Cara Mendaftar S2 UGM + Cara Mudah Lulus Tes Masuk Kuliah

Cara Mendaftar S2 UGM + Cara Mudah Lulus Tes Masuk Kuliah

Cara Mudah Lulus Tes Masuk Kuliah

Cara Mendaftar S2 UGM + Cara Mudah Lulus Tes Masuk Kuliah

Baiklah teman-teman, sepertinya saya harus sharing soal bagaimana cara mendaftar kuliah S2 di Universitas Gadjah Mada. Karena ada yang bertanya dan saya harap dengan membuat panduan mudah mendaftar S2 ini akan membantu persiapan teman-teman ketika mengisi berkas online.

Jadi, sebelum mendaftar, teman-teman harus pahami saat seleksi tes masuk S2 di UGM, teman-teman memiliki syarat umum dan syarat khusus.

Masing-masing jurusan atau program studi beda-beda. Ada yang memberi syarat tambahan sesuai yang tertera di website, ada juga yang tidak memberi syarat apapun, dan mengikuti syarat universitas.

Khusus untuk program Studi tertentu, apalagi yang mengadakan syarat khusus, biasanya diminta menghubungi prodi tujuan, kontak dan email prodi ada kok di website saat mengisi program studi tujuan. Nanti teman-teman diminta menghubungi kontak terkait.

Sementara Program studi tertentu tidak memberi syarat. Artinya, teman-teman hanya memenuhi syarat yang tertera di website, kalau sudah lengkap, ya sudah bayar pendaftaran dan mengisi berkas online.

Persiapan Berkas Pendaftaran S2 Universitas Gadjah Mada

 Karena pemberkasan ini sifatnya online, maka alangkah baiknya teman-teman saya kasih bocoran apa saja yang akan di-unggah d web. Berkas ini sesuai pengalaman saya waktu mendaftar S2.

Berkas Kuliah S2 UGM yang wajib untuk di-upload itu berupa :
  • Ijazah S1
  • Transkrip Nilai
  • Akreditas Kampus Asal/ Atau Program Studi
  • Surat Pernyataan Bersedia menaati Aturan Universitas Gadjah Mada
  • MoU ( Khusus teman-teman yang lewat Jalur Beasiswa ada MoU-nya)
  • Surat Keterangan Sehat
  • Proyeksi Keinginan Calon Pendaftar ( Nah ini soal apa yang ingin dicapai ketika lulus di kampus. Maksunya teman-teman mengetik apa harapan ilmu yang akan dicapai dan manfaatnya ketika lulus dari Universitas. Di sini kampus bakal melihat arah studi kita. Contoh Proyeksi nanti saya upload ya.)
Berkas Lainnya yang wajib, Scan Toefl, Scan Skor BAPPENAS atau bisa ganti Skor tes Paps UGM, semisal ujian psikotes-nya UGM. Nanti berkas itu semua bakal di upload di item pendaftaran. 

Berkas Syarat Kuliah di UGM
Biodata Kuliah S2 UGM
Saat masuk halaman utama, usahakan mengisi biodata dulu, dan unggah pas foto latar biru. Nanti, setelah siap biodatanya, baru mulailnya meng-klik tombol biru pendaftaran. Oh ya, catatan ya, daftarkan email yang bisa teman pantau setiap saat dan usahakan terpasang di handphone, biar notifikasinya cepat.
Alur Pendaftaran Kuliah S2 UGM
Jika dilihat dari alurnya, teman-teman bisa lihat gambar di atas. Ini semua alur pendaftaran yang harus dilalui.Dan tidak bisa loncat-loncat ngisinya. Karena setiap item akan terbuka kalau item sebelumnya sudah terisi. Misalnya mau mengirisi berkas lainnya, tetap tidak bisa. Harus penuhi butir pendafatraan sebelumnya.

Dulu, untuk mensiasatinya, saya pakai dokumen sementara, hanya untuk bypass agar saya bisa mengisi berkas selanjutnya.

Nanti setelah berkas asli sudah ada, ganti berkas sementara yang kita upload. Trik ini untuk memudahkan kita mengisi item pengisian lebih cepat.

Namun, harus diingat, jika ada berkas sementara, jangan sampai lupa kalau sudah ada berkas aslinya. Segera ganti.

Itu tidak masalah selama kita belum mengunci berkas di saat akhir. Karena nanti ketika kita menguci berkas di tahap akhir kita tidak bisa mengubahnya. Oh iya,tanda hijau berarti berkas sudah terpenuhi, kalau masih merah berarti belum lengkap berkasnya.

Saat meng-klik pendaftaran, maka teman-teman bakal diarahkan ke beranda utama seperti di bawah ini. Nah, di pojok kanan ada pilihan studi, baik itu doktor, magister, spesialis dan sebagainya.

Menu program studi di samping kanan itulah yang muncul sesuai dengan program yang dibuka. Misalnya daftar Sastra Inggris, atau Ilmu Sastra di UGM, itu hanya buka sekali setahun. Maka program itu juga bakal muncul hanya sekali setahun.

Berbeda dengan prodi lainnya yang buka setiap semester. Maka setiap semester pun program studinya muncul di samping kanan atas.

Begini kira-kira tampilannya.

Kalau teman-teman perhatikan, di gambar atas ada bar hijau dan merah. Hijau berarti saya sudah bayar biaya registrasi sekitar 500ribu.

Kalau belum, biasanya merah. Nah, teman-teman ketika tiba di item pembayaran, bakal ditunjukan bagaimana cara bayarnya. Nanti dapat kode pembayaran dan silakan melakukan pembayaran ke Bank BNI atau bank yang kerja sama dengan UGM.

