verifikasi. Hal tersebut dilakukan agar Google paham bahwa yang melakukan pendaftaran adalah manusia dan bukan bangsa jin (Robot) dan lainnya. 

Sementara itu, jika kamu punya email yang lain bisa dilampirkan sebagai email pemulihan. Hal tersebut untuk memudahkan urusan jika misalnya lupa password, maka bisa dilakukan proses recovery. Sehingga akun akan tetap aman dan terjaga. 

Cara Membuat Email Baru akun Gmail

Selanjutnya, isilah data tanggal lahir dengan format waktu, Bulan, hari dan tahun. Sementara untuk pilihan gender bisa memilih laki-laki atau perempuan. Atau bisa juga tidak memberi tahu alias anonim. 

4. Selanjutnya Verifikasi Handpone untuk Emal baru

Pada tahapan ini,  google akan mengirim kode verifikasi ke nomor yang sudah didaftarkan. Nomor tersebut akan diveriikasi. Jika sukses verifikasi, maka kamu akan diarahkan menuju halaman baru dengan masuk ke halaman email Google secara resmi. 
Cara Membuat Email Baru akun Gmail

5. Terakhir Masuk ke Halaman Email Baru

Pada fase pembuatan email jika sudah masuk ke halaman inbox, maka pembuatan email sudah selesai dan silakan dilanjutkan dengan aktivitas lain. Misalnya mendaftar ke twitter, facebook sampai portal lainyaya pasti bisa dengan menggunakan akun email yang sudah dibuat tadi.

Berikut tampilan email baru di Gmail. 

Cara Membuat Email Baru akun Gmail

Fitur dan Cara Setting Email Baru dari Gmail

Cara Membuat Email Baru akun Gmail
Seeting Tampilan Gmail baru

Setelah membuat email, ternyata pengguna punya akses ke fitur baru. 

1. Costum Started Gmail. Fitur untuk mengatur posisi email satu dengan yang lainnya. Berjarak dekat atau dikelompokan. Fitur ini juga bisa mengaktifkan email yang akan muncul di halaman atas. Apakah email yang beum di baca, email yang diberi tanda bintang, atau email khusus. Semua bisa diatur dengan fitur ini. 

2. Change Profile Image. Fitur untuk mengganti profil Image.

3.  Import Contacts and gmail.  Fitur ini membolehkan kamu menghubungkan contact di handphone dengan email yang baru. 

4. Fitur Gmail for Mobile. Fitur ini memudahkan dan menghubungkan email kamu yang di komputer atau laptop dengan perangkat handphone. 

Dengan adanya fitur ini, kamu bisa melakukan kontrol setiap ada login yang dicurigai. Misal ada yang ingin membajak email kamu, maka kamu bisa tahu dengan cara notifikasi login di handphone. Biasanya notifnya memberi tahu adanya login di area tertentu dengan jam ketika login. 
Cara Membuat Email Baru akun Gmail

Tips Membuat Akun Email Google yang Baru 

Saat kamu membuat email baru, tentu akun ini akan terhubung dengan banyak perangkat. Termasuk terhubung dengan handphone dan laptop. Artinya akun google mail ini bakal menjadi akun yang selalu dipantai dan digunakan. 

Untuk membuat akun, tentu bebas-bebas saja membuat nama akun emailnya. Namun, ada beberapa saran agar akun email kamu terlihat profesional. 

1. Pertama, Buatlah Nama yang Unik, Namun Jauh dari Kesan Lebay. 
Maksud saya, kamu bisa membuat nama emailnya berbeda. Jangan ada kata-kata lebay. Misalnya idrusganteng@gmail.com atau Idrusmarkotop@gmail.com dan lain sejenisnya. Karena orang akan menilai kamu dari nama email. Kamu tuh cara berpikirnya kek gimana. Ya terbaca dari nama email.

Gunakan yang normal saja kalau perlu. Sebab, banyak orang gagal melamar kerja gagal hanya karena tidak suka dengan pribadi pengirim email yang tampak hanya bercanda dengan nama emailnya. Artinya pribadi kamu bakal mendapatkan kesan pertama dari email yang dipakai untuk melamar kerja. 

