/* Posisi Kode di Sini */

Cahaya Biru Laut di Pulau Saronde

Konten [Tampilkan]
Wisata Pulau Saronde
Pulau Saronde/IG : @Idgorontalo
Bercerita tentang Keindahan laut di Indonesia memang mengudang decak kagum. Sebab hampir di seluruh pelosok negeri seribu pulau ini punya keunikan dan sensasi yang berbeda. Seperti halnya pulau Saonde yang berada di kecamatan Kwandang, Gorontalo utara.

Pulau Sorende adalah satu-satunya pulau yang ada di kawasan Gorontalo yang telah menjadi aset daerah yang berharga. Dari sekian banyak potensi pulau indah di Gorontalo, Pulau Saronde ini yang telah di sediakan fasilitas wisata yang cukup lengkap. Mulai dari tempat menginap, musholla, tempat bermain Volley Pantai, hingga aula terbuka buat mereka yang ingin membuat acara seremonial. Semuanya lengkap dan murah untuk dinikmati.
@copyright: Foto Idrus Dama

Bagi yang ingin menginap, terdapat 4 buah cottage berukuran 5 x 5 meter dengan fasilitas berskala hotel berada di daratan dan 2 buah berada tepat di ujung demaga. Conttage ini ada yang berbentuk  panggung, ada pula bentuk layangnya rumah. Setiap cottage di kenakan harga yang variatif. Jika yang berada di darat berkisar 300 -400ribuan. Sedangkan yang berada di ujung dermaga, 250ribuan.

Areal Cottage bagian darat memang sejuk. Cottage-nya dikelilingi pohon hijau dan halaman dengan rumput halus. Ini bisa dinikmati jika hendak merasakan sejuknya udara yang berhembus dari pesisir pantai.

Selain cottage, di pulau ini juga disediakan tempat bermain Volly Ball Pantai. Lapangan ini berada di dekat halaman cottage. Bermain di lapangan ini memang cukup menguras tenaga. Sebab pasirnya cukup halus dan gembur. Sehingga, bisa dipastikan, sejam lari-lari akan kecapean. Tetapi jangan khawatir, setelah capek bermain, Anda bisa istirahat di hostpot kecil-kecil di sekitar lapangan. Bisa sambil menikmati segalas minuman dingin dan makanan yang bisa dipesan melalui pengelola pulau Saronde ini.

Pulau Saorende ini memang menakjubkan. Saat matahari menyingsing, kemilau lautnya memancarkan cahaya kejernihan bak aquarium. Hal ini disebabkan, pasir putihnya yang sepertinya menyala kala di sapa sang surya. Ketika berenang, seperti terisi di dalam aquarium. Memang tidak dapati karang di pesisir itu. Hanya ada hanya gundukan pasir putih berkilau dan diperindah oleh sensasi birunya laut. Tampaknya, ini benar-benar membuat Anda  terhipnotis hingga lupa waktu bermain di air.

Anda yang datang dari luar daerah, akan memulai perjalanan dari kota Gorontalo. Anda akan menggunakan kendaraan menuju pelabuhan kwandang. Biaya mobil hanya 30 ribu sekali jalan. Lama perjalanan berkisar 1.5 jam. Nah, di sini Anda akan naik perahu menuju pulai saronde. Perjalanan ke pulau akan memakan waktu 15 menit.

Setiap orang yang menggunakan perahu ini dikenakan biaya 40 ribu pergi pulang. Ya! sekali bayar untuk pergi pulang di pulau ini. Nah, selama perjalanan itu, Anda juga bisa menikmati gugusan pulau-pulau kecil lainnya yang berjejer menuju pulau Saronde, Di sekitar Pulau Saronde, Pulau-pulau itu adalah Lampu, Bogisa, Mohinggito, dan Otilade.

Selain pulau, Anda juga bisa menikmati pemandangan para nelayang yang hendak melaut. Perahu mereka ramai menggunakan bendera merah putih. Kalau diperhatikan, seperti ada lomba pawai perahu nelayan. Semuanya memakai bendera Indonesia. Kalau menurut keterangan nelayan, itu bukti nasionalisme para pelaut.

Waktu berkunjung ke pulau ini sebaiknya pukul 09.00 Wita. Karena pada jam ini, matahari terlihat cerah, dan dinginya air laut akan berpadu dengan sinarnya mentari. Sehingga tercipta kenikmatan air yang benar nikmat. Kita akan merasakan dingin yang menyejukkan tubuh.

Selain pagi, Anda juga bisa menikmati keindahan lulau ini di sore hari. Saat matahri mulai pamitan di jemput gelap. Disitulah rasa capek menempuh perjalanan akan terbayarkan. Matahari begitu bulat memancarkan semburan cahaya kuning keemasan. Dan di sekitarnya seperti mega-mega memerah saga.

Pulau Saromde juga punya waktu ekslusif, dimana pulai ini benar penuh sesak oleh pengujung. Yakni di saat pemilihan putri pariwisata dan festival saronde. Acara  festival ini diadakan setiap tahun dengan mengadakan berbagai event lomba. Seperti lomba perahu katintin dan acara hiburan artis yang siap mengguncang panggung psesir pantai.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Komentar

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel