Top Up Mobile Legend

Makanan Khas Sulawesi Barat, Paling Enak!

Makanan Khas Sulawesi Barat

Artikel kali ini akan membahas tentang Makanan Khas Sulawesi Barat. Bagi kamu pecinta kuliner wajib tahu nih, apalagi kamu yang berasal dari Sulawesi Barat.

Sulawesi Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki kekayaan budaya dan kuliner yang menarik. Di provinsi ini, terdapat empat suku besar, yaitu Suku Mandar, Suku Mamasa, Suku Pattae, dan Suku Kalumpang. Masing-masing suku memiliki makanan khas yang berbeda-beda, baik dari bahan, cara pengolahan, maupun cita rasa. 

Agar tidak penasaran, Berikut ini beberapa makanan khas Sulawesi Barat yang wajib Kamu coba jika berkunjung ke sana:

1. Makanan Khas Sulawesi Barat : Roti Pawa

Roti Pawa adalah makanan khas Suku Mandar yang mirip dengan bakpao. Roti ini berbentuk bulat dengan isian daging sapi atau ayam yang dicincang halus dan dibumbui dengan rempah-rempah. Roti Pawa biasanya dimakan sebagai sarapan atau camilan di siang hari. Roti Pawa memiliki tekstur yang lembut dan empuk, serta rasa yang gurih dan sedikit pedas.

2. Makanan Khas Sulawesi Barat : Apang

Apang adalah kue khas Suku Mamasa yang terbuat dari tepung beras, gula merah, dan ragi. Kue ini berbentuk bulat pipih dengan warna cokelat kehitaman. Apang dimasak dengan cara dipanggang di atas api arang menggunakan cetakan khusus yang berlubang-lubang. Apang memiliki rasa yang sangat manis dan aroma yang khas. Apang biasanya disajikan dengan kelapa parut atau kacang tanah.

3. Makanan Khas Sulawesi Barat : Paso

Paso adalah kue khas Suku Mandar yang berbentuk kerucut seperti paku. Kue ini terbuat dari tepung beras, gula aren, dan santan yang dicampur dan dimasak dalam cetakan daun pisang. Paso memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang legit. Paso biasanya dimakan sebagai hidangan penutup atau oleh-oleh.

4. Makanan Khas Sulawesi Barat : Bolu Paranggi

Bolu Paranggi adalah bolu khas Suku Mandar yang terbuat dari tapai singkong, tepung beras, dan gula aren. Bolu ini berbentuk bulat dengan diameter sekitar 5 cm dan tinggi sekitar 2 cm. Bolu Paranggi dimasak dengan cara dikukus hingga matang. Bolu Paranggi memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis serta asam.

5. Makanan Khas Sulawesi Barat: Kue Cucur

Kue Cucur adalah kue khas Suku Mandar yang terbuat dari tepung beras, gula pasir, dan santan. Kue ini berbentuk pipih dengan diameter sekitar 10 cm dan tebal sekitar 1 cm. Kue Cucur dimasak dengan cara digoreng dalam minyak panas hingga berwarna kuning kecokelatan. Kue Cucur memiliki tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam, serta rasa yang gurih dan manis.

6. Makanan Khas Sulawesi Barat: Kue Kui-Kui

Kue Kui-Kui adalah kue khas Suku Pattae yang terbuat dari tepung sagu, gula merah, dan kelapa parut. Kue ini berbentuk bulat lonjong dengan panjang sekitar 15 cm dan diameter sekitar 3 cm. Kue Kui-Kui dimasak dengan cara direbus dalam air mendidih hingga mengapung. Kue Kui-Kui memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis.

7. Makanan Khas Sulawesi Barat: Tetu

Tetu adalah makanan khas Suku Kalumpang yang terbuat dari sagu, kelapa parut, garam, dan daun pandan. Makanan ini berbentuk bulat pipih dengan diameter sekitar 20 cm dan tebal sekitar 1 cm. Tetu dimasak dengan cara dipanggang di atas api arang menggunakan daun pisang sebagai alasnya. Tetu memiliki tekstur yang padat dan rasa yang gurih.

8. Makanan Khas Sulawesi Barat: Bikang

Bikang adalah kue khas Suku Mamuju yang terbuat dari tepung terigu, telur, gula pasir, santan, vanili, dan baking powder. Kue ini berbentuk bulat dengan diameter sekitar 5 cm dan tinggi sekitar 3 cm. Bikang dimasak dengan cara dikukus dalam cetakan khusus yang berlubang-lubang. Bikang memiliki tekstur yang empuk dan rasa yang manis.

9. Makanan Khas Sulawesi Barat: Bau Peapi

Bau Peapi adalah masakan khas Suku Mamuju yang berupa ikan tongkol yang dimasak dengan kuah kuning kental. Kuah ini terbuat dari bumbu-bumbu seperti kunyit, jahe, bawang merah, bawang putih, cabai, dan santan. Bau Peapi memiliki rasa yang gurih, pedas, dan sedikit asam. Bau Peapi biasanya disajikan dengan nasi hangat.

10. Makanan Khas Sulawesi Barat: Selada Udang Mandar

Selada Udang Mandar adalah salad khas Suku Mandar yang terbuat dari udang rebus yang dicampur dengan sayuran seperti selada, tomat, timun, dan bawang merah. Salad ini disiram dengan saus yang terbuat dari cuka, gula pasir, garam, dan air. Selada Udang Mandar memiliki rasa yang segar, asam, dan manis. Selada Udang Mandar biasanya disajikan sebagai hidangan pembuka atau lauk pauk.

Itulah beberapa makanan khas Sulawesi Barat yang bisa Kamu cicipi saat berkunjung ke provinsi ini. Makanan-makanan ini menunjukkan kekayaan dan keanekaragaman budaya dan kuliner yang ada di Sulawesi Barat. Selamat mencoba! 

Posting Komentar untuk "Makanan Khas Sulawesi Barat, Paling Enak!"

Info paling Cepat ikuti sosial media kami 👇 dan saluran berita 👉 Google News