2. Silakan Hindari Membuat nama Email dengan angka 
Meskipun dalam pembuatan email baru di google membolehkan untuk menambahkan angka, tetapi sebaiknya tidak menggunakannya. Mengapa? Karena tidak semua orang mampu mengingat angka dengan tepat. Ingat, tanggal lahir pacar saja mudah dilupakan apalagi angka di email. 

3. Selanjutnya, Buatlah Email atau gmail sesuai dengan minat dan bakat kamu
Misalnya kamu adalah mahasiswa teknologi informasi. Bisa membuat nama email {nama kamu + bakat} Contoh Idrusteknologi@gmail.com ( Kalau misalnya bekerja di kantor layanan Informatika)  atau bisa Idrusmedia@gmail.com (khusus pekerja media/wartawan). Tentu tips ini membuat kamu lebih cepat diingat oleh staf di kantor atau di insitusi kamu.

4. Cobalah Gunakan foto profil yang bagus dan terbaik di gmail kamu
Usahakan menggunakan foto yang formal kalau sedang melamar kerja di perusahaan. Atau misalnya sedang melamar kerja di industri perhotelan, pakailah pakaian yang senada dengan pekerja yang siap ditempatkan di hotel atau lainnya. Meskipun tidak harus pakaian formal. Hanya saja kamu bisa memberi kesan walau sedikit melalui penampilan. 

Ingat bahwa, terkadang sebelum orang membaca email, biasanya mereka akan membuka profil foto pengirim. Baru email akan dibaca dengan serius. Kamu bisa bayangkan ada ratusan email masuk ke beranda perusahaan, pastinya mereka akan membaca email yang terkesan. Termasuk email yang memiliki foto. Saat kamu tidak memasang foto email, biasanya fotonya akan otomatis menyesuaikan dengan nama email. Dan itu sangat tidak berkesan. 

Memakai foto tentu akan membedakan kamu dengan email lainnya yang masuk. Artinya tampilan email kamu sudah mencuri perhatian dan InsyaAllah pasti mudah dapat kerja. 

Tips Membuat Pasword akun Gmail Baru 

Mengamakan akan email baru harus serba hati-hati. Jangan pernah menggunakan pasword email yang mudah ditebak. Oleh sebab itu, berikut ini tips yang bisa kamu lakukan agar gmail kamu sulit diretas orang asing. 

1. Sisipkan 2 huruf kapital
Huruf kapital ini akan mengecoh kalimat password. Meskipun orang mendengar pasword kita, tapi kombinasi huruf besar dan kecil mampu mengecoh si pembobol email yang baru saja kamu buat. 

2. Sisipkan 2 angka pada password
Setelah punya kata yang akan dijadikan password, dan sudah ada kombinasi hurud besar dan kecil, bagusnya disisipkan angka juga. Hal tersebut akan menambah sulitnya pembobolan. Setidaknya, kalau dibobol durasi untuk membobol bakal lama. Sebab, si pencuri email biasa menggunakan software acak kata untuk membuat kombinasi huruf yang cocok dengan sekali retas. 

3. Gunakan 2 simbol di awal atau di akhir password
Misal tanda @ atau # di awal password. Hal tersebut juga lumayan membuat si pembobol akan lama menyusun kata untuk melakukan serakan frasa di aplikasi peretas. 

4. Pilihlah nama yang untuk sebagai pembentuk kata 
Bisa nama jalan, nama kue, atau nama lainnya yang aneh menurut orang-orang. Hal tersebut tidak akan kepikiran oleh peretas email. Misalnya saya dulu memakai nama #tikusjelek2020YES sebagai password. Unik dari segi penamaan karena tikus punya kesan tersendiri di hidup saya, jadi saya akan selalu ingat kata itu. 

5. Aktifkan 2 langkah pengamanan
Setelah email baru dibuat, maka silakan aktifkan verifikasi 2 langkah. Ketika seseorang mau login di email kamu, pasti akan ada notifikasi persetujuan dari handphone apakah itu benar kamu yang login atau orang asing. Untuk artikel cara membuat verifikasi 2 lankah kamu bisa baca di ulasan ini : Verifikasi 2 langkah Email Baru

Demikian artikel tentang Cara Membuat Akun Gmail / Akun google Terbaru yang bisa kami baikan. Terima kasih sudah berkunjung ke sini. Silakan baca artikel lainnya yang bermanfaat di blog ini. 

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Akun Gmail / Akun google Terbaru "