Waktu itu saya bayarnya lewat BNI. Tinggal bilang aja ke Teller Bank-nya, saya mau bayar biaya registrasi kulah UGM. Teller Bank BNI sudah paham. Karena ada jalur khusus untuk biaya registrasi di BNI.

Biaya Kuliah S2 UGM
Kalau sudah membayar, jangan lupa cetak kartu pembayarannya, tekan cetak atau print boleh simpan ke pdf dulu atau langsung cetak. Kalau mau simpan dalam bentuk pdf, saat tekan print silakan pilih cetak ke pdf, sehinga file dikonversi ke pdf dan bisa dicetak kapan saja.

Cara mendapatkan Rekomendasi Dosen

Berikutnya soal Rekomendasi 2 Dosen yang jadi syarat. Saya sarankan memilih dosen yang paham dengan kepribadian kita. Hal ini untuk meyakinkan pihak kampus bahwa kita mahasiswa yang cukup potensial dalam studi.

Artinya, dua dosen ini jadi promotor kalau kita benar-benar ingin kuliah dan layak jadi mahasiswa. Rekomendasi pun tidak harus cetak surat dan lainnya. Cukup hubungi dosen dan minta email mereka yang aktif, nanti mereka bakal dapat link rekomendasi online.

Dosen itu akan mengisi rekomendasi online dan kalau sudah terisi rekomendasinya, tampilan bakal ada bar hijau seperti di bawah ini.
Rekomendasi Dosen, Kuliah S2 UGM

Kalau misalnya, dosen yang kita ajukan sebagai promotor kita sibuk dan tidak bisa memberi rekomendasi, maka boleh menggantinya, seperti menganti email promotornya dan nama dosen lain.

Hal ini harus segera dipenuhi karena batas waktu rekomendasi juga ada. Jangan sampai kita lama di bagian ini, sementara masih ada tahap selanjutnya yang harus dipenuhi.

Besaran Biaya Kuliah S2 di Universitas Gadjah Mada

Saya kira untuk biaya seringkali berubah setiap waktu. UGM akan memperbaharui lewat Surat keputusan. Tapi biasanya juga akan otomatis muncul di website berapa biaya besaran kuliahnya.

Kalau fakultas lainnya, misal kedokteran, itu biaya semesternya tentu mahal. Begitu juga dengan anak teknik, biologi, kimia dan sebagainya. Karena ada perlengkapan yang harus dimiliki sehingga biayanya juga mahal.

Berbeda dengan Fakultas Ilmu Budaya, fakultas saya ini hanya naik sedikit waktu saya mendaftar. Kakak-kakak saya sebelumnya mereka hanya 8 juta per semester. Nah, waktu zaman saya, pembayaran sudah 9 juta. Artinya perubahan disesuaikan dengan kebijakan kampus.


 WhatsApp dan Pengisian KRS Online

Setelah membayar uang kuliah Tungal, alias UKT, maka teman-teman sudah tahap aman. Dan sudah bisa dibilang mahasiswa. Karena uang semester sudah bayar. Artinya teman-teman sudah jadi mahasiswa semester berjalan. 

Oh iya, saya lupa, saat teman-teman mendafar, usahakan isi nomor yang aktif whatsApp ya, karena pengalaman gara-gara masukin nomor istri, saya ketinggalan info kuliah. 

Biasanya pihak program studi bakal membuatkan group angkatan sehinga jadwal studi sampai dengan seminar itu notifikasi lewat whatsApp. Saya dulu sampai ketinggalan ngisi KRS karena ngak tahu infonya. Beruntung pihak jurusan maklum keterlambatan itu. 

Saya diberikan izin ngiris KRS saat itu juga. Portal KRS dibuka kembali khusus untuk saya.

Tahap selanjutnya adalah pengambilan jas dan kartu mahasiswa. 


Pada tahap ini teman-teman wajib bawa berkas asli Tes Bappenas atau Paps UGM, dan Toefl dan tentunya kartu penjemputan Jas, nomor antrian ada di Kartu dan ukuran Jas juga ada.

Terus jangan lupa, saat mengambil jas usahakan menggunakan kemeja putih, karena nanti terima jas sekaligus bikin kartu mahasiswa. Saat difoto wajib mengenakan kemeja putih dan mengenakan jasnya. Tidak boleh warna lain.

Kalau tahap ini sudah selesai, teman-teman tinggal kuliah. Jadwal sudah bisa dilihat di portal KRS, kalau mahasiswa UGM di simaster.ugm.ac.id

Portal itu yang baru untuk merekam segala aktivitas kuliah. Mulai dari nilai, rencana studi, smapai dengan evaluasi dosen. Ada semua di sana.

Nah, khusus jadwal silakan download dan simpan di laptop atau di handphone. Biar bisa dipantau kapan kuliahnya.

Kuliah di UGm santai, tapi ngak males-males. Kuliahnya kadang jarang di kelas,tapi proyek makalanya yang agak lumayan.

Saya ngak mau ceritakan hohornya baca buku khusus untuk makalah. Yang jelas, teman-teman jalanin aja dulu. Ntar juga terbiasa.

Okey, saya kira itu saja, semoga apa yang saya share ini bisa bermanfaat dan membantu teman-teman semua. Saya senang bisa berbagi informasi terkait pendataran S2 UGM. Karena saya ingin semua orang punya akses informasi untuk kuliah.

Okey, see you on the tops guys... guud lakkkkk!
LihatTutupKomentar